kim jung-hyun

Kim Jung-Hyun adalah aktor Korea yang mendulang popularitas lewat serial laris Crash Landing on You  yang tayang pada 2019 lalu. Dilanjut dengan drama Mr. Queen setahun setelahnya yang juga mengekspos talenta aktor kelahiran 1990 tersebut. 

Di balik ketenarannya, muncul kontroversi terkait kondisi kesehatan mentalnya dan hubungan toksiknya dengan rekan sesama aktris, Seo Ye Ji. Apa sebenarnya terjadi dan siapa sih sosok Kim Jung Hyun ini? Yuk, kenalan lebih dekat.

BACA JUGA: Profil Warren Hue, Rapper Asal Indonesia yang Gabung 88Rising

1. Profil dan biodata Kim Jung-Hyun

kim jung-hyun instagram
Instagram @jhkim0405

Jung-Hyun adalah aktor asal Korea Selatan yang lahir pada 5 April 1990 di Busan. Dengan begitu ia berzodiak Aries dan baru masuk usia awal 30-an tahun ini. Kim Jung-Hyun Instagram bisa Sedulur temukan dengan nama pengguna @jhkim0405. Ia memiliki jutaan pengguna di akun media sosial tersebut. 

-->

2. Mencintai akting sejak belia 

kim jung hyun
Instagram @jhkim0405

Kesukaannya pada akting dan drama dimulai sejak ia masih bersekolah. Ia bahkan menjadi pelopor klub teater di sekolah dan pernah menulis naskah drama sendiri untuk dipentaskan. Ia mengaku itu adalah pengalaman paling menyenangkan dan berharga dalam hidupnya. 

3. Debut di 2015 lewat film Overman 

Overman 2015
Instagram @jhkim0405

Film tersebut tayang di Busan Film Festival dan tak tanggung-tanggung, ia mendapat peran utama. Do Hyun, karakter yang ia perankan adalah seorang pesenam di sekolahnya, tetapi melakukan satu kesalahan yang membuatnya harus bekerja paruh waktu di sebuah perpustakaan. Di sana ia bertemu dengan gadis yang tiap hari selalu datang untuk meminjam buku. Sang gadis diperankan oleh Kim Go Woon. 

4. Ia kemudian dikenal luas lewat drama The Rebel dan School 

drama The Rebel
Instagram @jhkim0405

Setelah film pertamanya, Kim Jung-Hyun kemudian dapat gelar aktor pendatang baru terbaik untuk serial The Rebel Hong Gil Dong. Dilanjut dengan drama remaja School. Keduanya tayang di tahun 2017 dan jadi titik balik dalam karirnya sebagai aktor.

Ia mulai dikenal dan dapat banyak tawaran baru. 2017 adalah tahun di mana karya-karyanya dirilis. Ia juga disibukkan dengan banyak proyek lain yang tayang di 2018. Baik film maupun drama antusias menggunakan jasanya. 

BACA JUGA: 33 Webtoon Korea yang Diangkat Jadi Drama, Terbaik di 2022

5. Pernah mengundurkan diri dari drama berjudul Time 

kim jung hyun Time
Instagram @jhkim0405

Serial yang tayang di 2018 dan berkisah tentang seorang direktur sebuah restoran yang didiagnosa mengidap penyakit mematikan. Ia berusaha memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Salah satu kesalahannya menghancurkan hidup seorang perempuan.

Di tengah proses syuting drama yang dibintangi Kim Jung Hyun Seohyun tersebut, sang aktor memilih untuk mengundurkan diri karena faktor kesehatan. Agensinya bahkan membeberkan beberapa gangguan yang diidap sang aktor, yaitu insomnia dan eating disorder.

Ini mengganggu performanya dan ia pun memilih untuk mundur demi kebaikan semua pihak. Series tersebut akhirnya berakhir dalam 16 episode, separuh dari rencana awalnya yang tayang 32 episode di MBC. Sebelumnya, di acara konferensi pers untuk penayangan perdana drama tersebut, Jung Hyun juga sempat dikritisi karena berlaku kurang sopan dan ramah pada wartawan yang meliput. 

6. Sempat meminta maaf karena bersikap tidak profesional pada Seohyun 

kim jung hyun seohyun
Instagram @jhkim0405

Tidak berhenti di situ, ia juga dianggap berlaku tidak ramah dan tidak profesional pada Seohyun yang merupakan rekan sesama cast di serial Time. Beberapa video acara premier film tersebut diunggah kembali oleh warganet dan sikapnya selama acara dikupas tuntas. Di video-video tersebut terlihat bahwa Jung Hyun terus menghindari Seohyun. Ia menolak tangannya disentuh apalagi digandeng. Serta beberapa kali meminta bertukar posisi dengan aktor lain agar tidak bersebelahan dengan sang aktris. 

