anime sport

Salah satu genre anime yang menjadi favorit adalah anime sport. Tak hanya bercerita tentang dunia olahraga, anime sport biasanya juga menyuguhkan alur yang penuh dengan perjuangan, kerja keras, persahabatan bahkan percintaan. Bahkan, ada banyak plot twist yang bisa tersaji dari genre anime satu ini.

Menonton anime juga menjadi salah satu cara bersantai dan menghilangkan stres yang dapat Sedulur lakukan di akhir pekan lho. Agar Sedulur tidak bosan bersantai di rumah, berikut ini daftar rekomendasi anime bertema olaharaga terbaik dan terbaru yang bisa Sedulur tonton. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : Sinopsis Film Sri Asih, Superhero Wanita Pertama Bumilangit

1. FUTSAL BOYS

anime sport
Detik

Rekomendasi anime sport yang wajib Sedulur tonton yang pertama adalah FUTSAL BOYS!!!. Anime sport terbaru ini sudah rilis sejak awal tahun 2022 kemarin ini hadir dengan 12 episode. Anime FUTSAL BOYS!!! ini bercerita tentang dunia olahraga futsal dengan tokoh utamanya yakni Haru Yamato. Haru Yamato bergabung menjadi pemain futsal di tim Kyoto Academy. Pasalnya dirinya ternyata mengidolakan Tokinari Tennoji yang juga merupakan pemain futsal berbakat dan pernah mewakili Jepang di Piala Dunia U-18.

-->

Di tim futsal tersebut Haru Yamato bertemu sejumlah rekan dengan karakter berbeda yakni Seiichiro Sakaki dan Toi Tsukioka. Penasaran apakah cita-cita Haru Yamato akan terwujud seperti sang idola? Nah, untuk mengetahui jawabannya, Sedulur bia tonton sendiri ya!

2. Blue Lock

anime sport
Kompas

Anime sport yang selanjutnya adalah Blue Lock. Animen ini juga menjadi salah satu anime sport terbaik yang wajib Sedulur tonton. Ini merupakan anime sepak bola yang cukup kontroversial akan tetapi justru sangat menarik untuk ditonton.

Kisah dimulai di pertandingan final wilayah Saitama. Pemenang dari laga tersebut akan berlanjut menuju ke babak nasional yang nantinya akan mempertemukan juara dari tiap wilayah. Di pertandingan tersebut, Isagi Yoichi, yang merupakan tokoh utama, dihadapkan dengan kondisi pelik. Antara mencetak gol sendiri atau mengoper ke teman yang sedang dalam kondisi tanpa penjagaan.

Singkat cerita, Yoichi malah mengoper ke temannya tersebut. Namun ternyata, rekan Yoichi malah gagal mencetak gol. Timnya justru mendapat serangan balik, tim SMA dari Yoichi malah kebobolan dan harus kalah dengan skor 0:2. Tiba di rumah, Yoichi terkejut dengan selembar surat yang diterimanya, ia diundang untuk ikut pelatihan sepak bola oleh tim nasional Jepang!

Nah, di sinilah letak kontroversial dari anime Blue Lock yang menjadi sangat menarik untuk ditonton.Ternyata latihan yang harus dijalani Yoichi dan 299 orang lainnya sangat ekstrem. Dalam pelatihan yang disebut Blue Lock tersebut, mereka dilatih untuk menjadi striker yang egois tetapi jago parah.

Otak di balik pelatihan tersebut adalah Ego Jinpachi. Ia mengaku diminta untuk membawa Jepang memenangi Piala Dunia. Lantas, siapa yang nantinya akanmenjadi striker paling jago di pelatihan Blue Lock ini? Bagaimana kejamnya latihan tersebut? Bagaimana Yoichi menghadapi latihan tersebut? Penasaran bukan? Sedulur bisa langsung nonton Blue Lock untuk mengetahui kisah selengkapnya ya!

