Mengidamkan suasana Korea yang modern dan tradisional sekaligus? Sedulur bisa mencicilnya dengan pergi ke sebuah objek wisata di Kediri. Iya, tak perlu jauh-jauh ke Korea Selatan dulu karena berbagai restriksi terkait pandemi. 

Lokasinya mudah dijangkau dan biayanya jauh lebih murah dibandingkan pesan tiket pesawat ditambah akomodasi dan tes swab antigen atau PCR yang diwajibkan pada pelancong selama korona masih mengintai. Tak perlu lama-lama lagi, ini ulasan lengkap Kampung Korea Kediri sebagai bahan referensi Sedulur semua. 

BACA JUGA: Menu & Harga Pos Ketan Legenda, Wisata Kuliner di Malang

1. Lokasi dan petunjuk arah 

kampung korea kediri
instagram.com/wahidnurwahyu

Lokasi Kampung Korea Kediri atau yang dikenal dengan nama Wisata Korea Fantasy Kediri berada di Desa Manggis, Kecamatan Ngancar, Kediri. Tepatnya di kawasan kaki Gunung Kelud. Tempat ini dibuka sejak akhir tahun 2019, sayangnya tepat sebelum pandemi melanda dunia. Meski harus tutup sementara waktu karena angka penularan yang tinggi di berbagai wilayah di Indonesia, kampung wisata ini sudah bisa diakses. Bahkan makin diminati sejak pembatasan kegiatan masyarakat mulai dikurangi. 

-->

Akses ke sini mudah, kok. Bisa dengan kendaraan pribadi tentunya, mengingat akses pada transportasi publik di Indonesia secara umum sangat minim. Apalagi kalau di kota-kota kecil seperti Kediri, tentunya kendaraan pribadi jadi satu-satunya cara untuk menuju lokasi wisata ini. 

2. Tiket masuk Kampung Korea Kediri

instagram.com/wisatakoreafantasy

Wisata Kampung Korea Kediri menyuguhkan hiburan yang murah meriah. Tiket masuknya hanya dibanderol sebesar Rp 10 ribu saja. Namun, jika ingin menyewa hanbok atau pakaian tradisional Korea, Sedulur dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 20 ribu yang dihitung per jam. Namun, dengan adanya pandemi tidak dapat diketahui pasti apakah peminjaman kostum masih ditawarkan. Misal ditawarkan tentunya pihak pengelola akan melakukan proses dekontaminasi menyeluruh. 

Harga tiket masuk di atas juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pada kebijakan pengelola. Namun, tentu tidak akan jauh dari harga yang tercantum tersebut. Jam operasionalnya mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore tiap harinya. 

BACA JUGA: Wahana Lengkap Wisata Saigon Pasuruan, Lokasi + Tiket

3. Fasilitas dan keseruan yang ditawarkan

kampung korea kediri
instagram.com/wisatakoreafantasy

Tentunya sesuai dengan namanya, tema objek wisata ini mengadopsi suasana dan desain ala landmark penting di Korea Selatan. Baik yang modern atau tradisional. Khas kampung wisata Indonesia banyak bangunan-bangunan warna-warni yang didirikan untuk mengimitasi apa yang ada di Korea. 

Bahkan disediakan pula replika pohon bunga Sakura yang bikin suasana Asia Timur makin kental. Ada pula area tradisional yang dilengkapi dengan jembatan dan rumah adat khas Korea. Cocok untuk mengambil foto estetik. 

Selain spot foto, ada beberapa kegiatan dan fitur yang ditawarkan seperti kolam renang, kolam terapi ikan, dan di waktu-waktu tertentu penampilan musik langsung dari musisi lokal pun ditawarkan. Fasilitas lain seperti area untuk makan, kamar kecil, dan tempat ibadah pun tidak perlu diragukan lagi. 

