film motivasi barat

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah menonton film, baik secara langsung di bioskop atau menggunakan penyedia layanan streaming digital. Dengan berbagai genre yang disediakan, salah satu yang bisa Sedulur pilih adalah film motivasi barat yang menyajikan cerita inspiratif dan menarik.

Film bergenre motivasi akan sangat cocok ditonton ketika pikiran dan hati sedang kacau atau tidak baik-baik saja. Hal ini karena film motivasi akan memberikan sudut pandang baru mengenai kehidupan dan membuat Sedulur merasa kembali bersemangat serta bisa lebih mensyukuri hidup. Berikut adalah 12 film motivasi terbaik, inspiratif dan membangkitkan semangat yang bisa Sedulur tonton bersama keluarga atau teman-teman!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Sedih yang Dijamin Menguras Air Mata

1. Slumdog Millionaire (2008)

film motivasi barat
Bollywood Hungama

Rekomendasi film motivasi yang pertama adalah Slumdog Millionaire. Film ini menceritakan kisah seorang anak yatim piatu berusia 18 tahun bernama Jamal Malik. Ia merupakan sosok yang berasal dari daerah kumuh di Mumbai yang sempat berjuang untuk memenangkan hadiah 20 juta rupee pada acara “Who Wants To Be A Millionaire?”.

-->

Saat acara berlangsung, ia ditangkap polisi karena dicurigai melakukan perselingkuhan. Namun karena itu adalah sebuah fitnah, Jamal membuktikan bahwa ia tidak bersalah. Sayangnya, banyak orang yang tidak mempercayainya. Merasa putus asa karena hal tersebut, Jamal akhirnya menceritakan kisah hidupnya. 

Ia bercerita tentang kisah hidupnya yang berasal dari daerah kumuh, tempat ia dan saudaranya dibesarkan. Ia juga menunjukkan sebuah petualangan mengenai kisah hidup di jalanan, yakni tentang pertemuan dengan geng lokal yang kejam, serta kisah tentang Latika, sosok gadis yang sangat ia cintai namun menghilang. 

Di setiap bab ceritanya, itulah kunci jawaban dari salah satu pertanyaan yang ada pada acara tersebut. Pada intinya, Sedulur akan menemukan kisah inspiratif mengenai bagaimana seseorang mengetahui hal-hal kehidupan dan cinta dengan sangat menarik.  

2. The Shawshank Redemption (1994)

The Shawshank Redemption

Berikutnya ada The Shawshank Redemption. Film ini menceritakan tentang seorang pegawai bank bernama Andy Dufresne yang dihukum karena kasus pembunuhan istri dan kekasihnya. Ia mendapatkan jatah hukuman penjara seumur hidup di penjara Shawshank. 

Setelah masuk ke dalam penjara, hidup Andy tentunya berubah menjadi lebih buruk. Akan tetapi, Andy akhirnya berteman dengan beberapa narapidana lain, salah satunya adalah Red, sosok yang dikenal sebagai seseorang yang bijaksana. 

Setelah beberapa lama, Andy pun menemukan cara untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di penjara. Ia pun menyadari bahwa sebenarnya dirinya tak bersalah. Sayangnya, pihak berwenang malah menghalang-halangi kebebasannya. 

Akhirnya, ia mencoba untuk meraih hak bebasnya. Dengan demikian, dari film ini, Sedulur akan menemukan sebuah kisah tentang cara unik yang dilakukan Andy dalam menjalani hidup baru yang menyiksa. Dengan kepintaran dan tekad yang kuat, Andy akhirnya mendapatkan haknya yang sebenarnya.  

3. Hidden Figures (2016)

film motivasi barat
ICMGLT

Rekomendasi film motivasi terbaik berikutnya adalah Hidden Figures. Film ini ternyata merupakan adaptasi dari sebuah buku dengan judul yang sama, yang ditulis oleh Margot Lee Shetterly. Diceritakan, ada sekelompok matematikawan wanita Afrika-Amerika yang bekerja di NASA selama Space Race. 

