if you wish upon me

If You Wish Upon Me merupakan drama Korea yang baru dirilis pada 10 Agustus 2022 lalu. Drama yang sebelumnya dikenal dengan judul Tell Me Your Wish menceritakan tentang sebuah tim sukarelawan bernama Genie.

Mereka bekerja untuk mewujudkan keinginan terakhir pasien penyakit terminal di sebuah rumah perawatan. Cerita drama ini sendiri menyoroti sosok pemuda yang juga seorang mantan narapidana yang terpaksa bergabung dengan tim Genie. Tokoh tersebut diperankan oleh aktor kenamaan, Ji Chang Wook. Selain Ji Chang Wook, aktris sekaligus member girl group SNSD, Choi Sooyoung dan aktor kawakan Sung Dong Il yang turut membintangi drama tersebut.

Penasaran bagaimana kisah Ji Chang Wook, Choi Sooyoung, dan Sung Dong Il di If You Wish Upon Me? Berikut ini Super sudah merangkum informasi selengkapnya, termasuk sinopsis hingga berbagai fakta menarik sekaligus alasan mengapa drama ini sayang untuk dilewatkan. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: Sinopsis Sweet & Sour Beserta Fakta-Fakta Menariknya

1. If You Wish Upon Me sinopsis

if you wish upon me
Soompi

If You Wish Upon Me mengambil latar sebuah rumah perawatan bagi pasien penyakit terminal atau kanker stadium akhir. Di tempat tersebut, terdapat Tim Genie, sebuah tim sukarelawan yang menawarkan jasa untuk mengabulkan permintaan terakhir pasien.

Cerita drama ini dimulai dari sosok Yoon Gyeo Rye (diperankan Ji Chang Wook), seorang pemuda yang memikul luka masa lalu. Ia merupakan korban KDRT yang kemudian melarikan diri dari rumah dan tinggal di panti asuhan. Setelah menghabiskan masa kecilnya di panti asuhan, Yoon Gyeo Rye menjalani kehidupan yang sulit hingga berakhir mendekam di penjara. Berbagai kesulitan yang pernah ia alami membentuk Yoon Gyeo Rye dewasa menjadi seseorang yang memandang hidup dengan pesimis. Baginya, kematian adalah hal yang menakutkan, namun hidup juga tidak lebih mudah dari itu.

Hingga suatu ketika, Yoon Gyeo Rye mengalami kecelakaan yang membuatnya terpaksa menjadi relawan di sebuah rumah perawatan. Di sana, ia bertemu dengan Kang Tae Sik (Sung Dong Il), pria paruh baya yang merupakan pemimpin Tim Genie. Selain itu, ada pula Seo Yeon Joo (Choi Sooyoung), seorang perawat yang juga bergabung dengan Tim Genie untuk mewujudkan keinginan terakhir pasien.

Yoon Gyeo Rye yang semula mendatangi rumah perawatan hanya untuk memenuhi kewajiban mulai menemukan hal-hal baru yang mengubah hidupnya. Ia pun secara sukarela ikut berusaha keras untuk mewujudkan impian setiap pasien yang ditemuinya di sana. Oleh karenanya, drama ini juga akan menampilkan sejumlah sub-cerita yang bermuara pada keinginan terakhir sejumlah pasien. 

2. Profil drama If You Wish Upon Me

if you wish upon me
Soompi

Sedulur yang tertarik dengan drama satu ini tentu ingin tahu If You Wish Upon Me kapan tayang. Sebelumnya sudah disampaikan bahwa drama ini dirilis pada 10 Agustus 2022. Saat artikel ini ditulis, drama yang tayang di saluran KBS2 ini masih tayang atau on going. Adapun drama ini direncanakan bakal menayangkan episode terakhirnya pada 29 September 2022 mendatang. Berikut adalah informasi mengenai profil drama If You Wish Upon Me yang perlu Sedulur ketahui.

