rekomendasi anime terbaik

Sedulur sedang mencari rekomendasi anime masak terbaik untuk hiburan di akhir pekan? Atau mencari tontonan agar bisa mendapatkan inspirasi menu masak di rumah? Jika iya, ada beberapa rekomendasi anime yang cocok banget untuk Sedulur nih.

Anime masak sendiri memang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Hal ini lantaran ada cerita tidak biasa yang ditampilkan dalam anime masak tersebut, entah itu teknik, bumbu yang tidak masuk akal, atau makanan yang belum pernah ada sama sekali. Lalu seperti apa sih deretan filmnya? Yuk, simak daftar anime masak terbaik yang bisa Sedulur tonton berikut ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Anime Tentang Keluarga, Wajib Kalian Tonton!

1. Shougeki No Souma

Shougeki no Soma

Shougeki No Souma menjadi rekomendasi anime masak terbaik yang wajib ditonton. Anime satu ini dirilis pada 2015 silam mengangkat genre komedi dan ecchi. Sementara itu sinopsis film anime masak satu ini mengisahkan tentang Yukihira Souma yang dikenal sebagai remaja dengan kemampuan memasak sangat menakjubkan.

-->

Ia merupakan anak seorang koki professional pemilik kedai. Karenanya Yukihira ingin mencoba mengalahkan sang ayah. Namun Yukihira diminta sang ayah untuk masuk ke akademi Kuliner Tootsuki. Karenanya Yukihira kemudian menjadi murid di akademi tersebut untuk menggapai impiannya menjadi seorang koki profesional. Apalagi sekolah masak tersebut juga telah melahirkan lulusan terbaik yang sudah menjadi seorang koki ternama dunia.

2. Cooking Master Boy

Cooking Master Boy

Cooking Master Boy atau Chuuka Ichibani termasuk rekomendasi anime masak terbaik dna terseru. Anime ini dirilis tahun 1997 silam. Meskipun termasuk anime lawas, namun jangan salah karena anime satu ini juga masih sangat seru ditonton.Film anime masak ini juga mengangkat genre petualangan dan aksi sehingga nggak bikin Sedulur bosan saat nonton.

Sementara itu synopsis Cooking Master Boy mengisahkan tentang seorang koki bernama Mao. Di usianya yang masih sangat muda, Mao memiliki kemampuan memasak sangat menakjubkan. Apalagi ia juga merupakan anak dari koki terkenal dengan masakannya yang sangat enak. Mao memiliki mimpi menjadi koki terbaik dengan dukungan orang-orang terdekatnya. Saat nonton anime satu ini Sedulur akan disuguhkan dengan berbagai masakan tradisional dari Tiongkok.

3. Yakitate!! Japan

Yakitate Japan

Rekomendasi anime masak berikutnya adalah Yakitate!! Japan. Anime ini dirilis tahun 2006 silam mengangkat genre komedi. Sementara itu sinopsis Yakitate!! Japan mengisahkan tentang usaha seseorang mencapai keinginannya membuat roti fenomenal di Jepang.

Fokus utamanya pada tokoh Azuma Kazuma yang memutuskan ke Tokyo untuk belajar langsung membuat roti Japan bersama koki paling terkenal. Namun untuk menjadi murid dari bakery terkenal itu Azuma harus melewati sejumlah tes. Sempat gagal, namun keberuntungan berpihak pada Azuma saat bakat menakjubkannya mulai dikenali oleh cucu sang pemilik toko roti Pantasia.

Selain itu Azuma juga diketahui memiliki tangan dengan nama solar hands yang begitu spesial untuk membantunya membuat roti agar hasilnya maksimal. Dalam anime ini juga memiliki kisah yang lucu dan menghibur.

4. Campfire Cooking in Another World

rekomendasi anime terbaik
Campfire Cooking in Another World

Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill bercerita tentang seorang karyawan akuntan bernama Mukouda Tsuyoshi. Suatu hari pria berusia 27 tahun tersebut secara tidak sengaja dipindahkan ke dunia lain atau isekai bersama dengan tiga orang pahlawan.

