Our Father

Our Father merupakan film original Netflix yang dirilis pada Mei 2022 lalu. Film dokumenter ini menjadi perbincangan hangat lantaran menyuguhkan cerita tentang skandal malapraktik oleh seorang dokter kesuburan di Indianapolis, Amerika Serikat. Sang dokter menggunakan spermanya sendiri untuk didonorkan kepada pasien-pasiennya dalam proses inseminasi buatan. Praktik ilegal yang dilakukan oleh dokter bernama Donald Cline itu pun membawa petaka bagi puluhan orang pada beberapa dekade kemudian. 

Lantas, bagaimana skandal dokter Donald Cline akhirnya terungkap? Sebelum menonton filmnya, Sedulur dapat menyimak sinopsis hingga beragam fakta lainnya tentang Our Father pada artikel berikut. Simak sampai habis, ya!

BACA JUGA: Sinopsis Beautiful Love Wonderful Life, Kisah Pencarian Cinta

Profil film

Our Father
Liputan 6

Dokumenter Our Father merupakan film original dari platform layanan streaming, Netflix. Film yang dirilis pada 11 Mei 2022 ini digarap oleh sutradara Lucie Jourdan yang sekaligus menandai debut sang sutradara yang sebelumnya lebih dikenal sebagai produser.

Selayaknya sebuah film dokumenter, Our Father diangkat dari peristiwa nyata yang menyeret seorang dokter spesialis kesuburan, Donald Cline. Adapun dalam film ini, sosok Donald Cline diperankan oleh aktor Keith Boyle.

BACA JUGA: Sinopsis Our Beloved Summer, Pasangan yang Bertemu Lagi

Sinopsis Our Father

Our Father
Netflix

Disampaikan sebelumnya, kisah film dokumenter Our Father menyoroti skandal yang dilakukan oleh Donald Cline, seorang dokter kesuburan di Indianapolis, Amerika Serikat. Ia disebut telah menggunakan sperma miliknya dalam proses inseminasi buatan terhadap sejumlah pasien. Sedikit informasi, inseminasi adalah proses pemasukan sperma ke dalam genitalia atau rahim perempuan.

Terungkapnya skandal Donald Cline bermula dari kecurigaan seorang wanita bernama Jacoba Ballard terkait orang tua kandungnya. Ia merasa dirinya memiliki perbedaan secara penampilan fisik dengan orang tua maupun anggota keluarga lainnya. Jacoba diketahui memiliki rambut pirang dan sepasang mata biru. Sementara keluarganya memiliki rambut dan mata berwarna gelap.

Keraguan Jacoba seolah terjawab ketika sang ibu mengaku pernah melakukan inseminasi buatan. Di sisi lain, ia juga melakukan tes DNA yang benar membuktikan bahwa dirinya memang bukanlah anak kandung sang ayah. Namun kenyataan tersebut ternyata membawa Jacoba pada fakta lain yang mengejutkannya.

Setelah mengetahui dirinya lahir dari hasil inseminasi buatan, Jacoba lantas mencoba mencari tahu siapakah ayah kandungnya. Di sisi lain ia juga ingin mengetahui kemungkinan apakah dirinya memiliki saudara tiri dari ayah yang sama. Saat itulah ia mendapatkan informasi dari situs tempatnya melakukan tes DNA bahwa dirinya memiliki kecocokan dengan lebih dari tiga orang.

Di sisi lain, ia menemukan fakta bahwa dirinya dan orang-orang yang memiliki kecocokan secara DNA dengannya memiliki kesamaan yakni orang tua mereka pernah melakukan prosedur inseminasi buatan di klinik Donald Cline. Hingga kemudian, penelusuran mereka mengarah pada kemungkinan bahwa sang dokter adalah ayah kandung mereka.

BACA JUGA: Sinopsis Age of Youth, Kisah Tentang Lima Mahasiswa

Review Our Father

Our Father
Netflix

Dirangkum dari berbagai sumber, film ini mendapat antusiasme yang cukup besar jelang penayangannya. Tidak heran, pasalnya film dokumenter ini mengangkat kisah tentang skandal malapraktik yang membuat miris sekaligus penasaran banyak orang, khususnya para pecinta film. Adapun Our Father disebut berhasil masuk dalam jajaran 10 teratas dalam daftar film Netflix yang tayang di Indonesia.

Adapun film ini bisa menjadi rekomendasi tontonan bagi Sedulur yang menyukai tayangan dokumenter terutama mengenai kasus kriminal. Namun tentunya jalan cerita film ini akan membawa Sedulur pada kisah yang mungkin tidak nyaman ditonton oleh semua kalangan.

Sementara itu, menurut situs IMDb, film ini mendapatkan rating atau skor 6.5 dari 10. Sedangkan di situs Rotten Tomatoes, film ini memperoleh skor 66% dari penonton.

BACA JUGA: Sinopsis You Are My Glory, Kisah Cinta Seorang Selebriti

Fakta Our Father

1. Diangkat dari kisah nyata

Our Father
Kompas

Telah diketahui bersama bahwa film ini diangkat dari kisah nyata, yaitu tentang skandal malapraktik yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis kesuburan, Donald Cline. Ia diduga telah menggunakan sperma miliknya sendiri untuk didonorkan kepada pasien yang melakukan prosedur inseminasi buatan.

Saat peristiwa itu terjadi, yakni pada sekitar tahun 1970 hingga 1980-an, Donald Cline disebut merupakan dokter kesuburan kenamaan di Indianapolis. Sejumlah sumber pun menyebut sang dokter melakukan praktik inseminasi buatan selama sekitar 10 tahun. Hal itu pun memunculkan dugaan bahwa jumlah anak hasil inseminasi dengan sperma Donald Cline adalah lebih dari 50 orang.

2. Muncul gugatan untuk Netflix

Our Father
Detik

Tak lama berselang setelah perilisan Our Father, tersiar kabar bahwa muncul gugatan yang ditujukan kepada Netflix.

Diberitakan oleh CNN Indonesia pada 24 Mei 2022 lalu, dua perempuan yang diduga merupakan anak Donald Cline menggugat Netflix dan rumah produksi Blumhouse Productions. Mereka menyebut pembuatan film dokumenter memberikan dampak kerugian lantaran identitas mereka terungkap ke publik tanpa persetujuan. Padahal setelah mereka mengetahui fakta bahwa sang dokter adalah ayah kandungnya, mereka memutuskan untuk merahasiakan hal tersebut.

Di sisi lain, Jacoba Ballard beserta sejumlah saudara tirinya disebut juga telah menuntut Donald Cline atas kasus tersebut. Ia juga sempat membawa kasus tersebut kepada media.

Demikian tadi ulasan mengenai film Our Father. Film ini cocok menjadi pilihan tontonan bagi Sedulur yang menyukai genre dokumenter. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.