Twice mungkin bukan nama yang asing buat kalian, apalagi yang pecinta K-Pop. Mereka adalah salah satu grup musik asal Korea Selatan yang cukup sukses. Apalagi masa aktif mereka bisa dibilang cukup panjang. Tahun 2022 ini usia mereka sudah masuk tujuh tahun. Sebuah pencapaian yang luar biasa di tengah persaingan ketat industri musik Korea. 

Kesembilan member TWICE debut di tahun 2015 dan masih aktif hingga sekarang. Meski belum mencapai level BLACKPINK, mereka masih jadi salah satu nama yang diperhitungkan. Siapa saja sih mereka dan apa saja yang sudah ditorehkan selama berkarir di industri musik? Ini fakta dan profil lengkap TWICE. 

BACA JUGA: Biodata 23 Member NCT Dream dan Fakta Unik Mereka!

Fakta sepak terjang TWICE 

Sebelum membaca profil personelnya satu-satu, mari kita simak sepak terjang TWICE sejak debut hingga sekarang. 

-->
  • TWICE debut pertama kali di tahun 2015 di bawah naungan label JYP Entertainment. Mereka terbentuk dari sebuah ajang kompetisi atau sayembara yang mempertandingkan para trainee dari pihak label yang bersangkutan. Nama sayembara tersebut adalah Sixteen. Formula serupa dilakukan pula oleh grup musik Korsel macam Monsta X dan IZ*ONE. Praktik macam ini pun masih dipakai hingga sekarang termasuk untuk membentuk grup-grup pendatang baru seperti TREASURE. 
  • Filosofi nama TWICE menurut founder JYP, Park Jinyoung merupakan doa atau harapan agar mereka bisa memberikan dampak baik dari suara dan visual. Ini pun terpampang nyata dari musik mereka yang ceria dan video musik yang setia menggunakan warna-warna vibrant. 
  • Nama julukan untuk penggemar mereka adalah Once. Julukan tersebut dipilih dengan slogan bahwa penggemar cukup memberikan cinta mereka sekali dan TWICE member akan menggandakannya. 
  • TWICE dikenal dengan ciri khas mereka yang selalu tampil khas anak muda dengan lagu yang bikin bergoyang dan tersenyum. Ditambah tiap membernya diberi satu warna tema tertentu sebagai identitas mereka. Melihat kesembilannya tampil memang memanjakan mata. 
  • Tergolong girl group yang prolifik karena menelurkan album hampir tiap tahun sejak debut. Hingga tahun 2021, mereka sudah merilis 6 album studio, 3 album kompilasi, dan 11 EP. 
  • Dianggap kalah saing dengan BLACKPINK karena warna musik mereka. Seperti yang kita tahu BLACKPINK mengusung konsep yang lebih edgy dan dinilai lebih keren, bahkan bisa dinikmati semua gender termasuk laki-laki serta laris di pasar internasional. BLACKPINK mengekor konsep yang pernah dipakai SNSD atau Girls Generations. Beda dengan TWICE yang mengusung tema cute dan feminin, sehingga pasarnya lebih sempit. 
  • Mereka cukup peka melihat pasar tren yang berkembang. Lagu dan video musik mereka biasanya mengadopsi apa yang sedang disukai atau dibicarakan di media sosial. Seperti lagu “Likey”  dan “TT” misalnya. 
  • Dari nama member TWICE, terlihat bahwa tidak semuanya berasal dari Korea Selatan. Beberapa dari mereka memiliki kebangsaan Jepang dan Taiwan. 
  • Lagu debut mereka “Like Ooh Aah” berhasil merengkuh jumlah penonton terbanyak di YouTube untuk lagu debut K-Pop. Ini dipengaruhi oleh label JYP yang pernah mengantar Wonder Girls menjadi artis Korea pertama yang berhasil menembus Billboard di tahun 2009. 
  • Beberapa album terbaru mereka menunjukkan pergeseran ke musik yang lebih dewasa dan edgy. Tak langi mengusung genre bubble gum pop seperti di awal kemunculan mereka. Coba intip lagu “Fancy”, Sedulur. Di video musiknya mereka juga mulai memasukkan warna-warna gelap.
  • Kegiatan mereka bisa kamu ikuti di media sosial @Twicetagram. Membernya tidak memiliki akun Instagram pribadi. 