4. Layak dikunjungi atau tidak?

instagram.com/himatyas

Kampung Korea Ngancar Kediri adalah alternatif wisata domestik yang murah. Cocok untuk berbagai kalangan yang hendak melepas penat barang beberapa jam di akhir pekan. Lokasi ini sebenarnya membaca dengan tepat tren selera penduduk tanah air yang suka dengan tempat-tempat estetik. Terlihat nilai dan keseruan yang mereka tawarkan bertumpu pada suasana dan desain lokasi yang ditujukan untuk memfasilitasi hobi berfoto masyarakat kita. 

Bukan hal yang salah, tetapi objek wisata ini tentu lebih disarankan untuk pengunjung yang memang hendak mengambil foto. Bisa untuk kebutuhan pribadi atau lainnya. Ia bisa jadi alternatif untuk berbagai kampung wisata Indonesia yang cukup beragam. Mulai dari kampung yang mengambil tema warna-warni, rumah-rumah antik tradisional, atau wisata serupa yang mengadopsi suasana Eropa.

Dengan harga yang murah dan fasilitas yang oke, sepadan dengan harganya, Kampung Korea Kediri bisa jadi alternatif wisata untuk keluarga atau anak muda yang ingin seru-seruan bareng teman di akhir pekan atau hari biasa. 

Berkunjung ke sini juga turut membantu perekonomian warga sekitar yang mungkin mendapatkan penghasilan utama maupun tambahan dari keberadaannya. Pastikan Sedulur turut membantu merawat fasilitas yang ada dengan tidak mengotori atau merusak properti di kawasan tersebut. 

Tempat ini jangan dijadikan satu-satunya tujuan saat mampir ke Kediri atau melewati kota ini. Jadikan salah satu dan Sedulur disarankan untuk menikmati dan mengenal Kediri lewat kawasan wisata lainnya atau coba kuliner khas mereka. Dengan begitu, liburanmu akan lebih berwarna. 

BACA JUGA: 40+ Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Populer

5. Hal yang harus disiapkan

kampung korea kediri
instagram.com/syafril29_

Sebelum memutuskan pergi, persiapkan beberapa hal berikut. 

Transportasi 

Siapkan kendaraan baik sepeda motor atau mobil dalam keadaan prima baik dari segi rem dan lain sebagainya. Lokasinya dekat kaki gunung, jadi pasti ada tanjakan dan belokan tajam. Namun, sebenarnya aksesnya mudah dan rutenya tidak seberapa ekstrim. 

Cuaca dan suhu 

Tentunya meski dibilang kampung ala Korea, tempat ini tetap berada di Indonesia yang suhunya hangat. Meski di kaki gunung, suhu di sana pada siang hari saat wahana dibuka masih di kisaran 22-29 derajat Celcius. Jadi, cukup panas, Sedulur. Silakan pakai pakaian yang nyaman dan adem. Anggap saja kalian berwisata ke Korea saat musim panas, jadi suhnya tak jauh beda sengan suhu sehari-hari di Indonesia.

Selain itu, tetap sedia payung atau jas hujan. Lokasi wisata ini di luar ruangan. Jika berkunjung di akhir tahun yang masuk musim hujan, silakan sedia agar tak kelabakan saat hujan turun tiba-tiba. 

Tambahan biaya selain tiket masuk

Tentunya saat berwisata, Sedulur harus membawa uang lebih di luar harga tiket untuk masuk. Biasanya keperluan yang memakan biaya adalah tarif parkir, biaya untuk toilet umum, makan dan minum, bensin, dan lain sebagainya. 

Kampung Korea di Kediri memang tidak akan bisa menggantikan sensasi bepergian ke negeri ginseng secara langsung. Apalagi menggantikan iklimnya yang dingin dan suasana kotanya yang modern. Namun, ia cocok untuk turis domestik yang hendak melepas penat dan mencari suasana baru tanpa keluar biaya banyak. Bisalah jadi hiburan sebelum benar-benar dapat rezeki untuk mengunjungi Seoul dan Jeju secara langsung. 

Praktis, tak perlu urus paspor dan tes swab, langsung meluncur ke sana saja. Pastikan kamu tetap menaati protokol kesehatan, ya. Segera vaksin dan tetap gunakan masker selama di lokasi. Tak lupa rajin cuci tangan untuk menghindari penularan di tempat umum. Selamat berlibur!