Dalam dunia sihir itu, Mukoda memiliki kemampuan untuk membeli makanan modern dari dunia nyata ke dunia isekai. Kemampuannya ini ternyata jadi awal petualangan barunya. Dilengkapi dengan kemampuan memasak berbagai macam makanan lezat, Mukoda akhirnya bisa berteman dengan salah satu hewan legendaris di dunia tersebut bernama Fenrir. Keduanya pun melakukan perjalanan bersama dengan berbagai macam rintangan.

5. Isekai Shokudou

Isekai Shokudou

Apa jadinya kalau ada restoran yang satu hari dalam seminggu diam-diam membuka pintu untuk dikunjungi oleh penghuni dunia lain? Ya, anime ini cocok menjadi pilihan bagi Sedulur pencinta anime isekai. Dalam seri anime ini, Sedulur akan melihat berbagai rupa makhluk yang mengunjungi restoran Nekoya setiap hari Sabtu.

Mulai dari naga, peri, duyung, penyihir, dan lainnya terlihat berdatangan menikmati masakan restoran tersebut. Masakan restoran yang cocok di lidah pengunjung membuat mereka datang terus setiap minggunya. Tampilan dari tiap hidangan yang disajikan pun terlihat lezat dan berkelas. Perut Sedulur pasti langsung keroncongan saat menonton!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Anime Romance Comedy yang Lucu & Seru

6. The Way of the Househusband

The Way of the Househusband

Jika Sedulur ingin menyaksikan transformasi kehidupan seseorang yang awalnya garang menjadi lembut, inilah anime yang tepat. Anime ini bercerita tentang Tatsu, seorang mantan Yakuza kejam dengan julukan Naga Abadi yang berubah menjadi bapak rumah tangga.

Kegiatan hariannya adalah menyiapkan bekal untuk istrinya, pergi berbelanja, berburu diskon, hingga mengikuti kelas memasak. Masakan yang dibuat Tatsu pun digambarkan dengan perpaduan warna-warna yang cantik dan terlihat lezat. Ia pandai membuat bento, berbagai masakan rumah, bahkan dessert. Menonton anime ini dapat membuat Sedulur terbahak melihat tingkah Tatsu yang kocak.

7. Ramen Daisuki Koizuma-san

rekomendasi anime terbaik
Ramen Daisuki Koizumi

Sebagai salah satu anime masak terbaik, Ramen Daisuki Koizumi-san punya cerita yang cukup unik. Anime ini menceritakan gadis pendiam bernama Koizumi yang sangat suka sekali dengan ramen. Gadis itu pun punya hobi datang ke semua kedai ramen di sekitar tempat tinggalnya dan mencicipi beragam jenis ramen di kedai tersebut.

Kalau nonton anime ini, Sedulur akan tahu ada banyak jenis ramen yang bisa mengundang air liurmu. Saking sukanya dengan ramen, Koizumi menyantap ramen dengan penuh semangat dan itu akan buat Sedulur mendadak lapar.

8. Ristorante Paradiso

Ristorante Paradiso

Anime masak ini mengambil latar kehidupan elite di belahan Eropa, tepatnya sebuah restoran di Kota Roma. Italia juga terkenal sebagai salah satu destinasi kuliner yang sangat terkenal di dunia. Sedulur akan mendapatkan visual makanan ala restoran mewah.

Bukan hanya visualnya, cerita dari Ristarante Paradiso juga layak untuk diikuti sampai selesai. Kisahnya mengangkat pemilik restoran yang sudah tua dan masih menjalankan bisnisnya dengan seluruh karyawannya. Setelah bertahun-tahun lamanya, restoran tersebut pun berubah dan seseorang ingin mengembalikannya kembali.

9. Wakakozake

Wakakozake

Murasaki Wakako seorang karyawan berusia 26 tahun yang gemar bepergian sendiri untuk menikmati makanan dan minuman. Ia menjadikan makanan dan minuman sebagai reward bagi dirinya setelah seharian lelah bekerja.

Ekspresi Wakako ketika menyantap makanan dan minuman membuat siapa saja yang menonton seolah ikut merasakan kenikmatannya. Pipinya yang memerah dan kata andalan “pshuuu” tiap kali merasakan makanan enak membuat Wakako sangat iconic di mata penonton. Dengan durasi singkat dua menit per episode, anime ini bisa menjadi pilihan tontonan ringan kala hari sedang penat.

