Bagi yang mengaku sebagai seorang K-poper, ada banyak hal yang harus kamu pahami dan hafalkan. Terlebih lagi yang punya grup idola favorit. Pasalnya, ada beberapa istilah yang bisa menjadi tolak ukur seberapa dalam kamu dengan budaya pop asal Korea Selatan ini. Salah satunya: maknae. Maknae adalah sebuah sebutan yang ditujukan kepada member tertentu.

Panggilan ini juga berlaku di boygroup BTS. Penasaran dengan apa itu maknae BTS dan siapakan member yang dimaksud? Pastikan untuk menyimak informasi di bawah ini, ya. Trivia ini juga berlaku untuk grup idola lainnya, lho. 

BACA JUGA: Profil Suga BTS dan Terkuak Fakta Kehidupan Pribadinya

1. Uri maknae

uri maknae adalah
Instagram @abcdefghi__lmnopqrstuvwxyz

Kata maknae sendiri apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris adalah the youngest in the group. Bila dalam Bahasa Indonesia, arti maknae adalah orang termuda yang ada di dalam sebuah grup tertentu.

-->

Setelah itu, ada terms lainnya yang sering disebut-sebut: uri maknae. Kata uri maknae adalah maknae kita atau member termuda kita. Biasanya ungkapan ini disampaikan dalam bentuk verbal.

Mari ambil contoh dalam BTS. Maknae di grup ini adalah Jung Jungkook yang lahir paling terakhir tepatnya pada 1 September 1997. Jadi tak perlu heran jika hyung-nya sering menyebutnya uri maknae.

BACA JUGA: Potret & Profile Kim Taehyung Member BTS, ARMY Waijb Baca!

2. Maknae line

Maknae line
Instagram @bts.bighitofficial

Pengembangan dan penggunaan maknae pun ada beragam. Termauk maknae line. Maknae line adalah jajaran beberapa member termuda di dalam group. Jadi, tidak hanya ada satu. Line ini terdiri dari 2-3 member dengan tahun kelahiran paling muda. Di BTS sendiri, ada maknae line yang jarak tanggal dan tahun lahirnya tidak terlalu jauh. Sebut saja Jungkook, Jimin, dan Taehyung.

BACA JUGA: V BTS Pamer Kumis & Telanjang Dada, Kim Taehyung Trending No 1

3. Golden maknae

Golden maknae adalah
Instagram @abcdefghi__lmnopqrstuvwxyz

Tak berhenti di maknae line, ada juga golden maknae adalah sebutan untuk member termuda yang memiliki banyak prestasi dan talenta. Panggilan ini juga diberikan kepada Jungkook. Bukan tanpa alasan, maknae yang satu ini selain bisa menyanyi, dia juga lihai dan luwes ketika nge-dance dannge-rap.

BACA JUGA: Heboh! Jimin BTS Diajak Nikah Model Seksi Victoria Secret

4. Fake maknae

Fake maknae
Instagram @jin

Sebutan maknae memang diberikan kepada member yang lebih muda dari segi usia di sebuah grup tertentu. Tapi, ada banyak fans yang tertipu dengan visual member lain yang terkesan seperti maknae karena wajahnya yang baby faced maupun kelakuannya yang menggemaskan.

Bisa tebak siapa member yang sering dikira sebagai fake maknae di BTS? Betul, si fake maknae adalah Seokjin! Melalui aksi yang sering ditunjukkan di depan kamera, banyak yang mengira dia adalah member termuda. Padahal dia masuk dalam hyung line karena lahir pada 4 Desember 1992.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Model Mullet Hair Pria Ala Idol K-Pop, Boleh Ditiru

5. Evil maknae

Evil
Instagram @abcdefghi__lmnopqrstuvwxyz

Jangan dikiran member termuda itu selalu polos dan menurut kepada member yang lebih tua. Di beberapa grup, ada maknae yang usil banget di depan maupun belakang layar. Evil maknae adalah panggilan yang tepat untuk member ini. Di BTS, tentu saja dan tak lain Jungkook lah yang mendapatkan titel ini.

Dipertemukan untuk bekerja secara profesional membuat setiap member di grup idola di Korea Selatan menjadi dekat satu sama lain secara personal. Termasuk di BTS. Menjadi member tertua dan maknae adalah dinamika tersendiri di keseharian mereka. Kebersamaan mereka mampu membuat semua member menjadi lebih solid dan bisa saling menghibur di masa-masa sulit. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.