Masih ada pula pengakuan dari kru film yang bersaksi bahwa Kim Jung-Hyun seringkali meminta revisi naskah untuk menghindari adegan bersentuhan dengan Seohyun. Sikap ini membuat syuting sering terhambat dan Seohyun pun seringkali sampai menangis karena ini. Jung Hyun juga sering menghindari tatapan member Girls’ Generation tersebut selama di drama, sehingga membuat chemistry antar karakter tidak terlihat. Atas tuduhan tersebut, Kim Jung-Hyun agensi pun meminta maaf pada publik dan Seohyun secara khusus. 

7. Pernah berpacaran dengan sesama artis Seo Ye Ji 

Seo Ye Ji 
Instagram @jhkim0405

Fakta lain pun terbongkar. Dispatch Korea, media yang selalu terdepan dalam membuka rumor dan berita terbaru seputar selebriti membeberkan bahwa sikap aneh dan tidak profesional sang aktor banyak dipengaruhi oleh sang kekasih, Seo Ye Ji. Ia dipercaya mengekang Kim Jung Hyun dalam banyak hal, termasuk karir profesionalnya.

Dipercaya sang aktris melarang kekasihnya bersentuhan atau melakukan adegan mesra dengan lawan mainnya. Pun ia diberitakan meminta pacarnya untuk terus memberi kabar dan melakukan video panggilan untuk tahu situasi di lokasi syuting. 

Namun, itu semua baru tuduhan yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sayangnya, sudah jadi rahasia umum bahwa warganet Korea Selatan punya sifat yang mudah tersulut dan mudah melontarkan komentar-komentar jahat pada orang yang dipojokan.

Ini terjadi pada Seo Ye Ji yang akhirnya sempat menutup akses publik di akun media sosialnya. Agensinya pun sampai meminta maaf penggemar dan sempat mengungkap kekecewaannya pada Dispatch yang dengan gegabah menyebarkan skandal tanpa tahu kebenarannya tersebut. 

BACA JUGA: 12 Film Korea Romantis Terbaik Sepanjang Masa

8. Kim Jung-HyunCrash Landing on You 

Kim Jung-HyunCrash Landing on You
Instagram @jhkim0405

Terlepas dari skandal dengan pacar Kim Jung Hyun saat itu, ia akhirnya kembali lewat serial Crash Landing on You. Tak disangka, serial tersebut laris manis dan ia bahkan dikabarkan menjalin asmara dengan lawan mainnya yang bernama Seo Ji Hye. Meski memiliki kemiripan nama, keduanya adalah orang yang berbeda. 

Agensi Jung Hyun dan Ji Hye pun enggan mengonfirmasi kabar tersebut. Berbeda dengan kasus dengan Seo Ye Ji yang mau tak mau dibenarkan oleh agensi kedua pihak. Lagi-lagi berita kedekatan cast serial Netflix tersebut dibongkar oleh Dispatch. Jika berita tersebut benar, berarti ini kedua kalinya Jung-Hyun terlibat cinta lokasi. Mengingat hubungan Seo Ye Ji Kim Jung Hyun juga dimulai setelah mereka membintangi film yang sama. 

Terlepas dari itu, ia mengaku bahwa serial ini mendongkrak self-esteem-nya yang sempat bobrok karena berbagai skandal dan masalah kesehatan yang melandanya. Perlahan ia bangkit dan kembali bisa bekerja secara profesional. 

9. Kembali mencuri perhatian di drama Mr. Queen 

Mr. Queen
Instagram @jhkim0405

Mr. Queen bergenre period drama dan ia harus belajar banyak hal baru untuk mendalami perannya. Termasuk mengendarai kuda dan bela diri. Di sini ia kedapatan peran Raja Cheoljong yang digambarkan sebagai sosok terampil dan berkarisma. Sebenarnya, ia hanya simbol untuk sang pemimpin asli yang tak lain adalah Ratu Sunwon, istri dari Raja sebelumnya. Series yang tayang di kanal tvN ini mendulang sukses dan bisa Sedulur saksikan lewat layanan streaming VIU. 

Sudah menuntaskan wajib militernya dan kini kondisi mentalnya sudah membaik, kita bisa menanti karya-karya baru dari Jung Hyun tanpa interupsi. Mari sambil ditunggu kabar tentang pacar Kim Jung Hyun sekarang, ya.