10. Bonjour Koiaji Pattiserie

Bonjour Koiaji

Rekomendasi anime masak berikutnya adalah Bonjour Koiaji Pattiserie. Anime ini dirilis tahun 2014 silam yang termasuk anime Fall. Selain mengangkat tema memasak, Bonjour Koiaji Pattiserie juga memiliki genre komedi, romance dan slice of life.

Sementara itu sinopsis anime masak ini mengisahkan tentang Sayuri Haruno yang bersekolah di Flueril Confectionary Academy. Namun ia berhasil masuk ke sekolah masak paling bergengsi ini karena beasiswa. Ia pun bertemu dengan teman-temannya yang sangat rupawan. Dalam anime ini akan disuguhkan cerita tentang dunia patisserie yang menakjubkan. Sayuri sendiri berusaha semaksimal mungkin untuk menggapai mimpinya di sekolah masak pastry berkelas internasional.

BACA JUGA: 25 Rekomendasi Anime Sport Terbaik, Bikin Semangat

11. Koufuku Graffiti

Koufuku Graffiti

Sedulur yang mencari waifu cantik bisa langsung menonton anime masak yang satu ini. Koufuku Graffiti berisi tiga perempuan menggemaskan yang doyan masak. Namun, mereka tidak bertemu begitu saja. Salah seorang karakter utama harus hidup sendirian dulu dan terus mencoba resep neneknya.

Sayangnya, dia selalu tidak berhasil untuk membuat masakan yang sama persis. Lalu, datanglah perempuan lain ke rumahnya yang mengajarinya cara memasak yang sama dengan neneknya duu.

12. Oishinbo

rekomendasi anime terbaik
Oishinbo

Oishinbo adalah anime yang menceritakan kisah wartawan surat kabar. Anime ini cukup anti mainstream dan populer di kalangan orang dewasa di Jepang. Adalah Yamaoka, seorang kritikus makanan yang dikenal sinis, bekerja di Touzai Shimbun. Yamaoka ditugaskan bersama Yuuko Kurita, seorang pegawai baru masih muda yang dipilih sebagai editor. Bersama, keduanya berusaha menemukan menu utama yang akan ditampilkan pada peringatan hari ke-100 perusahan.

13. Bartender

Bartender

Eden Hall adalah sebuah bar yang tersembunyi di distrik Ginza, Jepang. Bar tersebut dijalankan oleh Sasakura Ryuu, seorang bartender ajaib yang dikatakan bisa membuat koktail paling enak. Tapi, tak semua orang bisa menemukan Eden Hall. Sebaliknya, Eden Hall yang akan menemukan pelanggannya.

Para pelanggan datang dengan berbagai latar masalah berkeliaran di bar Eden Hall. Ryuu juga selalu tahu koktail yang pas untuk menghibur sang pelanggan. Dia pun selalu menawarkan keramahan dan telinga yang siap mendengarkan permasalahan para pelanggannya itu.

14. Ben-To

Ben-To

You Satou adalah seorang siswa SMA yang tinggal di asrama. Suatu ketika, saat ia ingin mencari makanan murah di pasar lokal, dirinya dipukuli sampai setengah sadar oleh seorang gadis. Ketika tersadar, Satou menemukan fakta, bahwa membeli kotak makan bento dengan setengah harga dapat membahayakan nyawanya.

Lalu, seorang kakak kelas mengundang Satou dan beberapa siswa lain untuk bergabung dengan ‘Klub Pecinta Makanan Setengah Harga’. Bersama-sama mereka belajar tentang sebuah arti memperjuangkan makanan. Meskipun dengan cara harus bertarung demi mendapatkan nasi kotak bento.

15. Toriko

rekomendasi anime terbaik
Toriko

Toriko juga termasuk rekomendasi anime masak terpopuler berikutnya. Anime ini dirilis tahun 2014 silam termasuk jenis anime spring. Sementara itu sinopsis anime Torika mengisahkan tentang dunia makanan yang unik. Fokus utamanya pada karakter bernama Toriko yang dikenal sebagai bishoku-ya yakni sang pemburu makanan mewah.

