Dita Karang

Nama Dita Karang mulai dikenal sejak tahun 2020 kemarin. Ia menjadi salah satu orang Indonesia pertama yang menjadi idol di Korea Selatan. Gadis asal Yogyakarta ini resmi dikenalkan sebagai salah satu member girl group, Secret Number.

Perjuangan Dita Karang Secret Number untuk menjadi seorang idol di Korea Selatan tidaklah mudah. Ia melewati berbagai perjuangan untuk akhirnya bisa debut bersama Secret Number. Kali ini, yuk kita bahas soal fakta-fakta Dita yang harus Sedulur tahu!

BACA JUGA: 10 Fakta, Drama & Film Park Bo Young yang Wajib Kamu Tonton!

Biodata Dita Karang:

  • Nama lengkap: Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang
  • Nama panggung: Dita Karang
  • Tempat dan tanggal lahir: Yogyakarta, 25 Desember 1996
  • Dita Karang agama: Hindu
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Tinggi badan: 166 cm
  • Golongan darah: O
  • Pendidikan: American Musical and Dramatic Academy, New York, Amerika Serikat
  • Girl Group: Secret Number
  • Agensi: VINE Entertainment

Setelah tahu biodata lengkap Dita Secret Number, kali ini Aplikasi Super akan menghadirkan fakta-fakta tentang Dita yang lain. Agar para Sedulur lebih mengenal siapa Dita Karang. Yuk langsung aja simak fakta tentang main dancer Secret Number ini!

1. Merantau ke Amerika selepas SMA

Dita Karang
Detik

Kecintaan pada dunia dance telah ada sejak lama. Dita bahkan mengaku suka menari sejak kecil. Bahkan, ia mengikuti banyak les menari sejak usianya masih sangat dini. Salah satu les tari yang ia ikuti adalah balet. Dita mengaku semua les tari yang ia ikuti adalah murni dari keinginannya sendiri, tanpa paksaan dari orang tua.

Passion-nya pada bidang tari pun bertahan saat Dita lulus SMA. Saat akan kuliah, ia memutuskan untuk berkuliah di AMDA College and Conservatory of the Performing Arts di New York, Amerika Serikat. Ia bahkan berhasil mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di sana.

Hal itulah yang membuat Dita mendapatkan izin dari kedua orang tuanya untuk berangkat ke Amerika. Ia mengambil kuliah performing arts jurusan dance di New York.

BACA JUGA: Profil Lengkap Lee Yi Kyung, Artis Kocak yang Tajir Melintir

2. Ikut berbagai macam audisi

Dita Karang
Highlight

Dita Karang menyelesaikan masa kuliah dalam waktu yang cukup cepat, yakni 2 tahun saja. Setelah lulus kuliah, Dita tak langsung pulang ke tanah air. Ia banyak mengikuti audisi sejumlah drama musical di New York. Sayangnya, tak ada satupun audisi yang meloloskan Dita. Ia bahkan sempat merasa putus asa.

Tak pelak, Dita sempet berpikir untuk menyerah saja terhadap passion-nya. Ia merasa dari sejumlah role yang ada, kenapa tak ada satupun yang ia dapatkan.

BACA JUGA: Park Yoo-Na: Profil, Fakta & Drakor yang Sukses Dibintangi

3. Memutuskan ambil kelas K-Pop

Dita Karang
Bisnis Muda

Selalu gagal saat mengikuti audisi drama musical, Dita mencoba mencari jalan lain untuk mewujudkan cita-citanya. Ia kemudian mencoba untuk mengikuti kelas K-Pop di New York. Apalagi pada dasarnya, Dita sebenarnya sangat menyukai K-Pop.

Sejak SMP, ia mengidolakan girl group 2NE1. Dita dulunya beberapa kali melakukan cover dance milik group besutan YG Entertainment ini.

Dari sinilah, jalan Dita ke dunia hiburan Korea Selatan mulai terbuka. Di studio dance tempatnya berlatih, ia mendapat kesempatan untuk mengikuti audisi di sejumlah agensi hiburan di Korea Selatan. Tak terkecuali agensi big three yang sangat terkenal di Korea Selatan, yakni SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Namun, sayang keberuntungan belum berpihak pada Dita. Setelah mengikuti satu audisi ke audisi yang lain, belum ada yang meloloskan Dita.

Sampai akhirnya, Dita mengikuti audisi di agensi yang lebih kecil yakni VINE Entertainment. Kala itu, VINE mengatakan bahwa pihak mereka tertarik pada bakat yang dimiliki Dita. Sayang saat itu Dita tak lagi mendapat kabar.

4. Nekat berangkat ke Korea Selatan seorang diri

Wow Keren

Tak mendapatk kepastian dari VINE saat mengikuti audisi di New York, Dita akhirnya nekat memutuskan untuk berangkat ke Korea Selatan. Dari New York, Dita menyempatkan waktu untuk pulang ke Yogyakarta. Namun, bukan untuk menetap di kampung halamannya, Dita kembali meminta izin orang tuanya untuk pergi ke Korea Selatan mengejar mimpinya.

