Suga

Suga adalah salah satu member boyband asal Korea Selatan, BTS yang tak pernah gagal membuat penggemarnya kagum. Bagaimana tidak, member tertua kedua ini memiliki segudang prestasi di bidang musik. Baik karya-karyanya untuk BTS maupun karya pribadinya.

Meski menempati posisi sebagai rapper di grup, Suga juga seringkali dipanggil sebagai Min PD-nim atau produser Min. Min sendiri diambil dari nama asli Suga BTS, yakni Min Yoongi. Tak heran ia mendapat panggilan seperti ini, sebab di luar BTS, Yoongi banyak menciptakan musik bersama musisi lain. Salah satunya bersama solois wanita terkenal, IU.

Army, penasaran dengan profil dan fakta-fakta Suga BTS? Yuk simak di bawah ini!

Profil Suga BTS

Suga
Pinterest
  • Nama panggung: Suga
  • Nama asli Suga BTS: Min Yoongi
  • Tempat tanggal lahir Suga BTS: Daegu (Korea Selatan), 9 Maret 1993
  • Umur: 28 tahun (usia internasional), 29 tahun (usia Korea)
  • Zodiak: Pisces
  • Tinggi badan: 173.8 cm
  • Pendidikan terakhir: Global Cyber University Jurusan Seni Liberal
  • Agensi: HYBE
  • Akun IG: @agustd

BACA JUGA: Potret & Profile Kim Taehyung Member BTS, ARMY Waijb Baca!

-->

Fakta-fakta Suga

1. Berasal dari keluarga kurang mampu

Suga
Foto Suga BTS – Forbes

Kisah Suga yang berasal dari keluarga kurang mampu sebenarnya sudah banyak diketahui oleh para Army. Itulah mengapa sebelum debut menjadi anggota BTS, Yoongi harus banting tulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia bahkan harus menahan lapar agar bisa menyisakan ongkos naik bus untuk pulang ke rumah.

Bahkan setelah menjadi trainee Big Hit Entertainment (sekarang Hybe Labels), Yoongi masih harus berusaha keras mencari uang.

2. Karier tak didukung orang tua

Pinterest

Latar belakang yang kurang mampu itulah, yang membuat Suga tak mendapatkan dukungan dari orang tuanya untuk menjadi seorang musisi. Orang tua Yoongi pada awalnya berharap anak-anaknya memiliki pekerjaan yang stabil saja, seperti misalnya seorang pegawai negeri sipil.

Itulah mengapa, jalan Suga meniti karier sebagai seorang musisi dihadapkan pada sejumlah kesulitan. Saat ia harus masuk menjadi trainee, Suga sama sekali tak memiliki dukungan dari orang tuanya baik dukungan moral maupun finansial. Itulah sebabnya, Suga tetap harus berjuang mencari uang bahkan setelah dirinya masuk ke asrama Big Hit Entertainment.

BACA JUGA: Heboh! Jimin BTS Diajak Nikah Model Seksi Victoria Secret

Dilansir dari Koreaboo, Yoongi pernah mengungkapkan tentang orang tuanya yang tak mau memberi restu pada karier bermusiknya ini.

“Orang tuaku tidak mengerti rap. Kami berbeda generasi, dan mereka jarang mendengarkan lagu terutama rap. Jadi wajar, ketika akhirnya mereka menentang apa yang aku lakukan,” kata Suga.

3. Pernah mengalami kecelakaan sampai depresi

NME

Kisah pilu Yoongi di awal karier tak berhenti di situ. Saat sudah menjadi trainee, ia pernah menjadi korban tabrak lari. Ia pun sebenarnya mengalami luka yang cukup serius. namun Yoongi memilih diam karena khawatir dirinya akan dicoret dari daftar trainee Big Hit karena luka yang dialaminya. Ia pun memilih menahan sakit sambil terus berlatih untuk bisa debut menjadi idol.

Tak berhenti sampai di situ, Yoongi juga ternyata sempat memiliki masalah pada kesehatan mentalnya. Ia mengaku pernah mengidap depresi, kecemasan, hingga obsessive compulsive disorder, yakni gangguan mental yang menyebabkan penderitanya harus melakukan sesuatu secara berulang-ulang.

Beruntung Bang Sin Hyuk, CEO Big Hit Entertainment segera mengetahui kondisi Suga. Ia pun segera mengupayakan berbagai cara agar salah satu anak didikannya ini mendapatkan kesembuhan.

4. Meniti karier sebagai underground rapper

IDN Times

Sebelum bergabung BTS, Yoongi sudah lebih dulu meniti kariernya sebagai seorang underground rapper. Sejak usia 13 tahun, Yoongi disebut memang telah memiliki ketertarikan pada dunia rap. Salah satu karya musik yang membuat dirinya mantab menjadi seorang rapper adalah Fly dari Epic High. Ia pun mulai banyak menulis lagu rap, yang sayangnya membuat kedua orang tuanya marah dan membuang lirik-lirik lagu yang ditulis Yoongi.

Pada tahun 2010, ia debut menjadi underground rapper dengan nama panggung Gloss dan aktif bersama Daegu Town atau disingkat D-Town. Selama itu, dia membuat banyak lagu, salah satunya 518-062.

Bahkan setelah tiga tahun debut bersama BTS, Yoongi tetap bisa debut sebagai rapper dengan nama panggung AgustD di tahun 2016. Dan di tahun 2020, ia kembali merilis mixtapenya sebagai AgustD dengan judul D-2. Nama AgustD sendiri merupakan kebalikan dari nama panggungnya “Suga” dan singkatan kota kelahirannya Daegu Town.

