sinopsis qorin

Pecinta film horor tentu tidak akan ketinggalan untuk menonton film QORIN. Film horor besutan Ginanti Rona ini sudah tayang di bioskop pada akhir tahun 2022 lalu. Film horor yang berbalut kisah religi ini menyuguhkan cerita seram yang tak kalah menegangkan dari film sebelumnya yaitu film Inang. 

Film produksi IDN Picutures ini bercerita tentang gangguan jin qorin yang mendampingi manusia. Penasaran dengan bagaimana cerita seram film QORIN? Yuk simak sinopsis QORIN di bawah ini!

BACA JUGA : 15 Film Horor Korea Terbaik, Layak Ditonton Saat Akhir Pekan

Sinopsis QORIN 

sinopsis qorin
Tribun

Film QORIN mengisahkan tentang seorang santri bernama Zahra Qurotun Aini yang duduk di tingkat 3 Madrasah Aliyah, atau setara dengan SMA. Zahra merupakan santri yang mempunyai banyak prestasi dan dikenal sebagai seorang santri teladan yang selalu patuh terhadap perintah gurunya, termasuk Ustadz Jaelani.  Bahkan, demi mempertahankan nilai dan prestasinya, Zahra rela menuruti apapun perintah dari Ustadz Jaelani, termasuk menjada seorang santri baru bernama Yolanda yang dikenal sebagai biang masalah.

Tak hanya itu, Zahra juga mendapatkan perintah dari Ustadz Jaelani untuk melakukan ritual qorin yang mana sebuah ritual memanggil jin yang sudah mendampingi manusia dari lahir sampai meninggal. Alih-alih ketakutan, Zahra justru sangat semangat untuk melaksanakan pemanggilan tersebut demi mendapatkan nilai tambahan dari ustadz Jaelani.

Umi Hana, istri Ustadz jaelani mulai curiga dengan gelagat aneh suaminya, terutama pada benda-benda yang disimpan rapi oleh sang ustadz. Usut punya usut, ternyata benda-benda tersebut masih berkaitan dengan ritual pemanggilan qorin yang ditugaskan kepada Zahra. Lebih mengerikannya lagi, Ustadz Jaelani ternyata memiliki rencana terselubung yang justru dapat membahayakan satu pesantren.

Hal yang dikhawatirkan pun terjadi, setelah menjalankan tugas tersebut, Zahr mulai mendapatkan terror mengerikan dari jin qorin. Bahkan satu pesantren juga mulai terkena imbas dari ritual pemanggilan jin qorin yang dilakukan oleh Zahra dan teman-temannya.

Tidak hanya dihantui oleh sosok jin yang menyerupai diri mereka masing-masing, jin qorin juga membuat Zahra dan teman-temannya melakukan dosa besar yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Bahkan tidak berhenti sampai situ, sosok jin qorin tersebut secara perlahan mulai mengambil alih kehidupan mereka.

BACA JUGA : Urutan Nonton Star Wars yang Benar dari Film hingga Serialnya

Profil pemain 

Suara Merdeka Solo

Berikut profil pemeran dalam film QORIN. 

1. Zulfa Maharni

Artis muda berbakat yang terlibat dalam film QORIN adalah Zulfa Maharani. Gadis yang lahir pada 10 Desember 1999 ini memiliki nama lengkap Zulfa Maharani Putri. Zulfa dikenal sebagai model dan artis muda berbakat Indonesia. Gadis berusia 23 tahun ini memulai kariernya dengan bermain dalam sinetron Si Kriwil pada tahun 2010l lalu. Setelah debut aktingnya tersebut, Zulfa mulai terkenal dan kembali membintangi sinetron Indonesia yang berjudul Yang Masih di Bawah Umur.

Tak hanya membintangi beberapa judul sinetron, Zulfa memulai debut film layar lebarnya melalui film Kau dan Aku Cinta Indonesia di tahun 2014. Kepopuleran Zulfa kian melambung setelah perannya menjadi Rani dalam film Dilan 1990.

2. Aghniny Haque

Artis selanjutnya yang terlibat dalam film horor religi adalah Aghniny Haque yang berperan sebagai Yolanda.  Aghni merupakan artis sekaligus atlet muda berbakat Indonesia yang lahir pada 8 Maret 1997. Sebelum memulai perjalanannya di industri hiburan Indonesia, diketahui Aghni merupakan seorang atlet taekwondo yang sempat menduduki posisi rangking 6 dunia.