BACA JUGA: Profil Warren Hue, Rapper Asal Indonesia yang Gabung 88Rising

Berikut nama nama member TWICE beserta beberapa info penting yang perlu Sedulur tahu.

1. Nayeon 

member twice
Instagram @twicetagram

Nayeon adalah anggota tertua di girl group ini. Ia lahir pada 22 September 1995 dan sudah masuk usia pertengahan 20an. Nayeon adalah vokalis utama di TWICE dan terlihat paling sering dapat bagian menyanyi. Keputusannya menjadi trainee sempat diragukan sang ibu yang khawatir karena usianya saat itu masih sangat belia. Namun, berkat keberaniannya ini, Nayeon justru berhasil mencapai posisinya saat ini. 

Selain sibuk di TWICE, Nayeon juga banyak dapat tawaran proyek pribadi. Terutama untuk modelling dan iklan. Ia juga pernah tampil di beberapa acara televisi dan drama meski hanya sebagai bintang tamu dan cameo. 

2. Jihyo 

Instagram @jihyo_and_twice

Walau bukan yang tertua, Jihyo justru didapuk jadi pemimpin di TWICE. Tanggal lahir member TWICE ini adalah 1 Februari 1997. Ia dikenal lewat rambut bob-nya yang menawan. Jihyo sudah bergabung dengan JYP sejak usia SD dan baru akhirnya mendapatkan kesempatan debut 10 tahun kemudian bersama TWICE. 

Perjuangan yang panjang akhirnya terbayar sudah, Jihyo juga salah satu lead vocal di grup musik tersebut. Ditambah dengan kelihaiannya menari dan karisma yang kuat, ia sebenarnya diharapkan menjadi magnet untuk penggemar. Sayangnya, ia justru dipercaya ada di urutan pertama member TWICE yang paling dibenci. Ini karena vokalnya yang menurut beberapa orang kurang prima, terutama saat tampil langsung di panggung. 

3. Jeongyeon 

member twice
Instagram @twicetagram

Lahir di tahun 1996, Jeongyeon secara teknis lebih tua dibanding Jihyo. Ia punya latar belakang keluarga yang cukup mentereng. Sulit untuk bilang bahwa ia member TWICE termiskin mengingat ayahnya adalah seorang koki profesional yang sudah bertemu banyak orang-orang penting. Bisa ditebak bahwa ia hidup berkecukupan sejak kecil. 

Menariknya Jeongyeon sempat gagal lolos menjadi trainee JYP. Namun, ia berhasil masuk audisi terbuka di tahun 2010 saat usianya masih 14 tahun. Jeongyeon punya mimpi menjadi model dan sempat terharu saat itu terjadi di fase penyisihan di sayembara Sixteen

BACA JUGA: Biodata, Profil & Fakta 12 Member TREASURE, Terlengkap!

4. Momo 

member twice
Instagram @twicetagram

Bernama lengkap Hirai Momo, gadis kelahiran 9 November 1996 ini berasal dari Jepang. Ia sebenarnya sempat tersingkir di Sixteen, tetapi kemudian dibawa kembali oleh JYP karena beberapa pertimbangan. Momo dikenal sebagai rapper dan penari yang handal di TWICE. Ia pernah berkencan dengan Kim Hee Chul sebelum akhirnya putus di tahun 2021. Berita tersebut dikonfirmasi pihak label keduanya. 

5. Mina

member twice
Instagram @mina.twicejype

Mina adalah satu dari tiga member TWICE yang berasal dari Jepang. Lahir di tahun 1997, ia memang bukan member yang paling populer. Namun, tidak pula dibenci. Kedua orang tuanya adalah dokter, tetapi ia justru tertarik berkarir di bidang seni dan itu sudah tampak sejak kecil. Mina sempat ikut les balet selama beberapa tahun sebelum akhirnya menjadi keluarga TWICE. Hal menarik dari Mina adalah fakta bahwa ia lahir di Amerika Serikat karena orang tuanya yang berstatus imigran. Ia kemudian pindah kembali ke Jepang sejak usia balita dan kini tinggal permanen di Korsel. Atas tempat lahirnya tersebut, Mina memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat, tetapi kemudian melepaskannya di tahun 2019. 

6. Sana 

Instagram @twicetagram

Sana Minatozaki lahir di bulan Desember 1996 dan merupakan anak tunggal yang punya kepribadian unik. Di Sixteen bukannya menampilkan kemampuan bernyanyi atau menari, ia justru pernah menunjukan bakatnya memasak. Hal ini sukses membuatnya dapat perhatian lebih dari para juri. 

