park sung hoon

Buat para K-Pop enthusiasts, nama boygroup ENHYPEN pasti tak lagi asing di telinga, bahkan sudah melekat kuat di hati. Sedang naik daun, para penggemar pun sibuk mencari profil dan fakta lengkap tentang tujuh personelnya yang punya kepribadian berbeda-beda. Tak terkecuali Park Sung Hoon, salah satu member ENHYPEN yang dikenal sebagai mantan atlet dan berjuluk Ice Boy.

Biar tahu lebih dekat tentang asal usul dan kegiatan idolamu yang satu ini, mari baca beberapa fakta menariknya di bawah ini. Siap-siap untuk jatuh cinta.

BACA JUGA: Biodata, Profil & Fakta 12 Member TREASURE, Terlengkap!

1. Biodata Park Sung Hoon 

park sung-hoon
Instagram @enhypen

Park Sung-Hoon lahir pada 8 Desember 2002 dan itu membuatnya berzodiak Sagittarius. Ia memiliki tinggi badan sekitar 178 cm dan bergolongan darah O. Sang penyanyi muda berasal dari Namyangj, Korea Selatan dan memiliki satu adik perempuan. 

Park Yeji, adik Sung Hoon, berusia 5 tahun lebih muda dari sang kakak dan tidak atau belum terjun ke dunia hiburan. Beberapa waktu setelah nama sang kakak tenar, media sosialnya pun dibanjiri pengikut. Tak berapa lama, ia menutup akun Instagram-nya. Mungkin ini dilakukan untuk menjaga privasi keluarganya dan sang kakak. 

2. Tidak memiliki media sosial pribadi

park yeji adik sung hoon
Instagram @enhypen

Tipikal idol K-Pop, Park Sung Hoon dan rekan-rekannya di ENHYPEN pun tidak memiliki akun media sosial pribadi. Kegiatan dan foto mereka akan dipublikasikan lewat media sosial resmi ENHYPEN atau label yang menaungi mereka, Belift Lab yaitu merupakan proyek kerjasama antara CJ ENM dan HYBE (dulunya bernama Big Hit Entertainment). Sedulur bisa mengikuti kegiatan Park Sung Hoon dan kawan-kawan lewat Instagram @enhypen dan Twitter @ENHYPEN_members serta YouTube Enhypen. 

3. Pernah menjadi atlet figure ice skating 

park sung hoon figure skater
Instagram @enhypen

Fakta bahwa Park Sung Hoon pernah menjadi figure skater dikupas tuntas dalam siniar milik penyanyi Korea Eric Nam yang berjudul K-Pop Daebak Show. Ia sudah menekuni olahraga tersebut sejak 2010 dan baru pensiun di 2020 untuk fokus pada karier musiknya di ENHYPEN. 

Dalam siniar tersebut pula, Sung Hoon mengungkap bahwa ia bergabung dengan Big Hit Entertainment di usia muda karena menganggap bahwa latihan menari dan program mentoring di sana bakal berdampak baik untuk karirnya sebagai atlet figure skating. Ia juga mengaku sebenarnya tidak berharap atau bermimpi jadi seniman sama sekali. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai tertarik menjadi idol saat melihat BTS dan rekan-rekan trainee-nya selama di Big Hit. 

BACA JUGA: Biodata 23 Member NCT Dream dan Fakta Unik Mereka!

4. Punya nama panggilan Ice Boy dan Ice Prince 

drama park sung hoon
Instagram @enhypen

Fakta bahwa ia pernah menjadi atlet figure skating membuat penggemar pun memberikan julukan Ice Boy pada Sung Hoon. Sebagian juga menyebutnya Ice Prince atau Pangeran Es. Ini karena banyak yang kagum pada visualnya yang menawan bak pangeran dan performanya saat melakukan beberapa gerakan ice skating yang bikin hati penggemar meleleh. Selama menjadi atlet, ia juga banyak memenangkan banyak turnamen bergengsi. 

5. Bergabung dengan ENYHPEN lewat kompetisi I-LAND

ENYHPEN
Instagram @enhypen

Sama dengan member ENHYPEN lainnya, Sung Hoon tergabung dalam boy group tersebut setelah melalui berbagai tantangan dan rintangan dalam kompetisi I-LAND yang berlangsung mulai Juni 2020 lalu. Sejak awal perilisannya, kompetisi ini sudah mengundang perhatian orang karena diadakan oleh perusahaan rekaman yang sedang naik daun, Big Hit Entertainment. Seperti kita tahu Big Hit adalah rumah untuk boyband sekelas BTS dan TXT.  

