park yoo-na

Nama Park Yoo-Na sudah tak asing di telinga penggemar K-Pop dan K-Drama tentunya. Wajah cantiknya sudah beberapa kali menghiasi layar kaca Sedulur lewat beberapa drama yang dengan apik ia bintangi. 

Beberapa mungkin mengenalnya di drama laris Hotel del Luna, tetapi sepak terjangnya tak sesederhana dan sesingkat itu. Buat yang ngaku penggemar Yoo-Na, berikut beberapa hal menarik tentang aktris idolamu tersebut. Catat baik-baik, ya. 

BACA JUGA: 7 Drama Korea Populer Yang Se Jong, Dari Thriller Hingga Komedi

Fakta Park Yoo-Na 

  • Park Yoo Na lahir di Korea Selatan pada 23 Desember 1997. Ia memulai kariernya di dunia hiburan pada 2015 di usia yang masih 18 tahun. Memang banyak yang bilang, memulai karier di hiburan Korea lebih baik semuda mungkin
  • Sebelum memutuskan jadi aktris penuh waktu, Park Yoo-Na ternyata pernah menjalani camp untuk jadi idol alias penyanyi K-Pop. 
  • Ini sejalan dengan pendidikan menengah atas yang ia tamatkan yaitu jurusan Practical Dance di Hanlim Multi Art School. Sekolah ini setara SMA, tetapi fokus di bidang seni saja. Sekolah ini adalah almamater banyak artis Korea sebut saja Tzuyu dan Chaeyung dari TWICE, Sanha dan Cha Eun Woo dari ASTRO, sampai Krystal F(x). Sekolah ini termasuk sekolah elit dengan biaya SPP yang tidak bisa dikategorikan murah 
  • Park Yoo Na pernah dirumorkan berpacaran dengan Kim Min Seok, tetapi keduanya menampik hal itu. Disertai konfirmasi resmi dari agensi mereka yang menyatakan bahwa mereka hanya berteman baik 
  • Park Yoo-Na IG: @youna_1997 
  • Dilansir dari beberapa sumber, Park Yoo Na blood type adalah A. Tanda kalau ia seorang pekerja keras dan serius, nih 

Drama dan film Park Yoo Na sepertinya tak pernah gagal. Hampir semuanya mendulang sukses. Penasaran apa saja drakor dan film yang pernah dibintanginya? Berikut daftar lengkapnya, Sedulur. 

-->

1. Sassy Go Go (2015)

park yoo na
instagram.com/youna_1997

Drama ini dikenal pula dengan judul Cheer Up! dan tayang perdana pada Oktober 2015 silam, tepatnya di kanal KBS2. Drama ini mengikuti kehidupan para murid sekolah elit yang berlokasi di Seoul. Seperti kebanyakan drama tentang sekolah, para karakternya diceritakan harus berjibaku dengan lingkungan yang sarat akan perundungan dan elitisme. 

Lima karakternya diceritakan adalah anak-anak yang gagal masuk hirarki sekolah atau yang disebut outcast. Mereka adalah Kang Yeon Doo, Kim Yeol, Kown Soo Ah, Ha Dong Jae, dan Seo Ha Joon. Di serial debut ini, Park Yoo-Na hanya berperan sebagai pemeran pendukung.

Rating drama ini tak begitu tinggi dibanding drama-drama laris rilisan TVN misalnya, tetapi berhasil membuat nama Park Yoo Na mulai dikenal. Bahkan Chae Soo Bin berhasil menyabet penghargaan Best New Actress di dua acara sekaligus. 

BACA JUGA: 6 Fakta Drama Korea Love Marriage and Divorce, Bikin Emosi

2. Stranger (2017)

park yoo na stranger
instagram.com/youna_1997

Park Yoo Na Stranger adalah dua hal yang tak terpisahkan. Di drama kriminal tentang detektif ini karakternya memiliki memiliki kondisi medis unik, yaitu sangat sensitif pada suara. Ia kemudian bertemu dengan seorang polisi yang sedang menginvestigasi sebuah kasus pembunuhan yang ganjil dan tertarik untuk membantunya.

Dalam prosesnya, mereka bertemu pihak-pihak yang mengganggu, bahkan mengarahkan mereka untuk mengupas kasus kriminal yang lebih besar. Drama ini terdiri dari 32 episode dan dibintangi Cho Seung Woo dan Bae Doona sebagai duo detektif dan polisi. Park Yoo Na berpartisipasi dalam sembilan episode Stranger sebagai Kim Ga Young dan masih menjadi pemeran pendukung. 

3. The Package (2017)

film park yoo na
instagram.com/youna_1997

Tayang di JTBC pada 13 Oktober 2017, The Package adalah kumpulan cerita dari berbagai karakter yang bertemu di satu waktu. Berkutat pada Yoon So So yang bekerja sebagai pemandu wisata dan para wisatawan yang ia pandu. Park Yoo Na memerankan salah satu wisatawan yang ikut dalam tur tersebut. Ia diceritakan sebagai seorang gadis yang sulit ditebak. Menambah estetika, film ini sengaja diambil di Paris, tempat para karakternya berwisata bersama. 