3. Haikyuu!

Aneka Catatan

Olahraga bola voli juga menjadi salah satu olaharaga yang sangat terkenal di Jepang. Tak heran jika anime sport Jepang juga yang bertema bola voli seperti Haikyuu!. Anime ini mengisahkan tentang anak bernama Hinata Shoyo yang bercita-cita jadi pemain voli terbaik. Dia pun membentuk tim bola voli yang langsung berhasil masuk kejuaraan umum. Namun sayangnya, cerita tentang di awal tidak semanis yang diimpikan. Banyak sekali rintangan yang harus dihadapi oleh Hinata Shoyo. Apa saja rintangan itu? Dan apakah ia berhasil melewati semuanya? Jangan lupa nonton ya Sedulur!

4. Slam Dunk

MainMain.id

Sedulur tentu setuju bahwa Slam Dunk menjadi salah salah satu anime sport terbaik yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu anime klasik ini memiliki pondasi cerita yang sangat kuat. Bertema basket sebagai sajian utama, Slam Dunk yang diangkat dari seri manga terkenal ini sangat layak untuk Sedulur tonton.

Slam Dunk bercerita tentang Sakuragi, yang merupakan anak SMA dengan kelakuan urakan yang menemukan kecintaan pada olahraga basket setelah dirinya mengalami masa terpuruk karena percitaan lantaran cintanya yang ditolak. Bergabung ke dalam klub basket, perjalanan Sakuragi sebagai pemain basket yang handal pun dimulai.

5. Major

O’35

Selain baskert dan voli, baseball juga menjadi olahraga favorit di Jepang. Tak heran jika banyak anime yang mengangkat olahraga dengan tema baseball sebagai pusat ceritanya. Anime berjudul Major pun bercerita tentang pemain Liga Major yang tengah naik daun bernama Honda Shigeru. Dia pun memiliki anak bernama Goro yang bermain di Liga pemuda. Mereka pun bertemu dalam lapangan baseball. Penasaran dengan kelanjutannya? Jangan lupa nonton ya Sedulur.

6. RYMAN’S CLUB

Anime News

RYMAN’S CLUB menjadi rekomendasi anime sport yang wajib Sedulur. Anime sport ini hadir dengan 12 sepisode. Yang pertama kali dirilis pada tanggal 30 Januari 2022.  Sinopsis anime RYMAN’S CLUB berkisah mengenai Mikoto Shiratori yang merupakan pemain badminton berbakat namun karena kekalahannya saat mengikuti kompetisi di SMA membuatnya harus berhenti dari olahraga ini. Mikoto Shiratori kembali masuk ke dunia badminton di tengah aktivitasnya sebagai seorang pekerja kantoran. Bagaimana kelanjutan kisah Mikoto Shiratori? Apakah akan akan kembali ke dunia badminton? Jangan lupa nonton ya Sedulur!

7. AOASHI’

Pikiran Rakyat

AOASHI juga menjadi rekomendasi anime sport yang juga sudah tayang pada 2022. Pengisi suara anime ini di antaranya yakni Kouki Oosuzu, Chikahiro Kobayashi, Yuuichirou Umehara, Maki Kawase dan yang lainnya. Tak hanya itu, anime ini berkisah tentang Ashito Aoi seorang yang bercita-cita ingin menjadi pemain sepak bola berbakat dengan masuk ke klub sepak bola terfavorit yang ada di kotanya.

Dirinya bertemu dengan seorang pelatih bernama yaitu Tatsuya Fukuda yang kemudian melihat ada potensi besar pada diri Ashito Aoi. Ashito lalu diajak oleh sang pelatih untuk melihat latihan uji coba klub pelatihannya.

8. Eyeshield 21

anime sport
Popculture

Anime Eyeshield 21 pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta dan ternyata memiliki banyak peminat. Anime yang satu ini mengisahkan tentang klub american football yang tidak memiliki anggota. Hiruma, salah satu anggotanya, mencari anggota lain untuk dapat mengikuti kejuaraan nasional. Dia pun bertemu dengan Kobayakawa Sena yang bisa lari dengan cepat. Akahkan Hiruma berhasil menemukan anggota lain da mengikuti kejuaran nasional? Temukan jawabannya di Eyeshield 21 ya!

