member treasure

Meski belum sebesar BTS, TREASURE adalah boygroup rookie alias debutan yang mencuri perhatian sejak pertengahan 2020 lalu. Mereka berada di bawah naungan YG Entertainment yang juga menjadi rumah untuk grup sekelas BLACKPINK dan BIGBANG. Sama dengan pendahulunya, member TREASURE mengusung lagu-lagu energik yang khas anak muda. 

Siapa sebenarnya mereka, bagaimana mereka terbentuk, dan seberapa keren talenta kedua belas biodata member TREASURE ini? Langsung saja kita simak fakta dan profil lengkap para anggota group muda ini sekarang juga. 

BACA JUGA: Sinopsis My Roommate is a Gumiho, Ada Adegan Ciuman Panas!

Fakta menarik di balik nama TREASURE 

Sebelum ke profil para anggotanya, baca dulu fakta menarik di balik terbentuknya TREASURE:

1 . TREASURE terbentuk dari sebuah kompetisi bernama Treasure Box di mana YG Entertainment  memilih trainee terbaik mereka yang berasal Korea Selatan dan Jepang sebagai member proyek baru yang namanya masih dirahasiakan. Jumlah peserta yang bakal terpilih tidak pernah disebutkan selama sayembara berlangsung. Namun, pada akhirnya 13 orang pun diumumkan lolos kompetisi. Ini adalah boyband dengan jumlah anggota terbanyak yang dimiliki YG Entertainment. Buat Sedulur yang belum atau ketinggalan nonton Treasure Box, semua episodenya tersedia di YouTube, kok. Silakan tonton keseruan mereka. 

2. Ketiga belas orang ini direncanakan debut sebagai dua entitas berbeda, yaitu Treasure dan Magnum. Namun setelah tertunda beberapa bulan, salah satu dari mereka pun memutuskan untuk keluar. Akhirnya TREASURE member yang tersisa memutuskan untuk debut menjadi satu kesatuan sebagai grup beranggotakan 12 orang.

3. Umur member TREASURE masih cukup muda, kebanyakan lahir di atas 2000 dan empat dari mereka berasal dari Jepang. Ini juga pendekatan baru dari YG Entertainment setelah Lisa BLACKPINK yang berasal dari Thailand. 

4. Menjelang debut di pertengahan 2020, pihak YG melakukan banyak hal guna mempromosikan proyek baru mereka. TREASURE bahkan menghiasi laman-laman media internasional seperti VICE, Forbes, dan Teen Vogue. 

5. Di awal kemunculan, lagu debut mereka juga sudah menembus angka pre-order yang tinggi. Ini membuat banyak orang percaya bahwa TREASURE memiliki masa depan cerah di industri musik Korea. 

6. TREASURE akhirnya debut di Agustus 2020 lewat lagu Boy

7. Mereka bersaing ketat dengan boyband ENHYPEN yang juga terbentuk lewat kompetisi survival bertajuk I-Land. Bedanya, ENHYPEN hanya beranggotakan 7 orang dan popularitasnya terus merangkak naik di tahun 2021. Banyak yang percaya bahwa ENHYPEN sudah menyalip TREASURE dari banyak segi. Ini karena konsep unik dan beda dari ENHYPEN. Bahkan ada pula yang menyebut bahwa performa TREASURE terus menurun baik dari pencapaian di tangga lagu maupun ajang penghargaan.

Fandom mereka juga dikenal kurang aktif dibanding grup K-Pop lainnya. Ini memunculkan prediksi bahwa mereka akan flop dalam waktu dekat. Kabar ini santer terdengar sepanjang 2021. Namun, terbukti TREASURE masih aktif hingga saat ini dan belum menunjukkan tanda-tanda akan bubar. Sebagai penggemar Sedulur boleh ikut mendoakan mereka.

8. Kemunduran boyband muda ini dipercaya dipengaruhi pula oleh manajemen yang kurang rapi dan stabil. Ditambah persaingan ketat dengan ENHYPEN dan TXT. Namun, sebenarnya berkaca dari TXT, TREASURE masih punya waktu untuk memperbaiki diri dan meningkatkan performa mereka.

TXT debut sekitar 1-2 tahun sebelum mereka dan kini dikenal sebagai salah satu grup musik muda terpopuler di Korsel. TXT juga menggunakan strategi pasar yang bagus dengan menggandeng senior mereka BTS di berbagai kesempatan. Strategi macam ini mungkin bisa ditiru TREASURE. 

