Wi Ha Joon mungkin bukan nama yang lekat di telinga kita. Ia mulai dikenal setelah tampil sebagai sosok detektif pemberani di serial fenomenal Squid Game. Tidak hanya wajahnya yang rupawan, Ha Joon mendapatkan karakter yang cukup unik dan krusial di serial rilisan Netflix tersebut. 

Di tengah keputusasaan sang lakon saat laporannya tak digubris polisi, ia seakan memberikan harapan agar keadilan bisa ditegakkan. Sudut pandangnya juga mampu menyuguhi penonton hal-hal di balik layar permainan mematikan tersebut. Siapa sih sebenarnya aktor Korea ini? Langsung kita simak profil lengkapnya di sini. 

BACA JUGA: Fakta Menarik di Balik Film Sang Chi and the Legend of the Ten Ring

1. Wi Ha Joon dikenal sebagai model dan aktor di Korea Selatan

wi ha joon
instagram.com/wi__wi__wi

Wi Ha-Joon lahir dengan nama Wi Hyun Yi pada 5 Agustus 1991 dan tahun ini memasuki usia 30an. Ia mengganti namanya atas permintaan agensi yang menganggap namanya kurang menjual. Aktor muda ini sudah membintangi beberapa film dan drama sejak tahun 2012. 

-->

Dimulai dengan film pendek Peace in Them, kemudian diteruskan dengan Bad Guys Always Die, Eclipse, Gonjiam: Haunted Asylum, Romance is a Bonus Book, Miss and Mrs. Cops, 18 Again, Midnight, Shark: The Beginning, dan yang terbaru Squid Game. Ia juga sering diundang ke berbagai acara reality show di Korea. Selain di televisi, wajahnya juga sering menghiasi majalah dan media promo berbagai clothing line terkenal di Korea Selatan.  

2. Aktor yang tak problematik dan dekat dengan keluarganya 

instagram.com/wi__wi__wi

Hal yang bikin Wi Ha Joon disukai adalah fokusnya dalam berkarir. Ia bukan tipe aktor atau public figure yang banyak tingkah. Ia bahkan mengaku tidak begitu suka minum alkohol dan terlihat dekat dengan keluarganya. Terutama sang keponakan yang sering tampak di media sosial pribadinya. Banyak orang mengira, mereka adalah anak kandung Wi Ha Joon. 

Sejauh ini belum ada pemberitaan atau konfirmasi tentang status Wi Ha Joon yang sudah menikah atau belum. Di sebuah reality show, Wi Ha Joon mengaku berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang peternak abalone, sejenis kerang di sebuah Pulau Wando. Ia baru pindah ke Seoul saat masuk SMA. Kemudian melanjutkan pendidikannya di bidang Teater dan Film di Universitas Sungkyul.  

BACA JUGA: Profil Lengkap Lee Yi Kyung, Artis Kocak yang Tajir Melintir

3. Ha Joon dikenal luas setelah tampil di film horor Gonjiam: Haunted Asylum 

wi ha joon
instagram.com/wi__wi__wi

Setiap aktor pasti membutuhkan satu judul film yang bisa melambungkan namanya. Dalam kasus Wi Ha Joon, film horor hits Gonjiam: Haunted Asylum jadi judul yang membuka pintu rezekinya. Itu adalah layar lebar pertama yang mendapuknya sebagai lakon. Ha Joon memerankan sosok YouTuber fakir konten yang memberanikan pergi ke sebuah rumah sakit terbengkalai sendirian di malam hari dan akhirnya menemukan banyak keganjilan bahkan terjebak di dalamnya. Gonjiam sendiri merupakan lokasi yang nyata adanya dan memang dikenal karena keangkerannya. 

