Sepertinya tema percintaan dan perselingkuhan masih jadi topik favorit para pecinta drama Korea. Setelah kesuksesan The World of Married tahun 2020 lalu, kini muncul drama baru yang siap mengaduk emosi Sedulur. Apalagi kalau bukan Love (ft. Marriage and Divorce) yang tayang perdana musim pertamanya pada Januari hingga Maret 2021 lalu. 

Dari judulnya saja sudah ketahuan kalau serial televisi ini bakal membahas seluk beluk cinta, pernikahan, dan perceraian. Sehebat apa sih drakor Love Marriage and Divorce yang katanya memecahkan rekor penonton terbanyak? Simak beberapa fakta menariknya di bawah ini. 

BACA JUGA: 20 Drama Korea Komedi Romantis Terbaik yang Seru dan Bikin Baper!

1. Dibintangi banyak aktor dan aktris senior Korea 

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Sebelum ke plotnya, mari kenalan lebih dulu dengan para bintangnya. Ada enam lakon utama yang memerankan tiga pasangan dari generasi yang berbeda. Park Joo-mi dipasangkan dengan Lee Ga-ryeong, Jeon Soo-kyeong dengan Lee Tae-gon, dan Sung Hoon dengan Jeon No-min. Ditambah tiga karakter lain yang berperan sebagai selingkuhan untuk tiap pasangan di atas.

Kebanyakan dari mereka adalah aktor-aktor berpengalaman yang sudah wara-wiri di industri hiburan Korea sejak lama. Tak heran kalau akting mereka tampak sangat natural dan enak diikuti. Tak hanya aktor utama, para pemeran pendukung yang mengambil posisi sebagai mertua pun banyak dipuji karena aktingnya alami. 

2. Ditulis oleh penulis naskah handal Im Sung Han

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Im Sung Han merupakan seorang penulis naskah untuk serial televisi yang pernah sukses lewat Miss Mermaid di tahun 2002 dan Dear Heaven yang tayang 2005-2006. Setelah menulis 10 drama, Im Sung Han memutuskan untuk pensiun dari pekerjaannya di tahun 2015. Ia juga sempat merilis sebuah buku memoar tentang penyakit dan kebiasaan buruknya empat tahun berselang. 

Im Sung Han tiba-tiba diisukan kembali di tahun 2020 setelah menandatangani kontrak dengan sebuah perusahaan produksi dan akhirnya melahirkan Love ft. Marriage and Divorce di tahun 2021. Ternyata keputusannya tak salah. Serialnya sukses bahkan sampai keluar Korea setelah tayang secara global lewat platform streaming film Netflix. 

BACA JUGA: 35 Link Situs Download Film Indonesia Terbaru Pengganti LK21

Meski sering sukses, Im Sung Han tidak lepas dari kritik. Banyak kritikus film dan media massa Korea  yang menganggap cerita-cerita karangannya terlalu provokatif dan kelewat kontroversial. Ia sering memasukkan beberapa isu sensitif dan tabu dalam naskahnya, seperti balas dendam, pelecehan seksual, dan tentunya perselingkuhan. Namun, penonton ternyata menyukai formula ini dan menganggapnya sebagai angin segar di industri hiburan Korea yang sudah jenuh dengan cerita-cerita cinta ringan dengan alur yang mudah ditebak. 

3. Backstory tiap karakternya seru diulik 

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Di serial ini, Sedulur bakal menemui tiga pasangan dari rentang usia yang berbeda, yaitu 30an, 40an, dan 50an. Tentunya tiap generasi punya masalah dan intrik tersendiri sesuai dengan usia pernikahan mereka. Benang merahnya dibangun dari tiga istri yang bekerja di sebuah stasiun radio yang sama. Dengan usia yang berbeda, mereka sebenarnya dihadapkan pada masalah yang mirip. Masing-masing suami mereka kedapatan berselingkuh. 

Konflik terbangun dari awal, tetapi nantinya penonton akan diajak mengulik bagaimana pernikahan bisa runtuh dari kebiasaan-kebiasaan yang tak disadari. Si-eun misalnya, perempuan paling tua dari trio ini sudah tak pernah berhubungan intim dengan sang suami selama bertahun-tahun. Berkali-kali sang suami mengungkap keinginannya untuk berpisah, tetapi Si-eun memilih mengabaikannya dan meyakinkan suaminya bahwa tidak akan ada masalah karena mereka telah melewati lebih dari 30 tahun bersama. 

Pi-young, karakter lainnya sedang mengalami masalah pelik di rumah karena ibunya pindah untuk tinggal bersamanya di Seoul. Pi-young dan ibunya tidak rukun, ia menyalahkan sang ibu atas kematian ayahnya. Sang ibu juga sering memojokan dan mencampuri urusan rumah tangga Pi-young yang membuat semuanya makin runyam.