9. Julukan untuk penggemar mereka adalah Treasure Makers. Nama tersebut sudah disetujui dan menjadi nama resmi untuk fanbase mereka yang tersebar di seluruh dunia. 

BACA JUGA: 12 Film Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut biodata lengkap member TREASURE yang bisa Sedulur ulik. 

1. Hyunsuk 

treasure member
teenvogue

Hyunsuk bisa dibilang member tertua di TREASURE. Ia lahir pada 21 April 1999 dan berasal dari Korea Selatan. Sebagai yang tertua, ia pun didapuk sebagai leader di grup musik tersebut. Ia berposisi sebagai rapper dan sudah menjadi bagian dari YG sejak 2015 lalu. Hyunsuk mengidolakan G-Dragon, Zico, dan Suga, semuanya adalah rapper kawakan Korsel. Selain musik, ia adalah penikmat sepak bola dan hobi mendesain aksesoris dan baju sendiri.

2. Jihoon

nama member treasure
teenvogue

Sebagai negara yang mengusung senioritas, tentunya ada second leader dalam boygroup ini. Dalam hirarki kepemimpinan, urutan member TREASURE kedua ditempati oleh Jihoon yang berasal dari Busan. Ia tergabung dalam YG sejak 2016 dan sempat keluar di 2018.

Namun, ia kembali di akhir tahun saat dapat tawaran berkompetisi di Treasure Box. Jihoon memiliki pembawaan yang ekspresif dan ceria. Ini membuatnya dekat dengan semua member, termasuk sering jadi tempat curhat para member yang lebih muda. 

3. Yoshi 

Yoshi
teenvogue

Yoshi juga berposisi sebagai rapper di grup musik ini. Ia salah satu member TREASURE dari Jepang yang lahir di tahun yang sama dengan Jihoon, hanya selisih dua bulan saja. Menariknya, Yoshi sebenarnya tidak termasuk dalam 13 member terpilih, tetapi ia dimasukkan di fase akhir. Rekan satu band-nya menilai Yoshi sebagai karakter yang tenang, tak banyak bicara, lembut, dan memiliki emosi stabil. Ia juga pandai menggambar, lho. 

BACA JUGA: V BTS Pamer Kumis & Telanjang Dada, Kim Taehyung Trending No 1

4. Bang Yedam 

Bang Yedam
teenvogue

Yedam adalah nama member TREASURE yang cukup menonjol. Ini karena posisinya sebagai vokalis utama. Ia bahkan sudah berstatus trainee di YG sejak usia 11 tahun. Salah satu videonya menyanyikan cover There’s Nothing Holdin’ Me Back milik Shawn Mendes sempat viral di Korea pada 2017. Kemampuannya bernyanyi tidak perlu diragukan.

Kamu bisa membuktikannya lewat video cover Yedam lainnya yang diunggah warganet. Yedam menarik karena di usia muda, ia sudah punya ciri khas bahkan kemampuan memadukan antara gaya musik K-pop dengan musik pop Barat. Yedam juga jadi member yang sudah merilis single solo sebelum bergabung dalam TREASURE. Bisa dibilang Yedam adalah member TREASURE terkaya dari segi prestasi dan pengalamannya di industri musik. 

5. Haruto 

member treasure yang kuliah
teenvogue

Haruto adalah member Treasure tertinggi yang tinggi badannya mencapai 181 cm. Ia juga salah satu yang paling populer bahkan sejak masih di Treasure Box. Ini karena visual dan warna suaranya yang beda dari lainnya. Ia juga tergolong muda mengingat ia lahir pada 2004.

Berkebalikan dengan Yoshi, Haruto cukup ambisius dan kompetitif. Ia juga punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi yang kadang ia sadari bisa jadi bumerang untuk karirnya. Ibunda Haruto adalah penggemar berat Big Bang yang merupakan salah satu proyek ikonik dari YG Entertainment. 

6. Yoon Jaehyuk 

member treasure terkaya
teenvogue

Yoon Jaehyuk punya cerita unik. Ia baru masuk label beberapa bulan sebelum kompetisi Treasure Box diselenggarakan. Sama dengan Yoshi, awalnya ia tersingkir di babak awal. Namun, kemudian ditarik kembali di final. Banyak yang berprasangka bahwa Jaehyuk dipanggil semata-mata karena visualnya yang menarik. Namun, ia membuktikan bahwa ia lebih dari sekadar pemuda dengan penampilan menawan, tetapi juga performer yang handal di panggung. 

