Rekomendasi anime romantic comedy

Romantis komedi alias romance comedy masih menjadi genre yang disukai banyak orang. Mulai dari cerita pendek, novel, drama, hingga film bergenre romantis komedi selalu punya penggemarnya tersendiri. Genre ini juga kerap ditemui dalam bentuk anime alias animasi asal Jepang. Hingga kini banyak rekomendasi anime romance comedy yang bisa menjadi pilihan tontonan di waktu luang, terlebih bagi Sedulur yang menyukai anime.

Anime romantis komedi sendiri kebanyakan hadir dengan latar kehidupan remaja sekolah menengah atas (SMA). Meski begitu, ada juga anime dengan genre ini yang menampilkan tokoh berusia dewasa. Penasaran apa saja judul anime-anime tersebut? Berikut rekomendasi anime romance comedy yang telah Super rangkum dari berbagai sumber. Simak sampai habis, ya Sedulur!

BACA JUGA: Sinopsis Beautiful Love Wonderful Life, Kisah Pencarian Cinta

1. Horimiya

rekomendasi anime romance comedy
VIU

Horimiya merupakan rekomendasi anime romance comedy school terbaik yang bisa Sedulur tonton di akhir pekan. Anime yang terdiri atas 13 episode ini dirilis pada Januari 2021 lalu. Horimiya juga termasuk dalam jajaran anime romance rating tinggi 2021. Adapun cerita anime ini diangkat dari manga atau komik Jepang berjudul sama karya Hiroki Adachi yang juga dikenal dengan nama Hero.

-->

Cerita Horimiya berpusat pada sosok Kyoko Hori, seorang siswi SMA yang cerdas dan populer. Karakternya tersebut sangat bertolak belakang dengan Izumi Miyamura, rekan sekelasnya yang tampil layaknya seorang kutu buku. Dengan karakter yang begitu kontras, keduanya bertemu dan mengalami kejadian-kejadian yang membuat mereka menjadi dekat.

2. Fruits Basket

rekomendasi anime romance comedy
VIU

Fruits Basket atau Furuba merupakan anime yang diadaptasi dari manga shoujo berjudul sama karya Natsuki Takaya. Anime yang dirilis pada April 2019 lalu ini terdiri atas 25 episode dengan masing-masing episodenya berdurasi sekitar 25 menit.

Fruit Basket menceritakan tentang Tohru Honda, seorang siswi SMA yang baru saja kehilangan orang tuanya. Ia pun kemudian tinggal di sebuah tenda yang dibangun di atas tanah milik keluarga Yuki Sohma. Tanpa diduga, Tohru akhirnya mengetahui rahasia keluarga Yuki Sohma yang ternyata mengalami kutukan.

Nah, bagi Sedulur yang menyukai serial bergenre fantasi dengan bumbu romansa dan komedi, Fruits Basket bisa menjadi rekomendasi anime romance comedy fantasy untuk ditonton di waktu luang.

3. Kaguya-sama: Love is War

rekomendasi anime romance comedy
Pikiran Rakyat

Rekomendasi anime romance comedy berikutnya adalah Kaguya-sama: Love is War. Serial anime ini menceritakan tentang kisah asmara yang unik antara dua murid unggulan di sebuah sekolah elit, yaitu Miyuki Shirogane dan Kaguya Shinomiya. Meski memiliki ketertarikan kepada satu sama lain, mereka sama-sama gengsi untuk mengakuinya. Bahkan Miyuki dan Kaguya seolah berkompetisi untuk tidak mengungkapkan perasaannya lebih dulu.

Sedikit informasi, Anime Kaguya-sama: Love is War pertama kali dirilis pada tahun 2019 silam. Kemudian musim keduanya ditayangkan pada 2020 yang diikuti dengan musim ketiga di tahun 2022. 