4. Jadi model sampul majalah Men’s Health Korea edisi Oktober 2021 

wi ha joon
instagram.com/wi__wi__wi

Kesuksesannya di serial Squid Game membuat sorotan tak berhenti menghampirinya. Ha Joon dipilih menjadi model sampul sebuah majalah terkenal di Korea. Di wawancara eksklusif dengan majalah tersebut, Ha Joon membeberkan beberapa fakta menarik tentangnya yang ternyata sangat suka olahraga semenjak selesai menunaikan tugas wajib militernya. Ia juga memiliki lebih banyak teman laki-laki, mungkin karena ia bukan tipe yang luwes menghadapi lawan jenis. 

Buat Sedulur yang mengidolakannya, sepertinya belum ada tanda-tanda bahwa ada sosok perempuan yang dekat apalagi menjadi istri Wi Ha Joon. Ia hanya pernah terpergok mengaku bahwa sosok perempuan idamannya adalah yang dingin di luar, tetapi ternyata berhati lembut. Apakah kamu salah satunya, Sedulur? 

5. Pernah menyanyi untuk soundtrack drama Matrimonial Chaos

instagram.com/wi__wi__wi

Ternyata tak cuma berakting, Wi Ha Joon punya potensi lain. Ia sempat menyumbangkan suaranya untuk drama Matrimonial Chaos yang rilis di tahun 2018. Ia juga membintangi drama tersebut meskipun bukan pemeran utama. Drama ini menyinggung isu pernikahan yang penuh dilema dan tayang di KBS2. 

BACA JUGA: Film & Drama Lee Je-Hoon yang Wajib Kamu Tonton, Taxi Driver Salah Satunya

6. Midnight adalah peran antagonis pertama Wi Ha Joon sepanjang karirnya 

wi ha joon
instagram.com/wi__wi__wi

Sejak debut di tahun 2012, sang aktor selalu mendapat peran-peran protagonis. Hingga akhirnya mimpinya main peran antagonis terwujud lewat film Midnight yang bergenre thriller. Proyek tersebut sebenarnya direncanakan lepas di tahun 2020, tetapi tertunda karena pandemi. Wi Ha Joon berperan sebagai penjahat yang mengincar seorang perempuan bisu tuli. Sang wanita diincar karena menjadi saksi kunci pembunuhan yang dilakukan oleh karakter Wi Ha Joon.

Tak hanya di Korea, Midnight tayang perdana di beberapa festival film di berbagai negara dan mengundang decak kagum penonton yang geregetan dengan plotnya yang menawan. Sedulur sudah nonton belum? 

7. Setelah Squid Game ia akan tampil di drama Bad and Crazy yang tayang Desember ini 

wi ha joon
instagram.com/wi__wi__wi

Sedulur yang rindu penampilan apik Wi ha joon bisa bernapas lega, sebab ia akan tampil di drama berjudul Bad and Crazy yang rencananya tayang di tvN mulai 17 Desember 2021. Serial ini akan mempertemukan sang aktor dengan Lee Dong Wook yang berperan sebagai polisi yang selama ini hidup mulus dan tanpa masalah. Sampai ia bertemu dengan sosok K yang diperankan Ha Joon, seorang pria yang tak tahan melihat ketidakadilan dan akan melawan dengan caranya sendiri. Karakternya mirip dengan Hwang Jun Ho di Squid Game yang juga nekat melakukan apapun demi memecahkan sebuah misteri kejahatan. 

Profil lengkapnya  sudah Sedulur ketahui. Salah satu aktor non problematis yang layak dinanti terus sepak terjangnya. Sambil menunggu karya-karya lainnya, boleh lho Sedulur tonton dulu film dan acara TV  Wi Ha Joon dari masa lalu. Tentunya tak kalah keren dibanding Squid Game. 

Untuk menemanimu maraton serial, boleh sembako dan camilannya dibeli di Aplikasi Super. Segampang install aplikasinya di ponsel, daftar, dan langsung pilih kebutuhan incaranmu. Bayar dan tunggu pesananmu sampai di depan rumah.