Sedulur sekalian pastinya sudah pernah dengar kata-kata “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”, kan? Semenjak Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, semua orang memahami betapa pentingnya makna persatuan dan kesatuan. Lantas, apa manfaat dari persatuan dan kesatuan itu sendiri?

Jika kita semua berdiri bersama dan bersatu untuk negara, maka tidak ada satu orang pun yang mengganggunya. Dalam konteks negara, pengertian persatuan dan kesatuan menjadi pondasi utama dalam keberlangsungannya. Simak informasi lengkap mengenai contoh dan manfaat lengkapnya berikut ini, ya.

BACA JUGA: 9 Fungsi Pancasila sebagai Pedoman Hidup Bangsa Indonesia

1. Apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam peristiwa Sumpah Pemuda?

apa manfaat dari persatuan dan kesatuan
Unsplash

Terdapat 5 manfaat persatuan dan kesatuan dalam peristiwa bersejarah ini yang bisa Sedulur ketahui. Sebelum itu, tentunya Sedulur sudah tahu bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari berbagai suku, adat, dan keyakinan yang berbeda-beda.

-->

Maka dari itu, setiap individu harus memiliki sikap toleransi dan saling menghargai. Apabila itu tidak tertanam dalam diri setiap individu, maka yang terjadi adalah negara akan terpecah belah. Berikut adalah beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Mempererat hubungan persaudaraan dan kekeluargaan. 
  • Menumbuhkan kerukunan hidup antar masyarakat, bangsa, dan negara. 
  • Meningkatkan kesadaran bahwa ancaman terhadap satu daerah atau pulau memiliki arti ancaman bagi seluruh tanah air Indonesia.

2. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

Unsplash

Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya terdapat berbagai contoh persatuan dan keutuhan yang bisa dijadikan manfaat. Berikut adalah beberapa contohnya:

Manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga

Cara untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus dimulai pada lingkup terdekat seperti keluarga, rumah, sekolah, serta masyarakat. Manfaat menjaga keutuhan di lingkungan keluarga bisa diketahui berikut ini:

  • Rasa saling menyayangi yang semakin erat antar individu. 
  • Suasana di rumah menjadi lebih nyaman dan damai karena keluarga yang bersatu dan rukun.
  • Semua permasalahan dan berbagai macam kesulitan yang ada dalam keluarga akan mudah untuk diselesaikan. 
  • Komunikasi antara anggota keluarga menjadi terjalin dengan baik.
  • Mudah memahami dan berempati dengan sesama anggota keluarga
  • Apabila ada anggota keluarga yang mengalami kesulitan, bisa saling membantu.
  • Tidak melakukan diskriminasi dalam memberikan kasih sayang pada setiap anggota keluarga.

Manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah

Di lingkungan sekolah, apa manfaat dari persatuan dan kesatuan yang bisa diperoleh? Contohnya adalah menumbuhkan dan menjaga sikap bersatu. Hal ini merupakan tanggung jawab semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru, staf, serta siswa. Sikap ini bisa diwujudkan dengan cara bekerja sama dengan baik di seluruh elemen lingkungan. Tak hanya internal saja, tapi juga pihak eksternal. 

  • Melatih sikap toleransi dan saling menghargai. Tidak mungkin teman satu sekolah memiliki karakter, kepribadian, watak, dan kebiasaan yang sama dengan diri kita sendiri. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan sikap toleransi supaya semua perbedaan tidak memicu adanya perselisihan. Semua lapisan harus saling menghargai perbedaan yang ada dan bisa menjadikannya sebuah keberagaman yang menyenangkan. Melatihnya bisa membantu Sedulur untuk menghargai teman lain dan bertoleransi terhadap semua perbedaan yang ada.
  • Masalah bisa lebih selesai. Seringkali, guru memberikan berbagai macam tugas yang harus diselesaikan dengan cara berkelompok. Apabila pada suatu kelompok terdapat anggota yang tidak bisa bekerjasama, pastinya permasalahan dan tugas kelompok tidak akan bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Dampaknya, guru bisa saja memberikan nilai buruk dan yang pasti bisa berpengaruh pada prestasi akademik siswa.
  • Menumbuhkan kerukunan antar siswa. Sikap bersatu dan bekerjasama bisa melatih siswa untuk menjaga kerukunan antar siswa. Apabila dilihat, di luar sana banyak kejadian tawuran dan perkelahian antar sekolah yang banyak memakan korban jiwa. Tentu saja berita tersebut cukup menyedihkan.

BACA JUGA: Hasil Sidang BPUPKI I dan II untuk Kemerdekaan Indonesia

3. Perbedaan persatuan dan kesatuan

Unsplash

Terdapat lebih dari 3 manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dipahami dari penjelasan di atas. Selanjutnya adalah membahas mengenai perbedaan antara persatuan dan kesatuan walaupun saling berkaitan dan mirip. Persatuan adalah proses dalam keadaan membentuk masyarakat untuk bersatu. Sementara itu, kesatuan artinya suatu wujud masyarakat yang bersatu dan sudah terbentuk sebelumnya. 

Nah, itu dia jawaban dan penjelasan singkat mengenai apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari serta contohnya. Sebagai warga negara yang baik, Sedulur harus tetap menjaga keutuhannya supaya negara kita yang tercinta ini tidak terpecah belah, ya. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!