golden spoon

The Golden Spoon merupakan drama asal Negeri Ginseng Korea Selatan yang baru saja dirilis pada 23 September 2022. Drama ini telah menarik perhatian sejak tim produksi mengumumkan rencana penggarapannya beberapa waktu lalu. Pasalnya, The Golden Spoon diketahui diangkat dari komik daring (webtoon) berjudul sama yang sempat populer beberapa tahun lalu.

Cerita drama ini sendiri menyoroti seorang anak muda yang memiliki ambisi untuk mengubah nasibnya. Tanpa diduga ia mengalami takdir aneh di mana nasibnya dapat berubah drastis dengan bantuan sebuah sendok emas. 

Lantas, apakah pemuda tersebut benar akan mendapatkan nasib seperti yang diinginkannya dengan sendok emas? Untuk mengetahui kisah selengkapnya, Sedulur bisa menyaksikan drama The Golden Spoon yang saat ini masih tayang alias on going. Namun sebelum itu, tak ada salahnya untuk menyimak informasi tentang drama yang dibintangi Yook Sung Jae dan Lee Jong Won tersebut, mulai dari sinopsis, daftar pemain, ulasan, hingga berbagai fakta menarik lainnya berikut ini.

BACA JUGA: Sinopsis If You Wish Upon Me & Alasan Harus Menontonnya

-->

The Golden Spoon sinopsis

golden spoon
Soompi

Drama The Golden Spoon menceritakan tentang seorang pemuda yang ingin mengubah nasibnya. Lee Seung Cheon (diperankan oleh Yook Sung Jae) adalah seorang murid SMA yang berasal dari keluarga miskin. Sejak berusia belia, Lee Seung Cheon telah membenci nasibnya tersebut. Hal itu membuatnya memiliki ambisi besar untuk keluar dari kemiskinan. Terlebih ia memiliki teman yang merupakan anak orang kaya, yaitu Hwang Tae Yong (diperankan oleh Lee Jong Won).

Diceritakan, meski merupakan teman sebaya, Hwang Tae Yong menjalani kehidupan yang berbeda 180 derajat dengan Lee Seung Cheon. Di mata Lee Seung Cheon, Hwang Tae Yong yang lahir sebagai anak dari keluarga chaebol (konglomerat) terlihat memiliki segalanya.

Sendok emas yang mengubah nasib

golden spoon
Soompi

Suatu ketika, Lee Seung Cheon bertemu dengan seorang nenek tua yang misterius. Nenek tua itu menawarinya sebuah sendok emas yang disebut memiliki keajaiban. Dikatakan bahwa Lee Seung Cheon bisa menukar orang tuanya jika ia menggunakan sendok emas itu sebanyak tiga kali di rumah keluarga yang juga memiliki anak sebaya dengannya.

Lee Seung Cheon yang sedari awal menginginkan hidup Hwang Tae Yong lantas tergoda dengan tawaran nenek tua tersebut. Tanpa diduga, hidup Lee Seung Cheon benar-benar berubah setelah menggunakan sendok emas tersebut di rumah Hwang Tae Yong. Pemuda yang semula hidup dalam kemiskinan kini berubah menjadi anak konglomerat dengan harta berlimpah. Namun masalah hidup Lee Seung Cheon tak lantas selesai begitu saja dengan hadirnya sendok emas. Sebab ia harus menghadapi takdir yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

BACA JUGA: Sinopsis Extraordinary Attorney Woo, Kisah Pengacara Autis

Profil drama

golden spoon
Soompi
  • Judul drama: The Golden Spoon
  • Judul asli: 금수저 (Geum Sujeo)
  • Genre: drama, fantasi
  • Sutradara: Song Hyun Wook
  • Penulis naskah: Yoon Eun Kyun, Kim Eun Hee
  • Tanggal rilis: 23 September 2022
  • Jadwal tayang: Jumat dan Sabtu (on going)
  • Jumlah episode: 16
  • Saluran: MBC

The Golden Spoon pemeran

 
Soompi

Berikut adalah daftar lengkap pemeran drama The Golden Spoon.

  • Yook Sung Jae sebagai Lee Seung Cheon
  • Lee Jong Won sebagai Hwang Tae Yong
  • Jung Chae Yeon sebagai Na Ju Hee
  • Yeon Woo sebagai Oh Yeo Jin
  • Choi Dae Chul sebagai Lee Chul
  • Han Chae Ah sebagai Jin Sun Hye
  • Seung You sebagai Lee Seung A
  • Choi Won Young sebagai Hwang Hyun Do
  • Son Yeo Eun sebagai Seo Young Sin
  • Chang Ryul sebagai Seo Joon Tae
  • Son Woo Hyun sebagai Jang Moon Ki
  • The Golden Spoon review
  • Son Jong Hak sebagai Kepala Na Sang Guk
  • Park Joo Hyung sebagai Na Geum Seok
  • Jang Hyuk Jin sebagai CEO Oh

BACA JUGA: Sinopsis Shooting Star, Kehidupan di Balik Layar Dunia Hiburan

The Golden Spoon review

RCTI Plus

The Golden Spoon mendapat sambutan baik dari penikmat drama Korea. Dilansir Soompi, rating drama yang dibintangi Yook Sung Jae itu bersaing ketat dengan drama lain yang juga tayang di slot waktu Jumat dan Sabtu. Disampaikan sebelumnya, The Golden Spoon baru dirilis pada Jumat, 23 September 2022 lalu. Pada penayangan episode perdana tersebut, drama ini memperoleh rating yang cukup memuaskan, yaitu 5,1%. Selanjutnya pada Sabtu, 24 September 2022 atau penayangan episode ke-2, Golden Spoon mencatat peningkatan rating menjadi 7,4%.