  • Judul: If You Wish Upon Me
  • Judul asli: 당신이 소원을 말하면 (Dangshini Sowoneul Malhamyeon)
  • Sutradara: Kim Yong Wan
  • Penulis naskah: Jo Ryeong Soo
  • Genre: life, drama, medical
  • Jumlah episode: 16
  • Saluran: KBS2, VIU
  • Tanggal rilis: 10 Agustus 2022
  • Jadwal tayang: Rabu dan Kamis

BACA JUGA: Sinopsis Find Me in Your Memory, Cinta Artis & Reporter

3. If You Wish Upon Me pemeran

if you wish upon me
Soompi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, drama ini menampilkan Ji Chang Wook, Sung Dong Il, dan Choi Sooyoung sebagai pemeran utama. Di samping itu, ada pula aktris Won Ji An yang memerankan tokoh Ha Joon Kyung yang turut memiliki peran besar dalam drama ini. Sementara, berikut adalah daftar lengkap pemeran If You Wish Upon Me.

  • Ji Chang Wook sebagai Yoon Gyeo Rye
  • Sung Dong Il sebagai Kang Tae Sik
  • Choi Sooyoung atau Sooyoung SNSD sebagai Seo Yeon Joo
  • Won Ji An sebagai Ha Joon Kyung
  • Park Se Jun sebagai Jin Goo
  • Yang Hee Kyeong sebagai Yeom Soon Ja
  • Gil Hae Yeon sebagai Choi Deok Ja
  • Yoo Soon Woong sebagai Hwang Cha Yong
  • Jeon Chae Eun sebagai Yoo Seo Jin
  • Shin Joo Hwan sebagai Yang Chi Hun
  • Nam Tae Hoon sebagai Jang Seok Joon
  • Yeo One sebagai Kwak Hyung Joon

4. Terinspirasi dari kisah nyata

Soompi

Ada sejumlah fakta menarik terkait drama ini. Satu di antaranya adalah cerita mengenai Tim Genie dan rumah perawatan yang terinspirasi dari kisah nyata. Dikutip dari Soompi dan Variety, If You Wish Upon Me terinspirasi dari sebuah organisasi dan rumah perawatan di Belanda. Organisasi itu disebut memberikan layanan perawatan terutama kebutuhan emosional dan spiritual bagi pasien dengan penyakit terminal. Tak hanya itu, organisasi itu juga bekerja untuk mewujudkan impian terakhir dari para pasien.

BACA JUGA: Sinopsis Graceful Family, Kisah Pengungkapan Pembunuhan

5. Sarat akan pesan tentang kehidupan

Soompi

Mengangkat kisah soal tim relawan yang bekerja di sebuah rumah perawatan dengan pasien penyakit terminal membuat drama ini memiliki kesan berbeda dari drama Korea pada umumnya. Berbagai adegan hingga dialog yang ditampilkan pun sarat akan pesan tentang kehidupan, termasuk menghargai keberadaan orang-orang terkasih dan menghargai hidup yang dimiliki. Cerita tentang setiap tokoh hingga para pasien yang sekarat juga akan memberikan pesan tersendiri yang menyentuh.

6. Ji Chang Wook menangis baca naskah If You Wish Upon Me

Soompi

Drama yang mengangkat kisah tentang kehidupan selalu memberikan kesan tersendiri untuk penonton. Tak jarang, orang-orang menandai drama bertema serupa, seperti halnya If You Wish Upon Me sebagai drama yang mengandung bawang.

Alur yang menyentuh rupanya tidak hanya dirasakan oleh penonton ketika menyaksikan drama ini. Pasalnya, Ji Chang Wook yang didaulat sebagai pemeran utama mengaku tak bisa menahan tangisnya saat pertama kali membaca naskah drama ini. 

Dikutip dari Soompi, hal itu ia ungkapkan ketika mendapat pertanyaan seputar alasannya menerima tawaran untuk bermain di drama tersebut. Ia mengatakan, dirinya tersentuh dengan kisah sedih sekaligus hangat yang terkandung dalam naskah ciptaan penulis Jo Ryeong Soo itu. Di sisi lain, ia menggambarkan Yoon Gyeo Rye, karakter yang dimainkannya, dengan tiga kata kunci, yaitu keluarga, anak laki-laku, dan cinta.