Toriko memiliki kemampuan sangat menakjubkan dalam mencari bahan makanan dari hewan langka. Ia pun sering ditugaskan oleh restoran terkenal mencari hewan langka untuk dijadikan bahan makanan. Di sinilah petualangan Toriko dimulai dengan sangat menarik.

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik Yang Wajib Ditonton Selama Hidup!

16. Working

Working

Anime masak berbalut komedi ada dalam Working!! yang menampilkan cerita para pekerja di sebuah restoran. Sebenarnya bukan hanya cerita tentang kuliner yang ditekankan dalam anime ini. Namun, Sedulur tetap akan mendapatkan visual makanan yang lezat saat menontonnya.

Sedulur pun akan tahu hal-hal sepele yang harus dilakukan oleh para pramusaji dalam sebuah restoran. Anime masak Working!! ini akan membuat Sedulur belajar menghargai para pramusaji saat nanti datang ke sebuah restoran.

17. Mister Ajikko

Mister Ajikko

Adalah Ajiyoshi Yoichi, seorang ahli kuliner yang memiliki rumah makan yang dia kelola bersama ibunya. Pada suatu hari, Murata Genjiro muncul di rumah makan milik Yoichi dan terkejut dengan rasa lezat dari hidangan yang dibuat oleh Youichi.

Kemudian, Youchi diundang untuk datang ke Gedung Aji-O di mana dia akan mengikuti pertandingan membuat spageti bersama seorang koki dari Italia, Marui. Youichi memiliki antusiasme dan sebuah ide baru untuk membuat kuliner baru yang akan dihidangkan untuk tamunya.

Youichi memiliki kesempatan untuk mengalahkan Marui dalam pertandingan. Dan sejak saat itu, Youichi mengikuti berbagai pertandingan dan bertemu dengan saingan baru dalam perlombaan untuk menghidangkan sajian makanan terbaik.

18. Kiyo in Kyoto

rekomendasi anime terbaik
Kiyo in Kyoto

Bermimpi menjadi seorang maiko (gadis calon geisha), Kiyo dan Sumire datang ke Kyoto dari Prefektur Aomori. Namun, sebuah peristiwa tak terduga terjadi dan membuat Kiyo bekerja sebagai juru masak di Rumah Maiko.

Sementara Kiyo bekerja setiap hari untuk menyajikan makanan di Rumah Maiko, temannya Sumire berjuang untuk menggapai cita-citanya. Meski kini dua sahabat itu memiliki jalan yang berbeda, tapi mereka selalu saling mendukung satu sama lain.

19. Osake wa Fuufu ni Natte Kara

Osake wa Fuufu

Chisato Mizusawa adalah seorang istri yang menikah dengan seorang bartender bernama Sora. Di tempat kerjanya, Chisato dikenal sebagai orang yang tenang dan tidak menyukai alkohol. Namun, setiap kali pulang ke rumah, sang suami akan melayaninya dengan menghidangkan makanan dan minuman yang enak.

Hanya Sora yang mengetahui rahasia istrinya. Dan hanya pada suaminya itu Chisato memperlihatkan kepribadian yang berbeda. Sora sebenarnya menyukai alkohol, tapi dia lebih mencintai suaminya yang baik hati. Bersama-sama, mereka berdua berbagi kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan.

20. Amaama to Inazuma

Amaama to Inazuma

Anime bergenre gourmet dan slice of life. Amaama to Inazuma bercerita tentang seorang ayah yang harus membesarkan putri semata wayangnya setelah ditinggal oleh istrinya. Sayangnya, sang ayah tidak memiliki kemampuan memasak dan dia pun harus membelikan makanan untuk anaknya setiap hari.

Cerita ini pun diketahui oleh seseorang pemilik restoran. Dia pun menawarkan bantuan untuk membuatkan makanan kepada keluarga tersebut. Sudah tahu kan cerita selanjutnya. Nah, silakan menikmati tampilan makanan lezat dalam anime masak ini.