Konsep dari I-LAND pun dibuat semenarik mungkin dengan menciptakan atmosfer high technology di bangunan tempat karantina dan latihan para pesertanya. Mereka juga menghadirkan banyak ahli di bidang yang dibutuhkan sebagai juri dan mentor. Menariknya lagi, acara TV tersebut juga mengizinkan peserta asal luar Korea Selatan seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, Taiwan, dan Vietnam.

Pada akhirnya terpilih 7 peserta tersisa yang berhasil menjadi member proyek musik tersebut. Salah satunya Park Sung Hoon yang dikenal dengan nama panggung SUNGHOON. Ranking terakhirnya di I-LAND adalah posisi keenam. Mereka bertujuh debut di November 2020 dan berhasil bertahan hingga sekarang. 

6. Namanya sama dengan seorang aktor Korea 

park sung hoon happiness
Instagram @enhypen

Nama Park Sung Hoon ternyata bukan nama baru di industri hiburan Korea. Nama ini juga dimiliki seorang aktor kelahiran tahun 1985 yang aktif sejak 2006 hingga sekarang. Ia sudah wara-wiri di berbagai serial dan drama televisi.

Drama Park Sung Hoon antara lain Six Flying Dragons, Justice, Psychopath Diary, Into the Ring, Joseon Exorcist dan lain sebagainya. Ia juga terlibat dalam film Gonjiam: The Haunted Asylum, High Society, Forbidden Dream dan lainnya.

Sudah dipastikan, meskipun nama mereka sama persis, keduanya adalah orang yang berbeda. Park Sung Hoon ini pula yang pada awal 2021 lalu dikabarkan akan membintangi drama Happiness, tetapi akhirnya perannya didapatkan oleh Han Hyo Joo dan Park Hyung Sik. 

BACA JUGA: Biodata & Profil 13 Pemain Mr. Queen Drakor Seru, Terlengkap

7. Status hubungan asmara Park Sung Hoon ENHYPEN bukanlah konsumsi publik

park sung hoon pacar
Instagram @enhypen

Sama seperti member boy group pada umumnya, rahasia tentang kehidupan pribadi mereka biasanya ditutup rapat oleh pihak manajemen. Bahkan seakan ada “larangan” tak tertulis bagi para idol K-Pop untuk memiliki pacar selama beberapa tahun agar mereka bisa fokus pada karir. Kabar bahwa Sung Hoon memiliki pacar dan putus ternyata hanya isapan jempol belaka.

8. Melalui tes MBTI, ia dapat hasil ISTJ 

MBTI
Instagram @enhypen

Ini diungkap pada salah satu episode di I-LAND. Menurut situs 16 Personalities, ISTJ merujuk pada seorang Introverted, Observant, Thinking, dan Judging. Artinya ia adalah orang yang tidak mudah lelah, yang takut bila ia menyia-nyiakan waktu dan tidak memanfaatkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Sekitar 13% populasi di dunia diperkirakan memiliki sifat ini.

Orang dengan karakter ISTJ dikenal dengan integritas dan tanggung jawabnya saat diberikan tugas. Selain Sung-hoon beberapa orang terkenal yang memiliki sifat ini antara lain Natalie Portman, Sting, Angela Merkel, dan Denzel Washington. Mereka semua dikenal sebagai pekerja keras yang cerdas dan dominan menggunakan logika saat bertindak. 

BACA JUGA: Profil & Biodata Secret Number, Ada Dita Karang Asal Indonesia

9. Ditunjuk oleh penggemar dan rekan satu band-nya sebagai yang tertampan

group visual
Instagram @enhypen

 Meski setiap penggemar punya bias masing-masing, kebanyakan setuju bahwa Park Sung-Hoon merupakan member dengan visual terbaik. Ia memiliki mata yang ramah, hidung yang mancung, dan lesung pipi yang bikin penampilannya semakin manis. Hal ini juga diamini oleh enam rekannya di ENHYPEN. Meskipun Jungwon menganggap bahwa Sunghoon adalah member yang paling susah dan jarang tersenyum. 

10. Pernah mengidap amblyopia saat kecil

amblyopia
Instagram @enhypen

 Amblyopia atau mata malas adalah gangguan penglihatan yang biasanya nampak sejak anak masih kecil. Mata malas disebabkan oleh kelainan saraf pada salah satu mata yang membuat penglihatan di satu mata tersebut terganggu. Dengan penangangan sejak dini, amblyopia bisa disembuhkan seperti yang terjadi pada Sung Hoon saat ini. 

Itu beberapa hal menarik dari Park Sung Hoon. Ternyata banyak hal menarik yang bisa diulik dari sosoknya yang masih muda ini. Sebagai ENGENE alias penggemar berat ENHYPEN, Sedulur wajib nih mendukung terus sepak terjang Sung Hoon dan kawan-kawan. Siapa tahu sebentar lagi mereka bakal merambah akting.