am pm

AM PM sering kita dengar bahkan gunakan ketika menyebutkan waktu. Namun masih banyak juga yang masih kebingungan membedakannya. Sesederhana apakah PM itu siang atau malam dan sebaliknya.

Tak hanya membahas terkait penggunaannya, mari kita juga bahas pengertian dan sejarah dibalik AM PM tersebut. Jangan sampai Sedulur terbolak-balik dan terus kebingungan ketika melihat waktu yang diberi keterangan AM dan PM.

Sebagai contoh, ketika ada pertemuan atau sebuah janji Sedulur diminta untuk datang tepat pada pukul 09.00 PM. Akan sangat memalukan jika Sedulur malah datang pada pukul 09.00 di pagi hari karena mengabaikan keterangan PM di belakangnya. Lebih parah lagi jika acaranya telat dihadiri. Sudah telat, malu pula karena salam membaca jam. Dengan begitu, simak keterangan berikut agar tidak terjadi kesalahan.

BACA JUGA: Begini Arti Haid Menurut Hari, Tanggal, Waktu Primbon Jawa

-->

1. Pengertian waktu AM PM

am pm adalah
Idkuu

AM PM adalah singkatan dari Ante Meridiem (AM) dan Post Meridiem (PM) yang berasal dari Bahasa Latin di Mesir. Meski keduanya sering digunakan bersamaan, ternyata kemunculannya sendiri datang diwaktu yang berbeda. PM sudah digunakan sejak awal 1640-an, sedangkan AM baru digunakan setelah 1760-an.

Pada zaman dahulu, orang-orang Mesir Kuno menggunakan sistem pembagian waktu menjadi dua bagian. Hal itu sudah dimulai sejak 1500 SM. Kini pembagian waktu itu masih sering digunakan seperti di Inggris, Amerika Serikat, New Zealand, Australia, FIlipina, dan India. Di Indonesia pun kita masih menggunakan pembagian itu ketika menggunakan gadget sehingga wajib untuk mengetahuinya.

Penggunaan AM dan PM sudah digunakan di Negara Inggris sejak abad ke-17. Berawal dari kebiasaan masyarakat di sana yang terbiasa menggunakan jam analog yang hanya memperlihatkan waktu sebanyak 12 jam. Oleh karena itu, waktu yang tersedia sebanyak 24 jam menjadi terbagi dua menjadi AM artinya (before midday atau sebelum tengah hari), serta PM artinya (after midday atau setelah tengah hari).

2. Perbedaan waktu

perbedaan am pm
Paulipu

Masuk ke perbedaan AM PM yang masih banyak dibingungkan oleh masyarakat yang tak terbiasa menggunakannya. Setelah mengetahui sejarahnya, kamu juga perlu memahami tentang pembedanya.

AM PM bedanya terletak pada batas waktu yang ditentukan. Dalam Bahasa Inggris, AM adalah before midday atau sebelum tengah hari, yaitu dimulai pukul 00.00 – 11.59 WIB/WITA/WIT. 

Berikutnya adalah PM yang merupakan kepanjangan dari post meridiem. Dalam Bahasa Inggris, PM berarti after midday atau setelah tengah hari. Mudah saja, Sedulur hanya harus menghitung jam setelah pukul 11.59 siang ke sana sebagai PM. Maka, PM dimulai dari pukul 12.00–23.59 WIB/WITA/WIT.

Singkatnya, AM digunakan dari tengah malam sampai siang hari, sedangkan PM digunakan dari siang hari sampai tengah malam. Pembagian itu adalah sistem 12 jam dari 24 jam.

3. Cara memahami format waktu 12 jam

format waktu 12 jam
Idkuu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, AM digunakan di 12 jam pertama sejak dini hari. Sedangkan PM digunakan pada 12 jam setelahnya, terhitung dari jam 12 siang. Biasanya penggunaan keduanya digunakan dalam Bahasa Inggris, karena jika dalam Bahasa Indonesia, akan dengan mudah kita mengatakan jam 10 siang atau malam. Sebagai contoh, lihatlah situasi berikut ini.

Please wake me up at 08.00 pm.”