21. Yumeiro Patissiere

Yumeiro

Yumeiro Patissiere adalah anime manis yang berpusat pada protagonis muda dan aspirasinya untuk menjadi koki pastry profesional. Tidak seperti saudara perempuannya, yang adalah seorang pianis berbakat dan hidupnya telah ditentukan, Ichigo Amano tidak memiliki apapun yang ingin dia lakukan dengan hidupnya atau hasrat yang ingin dia kejar.

Sampai dia bertemu Henri-sensei, seorang pembuat kue terkenal yang mengakui bakat Ichigo dalam membuat manisan dan mendorongnya untuk menghadiri Akademi St. Marie, sebuah sekolah kuliner bergengsi.

Meskipun dia memulai dengan awal yang sulit di lingkungan baru, Ichigo dengan cepat beradaptasi dan unggul dengan indera perasa dan keterampilannya yang luar biasa. Bersama dengan 3 teman lainnya dan teman kecil menggemaskan mereka yang disebut “Sweets Spirits”, Ichigo bekerja keras untuk menjadi koki pastry yang terampil di dunia kuliner yang kompetitif.

22. Rokuhoudou Yotsuiro Biyori

Rokuhoudou

Rokuhou-dou Yotsuiro Biyori, menceritakan kisah empat orang pria yang mengelola sebuah rumah teh bergaya Jepang yang diberi nama ‘Rokuhodou’. Empat orang spesialis bekerja di tempat tersebut dengan keahliannya masing-masing.

Empat orang itu terdiri dari Sui, manajer toko yang bertanggung jawab membuat teh, Gre yang memiliki tugas untuk membuat Latte Art, Tokitaka yang membuat makanan utama dan Tsubaki yang membuat dessert.

Rokuhodou dikenal unggul dalam keramahan terhadap pelanggannya. Tapi, selain melayani para pelanggannya, empat orang tadi juga membantu mengatasi kekhawatiran para pelanggan. Serangkaian cerita menarik pun terjadi di restoran yang penuh kehangatan ini.

23. Dagashi Kashi

rekomendasi anime terbaik
Dagashi Kashi

Di suatu pedesaan terdapat sebuah toko manisan yang telah dijalankan oleh sembilan generasi keluarga Shikada Dagashi. Toko tersebut merupakan sebuah toko kecil yang menjual permen tradisional Jepang. Namun, Kokonotsu Shikada yang bercita-cita menjadi seniman manga menolak permintaan ayahnya, Shikada You, untuk mewarisi bisnis keluarganya. Tapi, semua itu mulai berubah ketika Hotaru Shidare seorang yang eksentrik muncul.

Hotaru mencari Shikada You untuk mengajaknya kembali bekerja di perusahaan keluarga, Shidare Corporation, sebuah perusahaan produsen permen terkenal di dunia. Akan tetapi, Ayah Kokonotsu memberikan syarat pada Hotaru.

Jika dia bisa meyakinkan Kokonotsu untuk mengambil alih bisnis keluarganya, maka ayah Kokonotsu akan ikut dengan Hotaru. Kemudian, dimulailah misi Hotaru untuk merayu Kokonotsu agar mau mengambil alih bisnis keluarganya. Melihat sinopsis di atas, tentu Dagashi Kashi jadi salah satu rekomendasi anime masak terbaik yang bisa Sedulur tonton untuk menemani akhir pekan.

Demikian tadi rekomendasi anime masak terbaik yang bisa Sedulur tonton untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Tak hanya bisa memberikan referensi resep makanan yang unik, tontonan di atas juga bisa menghibur dan memberikan imajinasi tentang kelezatan makanan yang luar biasa.

Jika setelah melihat film anime masak di atas Sedulur langsung ingin ke dapur dan memanaskan wajan. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan stok kebutuhan dapur dengan beli di Aplikasi Super.

Ada banyak sekali produk memasak yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga terjangkau mulai dari minyak goreng, tepung, bumbu dapur, dan lainnya. Apalagi kulakan di Aplikasi Super itu mudah, cukup pesan lewat HP-mu maka semua belanjaan akan langsung diantar sampai rumah gratis. Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang juga!