Bukan menjadi rahasia lagi jika masing-masing member BTS memiliki pesonanya sendiri. Salah satunya adalah golden maknae kesayangan para ARMY, Jungkook. Member termuda BTS ini bisa dibilang memiliki basis penggemar yang sangat besar. Ia dikenal memiliki banyak keahlian selain menyanyi dan menari.

Kira-kira fakta-fakta lain apa sih yang membuat para ARMY histeris melihat sosok Jungkook? Berikut fakta-fakta tentang maknae BTS ini yang harus kamu tahu!

BACA JUGA: Apakah BTS Operasi Plastik? Ini Penjelasan Ahli Bedah Plastik

1. Biodata Jungkook

Jungkook
Pinterest
  • Nama lengkap: Jeon Jungkook
  • Nama panggung: Jungkook
  • Julukan: Golden Maknae
  • Tempat lahir: Busan
  • Jungkook ulang tahun: 1 September 1997
  • Zodiak: Virgo
  • Jungkook tinggi badan: 178 cm
  • Pendidikan: Baekyang Elementary School, Baekyang Middle School, Shingu Middle School, School of Performing Arts Seoul, dan Global Cyber University

2. Awal karier

Jungkook
Pinterest

Ketertarikan Jungkook pada dunia hiburan sudah muncul sejak dirinya menginjak usia remaja. Saat berusia 14 tahun, Jungkook mengikuti audisi Superstar K3 yang disiarkan di MNet pada tahun 2011. Ia tertarik menjadi penyanyi saat mendengarkan lagu solo G-Dragon BIGBANG berjudul Heartbreaker.

-->

Namun sayangnya, dalam ajang tersebut pria asal Busan ini belum berhasil keluar sebagai pemenang. Meski begitu, kemampuannya tak disia-siakan begitu saja. Banyak agensi di Korea Selatan yang memintanya untuk masuk menjadi seorang trainee. Agensi-agensi yang mengincar pria serba ini menjadi trainee mereka antara lain TS, JYP, Starship, Woollim, Cube, FNC, dan Big Hit Entertainment.

Kala itu, ia akhirnya memilih untuk bergabung bersama Big Hit Entertainment. Alasannya karena ia merasa kagum dengan Kim Nam Joon atau RM BTS yang kala itu lebih dulu masuk sebagai trainee di Big Hit. Selama masa trainee, salah satu lead vocal BTS ini berlatih cukup keras. Ia bahkan sempat berangkat ke Los Angeles selama satu bulan untuk mengasah kemampuan menarinya.

BACA JUGA: Apa Arti Maknae dan Golden Maknae BTS, Army Wajib Baca!

3. Debut bersama BTS

MM News TV

Setelah melewati masa trainee yang cukup berliku bersama enam member lainnya, Jungkook akhirnya debut bersama BTS pada 12 Juni 2013. Ia mengambil peran sebagai main vocalist, dancer, center, sekaligus maknae. Ia bahkan mendapat sebutan golden maknae, hal ini karena Jungkook dianggap serba bisa dalam segala hal. Tak hanya di atas panggung saat menyanyi, ia juga diketahui mahir dalam kegiatan seni lainnya seperti melukis.

Perjalanan bersama BTS juga membuat Jungkook semakin berkembang. Saat debut menjadi idol, Jungkook umur adalah 16 tahun. Dalam video-video lama milik BTS, tampak maknae satu ini masih malu-malu saat wajahnya tersorot kamera. Ia bahkan sering bersembunyi di balik punggung para hyung-nya saat ada sesi wawancara. Namun, tahun demi tahun ia berubah menjadi pria yang penuh kharisma dan kepercayaan diri. Kini Jungkook menjelma sebagai seorang pria yang menjadi idaman para wanita.

4. Prestasi Jungkook

Jungkook
Dispatch

Julukan golden maknae yang disematkan pada pria kelahiran 1 September 1997 ini bukan tanpa alasan. Baik bersama BTS maupun individual, ia berhasil meraih sejumlah prestasi. Hal ini tentu sangat membanggakan bagi para penggemar.

