Yunani merupakan negara yang berada di Benua Eropa tepatnya di kawasan Eropa Selatan. Berdekatan dengan negara seperti Spanyol, Portugal, Malta, dan Italia. Negara ini punya sejarah panjang dalam kontribusi mendukung perkembangan ilmu pengetahuan.

Misalnya seorang filsuf bernama Archimedes yang terkenal akan penemuan hukum Archimedes. Lalu adanya pula Pytagoras penemu teori Pytagoras dalam bidang ilmu matematika. Kemudian Aristoles yang juga seorang filsuf terkenal karena sumbangsihnya dalam bidang ilmu biologi, fisika dan politik.

Namun terlepas dari kontribusinya dalam bidang ilmu pengetahuan, Yunani terkenal akan makhluk mitologi yang menyeramkan. Bisa dibilang memiliki bentuk aneh dan berbeda dibandingkan dengan fisik manusia. Saking aneh dan menyeramkan, membuat masyarakat di negara itu percaya bahwa makhluk mitologi benar-benar ada dan menjadi legenda di negara tersebut.

Apa itu makhluk mitologi?

Mungkin sebagian orang penasaran apa sih makhluk mitologi itu, ya makhluk mitologi dikutip dari laman Wikipedia adalah makhluk yang keberadaanya dituturkan dalam kisah-kisah mitologis, legenda atau fabel. Istilah ini sebenarnya hanya bersifat fantasi, baik bentuk maupun kemampuannya. Namun karena kisahnya merupakan mitos, maka keberadaanya dipercayai oleh masyarakat penganut mitologi yang bersangkutan.

-->

Maka dari itu, orang yang tidak mempercayainya bisa menyamakan makhluk mitologis sebagai makhluk yang imajiner alias makhluk imajinasi. Dalam perkembangan zaman, makhluk-makhluk dalam legenda digunakan sebagai lambang dan dekorasi bangunan. Sehingga menciptakan seni yang indah dan memukau. Sehingga tak jarang bila kamu dapat menjumpai simbol-simbol ini pada bangunan bergaya Eropa. Apalagi simbol- simbol seperti ini bisa dijumpai di Indonesia. Seperti bangunan makam Belanda, Kerkhof, bangunan gereja dan masih banyak lagi.

Namun apa pun itu keberadaan makhluk mitologi menarik untuk diulas. Meski banyak orang beranggapan bahwa mereka hanyalah sembuah imajinasi atau khayalan sesaat saja. Sebab, sulit dinalar oleh logika dan kurang ada penjelasan valid mengenai keberadaan makhluk ini.

Penasaran apa saja makhluk mitologi Yunani yang berfisik menyeramkan dan makhluk mitologi Yunani terkuat, yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Februari 2022, Horoskop: Sahabat Dekat Jatuh Cinta!

1. Cyclops

makhluk mitologi
thetimes

Makhluk mitologi Yunani yang pertama adalah Cyclops. Bisa dibilang bahwa Cyclops adalah seorang monster mengerikan asal Yunani. Ya, monster ini mempunyai beberapa ciri pada tubuhnya. Seperti badannya yang berukuran raksasa, lalu mempunyai mata satu di bagian dahi. Sehingga siapapun yang akan melihatnya, pasti akan langsung bergidik ngeri. Sebab, selain besar dan aneh, monster ini dikenal kejam dan masuk dalam makhluk mitologi Yunani terkuat.

Ada pun cerita yang berkembang tentang monster besar bermata satu ini. Ya, Cyclops dibuang ke Tartarus, sebuah jurang yang ada di dalam bawah tanah dan menjadi penjara para Titan (pendahulu dewa-dewi Olympus). Namun saat dewa dewi Olympus berkuasa, Cyclops dibebaskan dan sekarang mengabdi bersama dewa paling fenomenal di Yunani, Zeus.

2. Hydra

makhluk mitologi
wattpad

Tak kalah mengerikan dari Cyclops, ada pula makhluk mitologi Yunani bernama Hydra. Ia digambarkan sebagai naga besar yang hidup di lautan namun memiliki jumlah kepala yang tak terhingga. Sehingga bisa dibayangkan betapa mengerikannya makhluk yang satu ini. Begitu kamu memotong kepalanya, mereka tidak akan mati, dan malah kepalanya akan kembali tumbuh dan tetap tumbuh. Meski terlihat kuat dan termasuk dalam makhluk mitologi Yunani terkuat selain Cyclops, bukan berarti mereka tak bisa dikalahkan.

Salah seorang tokoh terkenal di Yunani yaitu Hercules pernah mengalahkan hewan besar berbentuk naga mengerikan ini. Ya, dia bersama keponakannya berhasil memotong habis seluruh kepala dari makhluk bernama Hydra sampai tak bersisa. Ini membuktikan bahwa dirinya mematahkan stigma tersebut.

