Song Kang adalah aktor asal Korea Selatan yang sedang digemari pecinta drama Korea. Debut di tahun 2017, aktor muda ini menemukan momennya setelah membintangi tiga serial Netflix yang laris manis sepanjang tahun 2020-2021 ini. 

Berikut beberapa fakta menarik tentang Song Kang yang wajib Sedulur tahu. 

  • Song Kang lahir pada 23 April 1994 dan dikenal atletik. Maklum, ayahnya seorang atlet senam dan ia pun sering membagikan kegiatan olahraganya di media sosial pribadinya. Kamu bisa mengecek beberapa unggahannya di Song Kang IG dengan nama pengguna @songkang_b. 
  • Selain berolahraga, Song Kang juga punya hobi membaca novel. Ia mengaku novel membantu karier aktingnya. Ia melatih imajinasi dan ekspresinya saat membaca. 
  • Sebelum menjadi aktor penuh waktu, Song Kang sempat menempuh pendidikan di Konkuk University jurusan Film. Selain Song Kang, banyak public figure Korea yang merupakan alumni kampus tersebut, sebut saja Minho Shinee, Lee Min Ho, Hyuna, hingga Jin BTS.
  • Mengaku penggemar BTS sejati karena suka aksi panggungnya. Satu hati dengan Sedulur, gak nih? 
  • Menyebut Leonardo DiCaprio sebagai sosok yang menginspirasinya jadi aktor profesional. 
  • Song Kang pernah ditawari untuk menjadi K-Pop idol, tetapi ia menolaknya dan memilih berkarier menjadi aktor ketimbang penyanyi.
  • Song Kang pernah menjadi host di beberapa reality show Korea. Ia pun tampil bareng beberapa selebritis lain seperti Jennie Blackpink di Village Survival: The Eight serta Mingyu Seventeen dan Yeon DIA di acara musik Inkigayo. Duet Song Kang Seventeen sebagai host tentu menarik perhatian banyak penonton. 
  • Kabar baik buat para penggemarnya, seperti kebanyakan selebriti Korea lainnya tak ada tanda Song Kang punya pacar atau pujaan hati. Di sebuah wawancara untuk promo salah satu serialnya yang tayang di Netflix, sang aktor hanya membahas pengalamannya naksir pada seorang gadis saat masih SMA dulu.  
  • Song Kang menyabet penghargaan Rookie Award dari SBS Entertainment di tahun 2018 berkat pencapaiannya. 

BACA JUGA: 20 Drama Korea Komedi Romantis Terbaik yang Seru dan Bikin Baper!

Tentunya sebelum jadi heartthrob baru gegara serial Netflix, Song Kang sudah lebih dulu membintangi beberapa drama. Berikut beberapa di antaranya. 

-->

1. The Liar and His Lover (2017)

instagram.com/songkang_b

Drama Song Kang ini merupakan debutnya sebagai aktor. Di serial tersebut ia beradu akting dengan member Red Velvet, Joy yang memerankan sahabatnya sejak kecil. Karakter Song Kang diceritakan menyimpan rasa pada karakter Joy. Di proyek debutnya ini, Song Kang hanya berperan sebagai pemeran pendukung. Plotnya sendiri fokus pada kisah cinta karakter Joy, Rim yang jatuh cinta pada sosok Kang Han-Kyeol, komposer musik yang menyembunyikan identitasnya dan bertemu dengan band muda di sebuah SMA.

Drama cinta segitiga ini diangkat dari manga berjudul Kanojo wa Uso o Aishisugiteru dan tayang pada 2017 lalu. Sayangnya, karena akting para pemainnya yang kurang natural ditambah naskah yang kurang matang, serial ini harus puas mendapat skor rendah dari penonton. Mungkin faktor banyaknya debutan yang bermain di serial ini bisa jadi alasannya.

2. Man Who Sets the Table  (2017-2018)

instagram.com/songkang_b

Kurang sukses di serial debutnya, Song Kang tidak putus asa. Ia kembali menjajal layar televisi lewat drama Man Who Sets the Table yang tayang sepanjang 50 episode dari September 2017 hingga Maret 2018. Ceritanya sebenarnya fokus pada sosok pria paruh baya yang bekerja keras sepanjang hidupnya hingga sukses. Namun, saat ia pensiun semua seakan berbalik, pengorbanannya sia-sia. Istrinya mengajukan gugatan cerai dan putrinya membencinya. Song Kang kembali kedapatan pemeran pendukung dan tampil sepanjang 15 episode. 

3. When The Devil Calls Your Name (2019)

instagram.com/songkang_b

Drama ketiga yang melibatkan Song Kang adalah When The Devil Calls Your Name. Dengan sentuhan supranatural, drama Korea ini mengisahkan Ha Rip yang menjual jiwanya pada iblis demi meraih kesuksesan sebagai penulis lagu. Sepuluh tahun berlalu sejak perjanjian tersebut, ia baru tahu bahwa kesuksesannya ternyata hasil dari pengorbanan seseorang lain di luar sana. Tayang sepanjang 16 episode, akting Song Kang yang berperan sebagai Lucca justru lebih banyak menuai pujian dibanding sang aktor utamanya. Menarik, nih. 

4. Touch Your Heart (2019)

instagram.com/songkang_b

Selain serial sebelumnya, Song Kang juga sempat dapat peran kecil di serial Touch Your Heart yang tayang di tahun 2019. Perannya memang gak begitu signifikan. Ia tampil di satu episode sebagai kurir. Touch Your Heart merupakan drama yang berkutat pada kisah cinta kalangan atas Korea, seorang pengacara dan aktris terkenal. Sang aktris baru saja tersandung skandal dan melarikan diri dari hingar bingar dunia hiburan untuk bekerja menjadi karyawan di sebuah firma hukum.   