4. My ID is Gangnam Beauty (2018)

gangnam beauty
instagram.com/youna_1997

Dikenal pula dengan judul Gangnam Beauty, drama ini mengisahkan Kang Mi Rae, seorang perempuan penyintas bullying yang kehilangan self-esteem karena pengalaman buruk tersebut. Ia akhirnya memutuskan untuk melakukan operasi plastik untuk mengubah penampilannya yang di masa sekolah dulu jadi bulan-bulanan. Saat akhirnya masuk tahun pertama universitas, ekspektasinya runtuh berantakan. Ternyata orang tetap membencinya dan menjulukinya monster plastik dari Gangnam.

Di tengah masa sulitnya itu, ia bertemu dengan Do Kyung Seok, orang pertama dalam hidup Mi Rae yang tidak menilainya dari penampilan semata. Yoo-Na di sini berperan seorang gadis populer di kampus, tetapi cukup netral alias bukan antagonis atau protagonis. Ia tampak di 16 episode drama ini. 

BACA JUGA: 8+ Drama & Fakta Menarik Song Kang Aktor Terbaik Tahun Ini

5. SKY Castle (2018)

park yoo-na sky castle
instagram.com/youna_1997

Park Yoo-Na SKY Castle bisa dibilang menjadi drama yang berhasil menjadi salah satu judul dengan rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian Korea Selatan. Ceritanya sebenarnya berupa kritik satir pada keluarga kelas atas di Korea yang identik dengan kelicikan dan sifat-sifat egois. Mereka tidak segan menghancurkan orang lain demi kepentingan sendiri.

Park Yoo-Na memerankan tokoh Cha Se Ri, salah satu anak dari keluarga kaya tersebut. Ia diceritakan baru saja pulang menempuh pendidikan tinggi di Harvard dan akhirnya bekerja sebagai Direktur di sebuah klub malam. Ia tampil dalam total sembilan episode. 

6. Two Hearts (2019)

two hearts
instagram.com/youna_1997

Two Hearts adalah serial yang berkutat pada kisan cinta anak muda yang semuanya gila bola. Tak banyak info tentang drama ini, tetapi sepertinya bakal seru kalau Sedulur penasaran dengan seluk beluk K-League. Yoo Na berperan sebagai salah satu pemeran utamanya. 

BACA JUGA: 10+ Episode Running Man Terlucu, Wajib Tonton Ngakak Banget!

7. Hotel del Luna (2019)

hotel del luna
instagram.com/youna_1997

Sampai pada drama yang melambungkan nama Park Yoo-Na Hotel del Luna yang rilis tahun 2019 lalu. Drama ini mengantongi rating 8,2 di IMDb dan mengandung unsur supernatural di dalamnya. Latarnya adalah sebuah hotel tua di tengah kota Seoul dan di dalamnya tinggal Man Wol sebagai sosok yang dikutuk untuk mengelola tempat tersebut bersama beberapa sosok lain. Hotel yang penuh keganjilan ini didatangi tamu-tamu yang tak kalah aneh dan nyeleneh. Salah satunya Putri Song Hwa dan suaminya Go Chung Myung yang diperankan Park Yoo-Na dan Lee Do Hyun. Selain plotnya yang unik, latar drama ini sangat estetik. 

8. True Beauty (2020)

true beauty
instagram.com/youna_1997

Terinspirasi dari sebuah webtoon berjudul sama, True Beauty adalah drama dengan lakon perempuan bernama Lim Ju Kyung yang punya masalah dengan kepercayaan dirinya. Alasannya masih sama, ia sering jadi bulan-bulanan keluarga dan temannya karena wajah yang tak sesuai standar kecantikan Korea. Ia kemudian belajar berdandan dan menjadi salah satu influencer kecantikan yang populer di kalangan perempuan muda Korea.

Sayangnya, gara-gara trauma masa lalunya itu, Ju Kyung tetap tetap ragu dengan kecantikan alaminya dan seringkali merasa rendah diri atau menghindari kawan-kawannya saat tak sempat berdandan. Park Yoo-Na True Beauty didapuk menjadi Kang Su Jin, kawan SMA Ju Kyung sekaligus rekan masa kecil love interest Ju Kyung, Su Ho. 

Daftar di atas adalah sepak terjang aktris Park Yoo-Na selama berkarir di industri hiburan Korea. Tentunya Sedulur menunggu karya-karya baru darinya. Tenang, dalam waktu dekat kita bakal segera mendengar Yoo Na kembali ke layar kaca, kok. 

Sambil menunggu, boleh tonton dulu beberapa drama di atas. Tentunya ditemani camilan dan makanan yang bisa Sedulur beli lewat Aplikasi Super. Unduh dan rasakan kemudahannya, ya.