3. Cerberus

makhluk mitologi
amazine

Selanjutnya ada makhluk mitologi Yunani bernama Cerberus, adalah sang penjaga yang ditugaskan untu menjaga gerbang dunia bawah atau dunianya orang mati menurut mitologi Yunani. Sehingga mustahil rasanya bila kamu bertemu dan menghadapi makhluk mitologi Yunani terkuat ini. Sebab, mereka mempunyai bentuk badan yang besar dan mempunyai tiga kepala yang menjadi simbol pada masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Jadi jangan membayangkan bahwa sosok anjing penjaga gerbang dunia bawah ini terlihat imut dan menggemaskan. Sebab, mereka mempunyai wajah ganas dan akan memangsa habis manusia yang berhasil ditangkap olehnya.

BACA JUGA: Sifat dan Karakter Zodiak Cancer, Kenali Baik Buruknya

4. Medusa

makhluk mitologi
intisari

Mungkin makhluk ini tidak akan asing di telinga kalian Sedulur. Sebab namanya sudah malang melintang diangkat menjadi film-film bergenre fantasi di luar negeri. Ya makhluk ini bernama Medusa. Sebuah makhluk mitologi Yunani yang digambarkan sebagai perempuan berambut ular berbisa. Dan siapapun yang menatapnya, akan langsung berubah menjadi batu dalam sekejap. Meski demikian ada kisah mengharukan tentang sosok Medusa ini. Jika dilihat sepintas, Medusa ini hampir mirip dengan makhluk mitologi Indonesia yaitu Nyi Blorong.

Nyi Blorong digambarkan sebagai wanita  yang kuat dengan rupa pada rambutnya yang dihiasi oleh ular berbisa. Sehingga banyak mengaitkan bahwa Medusa hampir mirip dengann makhluk legendaris asal Indonesia yaitu Nyi Blorong. Meski demikian, kisahnya tetap berbeda dengan Medusa.

Dikutip dari laman IDN Times, penampilan mengerikan Medusa sebenarnya hanya hukuman. Hukuman diberikan kepada Medusa setelah dirinya menjadi korban pelecehan seksual oleh Poseidon di Kuil Athena. Padahal jika dipikir-pikir, dirinya tidak bersalah. Cukup mengharukan dan mengerikan ya Sedulur.

5. Chimera

makhluk mitologi
radarcirebon

Makhluk mitologi Yunani selanjutnya adalah Chimera. Chimera adalah monster dengan bentuk yang terbilang aneh. Sebab, mereka tampak terlihat seperti singa yang berukuran cukup besar. Namun di bagian punggungnya, muncul kepala kambing. Sedangkan pada bagian ekornya malah berupa seekor ular. Sehingga bisa dibilang bahwa Chimera adalah monster yang sangat lengkap. Sebab, hampir semua tubuhnya mewakili hewan-hewan khusus.

Selain unik dan berbeda dengan monster pada umumnya, mereka juga konon dapat menyemburkan api dari mulutnya. Masyarakat di Yunani bahkan percaya, bila monster ini bisa memunculkan badai, kecelakaan hingga bencana yang lain. Namun terlepas dari apa pun itu, Chimera termasuk makhluk mitologi Yunani terkuat.

6. Minotaur

makhluk mitologi
indozone

Selain Chimera yang mempunyai badan unik dan mampu mendatangkan bencana, ada lagi makhluk mitologi Yunani terkuat berikutnya yaitu Minotaur. Makhluk ini dapat berdiri tegak karena tubuhnya hampir menyerupai manusia. Hanya saja pada bagian kepala Minotaur adalah banteng dengan tanduk yang tajam dan mata yang merah. Dilansir dari laman IDN Times, makhluk berkepala banteng ini hidup di dalam labirin bawah tanah yang dibuat oleh Daedlus. Lalu labirin itu dapat berubah dari waktu ke waktu.

7. Manticore

makhluk mitologi
kaskus

Selanjutnya ada makhluk mitologi bernama Manticore. Sosok Manticore digambarkan sebagai makhluk berbadan Singa namun memiliki sayap seperti kelelawar. Mereka sangat kejam dan mengerikan pastinya. Selain itu, mereka bisa terbang layaknya burung dan makhluk ini punya senjata berbahaya di bagian ekornya. Sebab pada bagian ekor Manticore bisa mengeluarkan racun seperti kalajengking.

Dikutip dari IDN Times, Manticore merupakan makhluk mitologi yang aneh. Monster ini tak kenal ampun dan bisa menyergap manusia dalam sekejap saja. Setelah ia menangkap mangsanya, maka akan memakan korban secara perlahan-lahan sambil bernyanyi. Tidak hanya itu saja, monster ini konon bisa menirukan suara manusia demi mengelabuhi para korban yang hendak dimangsanya. Makhluk yang aneh namun mengerikan ya Sedulur.  

BACA JUGA: 12 Urutan Bintang Zodiak Berdasarkan Tanggal & Kepribadiannya

8. Empusa

makhluk mitologi
indozone

Selama ini kita mengenal bahwa makhluk mitologi Yunani adalah Medusa saja. Namun tahukan kamu, ada lagi makhluk legendaris lain selain Medusa. Ya makhluk tersebut bernama Empusa. Nama Empusa mungkin jarang terdengar di telinga kita. Meski demikian, monster ini termasuk dalam makhluk mitologi Yunani terkuat selanjutnya. Sama seperti Medusa yang merupakan monster berwujud perempuan, Empusa pun juga demikian.