9. Diamond no Ace

anime sport
Anime News

Anime yang mengangkat tema baseball lainnya yang juga wajib Sedulur tonotn yaitu anime Diamond No Ace. Seorang pitcher baru sama masuk ke sekolah yang cukup elite. Dia pun dapat bermain dengan para pemain hebat di dalamnya. Cita-citanya hanya satu, yaitu menjadi yang terbaik dalam kejuaraan baseball nasional di Jepang. Cerita di dalamnya penuh dengan perjuangan dan kerja keras.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Film Sedih yang Dijamin Menguras Air Mata

10. PRINCE OF TENNIS

IMDb

PRINCE OF TENNIS menjadi rekomendasi anime spor yang juga wajib Sedulur tonton. Anime ini sudah tayang sejak tahun 2001 lalu. Anime sport ini juga termasuk anime terbaik dengan rating cukup tinggi yakni 7.5. Tak hanya itu, PRINCE OF TENNIS berkisah mengenai dunia olahraga tenis yang cocok buat Sedulur pecinta olahraga ini.

PRINCE OF TENNIS mengisahkan tentang tokoh utamanya Echizen Ryoma yang dikenal sangat pandai. Karirnya begitu mentereng dengan banyak penghargaan yang sudah didapatkan. Kisah dalam anime PRINCE OF TENNIS dimulai ketika Echizen berniat ingin mengalahkan sang ayah dengan bergabung klub tenis Seishun Gakuen. Dapatkah misinya berhasil? Anime ini memiliki jumlah episode sebanyak 178 yang juga memiliki genre comedy, action serta sekolah yang pastinya tidak akan membuat penontonnta bosen.

11. CAPTAIN TSUBASA

Dunia Games

Sedulur tentu sudah sangat akrab dengan anime CAPTAIN TSUBASA yang sangat populer. Bahkan kepopuleran anime CAPTAIN TSUBASA juga dikenal di kalangan non penggemar anime lho. Pertama kali anime CAPTAIN TSUBASA rilis pada 1983 silam dengan kisah menarik di dunia olahraga sepak bola.

Anime CAPTAIN TSUBASA berfokus pada tokoh utamanya yakni Tsubasa Ozora yang bercita-cita menjadi pemain bola terbaik.Tsubasa bergabung dengan klub sepak bola di sekolah barunya dengan kapten bernama Ishizaki. Akan tetapi, Tsubasa dan tim bertanding dengan klub bola lain dipimpin oleh Genzo Wakabayashi dengan perjanjian tertentu. Berbagai aksi keren Tsubasa memasukkan bola ke gawang terlihat dalam pertandingan melawan tim Genzo Wakabayashi. Di sinilah perjalanan Tsubasa Ozora dimulai sebagai seorang pemain bola terbaik.

12. Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu

KAORI Nusantara

Satu lagi anime sport yang mengangkat unsur tradisional Jepang yaitu anime Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu. Anime ini  merupakan salah satu anime sport terbaik besutan Kyoto Animation yang kali ini menjadikan olahraga panahan sebagai fokus utama cerita. Tsurune: Kazemai Koukou Kyuudoubu mengisahkan tentang Minato, yang merupakan mantan atlet panahan yang memutuskan untuk hiatus karena menderita sindrom panik. Di sekolah barunya, SMA Kazemai, Minato mencoba bangkit kembali dengan bergabung ke dalam klub panahan. Akankah Minato berhasil menjadi atlet pahanan kembali? Jangan lupa nonton ya Sedulur!

13. Hajime no Ippo

Pikiran Rakyat

Nama Hajime no Ippo sudah sangat populer sebagai salah satu anime sport legendaris nan klasik. Anime ini mengangkat tema boxing atau tinju sebagai fokus utama cerita.  Hajime no Ippo mengisahkan tentang Ippo, seorang bocah remaja yang lemah. Hal ini membuatnya menjadi sasaran empuk pem-bully-an teman-temannya. Ippo yang tidak bisa berkutik kemudian bertemu dengan Mamoru, seorang petinju profesional yang menolongnya. Berawal dari sini, Ippo pun jatuh cinta pada tinju dan ingin mengubah dirinya. Akankah Ippo menjadi atlet tinju seperti Mamoru?

14. Ping Pong: The Animation

Wibugabut

Makoto Tsukimoto dan Yutaka Hoshino merupakan dua orang sahabat sejak kecil yang hampir selalu bermain tenis meja setiap harinya. Smile dan Peco, panggilan akrab kedua sahabat tersebut, bermimpi suatu hari ingin menjadi pemain tenis meja terbaik di dunia. Mereka pun satu sama lain saling mendukung agar dapat mencapai tujuan tersebut dengan mengikut beragam latihan dan kompetisi level tinggi dengan persaingan yang ketat. Anime ini memiliki banyak pelajara mengenai perjuangan, kerja keras dan juga persahabat lho. Jadi jangan lupa nonton ya Sedulur!

