rumus kecepatan

Rumus kecepatan merupakan salah satu cara untuk menghitung jarak dan waktu tempuh. Hal ini penting untuk menghitung waktu perjalanan dan laju kendaraan. Pada dasarnya, rumus kecepatan adalah asas sederhana yang bisa dengan mudah dipelajari. Karena hanya melibatkan pembagian dan perkalian dari nilai saja.

Adapun rumus kecepatan berkaitan dengan waktu yang digunakan saat menempuh jarak tertentu. Rumus ini membahas tentang jarak dan perpindahan yang masing-masingnya memiliki keterkaitan. Rumus kecepatan berkaitan dengan benda yang bergerak dan berfokus pada jarak serta waktu yang dilalui.

Pengertian kecepatan

rumus kecepatan
Anashir Learning

Sebelum masuk ke pembahasan, Sedulur perlu mengetahui apa itu kecepatan, tujuannya agar lebih mudah memahami rumus yang akan dipelajari ini. Kecepatan merupakan besar vektor yang menunjukkan seberapa cepat sebuah benda dapat berpindah. Besar dari vektor ini disebut dengan kelajuan dan dinyatakan dalam satuan meter per detik (m/s).

Sebagaimana yang dapat dilihat dari grafik di atas, kecepatan ditunjukkan pada grafik ke atas, sementara waktu pada grafik ke samping. Keduanya akan menunjukkan jumlah waktu dan jarak. Grafik di atas merupakan kepadatan dari rumus kecepatan rata rata km/jam.

-->

BACA JUGA: Rumus Deret Aritmatika Beserta Contoh Soal & Pembahasannya

Rumus kecepatan

Grid.ID

Setelah mengetahui pengertian kecepatan dan melihat grafik di atas, Sedulur tentu penasaran dengan rumus kecepatan rata-rata. Sedulur bisa mengetahui hitungan satuan kecepatan dengan tabel di bawah ini.

Nama

Rumus

Kecepatan

v = s / t

Jarak

s = t x v

Waktu

t = s / v

Sedulur mungkin saja kebingungan jika melihat rumus di atas. Sulit memahami hanya dengan melihat rumus kecepatan jarak dan waktu tanpa mengetahui keterangannya. Rumusnya adalah v = s / t. Pada dasarnya keterangan untuk rumus di atas adalah sebagai berikut.

  • v = kecepatan (km/jam)
  • s = jarak (km)
  • t = waktu tempuh (jam)

Rumus jarak

rumus kecepatan
Okezone

Masih merujuk pada rumus kecepatan rata-rata dan kelajuan rata-rata yang terdapat dalam tabel di atas, berikut ini adalah keterangan rumus jarak berdasarkan rumus kecepatan sesaat. Rumusnya adalah s = t x v. Keterangan dari rumus jarak yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • s = jarak (km)
  • t = waktu tempuh (jam)
  • v = kecepatan (km/jam)

Rumus waktu

Intersport

Selain rumus kecepatan dan rumus jarak, terdapat juga rumus waktu. Rumus waktu sebagaimana yang terlihat dalam tabel adalah t = s / v. Keterangan dari rumus waktu tersebut adalah sebagai berikut.

  • t = waktu tempuh (jam)
  • s = jarak (km)
  • v = kecepatan (km/jam)

BACA JUGA: Rangkaian Listrik: Pengertian, Komponen, Jenis & Rumusnya

Contoh soal

Tribunnews

Agar lebih mudah memahami rumus di atas, Sedulur perlu mempelajari contoh soalnya. Contoh soal dibuat bertujuan memudahkan setiap orang belajar dan memahami rumus. Yuk, mari langsung saja simak daftar contoh soal di bawah ini.

1. Contoh soal kecepatan

Seorang pelari membutuhkan 50 detik untuk mencapai garis finish. Jika panjang lintasan 200 meter, berapa kecepatan pelari tersebut? Rumus kecepatan untuk menjawab soal ini adalah:

  • Kecepatan = jarak : waktu
  • Kecepatan = 200 : 50
  • Maka, kecepatan pelari tersebut adalah 4 meter/detik.

2. Contoh soal waktu

Budi mengendarai mobil dari Kota Jakarta ke Bandung yang berjarak 220 km. Jika Budi mengendarai mobil dengan kecepatan 80 km/jam, berapa waktu yang diperlukan Budi untuk sampai ke Kota Bandung? Rumus untuk menjawab soal tersebut adalah 220 km dibagi 80 km/jam. Jadi, untuk mengetahui waktu yang ditempuh adalah:

  • Waktu = jarak : kecepatan
  • Waktu = 220 : 80
  • Maka, waktu yang diperlukan pengendara mobil tersebut adalah 2,75 jam atau 2 jam 45 menit.

3. Contoh soal lainnya

Burhan mengendarai motor dari Jakarta ke Banten dengan jarak 90 km. Jika Burhan mengendarai motor dengan kecepatan 30 km/jam, berapa waktu yang diperlukan untuk tiba di Banten? Rumus untuk menjawab soal tersebut adalah 90 km dibagi 30 km/jam. Jadi, untuk mengetahui waktu yang ditempuh adalah:

  • Waktu = jarak : kecepatan
  • Waktu = 90 : 30
  • Maka, waktu yang diperlukan pengendara mobil tersebut adalah 3 jam.

Dari daftar contoh soal di atas, Sedulur akan lebih mudah memahami rumus dari kecepatan, jarak, dan waktu. Secara langsung Sedulur bisa mempelajarinya tanpa kesulitan. Namun, kebanyakan orang jika mempelajari hal yang berkaitan dengan perhitungan akan mendapatkan kesulitan di awalnya.

Meski rumus yang digunakan untuk menghitung kecepatan adalah rumus yang sederhana, yang hanya menggunakan perhitungan pembagian dan perkalian saja. Namun, tetap saja sulit untuk dipahami jika tidak dilengkapi dengan contoh soal di atas. Contoh soal hadir untuk membuat kita lebih mudah dalam mempelajarinya.

Itulah penjelasan lengkap terkait rumus kecepatan, waktu, dan jarak yang bisa Sedulur pahami dengan mudah. Rumus di atas tentu saja telah Sedulur pelajari di bangku sekolah, namun karena jarang dipraktikkan, maka wajar bila Sedulur lupa. Ulasan ini akan membantu Sedulur mengingatnya. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!