Empusa sebagai makhluk mitologi Yunani digambarkan sebagai sosok perempuan yang memiliki sayap seperti kelelawar dan rambut api. Namun ada yang unik pada bagian kakinya. Di mana pada satu kakinya berbentuk kaki keledai dan kaki yang lain terbuat dari perunggu. Ciri khas Empusa saat menampakan diri adalah dirinya selalu menyamar menjadi perempuan untuk memikat para lelaki.

Bila telah mendapatkan korbannya yaitu lelaki, ia akan langsung menghisap darah si pria yang dia pancing. Tentunya dirinya akan menghisap darah si pria sampai benar-benar habis. Biasanya, monster Empusa lebih banyak memangsa korbanya laki-laki saat sedang tertidur. Di saat itu, para korban akan lengah dan langsung saja menjadi sasaran empuk oleh Empusa.

9. Siren

makhluk mitologi
radarcirebon

Selain Empusa yang masih jarang terdengar oleh manusia, ada pula makhluk mitologi Yunani yang wajib kamu tahu. Ya, makhluk atau monster ini dinamakan dengan Siren. Sepintas Siren tidak tinggal di daratan. Sebab mereka lebih banyak menghabiskan waktu tinggal di dalam lautan. Sehingga dinamakan sebagai makhluk mitologi air. Siren sebenarnya adalah Nymph atau roh laut yang konon katanya suka menimbulkan kapal karam dan pelaut menghilang.

Cara menghilangkan pelaut dan menenggelamkan kapal pun terbilang aneh. Siren akan bernyanyi secara terus-menerus dan siapa pun yang mendengarkan nyanyian Siren akan menjadi gila dan pada akhirnya menenggelamkan dirinya ke laut dalam. Salah satu tokoh yang pernah bertemu Siren adalah Odysseus. Odysseus sendiri adalah pahlawan dalam mitologi Yunani. Dirinya memang sudah mempersiapkan diri akan menghadapi Siren seorang diri.

Sebagai bentuk keseriusan menghadapi Siren, Odysseus pun menyumpal telinganya dengan memakai lilin. Tidak hanya itu, dirinya juga mengikat tubuhnya ke tiang kapal supaya tidak tergoda oleh nyanyian yang dimunculkan Siren dan menenggelamkan diri ke lautan.

BACA JUGA: 12 Urutan Zodiak & Cara Menentukan dari Tanggal, Bulan, Waktu Lahir

10. Griffin

makhluk mitologi
indozone

Makhluk mitologi Yunani berikutnya adalah Griffin, adalah makhluk yang digambarkan mempunyai tubuh dan kaki singa. Lalu memiliki pula sayap, paruh dan cakar elang. Sebenarnya kisah tentang makhluk raksasa terbang ini berasal dari Timur Tengah. Namun kemudian menjadi sangat populer dalam literatur Yunani kuno.

Griffin disebut mempunyai kecerdasan dan dia merupakan makhluk monogami. Yaitu mereka hidup dan kawin hanya dengan satu pasangan dan tidak berganti-ganti. Sebagai bagian makhluk mitologi, hewan ini kerap mencabik-cabik daging dengan cakar mereka yang tajam. Kemudian, mereka juga dikenal sering menerbangkan korbannya ke tempat yang sangat tinggi sebelum menjatuhkannya hingga mati.

11. Centaurus

makhluk mitologi
idntimes

Selanjutnya ada makhluk mitologi Yunani bernama Centaurus. Mungkin kalian sudah paham seperti apa rupa dan bentuk makhluk ini. Ya, centaurus adalah makhluk setengah berbadan kuda dan setengahnya lagi berbadan manusia. Dalam beberapa animasi, pasti kalian akan tahu bahwa Centaurus kerap digambarkan sebagai tokoh yang jago dalam memanah.

12. Typhon

yukepo

Tidak kalah aneh dari Centaurus, ada pula makhluk mitologi Yunani bernama Typhon. Typhon adalah makhluk raksasa dengan ratusan kepala ular. Dilihat dari bentuk dan rupanya saja, makhluk ini sangat menyeramkan. Meski demikian, di mata Zeus, salah satu dewa paling penting di Yunani tidak demikian. Dewa Zeus mampu mengalahkan Typhon dengan petir kuat yang dimilikinya.

BACA JUGA: Ramalan Lengkap Shio Kerbau, Diprediksi Banyak Uang di 2022

13. The Sphinx

kaskus

Makhluk mitologi yang terakhir adalah The Sphink. Makhluk ini memiliki rupa yaitu kepala wanita, tubuh singa dan sayap burung yang besar. Mereka dikenal sebagai pengkhianat yang tak kenal ampun.

Demikian ulasan mengenai makhluk mitologi Yunani terkuat, teraneh dan paling menyeramkan. Semoga ulasan ini menambah wawasan buat Sedulur tentang dunia mitologi masing-masing negara.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.