Spirited Away

Bagi yang menyukai dan mengikuti perkembangan budaya pop dari Jepang, tentu kamu tidak akan melewatkan karya layar lebar berjudul Spirited Away. Film yang yand diproduksi di Studio Ghibli ini dirilis di seluruh penjuru teater negara tersebut pada pertengahan Juli 2001 silam.

Bulan kartun biasa, film yang menduduki jajaran box office di masa penanyannya ini juga mampu menyabet banyak penghargaan bergengsi. Termasuk piala Oscar. Spirited Away genre yang diusung adalah penggabungngan antara misteri, fantasi, dan petualangan.

Tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang film animasi ini? Simak ulasan yang membahas mulai dari sinopsis, karakter, ending, hingga penghargaan yang pialanya dibawa pulang dan dipajang di studionya.

BACA JUGA: 12 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa yang Menarik

-->

1. Spirited Away karakter

Spirited Away karakter
IMDB

Ada banyak Spirited Away pemain yang dilibatkan dalam pembuatan film ini. Selain para komukis dan ilustrator yang ada, Studio Ghibli juga melibatkan pengisi suara dari setiap karakternya. Uniknya, ada dubber yang melakukan dubbing dalam Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris. Tak perlu heran, karena film ini memang sudah diproduksi dalam dua versi bahasa tersebut. Berikut ini adalah jajaran cast utama yang mengisi suara karakter di filmnya.

Karakter Pengisi suara versi Jepang Pengisi suara versi Inggris

Chihiro Ogino
Sen

Rumi Hiiragi

Daveigh Chase

Haku
Dewa Sungai Kohaku

Miyu Irino

Jason Marsden

Yubaba
Zeniba

Mari Natsuki

Suzanne Pleshette

No Face atau Kaonashi

Akio Nakamura

Bob Bergen

Kamaji

Bunta Sugawara

David Ogden Stiers

     

BACA JUGA: 20 Situs Download Anime Sub Indo & Kualitas HD dengan Gratis

2. Sinopsis Spirited Away

Sinopsis Spirited Away
IMDB

Sebelum mulai menonton dan memberikan review Spirited Away, alangkah baiknya kalau kamu membaca sinopsisnya terlenih dahulu. Dijamin tidak akan membocorkan spoiler dari adegan penting yang berlangsung dalam durasi selama 125 menit. Berikut rangkuman ceritanya yang bakal bikin kamu semakin penasaran dan mengangguk setuju dengan prestasi yang didapatkan.

Ada seorang gadis kecil Chihiro Ogino yang secara tidak disadari akan memulai sebuah perjalanan magis. Di suatu pagi yang cerah, dirinya bersama kedua orangtuanya mengendarai mobil sedannya untuk menuju ke rumah baru. Belum pernah mengunjungi area tersebut sama sekali, mereka bertiga kehilangan arah dan tersesat. Sang ayah mengendarai mobilnya semakin masuk ke dalam hutan antah berantah. Hingga akhirnya perjalanan mereka terhenti sejenak setelah mereka tiba di depan bangunan berwarna merah dengan terowongan kecil di bagian tenganya.

Chihiro beserta ayah dan ibunya menelusuri terowongan tersebut dan tiba di sebuah theme park yang terbengkalai. Tak disangka, ada sebuah kedai kecil yang menyuguhkan makanan hangat dengan uap panas yang masih mengepul. Kebetulan sekali, ayah dan ibu Chihiro memang tengah lapar. Tanpa mencari dan bertanya kepada sang pemilik kedai, mereka bedua langsung menyantao makanan yang ada di meja.

Sejak masuk ke area aneh tersebut, Chihiro sudah merasakan keganjilan. Kerewelannya sama sekali tidak didengarkan oleh kedua orangtuanya. Termasuk larangan untuk tidak memakan tanpa izin di kedai tersebut. Merasa jengkel, Chihiro pun memutuskan untuk berkeliling di sekitar kedai. Dia pun terhenti saat diba di sebuah pemandian air panas.

Di sana, dia mendekati jembatan. Secara tiba-tiba, dirinya, didorong dan dibuat terburu-buru oleh seorang anak laki-laki berambut hitam sebahu. Ia meminta Chihiro untuk segera pergi dari tempat tersebut sebelum matahari terbenam.

Tanpa banyak bertanya, gadis yang dikuncir kepang kuda ini segera mencari kedua orangtuanya dan bergegas kembali ke kedai. Mencengangkan, Chihiro mendapati kedua orangtuanya sudah berubah menjadi babi dan masih belum berhenti makan.

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik & Seru, Wajib Ditonton!

Semakin gelap, suasana di tempat tersebut langsung berubah 180 derajat. Dia mendapati banyak makluk hitam yang besar dan tinggi bergerak di sekelilingnya. Tempat yangs ebelumnya adalah padang rumput seketika berubah menjadi lautan.

Di tengah kebingunannya, Chihiro kembali bertemu dengan anak laki-laki yang ditemui sebelumnya. Dia bernama Haku dan memberitahunya tentang tempat tersebut. Ternyata, Chihiro dan kedua orangtuanya tiba di tempat berkumpulnya banyak dedemit yang ada di Jepang. Haku yang baik mencoba membantu Chihiro supaya bisa keluar dari sana.

