Bangtan Sonyeondan atau yang lebih dikenal dengan nama BTS adalah boygroup asal Korea Selatan yang saat ini memiliki popularitas yang mendunia. Seiring dengan meningkatnya popularitas group, para membernya pun mendapat sorotan lebih banyak dari sebelumnya. Group yang digawangi oleh Kim Nam Joon (RM), Kim Seok Jin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Hoseok (J-Hope), Park Jimin (Jimin). Kim Taehyung (V), dan Jung Jungkook (Jungkook) ini makin populer tak hanya di Korea Selatan, tetapi juga di seluruh belahan dunia.

Salah satu membernya, Kim Taehyung atau yang memiliki nama panggung V, menjadi salah satu member yang cukup banyak memiliki penggemar. Ia bahkan pernah dinobatkan menjadi posisi pertama dalam daftar Pria Paling Tampan di Dunia pada tahun 2017 versi TC Candler. Selain itu, V juga berada di peringkat 1 di chart 2018 Most Handsome Men versi Global Entertainment Magazine dan Famous Star Magazine.

Namun perjuangan Taehyung menjadi sosok sebesar sekarang tidaklah mudah. Banyak lika-liku perjuangan harus ia lewati. Yuk kali ini simak perjalanan hidup, karier, dan fakta-fakta tentang Taehyung hingga menjadi seorang superstar!

BACA JUGA: Fakta 12 Pemain Drakor Hwarang, Ada Park Seo Joon & Choi Min Ho

-->

Biodata Kim Taehyung atau V BTS

  • Nama Lengkap: Kim Taehyung
  • Nama panggung: V
  • Tempat & Tanggal lahir: Daegu, 30 Desember 1995
  • Tinggi badan: 178 cm
  • Berat badan: 62 kilogram
  • Golongan darah: AB
  • Akun Instagram resmi: @thv

Fakta-fakta menarik tentang Kim Taehyung, yuk simak!

1. Seorang anak petani

Kim Taehyung
Kompas

Meski sekarang menjadi artis yang terkenal di seluruh belahan dunia, dan tentu dengan harta yang sangat melimpah, siapa sangka kehidupan masa kecil dan remaja Taehyung tak seglamor sekarang. Keluarga Kim Taehyung merupakan sebuah keluarga petani sederhana yang berasal dari Daegu.

Bahkan jika tak menjadi seorang penyanyi, Taehyung membayangkan dirinya juga akan menjadi seorang petani seperti ayahnya. Sebagai anak petani, ia juga mengalami pengalaman pahit. Semasa sekolah, Taehyung pernah jatuh cinta dengan seorang gadis, namun ia ditolak hanya karena dirinya seorang anak petani. Mungkin saat ini gadis yang menolak Taehyung sudah menyesal sekali melihat kesuksesan seorang Kim Taehyung sekarang.

BACA JUGA: Heboh! Jimin BTS Diajak Nikah Model Seksi Victoria Secret

2. Adik Kim Taehyung

Teen Vogue

Mungkin banyak ARMY baru yang bertanya-tanya, Kim Taehyung anak ke berapa? Jawabannya adalah Taehyung merupakan akan pertama dari tiga bersaudara. Ia memiliki adik perempuan yang bernama Kim Eun Jun dan adik laki-laki yang bernama Kim Jeon Gyu.

Sayangnya, informasi mengenai adik-adik Taehyung ini sangat terbatas. Selain itu, Taehyung juga sangat menjaga privasi keluarganya. Sehingga tak banyak hal yang bisa kita ketahui tentang dua saudara Taehyung.

3. Lolos sebagai trainee Big Hit Entertainment secara tidak sengaja

Twitter

Taehyung sebenarnya tak pernah bermimpi menjadi seorang artis atau penyanyi. Keterlibatannya dalam industri hiburan Korea Selatan pun berawal dari sebuah ketidaksengajaan. Dalam beberapa kesempatan wawancara, Taehyung beberapa kali menceritakan tentang awal dirinya mengikuti audisi yang diadakan oleh Big Hit Entertainment (sekarang bernama Hybe Labels), agensi yang menaungi BTS.

Awalnya, ia hanya bermaksud untuk mengantarkan temannya mengikuti audisi yang diadakan oleh Big Hit Entertainment. Namun tanpa disangka, Taehyung justru juga mendapat tawaran untuk mengikuti audisi tersebut. Setelah menimang, Taehyung akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran audisi tersebut.

Di luar dugaan, justru Taehyung yang lolos dalam audisi tersebut. Sementara teman Taehyung dikabarkan malah gagal.

