top gun maverick

Top Gun: Maverick merupakan film Hollywood bergenre laga-drama yang dirilis pada Mei 2022. Film arahan sutradara Joseph Kosinski ini merupakan sekuel dari Top Gun (1986). Oleh sebab itu, film ini juga dikenal dengan judul Top Gun 2.

Film Top Gun: Maverick sendiri menceritakan tentang seorang pilot Angkatan Laut Amerika Serikat yang mendapatkan misi untuk melatih para pilot muda. Bukan pelatihan biasa, para pilot muda itu disiapkan untuk menjalankan tugas berbahaya.

Adapun film ini dibintangi oleh aktor Tom Cruise yang sebelumnya juga didapuk sebagai tokoh utama dalam film Top Gun seri pertama. Selain itu, ada pula Val Kilmer, Miles Teller, dan Jennifer Connelly.

Penasaran bagaimana akhir cerita Top Gun: Maverick? Sebelum menonton filmnya, ada baiknya Sedulur menyimak rangkuman informasi mengenai sinopsis hingga ulasannya berikut ini.

-->

BACA JUGA: Sinopsis The Northman, Kisah Viking yang Haus Balas Dendam

Profil film Top Gun: Maverick

top gun maverick
CNBC Indonesia

Salah satu daya tarik Top Gun: Maverick adalah ini merupakan sekuel dari film box office, Top Gun yang dirilis pada 1986. Oleh karenanya film ini juga dikenal sebagai Top Gun 2.

Penggarapan seri kedua Top Gun sendiri telah dibahas sejak 2010 yang dilanjutkan dengan pembuatan draft cerita di 2012. Namun, rencana tersebut akhirnya ditunda setelah kematian sang sutradara, Tony Scott di tahun yang sama.

Produksi film bergenre laga ini akhirnya dilanjutkan pada 2017 dengan menggaet Joseph Kosinski sebagai sutradara yang baru. Mulanya Top Gun: Maverick dijadwalkan tayang pada pertengahan 2019. Akan tetapi, perilisan film itu akhirnya ditunda karena sejumlah kendala. Merebaknya pandemi Covid-19 di awal 2020 juga membuat tim produksi kembali menjadwalkan ulang film tersebut. Hingga akhirnya pada 2022 film laga produksi Paramount Pictures itu akhirnya resmi dirilis.

  • Judul film: Top Gun: Maverick
  • Genre: laga, drama
  • Rumah produksi: Paramount Pictures
  • Sutradara: Joseph Kosinski
  • Penulis naskah: Ehren Kruger, Erec Warren Singer, Christopher McQuarrie
  • Produser: Jerry Bruckheimer, Tom Cruise, Christopher McQuarrie, David Ellison
  • Tanggal rilis: 27 Mei 2022
  • Durasi film: 130 menit
  • Film terkait: Top Gun (1986)

BACA JUGA: Sinopsis Monstrous, Pencarian Fenomena Supernatural Aneh

Daftar pemain

top gun maverick
FOX News

Meski sudah berselang 36 tahun dari film pertamanya, Top Gun: Maverick tetap menampilkan aktor Tom Cruise sebagai pemeran utama. Aktor 60 tahun itu memerankan seorang pilot angkatan laut, Pete Maverick Mitchell. Menariknya, ia benar-benar menumpangi pesawat jet tempur asli untuk melakoni perannya itu.

Totalitas dalam pembuatan film tidak hanya ditunjukkan oleh Tom Cruise. Pemain lainnya juga mengikuti pelatihan penerbangan hingga dapat menguasai pesawat aerobatik. Sementara itu, berikut adalah daftar lengkap pemeran Top Gun: Maverick.

  • Tom Cruise sebagai Pete Maverick Mitchell
  • Val Kilmer sebagai Tom “Iceman” Kazansky
  • Miles Teller sebagai Bradley “Rooster” Bradshaw
  • Glen Powell sebagai Jake Hangman Seresin
  • Monica Barbaro sebagai Natasha Phoenix Trace
  • Jon Hamm sebagai Beau Cyclone Simpson
  • Lewis Pullman sebagai Robert Bob Floyd
  • Charles Parnell sebagai Solomon Warlock Bates
  • Jay Ellis sebagai Reuben “Payback” Fitch
  • Jennifer Connelly sebagai Penelope Benjamin

BACA JUGA: Sinopsis The Roundup, Kisah Polisi Mengungkap Pembunuhan

Sinopsis film Top Gun: Maverick

Republika

Sementara itu, Top Gun: Maverick sinopsisnya adalah berikut ini. Cerita film ini berpusat pada sosok pilot senior di Angkatan Laut Amerika Serikat, Pete Maverick Mitchell (diperankan oleh Tom Cruise). Maverick yang dikenal sebagai pilot Angkatan Laut terbaik mendapat tugas untuk kembali ke balik kokpit pesawat tempur.

Bukan sekadar ditugaskan untuk membawa pesawat tempur mengudara di angkasa, ia dipanggil untuk melatih para Top Gun menjalankan misi khusus. Para pilot muda itu disiapkan untuk melakukan operasi di sebuah fasilitas uranium yang menjadi pusat persenjataan negara musuh.

Di sisi lain, perjalanan Maverick melatih para Top Gun akhirnya membawa ia kembali ke kenangannya 30 tahun silam. Tak hanya itu, misi khusus dan berbahaya tersebut juga diwarnai dengan berbagai konflik termasuk ketika Maverick harus melatih seorang pilot muda yang merupakan anak mendiang sahabatnya.Selain itu ada pula kisah romansa Maverick yang bertemu dengan Penelope Benjamin (Jennifer Connelly), seorang ibu tunggal sekaligus anak mantan bos Maverick dulu.

BACA JUGA: Sinopsis & Fakta Walking Dead Tomate, Kisah Tanah Toraja

Review Top Gun: Maverick

Antara

Dihimpun dari berbagai sumber, Top Gun: Maverick mendapat tanggapan positif dari para kritikus film. Top Gun: Maverick disebut menampilkan alur cerita yang mendebarkan sekaligus emosional dari para tokohnya.

Tak hanya itu, penampilan para aktor termasuk pemeran pendukung dalam melakoni perannya juga patut diacungi jempol. Misalnya sang pemeran utama, Tom Cruise yang dikenal dengan totalitasnya ketika membintangi sebuah film. Ia dikabarkan menjalani seluruh adegan laga tanpa pemeran pengganti.

Film ini juga mendapat ulasan positif di situs ulasan film. Misalnya pada situs Rotten Tomatoes, Top Gun 2 memperoleh skor 96% dari 436 suara. Sementara menurut situs IMDb, film ini mendapatkan skor 8.6/10.

Selain mendapat ulasan positif dari kritikus dan penikmat film laga, Top Gun 2 disebut berhasil menguasai box office Amerika Utara. Tak hanya itu, film ini juga mencetak sejarah sebagai film dengan pendapatan perdana paling tinggi sepanjang karier Tom Cruise di layar lebar.

Itu dia ulasan mengenai film Top Gun: Maverick yang dibintangi oleh Tom Cruise. Meski dirilis 36 tahun setelah film pertamanya, film ini tetap menarik untuk ditonton, terutama oleh Sedulur yang menggemari tontonan bergenre laga. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.