Artinya tolong bangunkan aku jam 8 malam. Jika dia tidur jam 6 sore, jangan sampai Sedulur membangunkannya di keesokan paginya karena itu artinya dia akan terlambat. Maka pahami perbedaan antara PM dan AM dengan baik.

Situasi lainnya, misalnya dalam pengumuman tertulis “The train will be arriving at 11.00 AM”, artinya kereta akan datang pada pukul 11 pagi. Hal seperti ini harus sangat diperhatikan terutama apabila Sedulur belum terbiasa menggunakannya.

Kemudian ada satu hal lagi yang perlu Sedulur ketahui ketika memutuskan untuk menggunakan keterangan waktu di luar negeri. Di situasi santai, mereka akan lebih sering menggunakan noon/midday sebagaimana kita menggunakan siang. Itu berlaku untuk PM. Sedangkan untuk AM, keterangan waktu yang digunakan adalah at night/midnight yang maksudnya adalah malam.

Misalnya:

  • The cafe is open at 10 noon”. Maksudnya sama dengan bahwa toko itu buka pada pukul 10 siang atau 10 am.
  • I’ll go home at 12 midnight” atau sama dengan aku akan pulang pukul 12 malam atau 12 AM.

4. Cara penulisan

Cara penulisan yang benar
Fimela

AM PM dituliskan dengan berbagai cara, ada yang tepat dan ada yang tidak. Beberapa opsi yang bisa Sedulur pilih diantaranya sebagai berikut:

  • 9 PM (Penulisan kapital tanpa ‘.’ dan spasi)
  • 9 PM (Penulisan kapital tanpa ‘.’ dengan spasi)
  • 9 am (Penulisan huruf kecil tanpa ‘.’ dengan spasi)
  • 00 a.m. (Penulisan huruf kecil disertai ‘.’ dengan spasi)
  • 9:05 p.m. (Penulisan huruf kecil disertai ‘.’ dan ‘:’ dengan spasi)
  • 9:15 P.M. / 9.15 P.M (Penulisan huruf kapital disertai ‘.’ atau ‘:’ dengan spasi)

Kemudian ada cara penulisan lain yang sebaiknya dihindari karena tidak tepat dan membuat pembacanya menjadi bingung. Daripada salah mengartikan, maka berikut ini daftar cara penulisan AM PM yang sebaiknya Sedulur hindari.

  • 9:00a.m. (Penulisan huruf kecil dengan ‘:’ dan ‘.’ tanpa spasi)
  • 9:15p.m. (Penulisan huruf kecil dengan ‘:’ dan ‘.’ tanpa spasi)

BACA JUGA: Rumus Kecepatan Lengkap Beserta Jarak, Waktu & Contohnya

5. Negara yang menggunakan format AM PM

negara yang memakai format am pm
Bisnis

Waktu ini digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu internasional. Setiap negara meski tidak menggunakannya tetap harus tahu agar kesesuaian pengertian tetap terjaga. Namun memang tidak semua negara menggunakan AM dan PM. Indonesia sendiri memilih waktu 24 jam yang mana berarti ada pukul 13.00, 14.00, 15.00 dan seterusnya.

Adapun beberapa negara yang menggunakan AM dan PM diantaranya adalah Kanada, Australia, Selandia Baru, FIlipina, dan Amerika Serikat. Indonesia sendiri umumnya menggunakan sistem 24 jam namun banyak yang sudah terbiasa dengan perhitungan 12 jam.

Pasalnya penggunaan AM dan PM di Indonesia menjadi terbiasa karena adanya gadget dan smarphone. Banyak orang yang menggunakan smartphone sebagai penunjuk waktu dan banyak yang menggunakanya dengan sistem 12 jam dengan perhitungan 12 jam.

Itulah seputar AM PM yang bisa Sedulur pahami. Tentu ini sangat penting karena berkaitan dengan waktu sehingga diharapkan tidak ada kesalahpahaman yang terjadi akibat tidak mengerti keterangannya. Semoga dengan penjelasan ini juga Sedulur bisa menjadi lebih bijak lagi terhadap waktu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!