Di Korea Selatan, Dita mengikuti kelas di 1Million Dance untuk semakin mengasah kemampuannya sebagai seorang dancer K-Pop. Tak hanya berlatih dance, Dita juga tetap aktif mengikuti audisi demi audisi. Salah satunya ia kembali mengikuti audisi yang diadakan oleh VINE Entertainment. Apalagi di audisi sebelumnya, pihak VINE mengatakan tertarik dengan Dita.

Kali ini, keberuntungan ada di tangan Dita. Di audisi yang kedua, akhirnya ia berhasil diterima sebagai trainee VINE Entertainment.

BACA JUGA: 7 Drama Korea Populer Yang Se Jong, Dari Thriller Hingga Komedi

5. Debut jadi main dancer Secret Number setelah menjalani 2 tahun masa trainee

IDN Times

Perjuangan Dita akhirnya terbayarkan. Tepat pada 19 Mei 2020, Dita dikenalkan oleh VINE Entertainment sebagai salah satu member girl group Secret Number. Ia bahkan langsung ditunjuk sebagai main dancer. Dita bersama Lea, Jinny, Soodam, dan Dennise langsung mengeluarkan debut single yang berjudul Who Dis?. Mereka pun gencar melakukan promo di berbagai acara musik bergengsi di Korea Selatan, seperti Inkigayo, Music Bank, dan M! Countdown.

Tak berhenti di situ, Dita bersama member Secret Number lainnya pun diundang ke sejumlah talk show. Salah satunya yang pernah mengundang para member Secret Number adalah Idol Radio yang kala itu masih dipandu oleh Young K Day6 dan Youngjae GOT7.

Namun hasil itu tak datang dalam waktu semalam. Dita sempat mengalami masa-masa trainee selama 2 tahun. Selama itu pula, Dita terus bertanya-tanya kapan dirinya memiliki kesempatan untuk debut.

Punya fandom loyal bernama Lockeys

Sudah jadi tradisi bagi girl group atau boy group di Korea Selatan yang selalu memiliki basis fandom yang kuat. Seperti ARMY sebutan bagi fans BTS, EXO-L untuk EXO, NCTZen untuk NCT, BLINK untuk BlackPink, atau Once untuk TWICE. Begitu pula Secret Number yang juga memiliki basis fandom yang cukup loyal, yakni Lockeys.

Lockeys diketahui sangat aktif mendukung seluruh kegiatan para member Secret Number, termasuk Dita. Salah satunya ikut gencar mempromosikan album yang dirilis oleh Secret Number, antara lain Who Dis?, Got That Boom, dan Fire Saturday.

BACA JUGA: 10+ Episode Running Man Terlucu, Wajib Tonton Ngakak Banget!

6. Makin mahir berbahasa Korea

Kompasiana

Menjadi idol di Korea Selatan, tentu mewajibkan Dita untuk fasih berbahasa Korea. Awal menjalani masa-masa menjadi trainee mungkin cukup sulit bagi Dita. Sebab selain harus berlatih dance dan menyanyi, Dita juga harus berlatih bahasa Korea agar semakin fasih menggunakannya.

Ia sempat dinilai pendiam oleh member Secret Number lain, padahal hal itu karena dirinya yang belum fasih berbahasa Korea seperti member lain. Bahkan saat rekaman lagu, Dita seringkali merasa gugup, takut bahasa Korea yang dilafalkannya terdengar aneh.

Namun, masa-masa tersebut telah berlalu. Kini Dita sudah sangat fasih berbahasa Korea. Bahkan kebalikannya, ia seringkali mengajari member lain untuk berbahasa Indonesia.

Di awal masa debutnya, masih cukup banyak netizen yang meragukan kemampuannya. Bahkan tak jarang banyak orang yang mencari latar belakang Dita, seperti informasi tentang Dita Karang anak siapa. Orang tua Dita memang dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Yogyakarta. Bahkan orang tua Dita berteman akrab dengan aktris Dian Sastrowardoyo.

Namun, Dita membantah pencapaian yang ia dapat ini karena kekayaan yang dimiliki oleh keluarganya. Dita Karang bahkan mengaku sejak datang ke Korea Selatan ia hanya mendapatkan dukungan moral dari keluarganya. Semua kebutuhan hidup, Dita upayakan sendiri. Salut ya sama perjuangan Dita Karang!

Kalau Dita Karang harus bersusah payah menggapai mimpinya menjadi seorang idol, Sedulur nggak perlu bersusah payah jika ingin berbelanja kebutuhan pokok. Tinggal download aja Aplikasi Super di Google Play Store. Lalu tinggal belanja lewat aplikasi. Dijamin murah dan mudah!