Adapun jika melihat plot cerita yang disuguhkan, dapat dikatakan bahwa The Golden Spoon memiliki cerita yang unik sekaligus segar. Terlebih dengan kehadiran sendok emas yang menjadi penentu bagaimana nasib seorang Lee Seung Cheon, sang tokoh utama.

Tak berhenti sampai di situ, drama ini juga dibintangi oleh sederet aktor muda dengan bakat akting yang tak perlu diragukan lagi. Sebut saja Yook Sung Jae yang didapuk untuk memerankan tokoh utama dalam drama ini. Member termuda boyband BTOB ini diketahui telah wara-wiri membintangi sederet drama populer, mulai dari Who Are You: School 2015, Guardian: The Lonely and Great God (Goblin), dan Mystic Pop-up Bar. Kemudian adapula Lee Jong Won, Jung Chae Yeon, dan Yeon Woo yang juga bukan merupakan sosok asing di industri seni peran Korea.

BACA JUGA: Sinopsis Graceful Family, Kisah Pengungkapan Pembunuhan

Fakta menarik tentang drama Golden Spoon

Sebagai pelengkap, Super juga telah merangkum beberapa fakta menarik mengenai drama The Golden Spoon yang sayang untuk dilewatkan Sedulur. Berikut informasi selengkapnya.

1. Comeback Yook Sung Jae setelah Wamil

Soompi

Telah diketahui bersama bahwa Yook Sung Jae didaulat untuk memerankan tokoh utama drama drama ini. Yook Sung Jae atau akrab disapa Sungjae sendiri merupakan member boyband K-Pop, BTOB.

Pada tahun 2020 lalu, anggota termuda di grup asuhan Cube Entertainment itu memulai wajib militer (wamil) sebagai tentara di Angkatan Darat Korea Selatan. Setelah kurang lebih dua tahun lamanya, Sungjae pun resmi menyelesaikan masa wamilnya pada pertengahan November 2021. Tak lama kemudian, ia dikonfirmasi akan kembali berakting dengan tampil di The Golden Spoon. Oleh sebab itu, drama ini sekaligus menandai proyek pertama Sungjae sebagai aktor selepas wamil.

2. Diangkat dari Webtoon populer

IDN Times

Disinggung sebelumnya drama The Golden Spoon diangkat dari komik daring atau webtoon populer berjudul sama. Komik The Golden Spoon atau dalam bahasa Korea ditulis sebagai 금수저 (Geum Sujeo) merupakan karangan komikus berinisial HD3. Komik ini dirilis pada tahun 2016 silam dan juga telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Adapun menurut Webtoon Indonesia, komik tersebut memperoleh rating 9,67 dengan lebih dari 2,5 juta suka atau like.

3. Arti “golden spoon” atau “sendok emas”

Soompi

Saat membaca judulnya, Sedulur mungkin bertanya-tanya, apa arti dari golden spoon?

Dihimpun dari berbagai sumber, “golden spoon” atau bisa diterjemahkan sebagai “sendok emas” rupanya merupakan sebuah istilah yang digunakan sebagai lambang kekayaan. Biasanya, istilah tersebut digunakan dalam ungkapan seperti “dia lahir dengan sendok emas” yang memiliki arti bahwa seseorang terlahir di tengah keluarga yang sangat kaya raya.

Sementara jika merujuk pada latar budaya Korea, istilah “golden spoon” mungkin lebih tepat menggambarkan seseorang yang berasal dari keluarga chaebol. Sekadar informasi, chaebol merupakan istilah dalam bahasa Korea yang merujuk pada keluarga yang sangat kaya dan mengelola bisnis dalam skala besar yang diwariskan secara turun temurun. Istilah ini biasa bersinonim dengan konglomerat.

4. Golden Spoon tayang di mana?

RCTI Plus
Soompi

Sebelumnya sudah terjawab pertanyaan The Golden Spoon kapan tayang? yaitu mulai 23 September 2022. Sehingga artikel ini ditulis, drama ini masih tayang atau on going dan diperkirakan rampung pada 12 November 2022 mendatang dengan total 16 episode.

Berikutnya, Sedulur tentu ingin tahu The Golden Spoon tayang di mana. Nah, drama satu ini tayang di saluran televisi Korea, MBC. Namun untuk penonton dari luar Korea Selatan, khususnya Indonesia bisa menyaksikan drama ini di platform layanan streaming Disney+ Hotstar. Drama The Golden Spoon sendiri dijadwalkan tayang setiap Jumat dan Sabtu.

Demikian tadi ulasan tentang drama Korea baru, The Golden Spoon. Selain itu telah dipaparkan juga beragam fakta menarik tentang drama yang diangkat dari komik populer ini. Nah, apakah Sedulur juga tertarik untuk menyaksikan drama ini?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.