BACA JUGA: Arti Doujin, Istilah yang Wajib Kamu Ketahui Dalam Dunia Anime

4. Aharen Is Indecipherable

rekomendasi anime romance comedy
RCTIPlus

Anime berjudul asli Aharen-san wa Hakarenai ini juga tidak boleh terlewat dari list anime romance comedy school terbaik Sedulur. Aharen Is Indecipherable menceritakan tentang seorang siswi SMA bernama Reina Aharen. Reina yang pendiam dan memiliki tubuh mungil berteman dengan seorang anak laki-laki bertubuh besar bernama Raidou Matsuboshi. Reina dan Raidou yang ternyata sama-sama memiliki kesulitan dalam bergaul memulai persahabatan mereka secara canggung.

5. Monthly Girls’ Nozaki-kun

rekomendasi anime romance comedy
myanimelist

Rekomendasi anime comedy dengan bumbu romantis berikutnya adalah Monthly Girls’ Nozaki-kun. Serial anime ini mengikuti kisah percintaan seorang siswi SMA bernama Chiyo Sakura. Sakura yang telah lama menyukai Umetarou Nozaki akhirnya memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya. Namun ia malah mendapat balasan yang tak terduga dari Nozaki, yaitu sebuah tanda tangan. Tanpa diduga, ternyata laki-laki yang selama ini ia kagumi adalah seorang mangaka dengan nama pena Sakiko Yumeno. 

6. School Rumble

rekomendasi anime romance comedy
IMDb

School Rumble merupakan anime berlatar kehidupan sekolah yang sayang untuk dilewatkan. Anime ini mengangkat kisah cinta remaja SMA yang sederhana namun tetap menarik untuk disimak.

Cerita dimulai dari tokoh Tsukamoto Tenma, siswi kelas 2 SMA yang jatuh cinta dengan salah satu teman sekelasnya, Karasuma Ooji. Namun ia tidak berani mengungkapkan perasaannya tersebut.

Di sisi yang lain, Harima Kenji ternyata diam-diam menyukai Tenma. Kenji sendiri merupakan teman satu kelas Tenma yang dikenal sebagai seorang berandalan. Sama halnya dengan Tenma, ia juga mengalami kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya.

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Anime Lucu Terbaik untuk Hiburan Saat Libur

7. My Teen Romantic Comedy SNAFU

IMDb

Rekomendasi anime romance school selanjutnya adalah My Teen Romantic Comedy SNAFU atau Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Anime yang dirilis pada 2013 silam ini menceritakan tentang Hachiman Hikigaya, seorang murid SMA yang antisosial. Ia bahkan secara terang-terangan menulis esai yang mempertanyakan tentang konsep persahabatan. Menanggapi esai tersebut, sang guru lantas menyuruhnya bergabung dengan klub sukarelawan yang bertugas membantu para murid dalam menyelesaikan masalahnya. Nah, di klub itu Hachiman bertemu dengan seorang siswi cantik dengan karakter dingin, Yukino Yukinoshita.

8. Toradora!

IMDb

Toradora! adalah anime romance comedy rating tinggi yang dirilis pada 2008 lalu. Menurut situs IMDb, anime ini mendapat rating 8.0/10. 

Adapun Toradora! menceritakan tentang kisah percintaan remaja khas genre romantis komedi. Cerita dimulai dari sosok Ryuuji Takasu, seorang pelajar SMA yang terkenal dengan wajah garangnya. Namun di balik itu, ia merupakan seorang anak berhati lembut dan menyukai pekerjaan rumah. Ryuuji memiliki teman sekelas bernama Taiga Aisaka yang memiliki penampilan manis dan imut layaknya boneka. Meski begitu, Taiga memiliki kekuatan super hingga mendapat julukan sebagai Palmtop Tiger.

Hal menarik terjadi ketika Ryuuji mendapati Taiga menyukai sahabatnya, yakni seorang wakil presiden siswa yang populer bernama Yuusaku Kitamura. Di sisi lain, Ryuuji menyukai sahabat Taiga yang bernama Minori Kushieda.