BACA JUGA: Pesona Lee Dong Hwi, Adik Cha Eun Woo, Gantengnya Misterius

7. Junkyu 

tanggal lahir member treasure
teenvogue

Junkyu juga berposisi sebagai vokalis dengan suara unik di TREASURE. Bahkan sebagian menyandingkannya dengan Junhoe IKON atau Rose BLACKPINK mengingat keduanya juga punya suara khas yang mewarnai lagu-lagu yang dibawakan. Junkyu pun sering dijuluki sebagai pencair suasana dalam dinamika grup karena wataknya yang ceria dan agak kikuk, tapi kocak. 

8. Mashiho

member treasure tertinggi
teenvogue

Bernama lengkap Takata Mashiho, ia sudah berlatih dance sejak kecil dan sudah jadi trainee pada 2013. Usahanya terbayar dengan terpilihnya Mashiho sebagai bagian dari TREASURE. Warna suaranya manis dan lembut, cocok buat lagu ballad. Mashiho dikenal sebagai sosok pemuda yang rapi, teratur, dan tak banyak tingkah. Ia juga fokus dan disiplin saat bekerja. 

9. Asahi 

urutan member treasure
teenvogue

Tanggal lahir member TREASURE Hamada Asahi adalah 20 Agustus 2001. Ia dijuluki eksentrik oleh rekan-rekan setimnya dan mengaku sebagai sosok introver. Asahi juga tergolong pendiam dibanding yang lain, tetapi super kreatif dalam berkesenian. Ia berbakat dalam menggambar dan bermusik.

Fakta menariknya, Asahi dan Haruto cukup dekat dan keduanya sama-sama hobi menggubah lagu. Sempat tersingkir di fase awal, Asahi dipanggil kembali di fase akhir untuk bergabung dengan tim Magnum. Pada akhirnya ia berhasil lolos menjadi anggota tetap TREASURE. 

BACA JUGA: Profil & 8 Drama Lee Je Hoon yang Tidak Bisa Dilewatkan

10. Doyoung 

member treasure dari jepang
teenvogue

Berposisi sebagai vokalis dan dancer, Doyoung memiliki warna suara yang lembut. Ia berkepribadian ramah dan mudah bergaul, tetapi dikenal kurang tangka bermain gim. Doyoung adalah member TREASURE yang kuliah pada 2021 kemarin. Keputusannya untuk tidak menomorduakan pendidikan banyak dipuji. 

11. Jeongwoo

Jeongwoo
teenvogue

Park Jeongwoo meski masih berusia belia memiliki warna suara yang unik di industri K-Pop. Suaranya punya sentuhan soul yang khas. Diimbangi dengan pembawaannya yang ramai dan agak jahil, ia pun jadi member yang dianggap paling imut walaupun bukan yang benar-benar paling muda.

Jeongwoo suka dengan karirnya sekarang yang memungkinkannya memanfaatkan energi dan idenya yang bertebaran untuk banyak hal, termasuk bepergian dan berlatih menari serta mengasah vokalnya. 

12. Junghwan

Junghwan
teenvogue

Junghwan adalah member TREASURE termuda yang lahir di Februari 2005. Tahun ini ia masih berusia 17 tahun, namun sudah punya karir yang cemerlang. Ia terpilih karena kemampuan menarinya yang di atas rata-rata.

Jeongwoo memiliki fisik yang prima dan tubuh yang lentur, ternyata ini dipengaruhi oleh fakta bahwa ia memiliki gelar sabuk hitam Taekwondo. Ia sosok yang tergolong introver, tetapi memiliki bright personality yang bikin orang nyaman berada di dekatnya. 

Beberapa fakta menarik dari member TREASURE sudah Sedulur baca, nih. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu sudah memutuskan untuk menjadi salah satu Treasure Makers atau justru yang turut mengamini prediksi bahwa mereka akan bubar dalam waktu dekat bila tak mengalami peningkatan performa? Memang tak ada yang pasti di industri hiburan, apalagi dengan tingkat persaingan seketat Korea Selatan. 

Pasalnya, hal yang pasti cuma ada di Aplikasi Super, Sedulur. Kebutuhan pokok, pulsa, sampai sandang semuanya ada di sana. Pasang dulu aplikasinya di ponselmu, baru deh cobain fitur-fitur kerennya. Dijamin murah semuanya barangnya!