Rurouni Kenshin The Final

Rurouni Kenshin merupakan film serial bergenre aksi asal Jepang. Film yang mengangkat cerita tentang seorang ahli pedang dengan latar era Restorasi Meiji ini diadaptasi dari manga populer berjudul Samurai X karya Nobuhiro Watsuki. Pada 2021 lalu, Rurouni Kenshin merilis film keempat, yaitu Rurouni Kenshin The Final. Diketahui, total terdapat lima judul dalam seri film Rurouni Kenshin.

Sama seperti judul-judul sebelumnya, film ini juga menampilkan Takeru Satoh sebagai Himura Kenshin. Dalam seri kali ini, Kenshin kembali berhadapan dengan musuh lamanya. Kenshin yang telah memutuskan untuk berhenti menjadi pembunuh akhirnya harus kembali mengangkat pedangnya.

Penasaran bagaimana kelanjutan kisah Kenshin di Rurouni Kenshin The Final? Sebelum menyaksikan filmnya, ada baiknya Sedulur menyimak sinopsis dan fakta-fakta menarik film ini terlebih dahulu. Berikut informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Sinopsis Suzume No Tojimari, Kisah Pencarian Sebuah Pintu

-->

Sinopsis Rurouni Kenshin The Final

Rurouni Kenshin The Final
Liputan 6

Rurouni Kenshin The Final merupakan judul keempat dari film serial Rurouni Kenshin dan digarap berdasarkan babak akhir dari versi manganya. Meski begitu, dikatakan bahwa film ini menampilkan alur yang berbeda.

Cerita film ini sendiri menyoroti tentang kehidupan Himura Kenshin (diperankan oleh Takeru Satoh), seorang pendekar pedang yang terkenal. Setelah era Restorasi Meiji, Kenshin memutuskan untuk berhenti membunuh dan memulai hidup tenang dengan Kaoru Kamiya (Emi Takei). Ia juga menyibukkan diri dengan mengajar di sekolah ilmu pedang.

Suatu ketika, musuh lama Kenshin yakni Yukishiro Enishi (Mackenyu Arata) kembali datang. Ia membuat kegaduhan di daerah tempat tinggal Kenshin. Bahkan, untuk menunjukkan kedatangannya, Enishi dengan sengaja meninggalkan jejak berupa tulisan “Junchu” di sebuah rumah makan yang ia hancurkan. Rumah makan itu sendiri diketahui merupakan tempat favorit Kenshin.

Kenshin dan Enishi memang memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan. Enishi menyimpan dendam setelah Kenshin membunuh orang terdekatnya. Kedatangan Enishi pun membuat Kenshin harus kembali mengangkat pedangnya.

Di sisi lain, film ini  juga disebut bakal menceritakan tentang sejarah asal muasal tanda “X” yang ada di pipi Kenshin.

BACA JUGA: Sinopsis One Piece Red Beserta Jadwal Tayangnya di Indonesia

Profil film

Rurouni Kenshin The Final
Suara

Disampaikan sebelumnya, Rurouni Kenshin The Final merupakan seri keempat dari serial film live action Rurouni Kenshin. Seri film ini merupakan adaptasi dari manga populer berjudul Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story karya Nobuhiro Watsuki. Manga yang lebih populer dengan nama Samurai X itu dirilis pertama kali pada 1994 silam dan sempat diangkat menjadi anime pada akhir 90-an hingga awal abad 21.

Sementara itu, berikut profil singkat film Rurouni Kenshin The Final.

  • Judul film: Rurouni Kenshin: The Final
  • Judul asli: るろうに剣心 最終章 The Final (Rurouni Kenshin: Saishūshō – Za Fainaru)
  • Genre: live action, aksi, laga 
  • Sutradara: Keishi Otomo
  • Penulis naskah: Keishi Otomo
  • Didasarkan dari: manga Rurouni Kenshin karya Nobuhiro Watsuki
  • Tanggal rilis: 23 April 2021 (Jepang) dan 18 Juni 2021 (Netflix)
  • Durasi film: 138 menit

BACA JUGA: Sinopsis Spirited Away, Petualangan Seorang Gadis di Dunia Lain

Daftar pemain

Antaranews

Berikut adalah daftar pemain Rurouni Kenshin: The Final selengkapnya.

  • Takeru Satoh sebagai Himura Kenshin
  • Mackenyu Arata sebagai Yukishiro Enishi
  • Emi Takei sebagai Kaoru Kamiya
  • Munetaka Aoki sebagai Sanosuke Sagara
  • Yu Aoi sebagai Megumi Takani
  • Riku Ohnishi sebagai Yahiko Myojin
  • Tao Tsuchiya sebagai Misao Makimachi
  • Yosuke Eguchi sebagai Hajime Saito
  • Yusuke Iseya sebagai Aoshi Shinomori
  • Ryosuke Miura sebagai Cho Sawagejo
  • Takuma Otoo sebagai Woo Heishin
  • Kasumi Arimura sebagai Yukishiro Tomoe

BACA JUGA: Sinopsis Kimetsu no Yaiba, Pembalasan Dendam Pemburu Iblis

Review Rurouni Kenshin The Final

Netflix

Selain menyimak sinopsis ceritanya, Sedulur tentu juga ingin tahu bagaimana ulasan atau review film ini. Sebagai film serial, film satu ini tentu telah dinantikan oleh penggemar serial Rurouni Kenshin. Terlebih, film ini disebut akan menjawab sejumlah pertanyaan yang ditinggalkan oleh judul-judul sebelumnya. Selain itu, cerita dalam film ini juga disebut mengalami banyak pengembangan jika dibandingkan dengan versi manganya.