Yoon Gyeo Rye sendiri memang diceritakan sebagai seorang pemuda dengan masa lalu kelam di mana ia mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari orang tuanya. Selepas keluar dari panti asuhan, ia menjalani hidup tanpa arah yang jelas hingga harus mendekam di penjara. Pertemuan Yoon Gyeo Rye dengan Tim Genie pun dinilai Ji Chang Wook sebagai momen penting yang mengubah cara pandang karakter tersebut terhadap dunia.

BACA JUGA: Sinopsis Shooting Star, Kehidupan di Balik Layar Dunia Hiburan

7. Comeback Ji Chang Wook ke KBS setelah 7 tahun

Soompi

Sedulur yang tertarik dengan drama ini tentu ingin tahu If You Wish Upon Me tayang di mana. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, drama ini tayang di saluran televisi Korea, KBS2. Kabar baiknya, untuk penonton di luar Korea khususnya di wilayah Asia dapat menyaksikan drama ini melalui platform streaming VIU.

Sementara ada fakta menarik soal If You Wish Upon Me, KBS, dan Ji Chang Wook. Drama ini disebut menandai comeback alias kembalinya aktor kelahiran 5 Juli 1987 itu membintangi drama KBS. Diketahui, Ji Chang Wook terakhir kali bermain di drama dari saluran KBS pada 2015 silam. Kala itu ia didapuk menjadi pemeran utama untuk drama Healer bersama aktris Park Min Young.

Tak hanya itu, Ji Chang Wook rupanya juga menyimpan kenangan tersendiri dengan KBS. Aktor yang juga memiliki kanal YouTube pribadi ini menyebut KBS sebagai “rumah.” Hal ini disebabkan karena KBS merupakan stasiun televisi di mana ia melakukan debut sebagai aktor pada 14 tahun silam. Oleh karenanya, terlibat dalam drama ini juga dianggapnya sebagai momen pulang ke rumah setelah tujuh tahun lamanya.

8. If You Wish Upon Me review

Soompi

Secara umum, drama ini cocok menjadi pilihan tontonan bagi Sedulur yang bosan dengan cerita klise drama Korea yang identik dengan masalah percintaan. Seperti yang diketahui, drama ini berfokus pada cerita orang-orang yang bekerja di sebuah rumah perawatan dan para pasien yang tinggal di sana.

Cerita dari para tokoh termasuk pasien yang sekarat pun sukses membuat drama ini dilabeli sebagai drama yang mengandung bawang karena setiap episodenya bisa membuat penonton tersentuh hingga menangis. Ditambah dengan penampilan para aktor seperti Ji Chang Wook, Sung Dong Il, dan Choi Sooyoung yang piawai membawakan karakter mereka masing-masing membuat drama ini semakin menarik untuk ditonton.

Di sisi lain, rating If You Wish Upon Me juga bersaing ketat dengan drama lain yang tayang di slot waktu Rabu dan Kamis, yaitu Adamas (tvN) dan Good Job (ENA). Menurut laporan Nielsen Korea per 14 September 2022, If You Wish Upon Me memperoleh rating 2%. Sementara, berdasarkan rating pada situs IMDb, drama ini memperoleh skor 8,8/10 dari total 324 suara.

Namun perlu diketahui bahwa drama ini masih on going sehingga rating terhadap drama ini juga dapat berubah seiring perkembangan cerita di episode-episode mendatang. Hal ini juga sekaligus menjadi kabar baik karena Sedulur bisa terbebas dari kemungkinan spoiler tentang akhir drama ini jika mengikuti saat drama ini masih ditayangkan.

Demikian tadi ulasan mengenai drama If You Wish Upon Me. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk menyaksikan dramanya?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.