9. Wotakoi: Love is Hard for Otaku

Gramedia

Anime berjudul asli Wotaku ni Koi Wa Muzukashii ini menceritakan kisah romantis komedi dengan latar kehidupan orang dewasa. Jika anime-anime sebelumnya didominasi oleh cerita remaja dengan latar sekolah, Wotakoi: Love is Hard for Otaku hadir dengan tokoh yang merupakan pegawai kantoran. Mereka adalah Narumi Momose dan Hirotaka Nifuji. Keduanya merupakan teman lama yang sama-sama seorang otaku garis keras. Narumi yang sedari awal berniat menyembunyikan hal itu dari rekan kantornya harus menerima takdir bahwa Hirotaka juga bekerja di kantor yang sama. Keduanya pun terlibat dalam hubungan romansa yang canggung.

BACA JUGA: Sinopsis Kimi No Na Wa, Anime Fenomenal dari Makoto Shinkai

10. Kamisama Hajimemashita

IMDb

Kamisama Hajimemashita atau juga dikenal dengan judul Kamisama Kiss menceritakan tentang Momozono Nanami, seorang gadis berusia 17 tahun yang merasa hidupnya selalu dipenuhi masalah. Mulai dari prestasinya di sekolah yang jauh dari kata membanggakan hingga sang ayah yang terlilit hutang. Masalah Nanami seolah menemui puncaknya ketika ia harus kehilangan tempat tinggal akibat hutang sang ayah yang tak kunjung dilunasi.

Suatu ketika, Nanami menolong seorang pria yang diganggu oleh seekor anjing. Setelah itu mereka pun berbincang dan Nanami menceritakan tentang kondisinya yang kini telah kehilangan segalanya. Tanpa disangka, lelaki tersebut menawarkan rumahnya untuk ditinggali oleh Nanami. Ternyata rumah yang dimaksud adalah sebuah kuil kumuh. Namun ketika ia mencoba untuk pergi dari kuil itu, ia malah ditangkap oleh dua roh dan seekor rubah bernama Tomoe.

11. Ore Monogatari

VIU

Anime ini juga dikenal dengan judul bahasa Inggris My Love Story. Cerita Ore Monogatari berpusat pada kisah cinta seorang pemuda dengan tubuh besar dan wajah garang bernama Takeo Gouda. Meski kerap dijuluki sebagai gorila akibat penampilannya itu, Gouda sebenarnya memiliki hati yang lembut dan suka menolong. Di sisi lain, Gouda juga kurang beruntung dalam hal percintaan akibat penampilannya tersebut. Terlebih ia memiliki sahabat bernama Makoto Sunakawa yang memiliki wajah tampan, sebagaimana sosok pria yang banyak diidamkan para wanita. Hingga suatu ketika, Gouda menolong seorang gadis bernama Rinko Yamato yang menjadi korban pelecehan di kereta. Apakah Yamato akan menjadi takdir cinta untuk Gouda? Nah, Ore Monogatari bisa menjadi rekomendasi anime romance comedy 2022 untuk Sedulur tonton di akhir pekan.

12. Golden Time

IMDb

Rekomendasi anime romance comedy terakhir adalah Golden Time. Anime yang dirilis pada 2013 silam ini menceritakan kisah romansa dengan alur klise yakni tokoh utamanya mengalami amnesia. Cerita bermula ketika Banri Tada mengalami kecelakaan tragis. Akibatnya, ia mengalami hilang ingatan terlebih tentang masa lalu dan kampung halamannya. Ia lantas memutuskan untuk memulai hidup baru dengan berkuliah di Tokyo. Di sana, ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Kaga Kouko. Siapa sangka, kehadiran perempuan itu membuat ingatan Banri kembali satu per satu.

Demikian tadi 12 rekomendasi anime romance comedy yang bisa menjadi referensi hiburan untuk Sedulur. Agar nonton film bisa makin seru, jangan lupa sediakan camilan sebagai teman ya! Sedulur bisa mencari segala macam cemilan dan snack ringan di Aplikasi Super. Sebab, Aplikasi Super punya banyak pilihan camilan dari yang memiliki rasa pedas seperti Udalado, sampai yang manis gurih lainnya.

Tertarik untuk beli stok cemilan ringan untuk di rumah? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan borong berbagai macam aneka camilan agar nonton film di rumah semakin seru!