Hal menarik lainnya dari film ini adalah kembali para pemain yang juga tampil di tiga film sebelumnya. Di antaranya adalah Takeru Satoh yang didaulat sebagai tokoh utama, Emi Takei, Munetaka Aoki, Yu Aoi, Yusuke Iseya, Tao Tsuchiya, Yosuke Eguchi, dan Mackenyu Arata.

Di sisi lain, menurut situs IMDb, film ini mendapat skor 7.2/10. Sementara pada situs Rotten Tomatoes, film ini mendapat skor 86% dari penonton.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Situs Nonton Anime Legal Sub Indo

Fakta menarik tentang Rurouni Kenshin The Final

Sebagai pelengkap, Super juga telah merangkum tiga fakta menarik mengenai film Rurouni Kenshin The Final. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pecahkan rekor box office Jepang

CNN Indonesia

Dikutip dari Antara, Rurouni Kenshin The Final yang juga dikenal sebagai Rurouni Kenshin: Final Chapter I dirilis di Jepang pada 23 April 2021. Sepanjang penayangannya, film ini berhasil meraup 528 juta yen (sekira 4,78 juta dolar AS) di akhir pekan pertama. Perolehan ini membawa Rurouni Kenshin The Final ke peringkat dua box office.

Tak berhenti sampai di situ, per 17 Juni 2021, film tersebut berhasil menjual 2,66 juta tiket dan menghasilkan lebih dari 3,75 miliar yen (sekira 34 juta dolar AS). Hal ini pun membuat Rurouni Kenshin The Final masuk dalam jajaran film live action Jepang terlaris pada tahun 2021.

2. Libatkan ONE OK ROCK dan Ed Sheeran

Antara

Fakta menarik lainnya dari Rurouni Kenshin The Final adalah digandengnya band kenamaan asal Jepang, ONE OK ROCK untuk membawakan original soundtrack (OST) berjudul Renegades. Selain itu, adapula penyanyi sekaligus penulis lagu asal Inggris, Ed Sheeran juga dikabarkan ikut berkolaborasi dengan ONE OK ROCK menggarap lagu tersebut.

Sekadar informasi, ONE OK ROCK diketahui memiliki kisah tersendiri dengan film serial Rurouni Kenshin. Band yang digawangi oleh Takahiro Moriuchi, Toru Yamashita, Tomoya Kanki, dan Ryota Kohama itu sebelumnya juga telah dilibatkan dalam penggarapan lagu tema untuk film Rurouni Kenshin Origins yang dirilis pada 2012 silam.

Sementara, berikut beberapa judul OST film serial Rurouni Kenshin yang dinyanyikan ONE OK ROCK.

  • The Beginning – OST Rurouni Kenshin (2012)
  • Mighty Long Fall – OST Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno (2014)
  • Heartache – OST Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014)
  • Renegades – OST Rurouni Kenshin: The Final (2021)
  • Broken Heart of Gold – OST Rurouni Kenshin: The Beginning (2021)

3. Urutan film Rurouni Kenshin sesuai kronologis

CNN Indonesia

Disinggung sebelumnya, serial live action Rurouni Kenshin dirilis dengan total lima judul. Kelima judul tersebut meliputi Rurouni Kenshin Origins (2012), Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno (2014), Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014), Rurouni Kenshin: The Final (2021), dan Rurouni Kenshin: The Beginning (2021). Namun, urutan perilisan ini ternyata tidak serta merta menunjukkan urutan alur atau kronologi ceritanya. Nah, untuk memudahkan Sedulur memahami alur ceritanya secara keseluruhan, berikut adalah urutan film Rurouni Kenshin berdasarkan kronologis cerita, sebagaimana dikutip dari Tirto.

  1. Rurouni Kenshin: The Beginning (2021).
  2. Rurouni Kenshin Origins (2012)
  3. Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno (2014)
  4. Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014)
  5. Rurouni Kenshin: The Final (2021)

Demikian tadi ulasan mengenai film aksi asal Jepang, Rurouni Kenshin: The Final. Telah disampaikan secara lengkap mulai dari sinopsis, daftar pemain, review, hingga berbagai fakta menariknya termasuk urutan film serial Rurouni Kenshin berdasarkan kronologis ceritanya. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk menontonnya? Kabar baiknya, Sedulur dapat menyaksikan film ini di rumah melalui aplikasi layanan streaming Netflix. Selamat menonton!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.