Akibat cedera lutut yang dialaminya, Aghni terpaksa harus menghentikan jalannya menjadi atlet taekwondo pada 2016 lalu. Kemudian ia mulai merintis karier di dunia peran melalui film Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 berperan sebagai Rara Murni pada 2018. Setelah debutnya di beberapa film layar lebar, Aghniny kembali hadir di beberapa film bioskop Indonesia, seperti Wedding Agreement, Perempuan Tanah Jahanam, Mencuri Raden Saleh, dan lainnya.

3. Omar Daniel

Dalam film QORIN Omar Daniel berperan sebagai Ustaz Jaelani. Aktor yang memiliki nama lengkap Omar Daniel Assegaf dikenal sebagai seorang model, artis, dan pembawa acara keturunan Arab. Omar lahir pada 9 April 1995 dan ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.  Omar memulai karirnya dengan menjadi seorang model sebelum membintangi beberapa sintron dan film layar lebar.  Kemudian, Omar memulai perjalan kariernya sebagai aktor pada 2016 melalui perannya sebagai Fahri dalam sinetron Anak Jalanan. Pada tahun 2021, Omar melakukan debut aktingnya dalam film layar lebar yang berjudul Tentang Rindu.

Pemain pendukung

  • Naimma Al-Jufri
  • Dea Aniisa
  • Cindy Nirmala
  • Alyssa Abidin
  • Pritt Timothy
  • Putri Ayudya
  • Ridwal Raoull

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Film Korea Komedi yang Pasti Bikin Ngakak

Fakta menarik film QORIN

sinopsis qorin
Suara.com

Setelah mengetahui sinopsis QORIN dan profil pemainnya, berikut fakta menarik film produksi IDN Pictures yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Mengangkat kisah urband legend

Seperti yang kita tahui bersama, qorin merupakan salah satu urban legend yang paling terkenal dan populer di seluruh masyarakat Indonesia. Qorin merupakan salah satu sosok jin yang selalu mendampingi manusia sejak manusia sejak lahir hingga wafat nantinya. 

Berbeda dari jin-jin lainnya, jin qorin mempunyai wujud yang sama persis dengan manusia yang diikuti. Jika jin-jin  seperti kuntilanak, genderuwo, dan lain-lain mengganggu dan menakuti manusia hanya dengan menampakkan dirinya, qorin memiliki sifat yang berbeda. Qorin justru akan selalu menghasut manusia agar melakukan perbuatan tercela dan menjauhkan manusia dari Tuhannya.

2. Bukan film horor biasa

Tak hanya sekadar horor yang identik dengan adegan seram dan mencekam saja yang ditampilkan, film QORIN rupanya juga memiliki pesan yang ingin disampaikan untuk menyuarakan isu penting. Hal inilah yang menjadikan film QORIN berbeda dari film horor lainnya. 

Selain ingin mengangkat isu penting untuk disuarakan, film horor satu ini rupanya juga mengangkat cerita tentang persahabatan. Di waktu yang bersamaan, cerita tersebut juga menampilkan sisi gelap dari manusia yang digambarkan melalui qorin.

Demikianlah sinopsis QORIN beserta profil pemain dan fakta menariknya. Tak hanya film horor biasa, QORIN menyuguhkan cerita horor yang segar dengan mengangkat sisi gelap manusia. Sudahkan Sedulur menonton film QORIN? 

Nah, biar makin asyik dan tidak begitu takut saat menonton QORIN, Sedulur bisa membeli aneka camilan di Aplikasi Super. Terdapat banyak minuman dan makanan ringan yang bisa Sedulur coba, seperti makaroni dan basreng pedas Udalado dan berbagai minuman bersoda.

Cara belanja di Aplikasi Super juga sangat praktis, cukup dengan satu sentuhan jari dalam satu aplikasi, Sedulur sudah bisa belanja camilan sepuasnya, dan barang pun akan langsung dikirim. Menariknya lagi, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai diskon menarik, cashback, hingga voucher gratis ongkir lho. Jadi langsung download aplikasinya sekarang juga dan nikmati belanja murah secepatnya!