Sana sebenarnya beraspirasi jadi artis di Jepang dan sudah tergabung dalam sebuah akademi seni bernama EXPG sejak tahun 2009. Namun, nasib berkata lain. Saat SMP ia dapat tawaran untuk bergabung dengan JYP yang akhirnya ia terima dengan senang hati. Setelah 3 tahun, sempat ada harapan bahwa ia akan disatukan dengan beberapa trainee lain dalam satu grup. Namun, grup tersebut gagal terealisasi. Beruntungnya, ini membawanya bergabung dengan kedelapan member lain di TWICE. 

BACA JUGA: 17 Film Thailand Lucu Dijamin Bikin Ngakak, Terbaik 2022

7. Dahyun 

member twice
Instagram @twicetagram

Dahyun adalah member paling ceria dan kocak di grup tersebut. Video tariannya yang nyeleneh pernah viral di media sosial dan itu membuat citranya positif. Meski beberapa menganggap keberadaan Dahyun dari segi vokal kurang dibanding member lain. Dahyun memang tak punya bagian menyanyi yang sebanyak Jihyo dan Nayeong, tetapi boleh dibilang ia adalah perekat di TWICE. Tidak ada keterangan tentang agama member TWICE ini, tetapi Sedulur bisa menikmati performanya tanpa memandang identitas tersebut, bukan? 

Ada yang menarik nih dari Dahyun, yaitu aktivismenya dalam menyuarakan isu-isu feminis. Salah satunya ia pernah terpergok sengaja mengenakan kaus yang diproduksi Marymond, yaitu organisasi yang bergerak memperjuangkan hak-hak para penyintas prostitusi paksa yang dilakukan tentara Jepang di masa Perang Dunia II. Ia bahkan dapat kritik pedas dari seorang politisi sayap kanan Jepang, tetapi sayangnya agensi JYP justru tidak melontarkan pembelaan dan membiarkan kasus ini berlalu begitu saja. 

8. Chaeyoung 

member twice
Instagram @twicetagram

Member berikutnya adalah Chaeyoung yang didapuk jadi rapper utama di sini. Ia dikenal karena suaranya yang kuat, sehingga memberikan suntikan energik di lagu-lagu TWICE. Ini bertolakbelakang dengan parasnya yang manis dan menggemaskan. Selain bernyanyi dan menari, Chaeyoung memiliki bakat di bidang desain. Ia terlibat dalam pembuatan sampul album dan merchandise TWICE. Chaeyoung dan Tzuyu lulus dari sebuah SMA Seni yang sama di tahun 2019. 

9. Tzuyu 

Instagram @tzuyutwicee_

Tzuyu bukan hanya anggota termuda, tetapi juga sering disebut sebagai member TWICE tercantik dan terpopuler. Ini terbukti sejak sayembara Sixteen di mana, ia terpilih lolos berdasarkan suara penonton. Tzuyu dipercaya memenuhi standar kecantikan Korea yang disukai yaitu bermata besar dan berwajah tirus. Ia juga berposisi sebagai vokalis dan memiliki suara yang menawan, bahkan dari tahun ke tahun ia dapat lebih banyak bait lagu untuk dinyanyikan. Ia satu-satunya personel yang berasal dari Taiwan dan pernah terlibat skandal saat mengibarkan bendera Taiwan di stasiun televisi Korea dan dianggap oleh warga Tiongkok Daratan sebagai bentuk pengkhianatan. 

Hal ini kemudian direspon secara diplomatis oleh Tzuyu dan agensinya lewat permintaan maaf dan pengakuannya sebagai warga negara Tiongkok. Sebaliknya keputusan ini disambut buruk oleh publik Taiwan. Bahkan dipercaya mempengaruhi hasil pemilu yang menentukan masa depan Taiwan pada 2016 lalu. 

Itu beberapa hal yang perlu Sedulur tahu tentang girl group TWICE. Menarik mengingat sepak terjang mereka yang sudah masuk tahun ketujuh, nih. Walaupun tak bisa dibilang selevel dengan SNSD atau BLACKPINK, mereka salah satu grup yang langgeng dan jarang terjerat skandal berat. Semuanya juga berdedikasi. Kalau ngaku penggemar setia, jangan kendor dukung terus mereka buat tetap eksis di industri musik dunia.