BACA JUGA: 6 Fakta Dita Karang Secret Number, Idol Korea Asal Indonesia

4. Jadi member BTS paling terakhir yang dikenalkan kepada publik

Wikipedia

Taehyung lolos audisi yang diadakan Big Hit Entertainment pada tahun 2011. Sementara BTS debut pada tanggal 13 Juni 2013. Jadi ada sekitar 2 tahun Taehyung mengikuti masa trainee di Big Hit Entertainment. Fakta yang unik tentang kemunculan Taehyung di publik adalah ia merupakan member terakhir yang dikenalkan kepada publik sebagai member BTS.

Ia baru dikenalkan ke publik 11 hari sebelum tanggal debut mereka. Padahal keenam member lain yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, dan Jungkook sudah terlebih dulu dikenalkan kepada publik. Namun, justru kehadiran V atau Taehyung ini membuat publik semakin penasaran dengan BTS sebagai grup baru kala itu. Taehyung juga dianggap sangat berbakat dengan suara baritonnya yang sangat khas.

5. Yang melahirkan istilah Borahae atau I Purple You

AllKPop

Para ARMY pasti sudah sangat familiar dengan istilah Borahae atau yang dalam bahasa Inggris berarti I Purple You. Kata ikonik antara BTS dan Army ini tak lain dan tak bukan adalah ciptaan Taehyung. I Purple You sendiri menggambarkan ungkapan cinta antara BTS dan Army. Warna ungu sendiri merupakan warna yang menggambarkan BTS. Ungu merupakan warna terakhir dalam pelangi, sehingga bisa diartikan bahwa cinta antara BTS dan ARMY akan terus berlanjut sampai akhir.

Sementara itu, kebetulan borahae dalam Bahasa Korea juga memiliki arti “aku akan mencintaimu sampai akhir hari’. Sungguh dalam bukan maknanya?

Taehyung melontarkan istilah ini secara spontan pada saat konser BTS Muster pada tanggal 13 November 2016 silam. Dan hingga saat ini Borahae menjadi slogan yang digunakan BTS dan ARMY untuk saling menunjukkan kecintaan mereka.

BACA JUGA: 8+ Drama & Fakta Menarik Song Kang Aktor Terbaik Tahun Ini

6. Arti nama panggung, V

NME

Kim Taehyung memiliki nama panggung yang cukup unik dan sangat singkat. Namun meski singkat, ada makna dalam di balik nama V. Menurutnya, V sendiri diambil  dari kata victory yang berarti kemenangan. Taehyung juga terkenal sebagai member BTS yang suka membentuk posisi tangannya menjadi seperti huruf V.

7. Satu-satunya member yang pernah bermain dalam drama Korea

CNN

Tak hanya sebagai penyanyi, Kim Taehyung juga satu-satunya member BTS yang pernah debut sebagai aktor. Satu-satunya drama yang pernah dimainkan Taehyung berjudul Hwarang: The Poet Warrior Youth pada tahun 2016. Meski bukan sebagai pemeran utama, kemampuan akting Taehyung dalam drama tersebut cukup mencuri perhatian. Ia bahkan disebut-sebut memiliki bakat akting yang luar biasa.

Sayang, hingga saat ini Hwarang masih menjadi drama satu-satunya yang dimainkan oleh Kim Taehyung. Ia belum menerima lagi tawaran bermain dalam drama lain.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Model Mullet Hair Pria Ala Idol K-Pop, Boleh Ditiru

8. Memiliki banyak teman sesama artis

Youtube

Kim Taehyung dikenal memiliki kepribadian yang ramah dan menyenangkan, tak heran jika ia memiliki banyak teman di luar keenam member BTS lainnya. Lingkaran pertemanan milik Taehyung yang paling terkenal adalah Wooga Squad. Geng ini terdiri dari Park Seo Joon, Choi Woo Shik, Park Hyung Sik, dan rapper Peakboy.

Taehyung, Park Seo Joon, dan Park Hyung Sik sendiri diketahui menjadi dekat berkat bermain bersama dalam drama Hwarang. Setelah syuting selesai, pertemanan mereka berlanjut ditambah dengan kehadiran Choi Woo Shik dan rapper Peakboy.

Wooga Squad dikenal menjadi geng pertemanan yang kerap kali terlihat mendukung satu sama lain. Mereka sering terlihat saling memberikan komentar penyemangat satu sama lain. Taehyung bahkan mendukung drama Park Seo Joon yang berjudul Itaewon Class dan drama Choi Woo Shik yang berjudul Our Beloved Summer dengan mengisi original soundtrack untuk kedua drama tersebut. Tak hanya itu, Taehyung juga pernah menjadi model video klip dari salah satu lagu terbaru milik Peakboy.