Sejumlah prestasi yang pernah diraih Jungkook antara lain:

  • Peringkat ke-13 dalam daftar Top 100 Most Handsome Faces of 2017
  • Peringkat ke-2 di TC Candler The 100 Most Handsome Faces of 2018
  • Peringkat ke-5 di tangga lagu Billboard Bubbling Under Hot 100 selama 85 minggu untuk lagu Euphoria (2018)
  • Anggota termuda yang menerima Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan (2018)
  • Menang Global Instagrammer di MTV Millennial Awards (2019)
  • Special Presidential Envoy for Future Generations and Culture bersama member BTS lainnya (2021)
  • Idol KPop yang paling banyak dicari di Google selama lima tahun berturut-turut (2017 – 2021)

Sederet prestasi yang pernah ditorehkan, cukup membuktikan bahwa Jungkook memang pria serba bisa bukan? Tak heran, jika para hyung-nya atau member BTS lain sangat menyayangi maknae kebanggaan mereka ini.

BACA JUGA: Profil Suga BTS dan Terkuak Fakta Kehidupan Pribadinya

5. Hal-hal favorit

Itl.cat

Para Army mungkin sudah banyak yang tahu jika Jungkook memiliki cukup banyak hobi. Ia diketahui sangat mahir melukis. Beberapa kali dalam acara live streaming, tampak ia memperlihatkan kemampuannya melukis. Salah satunya dalam acara reality show milik BTS berjudul In The Soop, Jungkook beberapa kali membuat lukisan yang membuat para ARMY berdecak kagum. Lukisan buatnya bak lukisan yang dibuat oleh seorang pelukis handal.

Selain melukis, ia juga diketahui gemar bermain game. Di waktu santainya, Jungkook bisa menghabiskan waktu hanya untuk bermain game. Selain itu, ia juga diketahui gemar bermain bola, memasak, mengedit video, dan fotografi.

Sementara untuk makanan favorit, Jungkook sangat suka makanan yang berbahan dasar tepung seperti pizza dan roti. Selain itu, ia juga sangat suka minum susu pisang. Sebuah cerita lucu pernah dialami oleh maknae serba bisa BTS ini. Beberapa tahun lalu, ia pernah diikuti oleh papparazi yang melihat dirinya keluar dari dorm. Merasa akan mendapatkan berita eksklusif yang diharapkan sebuah berita kencan, papparazi mengikuti kemana Jungkook pergi. Namun sayang beribu sayang, foto yang papparazi dapatkan hanyalah Jungkook yang sedang membeli sebuah susu pisang di supermarket.

Setelah membahas tentang makanan dan hobi favoritnya, tak lengkap jika tak membahas idola Jungkook sebagai sesama musisi. Ia diketahui sangat mengidolakan Justin Bieber, G-Dragon Big Bang.

6. Lagu cover paling terkenal

Jungkook
Pinkvilla

Kualitas vokal main vocalist BTS ini tentu tak perlu diragukan lagi. Selain lagu-lagu BTS yang pasti akan selalu terdengar merdu saat dibawakannya, Jungkook juga sering membawakan ulang lagu-lagu milik penyanyi terkenal lainnya.

Lagu cover yang dibawakan Jungkook yang wajib para ARMY dengar antara lain:

  • Lost Stars (Adam Levine)
  • Paper Hearts (Torry Kelly)
  • Sofa (Crush)
  • Purpose (Justin Bieber)
  • 10000 Hours (Justin Bieber)
  • 2U (Justib Bieber feat David Guetta)
  • Off My Face (Justin Bieber)
  • Nothing Like Us (Justin Bieber)
  • We Don’t Talk Anymore (Charlie Putt)
  • Falling (Harry Styles)

BACA JUGA: Potret & Profile Kim Taehyung Member BTS, ARMY Waijb Baca!