Haku mengajak Chihiro untuk masuk ke dalam pemandian air panas dan harus menahan nafas selama melewati jembatan. Sayangnya, kemunculan makhluk bertopeng dan katak raksasa membuatnya lupa untuk menahan nafas. Akibatnya, dia dikejar karena makhluk tersebut tahu bahwa Chihiro adalah manusia.

Akhirnya, Haku meminta Chihiro untuk meminum sebuah pil dan menemui Kamaji yang bekerja di sebuah rumah ketel. Chihiro harus menjadi pekerja di sana dan akhirnya ditempatkan di pemandian. Di sana, dia bertemu dengan seorang penyihir Yubaba yang merupakan penguasa di tempat tersebut. Sang penyihir pun mengubah nama Chihiro menjadi Sen yang diambil dari aksaranya.

Tidak bisa langsung bertemu orangtuanya, Sen harus bekerja untuk menyiapkan pemandian untuk tamu yang kotor dan penuh lumpur. Di tubuh sang tamu, dia mendapati duri dan mencabuti semua duri yang ada. Ternyata, itu adalah sampah yang ada di sungai. Tak disangka, tamu tersebut adalah Dewa Sungai Kohaku.

Sang dewa akhirnya memberikan hadiah kepada Sen berupa kua herbal. Para pegawai yang bekerja di pemandian tersebut juga semakin menerima kehadiran Sen dengan baik atas hal baik yang menguntungkan usaha mereka.

Sen sudah menyimpan kue herbal tersebut untuk diberikan kepada orangtuanya agar kembali menjadi manusia. Sayangnya, rencana tersebut dari dikubur dalam-dalam. Keesokan harinya, dia bertemu dengan makhluk bertopeng yang disebut dengan Kaonashi atau No Face. Ia mampu menghasilkan emas tapi saat itu dia tengah membuat keonaran. Sen pun memberikan miliknya untuk menyelamatkan sang makhluk.

Selang beberapa waktu, Sen melihat Haku yang berwujud nada tengah diserang oleh Zeniba, saudara kembar Yubaba. Haku mencuri segel mantra milik Zeniba dan hal ini membuatnya diserang sampai terluka parah. Haku pun dirawat oleh Sen. Namun karena kondisinya yang tak kunjung membaik, Sen memberikan sisa kue herbalnya untuk dimakan oleh Haku.

Haku pun menyerahkan segel mantra yang dicuri. Sen, No Face, dan beberapa makhluk lainnya mendatangi Zeniba untuk mengembalikan benda tersebut sekaligus meminta maaf. Kamaji pun memberikan kelonggaran kepada Sen untuk tidak bekerja. Dia memberikan tibet kereta untuk mempercepat kedatangan mereka sampai ke rumah Zeniba.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Overpower Paling Seru & Menarilk

3. Spirited Away ending

Spirited Away ending
IMDB

Saat Sen ke rumah Zebina, diam-diam Haku meminta maaf membuat perjanjian dengan Yubaba untuk membebaskan Sen dan mempertemukan bersama kedua orangtuanya.

Haku menjemput Sen dan gadis ini mampu membuat Haku kembali menjadi manusia setelah memanggil nama aslinya yaitu Kohaku. Sen pun diberi kesempatan untuk mencari orangtuanya dari 10 ekor babi. Jika benar, dia bisa bebas. Sen menjawab jika kedua orangtuanya tidak ada di sana dan itu adalah jawaban yang benar. Pada akhirnya, Sen dan orangtuanya bebas dan kembali menjadi manusia.

BACA JUGA: 10 Anime Sedih Terbaik Paling Sukses Bikin Nangis Wajib Tonton

4. Prestasi & penghargaan

Spirited Away awards
IMDB

Kartun Spirited Away juga memiliki banyak prestasi sejak perilisannya pada 2001 silam. Berikut ini adalah daftar awards yang disabet. Itu adalah sebagian kecil dari puluhan penghargaan yang didapatkan.

  1. Awards Circuit Community Awards (2002) – Best Animated Feature Film
  2. Awards of the Japanese Academy (2002) – Best Film & Best Song
  3. Berlin International Film Festival (2002) – Golden Berlin Bear
  4. Blue Ribbon Awards (2002) – Best Film
  5. Boston Society of Film Critics Awards (2002) – Special Commendation
  6. Oscar (2003) Best Animated Feature
  7. AARP Movies for Grownups Awards (2003) – Best Movie for Grownups Who Refuse to Grow Up
  8. Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA (2003) Saturn Award – Best Animated Film
  9. Amsterdam Fantastic Film Festival (2003) – Silver Scream Award 
  10. Annie Awards (2003) – Outstanding Achievement in an Animated Theatrical Feature, Outstanding Directing in an Animated Feature Production, Outstanding Music in an Animated Feature Production, dan Outstanding Writing in an Animated Feature Production

Sudah sangat mantap untuk menyaksikan Spirited Away dan menjadi penggemar berat baru untuk semua karya bikinan Studio Ghibli yang dibikin oleh sutradara dan produser legendarisnya? Pastikan untuk menyaksikan dan jangan sampai melewatkan berbagai detail kecilnya yang siap membuat kamu sebagai penonton menjadi mindblown.