15. Megalo Box 

anime sport
Lost in Anime

Berlatarkan dunia modern yang erat hubungannya dengan genre sci-fi, Megalo Box adalah salah satu anime sport terbaik yang wajib Sedulur tonton. Megalo Box kali ingin membawa olahraga boxing atau tinju sebagai fokus utama dengan pengembangan karakter yang sangat baik. Megalo Box mengisahkan tentang Junk Dog atau JD yang memutuskan untuk menjadi partisipan dari MEGALOBOX, yaitu sebuah turnamen boxing bertema futuristik dengan kecanggihan teknologi di dalamnya. JD yang tak punya nama asli maupun masa lalu ini harus bertanding melawan teknologi. Akankan ia berhasil?

16. Capeta

Pinterest

Capeta merupakan seorang anak yang mengalami masa muda yang cukup berat. Ibunya meninggal dunia dan ia pun sering mendapatkan bully di sekolahnya. Untuk mengalihkan hal tersebut, sang ayah mencoba memberikan sebuah go-kart yang ia bangun dari barang-barang rongsokan. Capeta pun langsung jatuh hati dengan hadiah pemberian sang ayah tersebut. Meskipun terdapat batasan pada mesin, ia pun tetap melatih kemampuannya di atas sirkuit go-kart dan hidupnya pun bersemangat kembali. 

17.  Redline

YouTube

Redline merupakan salah satu dari beberapa anime sport yang hadir dengan tampilan nyentrik berkat tema maupun setting cerita yang tak biasa. Redline yang sudah tayang tahun 2009 lalu ini mengangkat tema balap mobil sebagai sajian utama cerita. Menariknya lagi, mobil yang dipakai adalah mobil futuristik dengan setting tempat di dunia antariksa. Redline mengisahkan tentang pertempuran balap mobil futuristik bernama Redline yang diselenggarakan di sebuah planet yang jauh dari bumi. Ia pun lalu bertemu dengan Sweet JP, salah satu partisipan yang mengikuti ajang balap ini dengan mobil futuristik yang ia gunakan. Bagaimanakah kelanjutannya? Jangan lupa nonton ya Sedulur!

BACA JUGA : Sinopsis Film Qorin, Gangguan Jin Pendamping Manusia

18. Free! Eternal Summer

Anime Bird

Anime yang satu ini mengisahkan tentang sebuah klub renang bernama Iwatobi High School Swim Club yang kurang diminati oleh para murid di sekolah tersebut. Klub renang ini hanya memiliki sedikit anggota yang terdiri dari dua senior yang sebentar lagi akan lulus dari sekolah tersebut. Kedua senior ini kemudian dihadapi permasalahan tersendiri yang menyangkut masa depannya. Lantas apakah mereka tetap ingin meneruskan karier profesional sebagai perenang atau mencoba dunia yang baru? Simak cerita selengkapnya di Free! Eternal Summer ya!

19. Yuri!!! On Ice

japanesee station

Dari judulnya Sedulur tentu sudah pasti bisa menebak hika anime mengangkat cerita tentang olahraga ice skating, yang merupakan sebuah jenis olahraga yang jarang atau bahkan belum pernah diangkat menjadi cerita di dalam manga ataupun anime. Setelah kalah dari kejuaraan besar, Yuuri Katsuki langsung tenggelam di dalam keterpurukan. Bahkan, kebiasaan makannya yang tidak terkontrol sehingg berat badannya tak terkontrol yang membuat karier Yuuri sebagai seorang atlet tampak harus ditutup pada usia yang masih muda, yaitu 23 tahun.

Akan tetapi, tiba-tiba video Yuuri saat masih menjadi atlet pun viral dan Yuuri pun kembali menjadi sorotan publik. Sorotan tersebut membuat Yuuri mulai memikirkan masa depannya di dunia ice skating sampai akhirnya tiba-tiba datanglah sang mentor yang ingin membawa Yuuri kembali mengecap panggung dunia. Berhasilkan Yuri mewujudkan mimpinya? 