7. Kehidupan keluarga

Pinterest

Sama seperti member BTS lainnya, Jungkook diketahui tak terlalu mengumbar kehidupan keluarga dan pribadinya. Beberapa informasi yang diketahui tentang keluarganya adalah ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Ia memiliki kakak laki-laki bernama Jung Hyun. Sama sepertinya, Jung Hyun juga diketahui gemar dan mahir menggambar.

Sebelum debut bersama BTS, penggemar IU ini hidup bersama keluarganya di kota Busan sebelum akhirnya pindah ke Seoul.

8. Deretan karya bersama BTS

Dispatch

Lagu solo dalam album bersama BTS:

  • Begin dari album Wings, 2016
  • Euphoria dari album Love Yourself: Answer, 2018
  • My Time dari album Map of the Soul: 7, 2020

Lagu yang ditulis untuk album BTS:

  • Outro: Circle Room Cypher, album 2 Cool 4 Skool, 2013
  • Outro: Love is Not Over (song writer dan producer), album The Most Beautiful Moment in Life, Part 1, 2015
  • Run dan Dead Leaves dari album The Most Beautiful Moment in Life, Part 2, 2015
  • Introduction: Youth dan Run (Japanese version), album Youth, 2016
  • Magic Shop (juga berperan sebagai produser), album Love Yourself: Tear, 2018
  • My Time, album Map of the Soul: 7, 2018
  • Still With You, 2020
  • Your Eyes Tell dan Outro: The Journey dari album Map of the Soul: 7 – The Journey, 2020
  • In the Soop, 2020
  • Skit (song writer dan producer), “Telepathy”, dan “Stay” dari album Be, 2020
  • Film Out dari album BTS, the Best, 2021

9. Jungkook tatto

Twitter

Saat ini Jungkook sudah mulai terbuka dengan tatto yang ia miliki. Sebelumnya, ia masih tampak malu-malu memperlihatkan tatto miliknya saat tampil di depan umum. Kala itu, ia tampak masih sering menggunakan baju lengan panjang untuk menutupi sejumlah tatto di badannya.

Namun sejak satu tahun terakhir, ia sudah mulai terbuka. Jungkook mulai percaya diri memperlihatkan tatto miliknya, bahkan saat tampil di atas panggung. Tatto yang dimiliki Jungkook pun memiliki sejumlah makna. Ada gambar perisai yang merupakan simbol ARMY; tulisan ARMY + J (ARMY + Jungkook) yang memperlihatkan cintanya kepada ARMY, angka 0613 yang berarti tanggal debut BTS, kalimat “Rather be dead than cool” yang merupakan potongan lirik lagu Nirvana berjudul “Stay Away“, dan gambar bunga tiger lily yang memiliki makna “tolong cintai saya”.  

Itu dia sejumlah fakta menarik tentang Jungkook BTS yang para ARMY bisa ketahui. Dengan sejumlah bakat yang dimilikinya, tak heran jika saat ini ia menjadi salah satu idol yang paling banyak diidolakan para penggemar K-Pop.

Namun, di balik prestasi yang pernah ia torehkan dalam industri hiburan Korea maupun internasional, sayangnya Jungkook sempat beberapa kali terganjal kasus. Ia pernah terlibat kasus kecelakaan lalu lintas. Saat itu banyak yang berspekulasi bahwa ia mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. Namun ternyata hal tersebut tak terbukti, ia dipastikan tidak menyetir dalam kondisi mabuk. Bahkan orang yang ditabrak Jungkook mengaku member termuda BTS ini bertanggungjawab atas kesalahan yang dibuatnya.

Selain itu, ia juga pernah tersandung kasus pelanggaran aturan social distancing. Ia diketahui berkumpul di cafe bersama teman-teman idol dari grup lain. Atas perbuatannya tersebut, ia pun langsung menyampaikan permintaan maaf ke publik secara terbuka.

Buat kamu yang ingin lebih dekat dengan maknae BTS ini bisa langsung berkunjung ke Jungkook Instagram di @jungkook.97.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.