Tak hanya Wooga Squad, Taehyung juga diketahui berteman akrab dengan sesama idol lain. Antara lain KAI EXO, Sungjae BTOB, Minho Shinee, Mark GOT7. Sementara dengan teman aktor selain Park Seo Joon dan Choi Woo Shik, Taehyung juga berteman dengan Park Bo Gum dan Kim Min Jae.

9. Mendapat julukan Gucci Boy

Twitter

Foto Kim Taehyung yang tampak sering mengenakan pakaian atau item fashion dari Gucci sering sekali beredar di kalangan penggemar. Dari semua brand luxury dunia yang ada, Taehyung memang paling sering mengenakan merk Gucci. Tak heran jika pada akhirnya ia mendapatkan julukan Gucci Boy dari media dan penggemarnya.

BACA JUGA: Sinopsis & 7 Pemain 1988 Reply, Drama Keluarga Terbaik

10. Tidak kuat minum alkohol

V BTS Akan Nyanyikan OST Drama Korea Our Beloved Summer, Nama Kim Taehyung  Trending di Twitter - Surabaya Network

Jika Suga bisa dibilang sebagai member BTS yang paling kuat minum alkohol, maka Taehyung adalah kebalikannya. Ia bahkan bisa mabuk hanya karena satu gelas besar bir. Itulah mengapa, Taehyung biasanya tak banyak mengonsumsi alkohol.

Alih-alih soju, yang merupakan minuma beralkohol khas Korea, Taehyung lebih menyukai meminum wine. Selain itu, Taehyung juga tak bisa meminum kopi. Ia lebih suka meminum cokelat panas.

11. Pernah merasa kosong dan takut ditinggalkan ARMY

10 Reasons Why Everybody Loves BTS' V - Spinditty

Pada masa awal-awal pandemi Covid-19, Taehyung dinilai ARMY sempat menjadi pribadi yang cukup berbeda. Sebelumnya Taehyung dikenal sebagai pribadi yang ceria dan selalu menyenangkan. Namun, tiba-tiba di awal pandemi, Taehyung sering tertangkap kamera terlihat murung.

Usut punya usut, Taehyung sempat merasa kosong. Dalam salah satu episode BTS In The Soop Season 1, Taehyung pernah bercerita kepada Jungkook tentang perasaannya selama ini. Selama ini Taehyung khawatir apakah dirinya masih layak untuk dicintai ARMY?

Kekhawatiran ini muncul karena mereka tak lagi melakukan konser offline sejak pandemi menyerang. Itulah mengapa Taehyung sering melakukan live di Weverse, namun sayang hal itu tak membuat Taehyung lega dan merasa kosong. Untungnya, saat ini Taehyung mulai membaik dan mulai kembali seperti Taehyung yang sedia kala. Apalagi mereka sudah melakukan konser offline bertajuk Permission To Dance On Stage di Sofi Stadium Los Angeles pada akhir November hingga awal Desember 2021 silam.

BACA JUGA: 8 Fakta Menarik Han So Hee, Aktris Korea yang Sempat Hidup Susah

12. Menjadi selebriti pria Korea Selatan dengan followers terbanyak di Instagram

Tanggal 6 Desember 2021 mungkin akan menjadi tanggal bersejarah bagi ARMY. Pasalnya di tanggal tersebut, ketujuh member BTS untuk pertama kali mengumumkan Instagram resmi milik mereka pribadi. Akun Instagram Taehyung, @thv menjadi akun Instagram yang memiliki penambahan jumlah pengikut dengan sangat cepat dalam waktu kurang dari satu bulan.

Bahkan sampai saat ini, Taehyung sudah memiliki sebanyak 28,1 juta pengikut di Instagram. Jumlah ini mengalahkan aktor Lee Min Ho yang sebelumnya memegang rekor sebagai seleb pria Korea Selatan dengan pengikut terbanyak, yakni sebanyak 27,3 juta pengikut.

Namun, hingga saat ini ARMY hanya bisa menikmati unggahan ketujuh member BTS saja tanpa bisa meninggalkan komentar. Sebab ketujuh member BTS membatasi interaksi di Instagram hanya dengan akun-akun yang mereka ikuti saja.

Nah, cukup banyak bukan fakta-fakta menarik tentang Kim Taehyung dari mulai perjalanan awal perjalanan kariernya hingga sukses menjadi superstar yang dikenal di seluruh dunia. Buat para ARMY yang ingin mencari wallpaper Kim Taehyung, yuk bisa unduh foto-foto berikut ini dari berbagai sumber.

Kim Taehyung
Favim
Kim Taehyung cute
K-Popmama
Getty Wallpapers
Getty Wallpaper