the roundup

The Roundup merupakan film Korea bergenre aksi yang baru saja dirilis pada Mei 2022 lalu. Film arahan sutradara Lee Sang Yong ini dibintangi oleh aktor kenamaan Korea, Ma Dong Seok dan Son Suk Ku.

Film The Roundup sendiri merupakan sekuel dari The Outlaws (2017) yang juga dibintangi oleh Ma Dong Seok. Oleh karenanya, film ini pun juga dikenal dengan judul The Outlaws 2.

Sementara, film The Roundup melanjutkan kisah Detektif Ma Seok Do dalam mengungkap kasus kejahatan. Pada misinya kali ini, Detektif Ma Seok Do harus berurusan dengan seorang pembunuh bernama Kang Hae Sang.

Ingin tahu bagaimana kelanjutan kisah Detektif Ma Seok Do? Sebelum menonton filmnya, ada baiknya Sedulur menyimak sinopsis dan fakta-fakta menarik tentang The Roundup terlebih dahulu. Berikut informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Sinopsis Our Father, Skandal Dokter yang Hamili Pasiennya

Profil film The Roundup

the roundup
Soompi
  • Judul film: The Roundup
  • Dikenal juga sebagai: The Outlaws 2
  • Judul asli: 범죄도시2 (BumJoedoshi 2)
  • Genre: aksi, kriminal
  • Sutradara: Lee Sang Yong
  • Penulis naskah: Kim Min Seong, Lee Sang Yong, dan Ma Dong Seok
  • Tanggal rilis: 18 Mei 2022
  • Durasi film: 106 menit

BACA JUGA: Sinopsis Kingdom Ashin of The North, Kisah Balas Dendam

Sinopsis The Roundup

the roundup
Soompi

Kisah film The Roundup mengambil latar waktu empat tahun setelah operasi kasus Garibong-dong. Sedikit kilas balik, dalam misi kala itu, Detektif Kepolisian Ma Seok Do (Diperankan oleh Ma Dong Seok) menangkap pembunuh berbahaya, Jang Chen (Yoon Kye Sang).

Misi baru Detektif Ma Seok Do

Selang empat tahun setelah kasus Jang Chen selesai, Detektif Ma Seok Do dan timnya mendapatkan tugas untuk mengekstradisi atau membawa pulang tersangka yang berada di Vietnam. Kepergiannya ke Vietnam malah membawanya pada penemuan kasus pembunuhan terhadap para turis. Kasus yang ternyata sudah terjadi selama bertahun-tahun itu dilakukan oleh Kang Hae Sang (Son Suk Ku).

Kang Hae Sang kembali ke Korea

Akan tetapi, bukan hal yang mudah untuk menangkap Kang Hae Sang. Detektif Ma Seok Do dan timnya pun harus bekerja keras untuk menangkap pelaku yang dikenal selalu lolos dari genggaman polisi itu.

Bahkan dalam proses pengejarannya, Kang Hae Sang dapat melarikan diri ke Korea Selatan. Tak hanya itu, ia juga melanjutkan aksi kejahatannya terhadap orang Korea.

BACA JUGA: Sinopsis & Fakta Girl from Nowhere, Kisah Misteri Sekolah

Pemain The Roundup

the roundup
Soompi

Selain sinopsisnya, Sedulur tentu juga ingin tahu The Roundup pemainnya siapa saja. Telah disinggung sebelumnya, film bergenre aksi dan kriminal ini dibintangi oleh aktor kawakan Korea Selatan, yakni Ma Dong Seok dan Son Suk Ku. Selain mereka, ada pula sederet bintang lainnya yang ikut terlibat di proyek film box office ini. Berikut daftar pemain selengkapnya.

  • Ma Dong Seok sebagai Ma Seok Do
  • Son Suk Ku sebagai Kang Hae Sang
  • Choi Gwi Hwa sebagai Jeon Il Man
  • Park Ji Hwan sebagai Chang Yi Soo
  • Heo Dong Won sebagai Oh Dong Gyun
  • Ha Joon sebagai Kang Hong Suk
  • Jeong Jae Kwang sebagai Kim Sang Hoon
  • Eum Moon Suk sebagai Jang Ki Cheol

BACA JUGA: Sinopsis Beyond Evil, Pengungkapan Pembunuhan Berantai

Fakta-fakta film The Roundup

Soompi

Dalam artikel ini, Super juga telah merangkum berbagai fakta menarik mengenai film The Roundup termasuk review atau ulasan atas film ini. Berikut informasi selengkapnya.

1. Sekuel dari film The Outlaws (2017)

Soompi

Disampaikan sebelumnya, film ini merupakan sekuel dari The Outlaws yang dirilis pada 2017 lalu. Oleh karenanya, film ini juga dikenal dengan judul The Outlaws 2. Dalam film pertamanya, The Outlaws dibintangi oleh Ma Dong Seok dan Yoon Kye Sang. Namun, Yoon Kye Sang yang kala itu memerankan sosok penjahat bernama Jang Chen tidak kembali terlibat dari seri kedua ini. Diketahui, sosok penjahat pada The Outlaws 2 diperankan oleh aktor Son Suk Ku yang belum lama ini mencuri perhatian lewat perannya sebagai Mr Gu dalam drama My Liberation Notes.

2. Sukses geser Parasite jadi film terlaris

Soompi

Kurang dari satu bulan semenjak penayangan perdananya, The Roundup telah ditonton oleh lebih dari 10 juta penonton di bioskop Korea Selatan. Seperti yang diketahui, film The Roundup tayang di Korea Selatan mulai 18 Mei 2022 lalu. 

Menurut data Dewan Film Korea atau Korean Film Council (KOFIC), film The Outlaws 2 telah ditonton sebanyak 10.503.886 penonton di bioskop per 12 Juni 2022 yang membawanya masuk dalam jajaran film box office. Angka tersebut diketahui telah melewati jumlah penonton film pemenang Oscar, Parasite yang kala itu ditonton oleh 10.313.201 orang. Pencapaian ini pun membawa The Outlaws 2 atau The Roundup sebagai film terlaris yang dirilis pada bulan Mei dalam sepanjang sejarah box office Korea.

Sebelumnya, pada 21 Mei 2022 atau hanya sekitar 4 hari sejak resmi dirilis, film tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 2 juta penonton di bioskop. Hal ini membawa The Roundup menjadi film tercepat yang memperoleh lebih dari 2 juta penonton dalam tiga tahun terakhir. 

Sementara itu, menurut data KOFIC per 26 Juni 2022, sekuel dari The Outlaws ini telah ditonton oleh lebih dari 12 juta penonton. Dengan demikian, The Roundup berhasil masuk dalam jajaran 14 besar film Korea yang berhasil mencapai angka tersebut sepanjang sejarah.

3. Review The Roundup

Antara News

Melihat dari pencapaian jumlah penonton bioskop yang diperoleh, bisa dikatakan bahwa film ini mendapat sambutan baik dari para pecinta film di Korea Selatan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, per 12 Juli 2022 atau sekitar dua bulan semenjak ditayangkan, film The Roundup sudah ditonton oleh lebih dari 12 juta penonton di bioskop. Sementara, menurut situs IMDb, film ini mendapat skor yang cukup tinggi, yakni 7.3/10 dari 460 suara. 

Demikian tadi ulasan mengenai film The Roundup. Apakah Sedulur penasaran The Roundup akhir ceritanya bagaimana? Sedulur bisa langsung meluncur menontonnya. Sedulur streming di layanan nonton film online kesayangan Sedulur. Selamat menonton, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.