BACA JUGA: Profil & Biodata Park Sung Hoon ENHYPEN dan Fakta Menariknya

5. Masuk menjadi trainee Big Hit Entertainment

Vogue

Setelah melewati karier sebagai underground rapper, Yoongi menjajal keberuntungannya untuk ikut audisi di Big Hit Entertainment pada tahun 2010. Ia pun lolos dan bahkan menjadi juara 2 saat audisi.

Selama menjadi trainee, ia pun ditawari Bang Sin Hyuk untuk masuk menjadi anggota sebuah boygroup. Bang Sin Hyuk bahkan menjajikan bahwa boy group ini nantinya akan memiliki koreografi yang minim dan lebih menekankan kreativitas membernya dalam membuat lagu. Suga pun setuju dan sekaligus menjadi awal ia berkenalan dengan RM atau Kim Nam Joon, leader BTS sekarang.

Namun, hal lucu terjadi ketika Suga akhirnya debut bersama BTS di tahun 2013. BTS menjadi salah satu boy group yang memiliki koreografi cukup sulit, seperti salah satunya yang ditampilkan dalam lagu Fire. Hanya saja, Bang Sin Hyuk benar-benar menepati janjinya untuk membebaskan dan melibatkan para member BTS untuk menciptkan lagu mereka sendiri. Dan Suga adalah salah satu produser musik terbaik yang dimiliki BTS.

6. Tak hanya BTS, Suga juga dikenal sebagai produser musik artis lain

Teen Vogue

Memiliki jalan terjal dalam membangun karier, kini Suga menjelma sebagai salah produser musik yang paling diperhitungkan dalam industri musik Korea. Di luar BTS, pria 28 tahun ini telah berkolaborasi dengan banyak artis dalam menciptakan lagu. Karya-karyanya dengan musisi lain antara lain:

  • IU – eight
  • Halsey – SUGA’s Interlude
  • MAX – Blueberry Eyes
  • Lee Sora – Song Request
  • Epik High – Eternal Sunshine
  • Heize ft Griboy – We don’t talk together
  • Suran ft Changmo – Wine

Sementara musik-musik BTS terkenal yang diproduksi Suga antara lain Boy in Luv, Fire, I Need UOn, Seesaw, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 14 Tokoh Terkenal yang Masuk Kategori Pria Tertampan di Dunia 2021

7. Raih segudang prestasi selama berkarier

Forbes

Melewati jalan terjal meniti karier sebagai musisi, perjuangan Suga tampaknya terbayar. Dari semua karya yang pernah ia rilis, ia berhasil mendapatkan beragam penghargaan dalam dunia musik. Antara lain:

  • Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017 dengan lagu “Wine”
  • Best Collaboration di Mnet Asian Music Awards 2019 dengan lagu “Song Request” (duet bersama Lee Sora) 
  • Best Collaboration di Mnet Asian Music Awards 2020 dengan lagu “Eight” (duet bersama IU) 
  • Mixtape “Daechwita” debut pada posisi teratas dalam Billboard 200 dan menjadi album dalam tangga lagu tertinggi oleh solois Korea di Amerika Serikat 
  • “Daechwita” menjadi music video dengan jumlah suka dan tayangan terbanyak oleh solois pada tahun 2020
  • D-2 menjadi album Korea pertama yang berada di posisi pertama dalam Worldwide Apple Music Album Chart 

8. Akhirnya mendapat dukungan dari orang tua

Pinterest

Setelah mendapatkan penolakan dari orang tua, Suga akhirnya bisa mendapatkan restu orang tuanya dalam menjalani karier sebagai musisi. Di tahun 2016 saat BTS mengadakan konser, tampak Suga menangis hingga sujud karena melihat kedua orang tuanya mau datang ke konsernya. Momen ini tentu tak akan pernah dilupakan oleh Yoongi dan juga Army yang selama ini selalu mendukungnya.

BACA JUGA: Pesona Lee Dong Hwi, Adik Cha Eun Woo, Gantengnya Misterius

9. Disebut memiliki kepribadian tsundere

Vogue

Penggemar Yoongi seringkali merasa gemas dengan kepribadian yang cuek dan dingin. Suga juga tak jarang membalas hate comment yang datang padanya dengan sarkas. Namun, di balik sikapnya yang dingin itu, Yoongi adalah orang yang diam-diam perhatian. Ia merupakan orang yang lebih suka menunjukkan perhatian ketimbang kata-kata.

Hal ini seringkali terlihat dari sikapnya ke member BTS yang lain. Meski cuek, ia selalu memperhatikan apa yang sedang dibutuhkan oleh member lain. Sikapnya yang seperti ini, tak jarang membuat para Army gemas dan membayangkan memiliki kekasih seperti dirinya.

10. Memiliki julukan cenayang

PinkVilla

Entah kebetulan atau tidak, segala hal yang diucapkan Suga selalu menjadi kenyataan pada akhirnya. Mulai dari masuknya BTS ke Billboard Music Awards, penampilan di Grammy Awards, hingga akhirnya masuk nomine di Grammy. Semuanya berawal dari keinginan dan perkataan seorang Min Yoongi.

Sampai akhirnya para penggemar membuat sebuah tagline, yakni “What Suga want, what Suga get!”.

Sejumlah fakta tentang Suga ini sanggup membuat banyak orang berdecak kagum. Di usianya yang masih sangat muda, Yoongi berhasil meraih kesuksesan besar. Namun tak heran, sebelumnya memang ada perjuangan keras yang harus ia jalani terlebih dahulu. Buat para Army, tentu makin sayang dong sama hyung favorit para Army ini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.