20. Hanebado!

Risa Media

Rasanya cukup sulit mencari anime sport dengan tokoh wanita tanpa ada embel-embel ecchi dan fanservice di dalamnya. Akan tetapi Sedulur tidak perlu khawatir. Anime Hanebado! menjadi salah satu anime sport terbaik yang mana tokoh-tokoh wanitanya tidak akan tampil vulgar.

Hanebado! sendiri mengisahkan tentang sang tokoh utama yaitu Ayano yang tidak pernah sekalipun ingin bermain badminton. Namun segalanya berubah saat ia melihat penampilan kakak kelasnya, Nagisa yang begitu mempesona dan energik saat bermain badminton. Karena hal inilah, Ayano kemudian bergabung dengan klub badminton dan menantang Nagisa, sang kakak kelas. Siapa yang lebih jago nih menurut Sedulur? 

21. Cross Game 

Nefarious

Rekomendasi anime selanjutnya yang bertema  baseball yang adalah Cross Game. Cross Game merupakan salah satu anime sport terbaik yang tak hanya menampilkan keseruan olahraga baseball saja lho,namun juga drama di dalamnya yang menarik untuk kamu simak.

Cross Game sendiri mengisahkan tentang kisah sang tokoh utamanya yaitu Koh yang sudah mencintai baseball sejak kecil. Kecintaannya terhadap baseball semakin besar tatkala sahabatnya yang cantik selalu mendukungnya. Beranjak remaja, Koh pun bergabung dengan klub baseball di sekolahnya.

22. One Outs 

O’35

Salah satu anime sport bertemakan baseball dengan popularitas yang tinggi adalah One Outs. One Outs adalah salah satu anime sport terbaik yang wajib Sedulur tonton.  One Outs bercerita tentang Kojima, sang legenda baseball. Berbagai pencapaian besar telah diraihnya tapi ada satu yang sampai saat ini belum ia dapatkan yaitu gelar juara. Atas dasar ini, Kojima kemudian mengadakan kamp pelatihan baseball di Okinawa, Jepang.

Di kamp pelatihan tersebut, pertarungan pun diadakan untuk menentukan siapa yang terbaik di antara Kojima dan pemain yang sedang diperhitungkan, Toua. Lantas akankah Kojima mampu menunjukkan kualitasnya sembari meningkatkan kemampuannya demi nama tim kebanggaannya atau malah Toua yang menang besar? Saksikan kisah selengkapnya hanya di One Outs. 

BACA JUGA : Urutan Nonton Star Wars yang Benar dari Film hingga Serialnya

23. Keijo!!!!!!!! 

Gameskul

Satu lagi cabang olahraga anti-mainstream yang diangkat menjadi sajian anime bergenre sport yang menarik adalah Keijo!!!!!!!!. Sudah tayang tahun 2016 dan bertema olahraga air Sedulur aka dipertontonkan anime yang sangat menarik dan sayang jika dilewatkan. 

Keijo!!!!!!!! sendiri bercerita tentang Nozomi, seorang atlet gym yang dengan tujuan untuk membantu perekonomian keluarganya, ia kemudian mendaftarkan diri untuk menjadi partisipan dalam olahraga khusus wanita, Keijo. Keijo adalah olahraga aneh dimana para pemainnya diharuskan menjadi menjaga kestabilan tubuh mereka dengan berdiri di atas air lewat media papan. Untuk menjatuhkan lawan, mereka harus mendorongnya dengan payudara dan bokong. Akankan Nozomi berhasil memmenagkan olahraga ini?

24. Run with the Wind 

IMDb

Diproduksi oleh studio yang sama seperti “Haikyuu”! Anime “Run with the Wind” akan lebih menyuguhkan drama daripada aksi olahraga. Tapi, tetap seru untuk Sedulur tonton lho!

Meski lari dianggap olahraga yang cukup membosankan, Sedulur justru akan menyukai anime ini karena penggambaran kehidupan realistis, apalagi perkembangan karakternya yang cukup kuat. Run with the Wind menceritakan tentang Haiji Kiyose, mahasiswa tahun keempat Universitas Kanse. Ia diam-diam mengumpulkan orang-orang yang berbeda untuk membentuk tim atletik kampus.  Haiji Kiyose ingin bergabung dalam Hakone Ekiden, lomba lari maraton estafet kampus yang sudah sangat populer. Anime ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama. Apakah Haiji bisa berpartisipasi dalam maraton estafet?