5. Love Alarm (2019-2021)

instagram.com/songkang_b

Love Alarm bisa dibilang breakthrough untuk karier sang aktor. Lewat drama ini Song Kang akhirnya mendapatkan peran utama yang mampu menunjukan bakatnya yang istimewa sebagai aktor. Drama yang tayang selama 2 musim tersebut memotret fenomena percintaan di era modern yang lekat dengan teknologi dan kesehatan mental.

Serial ini berlatarkan sebuah tatanan masyarakat masa kini yang bertumpu pada aplikasi kencan untuk menemukan jodoh atau teman. Aplikasi tersebut akan memberikan penggunanya semacam notifikasi jika dalam radius 10 meter ada seseorang yang menaruh hati padanya. Seperti kebanyakan drama Korea lainnya, ada cinta segitiga yang dieksplor di serial ini. Namun, dibumbui backstory dan analisa psikologis tiap karakternya yang menarik. Serial ini sempat menduduki posisi pertama di Netflix saat tayang perdana dan langsung dibuat musim keduanya. 

6. Sweet Home (2020)

instagram.com/songkang_b

Sama dengan Love Alarm, Sweet Home juga tayang di Netflix dan diangkat dari sebuah webtoon yang populer di Korea. Ia kembali kedapatan peran utama di sini. Ia memerankan anak SMA bernama Hyun-soo yang mengidap depresi dan memupuk keinginan bunuh diri pasca kematian seluruh keluarganya dalam sebuah kecelakaan. Namun, suatu hari tatanan dunia berubah saat monster menyerang dan memusnahkan hampir seluruh umat manusia. Hyun-soo yang tadinya berharap bisa menyusul keluarganya justru menemukan dorongan untuk bertahan hidup bersama beberapa orang lain yang tersisa di apartemen tempatnya tinggal. Serial ini juga jadi sensasi di Netflix, bahkan menembus daftar serial teratas Netflix di Amerika Serikat. Banyak yang memuji kemampuan sang creator menampilkan karakter perempuan yang kuat.

7. Nevertheless (2021)

instagram.com/songkang_b

Drama yang satu ini mengisahkan dua orang yang sama-sama takut berkomitmen. Song Kang memerankan Park Jae Uhn yang dikenal sebagai sosok yang ramah dan selalu dikelilingi banyak teman. Sementara, protagonis perempuannya diperankan Lee Yul Eum yang menjadi mantan pacar Song Kang, Yoon Seol Ah.

Keduanya berpisah karena sifat Park Jae Uhn yang tak setia. Ini membuat Lee Yul Eum pun menjadi seorang yang pesimis pada cinta. Namun, saat mereka kembali bertemu setelah bertahun-tahun lamanya, perasaan aneh dan kenangan masa lalu langsung menyeruak mengisi atmosfer pertemuan dua mantan kekasih ini. Drama ini tayang Juni 2021 lalu selama 10 episode dan cukup sukses.

8. Navillera (2021)

instagram.com/songkang_b

Peran Song Kang Nevertheless memang bukan karakter yang mudah disukai pemirsa. Namun, di Navillera, ia jadi sosok yang sangat berbeda. Aktor Korea ini berperan sebagai pemuda berusia 20an awal yang sangat mencintai balet, tetapi sempat berpikir untuk meninggalkan bidang ini karena kesulitan finansial.

Ia berubah pikiran setelah bertemu dengan Shim Deok-chul yang meski berusia 70 tahun, dengan gigihnya belajar balet. Deok-chul menyesal tak menekuninya saat muda. Serial ini berbeda dengan kebanyakan drakor lain yang fokus pada percintaan. Ceritanya mengeksplorasi banyak isu sosial dan psikologi yang biasa dihadapi warga senior saat memasuki masa pensiun. Mereka juga menyinggung penyakit dementia yang sebenarnya banyak diidap para warga senior, tetapi sering terlupakan dan tak dirawat dengan baik. Butuh tontonan Korea yang tak melulu tentang cinta, serial ini bisa jadi alternatif yang tepat di samping Squid Game. 

9. People at Meteorological Service (2022)

instagram.com/songkang_b

Akan tayang tahun depan, drama yang satu ini akan mengulik kehidupan para pegawai Korea Meteorological Administration atau sepadan BMKG di Indonesia. Tentunya akan menarik dan penuh kejutan. Aktor favoritmu akan membintangi drakor ini bareng aktris Park Min Young dan Yura Girl’s Day. Song Kang didapuk memerankan Lee Si Wo, seorang pemuda jenius yang sebenarnya punya banyak pilihan karier, tetapi memilih untuk bekerja di kantor tersebut karena kecintaannya pada cuaca dan iklim. Pengumuman tentang proyek ini sudah dirilis sejak Juni 2021 lalu. Tinggal tunggu tanggal tayangnya. 

Aktor dengan nama asli Song Kang ini jadi satu dari banyak nama yang melejit setelah kesuksesan serialnya di Netflix. Kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi. Beruntung pula ia makin sering dapat proyek-proyek yang potensial menjadi hits di dalam maupun luar Korea. 

Ingin dukung karier Song Kang dengan nonton semua drama yang pernah ia bintangi? Boleh lho maraton akhir pekan ini. Kalau lapar, langsung belanja sembako di Aplikasi Super saja, ya Sedulur. Komplit dan prosesnya cepat.