Di sisi lain, ada Hye-ryoung yang mendapatkan banyak tekanan dari mertua dan suaminya untuk segera memiliki anak. Padahal, Hye-ryoung merasa belum siap dengan segala beban dan konsekuensi yang harus ia tanggung jika menjadi ibu. 

4. Pesan moral dan isu sosial yang diangkat menarik, tapi bisa dikembangkan lagi 

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Sebenarnya banyak isu sosial yang coba diangkat di serial ini, selain masalah perselingkuhan ada pula kritik-kritik tentang kecenderungan  membebankan urusan reproduksi pada perempuan semata atau budaya Ketimuran yang menormalisasi campur tangan mertua dalam urusan rumah tangga anaknya. Jika kamu pendukung feminisme, serial ini mungkin justru bikin frustasi.

Pasalnya, ketiga lakon perempuan di atas dipotret sebagai korban yang hanya mengeluh, tetapi pada akhirnya tak melakukan upaya apapun untuk meraih kebahagiaan mereka sendiri. Akan lebih seru jika ada hubungan yang dinamis antar para protagonisnya dengan suami atau keluarga mereka masing-masing. Mengingat pernikahan bukan hanya tentang satu orang, melainkan dua orang bahkan lebih sekaligus. 

Terlepas dari itu, adegan-adegan dan konflik di serial ini sangat dekat dengan kenyataan. Ada kemungkinan sang creator sengaja membuat para protagonisnya tak melawan karena banyak dari perempuan yang tidak tahu cara melawan atau memiliki keterbatasan untuk melakukan perlawanan. Kedekatannya dengan realita ini yang membuat drama tersebut mudah diterima penonton hingga digemari. Tak hanya karakter yang merasakannya, jutaan orang di dunia mungkin pernah mengalami masa-masa sulit ini ketika memasuki fase pernikahan. 

5. Sudah diperbarui sampai musim kedua

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Tak perlu waktu lama penggemar drakor ini sudah bisa menikmati Love Marriage and Divorce season 2 sejak Juni hingga Agustus lalu. Sontak, para penggemar pun menonton serial ini ramai-ramai. Selain sudut pandang para istri sah, di musim kedua para selingkuhan pun dapat screen time yang lumayan banyak. Tujuannya tentu untuk menampilkan cerita dari sisi mereka yang selalu jadi pesakitan alias disalahkan. 

Bahkan di episode akhirnya, jumlah rating dan penonton sampai memecahkan rekor baru di Korea Selatan. Sayangnya banyak yang kecewa dengan akhir drama korea Love Marriage and Divorce tersebut. Alih-alih membuat plot twist yang bisa dijadikan alasan kuat untuk produksi musim ketiga, pihak creator justru mengecewakan penonton. 

Beberapa pasangan yang dipercaya bakal menikah di bagian akhir justru saling mengkhianati. Hanya ada satu pasangan yang disukai penonton dan dinilai pas. Sementara, lainnya seakan dibuat-buat untuk memperunyam masalah yang sudah pelik ini.      

6. Masuk salah satu drama Korea yang memecahkan rekor rating dan jumlah penonton tertinggi sepanjang sejarah  

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Namanya sebuah karya seni pasti punya penggemar dan pembencinya. Beruntung, serial Love Marriage and Divorce ternyata disukai banyak orang. Mereka menjadi salah satu drama televisi dengan penonton terbanyak di Korea Selatan. Bahkan drama ini juga jadi incaran banyak orang yang mencari hiburan di platform Netflix, walau memang harus diakui belum bisa menyaingi kesuksesan dan ketegangan World of the Married

7. Drama Love Marriage and Divorce akan lanjut musim ketiga pada 2022

instagram.com/loveftmarriageanddivorce

Meski banyak yang kurang suka dengan akhir musim kedua drama ini, nyatanya pihak produser sudah mempersiapkan produksi musim ketiga. Rencananya akan dimulai pada tahun 2022 menyesuaikan ketersediaan jadwal dari para aktor dan aktris yang terlibat. Nah, kira-kira menurut Sedulur perlukah musim ketiga dibuat? Jawabannya mungkin imbang antara iya dan tidak. Penonton yang kecewa dengan akhir musim kedua bisa saja meminta pertanggungjawaban di musim ketiga. Namun, tak menutup kemungkinan Sedulur jadi orang yang sudah kelewat sebal dan malas nonton lagi walau musim ketiganya rilis.

Ada seru, ada pula kritik yang bisa Sedulur lontarkan untuk serial ini. Drama Korea memang sukses bikin emosi. Mungkin itu juga formula yang dipakai creator untuk mendapatkan perhatian penonton. 

Belum nonton dan tergiur buat membuktikan keseruan drakor Love Marriage and Divorce akhir pekan ini? Boleh lho mager seharian di kos atau rumah, karena sekarang kamu bisa belanja sembako dan berbagai kebutuhan harian berkualitas lewat Aplikasi Super. Langsung pasang dan rasakan kemudahannya.