25. Kuroko no Basket

anime sport
Sakata.id

Slah satu anime genre sport yang populer seperti “Haikyuu!” yaitu “Kuroko no Basket” yang memiliki seri lebih panjang dengan 75 episode. Mengisahkan tentang tim bola basket sekolah menengah yang mencoba mencapai turnamen tahunan bola basket sekolah menengah, yaitu Interhigh Championship.

Penggemar anime genre sport maupun basket pasti akan puas melihat aksi permainan bola basket yang begitu intens dan semakin menarik. Tak hanya itu, Kuroko no Basket juga populer karena animasi dan background music yang sangat memukau. Jadi tak heran jika anime ini dianggap sebagai salah satu anime basket terbaik sepanjang masa.

Cerita dimulai dari SMP Teiko yang berhasil menjuarai turnamen nasional selama tiga tahun berturut-turut dengan mengalahkan semua pesaing. Tim ini disebut sebagai “Generasi Keajaiban”. Setelah lulus, semua anggota tim masuk ke SMA yang berbeda. Kuroko Tetsuya, anggota keenam yang tak banyak diketahui memutuskan untuk masuk SMA Seirin dan berusaha keras membawa tim basket sekolahnya ke puncak. Kuroko Tetsuya bersama timnya berjuang, gagal, dan bangkit menghadapi lawan yang kuat. Ada banyak pelajaran mengenai kerja keras dan perjuaangan yang dihadirkan dalam anime ini. 

26. Yowamushi Pedal

anime sport
Pikiran Rakyat

Pernahkah Sedulur nonton anime sport tentang bersepeda? Jika belum, Yowamushi Pedal menjadi salah satu rekomendasi anime yang wajib Sedulur tonton. Tidak seperti anime genre sport lainnya, karakter utama dalam anime ini tidak terlalu kompetitif dan percaya kalau sejatinya olahraga bersepeda menikmati apa adanya. Sakamichi Onada, pesepeda sekaligus seorang otaku yang ingin bergabung dengan klub anime di sekolah barunya.

Ia ingin mendapat teman baru di sekolah baru karena ia tidak memiliki teman pada saat itu. Sakamichi Onada ingin berbagi minatnya kepada orang lain dan mengubah hidupnya jadi lebih ceria dan bahagia. Ia yang semakin terobsesi dengan anime pun melakukan perjalanan ke Akihabara dengan sepeda ibunya. Sakamichi Onada terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan bersepeda dan membuatnya bergabung dengan Bicycle Racing Club.

27. Free! Iwatobi Swim Club

anime sport
Crunchyroll

Free! Iwatobi Swim Club merupakan anime yang wajib Sedulur tonton.  Anime ini menceritakan  tentang Haruka Nanase yang memiliki ketertarikan alami terhadap air dan sangat menyukai olahraga berenang. Ia memenangkan perlombaan estafet di sekolah dasar bersama dengan teman-temannya Rin Matsuoka, Nagisa Hazuki, dan Makoto Tachibana. Keempat sahabat tersebut namun akhirnya harus  berpisah.

Mereka bertemu kembali sebagai siswa SMA, tapi sayangnya Rin menjadi tak peduli kepada mereka. Ia juga ingin menunjukkan kepada Haruka bahwa dirinya adalah perenang yang jauh lebih baik. Haruka, Nagisa, dan Makoto pun membentuk klub renang bersama dengan anggota keempat, Rei tanpa adanya Rin.

Demikianlan daftar anime sport yang dapat Sedulur tonton untuk menikmati weekend. Jangan lupa siapkan camilan untuk menemani nonton anime ya Sedulur. 

Sedulur dapat membeli kebutuhan berbagai camilan dan aneka minuman di Aplikasi Super.  Produknya sudah pasti lengkap dan harganya dijamin lebih murah. Tak hanya itu, belanja di Aplikasi Super juga banyak promo dan gratis ongkir setiap hari tanpa minimal pembelian lho. Yuk langsung donwnload dan belanja di Aplikasi Super sekarang!