Saat itu, Amerika Serikat berlomba untuk melawan Rusia guna menempatkan seorang pria di luar angkasa. Tak disangka, NASA menemukan sebuah bakat yang belum pernah dimanfaatkan oleh sekelompok matematikawan wanita Afrika-Amerika yang cemerlang. 

Tiga wanita berbakat itu adalah Dorothy Vaughan, Mary Jackson, dan Katherine Gobels Johnson. Ketiganya harus berjuang melawan diskriminasi gender dan ras agar ide cemerlang yang mereka miliki dan keinginan yang mereka harapkan bisa melampaui apapun yang pernah dicapai umat manusia sebelumnya.  

BACA JUGA: Sinopsis Cafe Minamdang, Kisah Profiler Kriminal Jadi Penipu

4. The Intouchables (2011)

IMDb

The Intouchables merupakan film motivasi terbaik berikutnya. Film ini menceritakan seorang aristokrat dan intelektual bernama Philippe yang mengalami lumpuh. Ketika ia sedang mewawancarai seorang kandidat untuk posisi pengasuh dengan sekretarisnya yang bernama Magalie, tiba-tiba seseorang bernama Driss datang membawa dokumen. 

Driss meminta Phillipe untuk menandatangani dokumen tersebut untuk membuktikan bahwa dia sedang mencari posisi pekerjaan. Dengan begitu, ia akan mendapatkan tunjangan penganggurannya. Namun, Philippe malah menantang Driss dengan masa percobaan selama satu bulan guna mendapatkan pengalaman membantunya

Setelah waktu tersebut, Driss diberikan kebebasan untuk memutuskan, apakah ia akan tinggal bersama Philippe atau tidak. Driss pada akhirnya menerima tantangan tersebut dan pindah ke mansion. Ia akhirnya mengubah kehidupan Phillipe dan karyawannya yang membosankan menjadi lebih berwarna.

5. The Pursuit of Happyness (2006)

film motivasi barat
Sukarto

Film motivasi barat terbaik berikutnya adalah The Pursuit of Happyness. Film ini menjadi salah satu film inspiratif yang dibuat berdasarkan sebuah kisah nyata, yang menceritakan seputar bertapa susahnya mencapai sebuah kehidupan yang sesuai dengan yang diharapkan.

Misalnya, seseorang dapat tinggal di rumahnya dengan rasa aman dan nyaman. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari berbagai macam usaha yang dilakukan oleh orang tua dan dirinya sendiri, bukan?

Nah, film ini menceritakan tentang Chris Gardner, seorang pengusaha yang hidup tanpa sebuah tempat tinggal yang tetap selama satu tahun. Tak hanya itu, Chris juga harus merawat dan memenuhi semua kebutuhan anak semata wayangnya dalam waktu yang bersamaan.  

Sedulur akan belajar tentang banyak hal dalam sebuah film ini. Sedulur akan menyadari bahwa untuk mencapai tujuan akhir hidup sesuai yang diharapkan, tentunya ada banyak tantangan dan perjuangan yang harus dilalui. 

Selain itu, Sedulur juga akan paham bila mengeluh dengan keadaan tidak ada artinya. Hal tersebut tidak akan membawa Sedulur kemanapun dan merubah apapun. Untuk itu, hal penting yang harus Sedulur lakukan untuk melampaui semua kesulitan dan tantangan dalam hidup adalah tetap semangat dan berkomitmen pada tujuan hidup. Selain itu, Sedulur tidak boleh berdiam diri dan harus melakukan sesuatu untuk mendapatkannya. 

6. Forrest Gump (1994)

Shat Podcast

Rekomendasi film berikutnya adalah Forrest Gump. Film ini menceritakan sosok seorang pria sederhana bernama Forrest yang memiliki IQ rendah namun memiliki hati dan niat yang baik. Pria tersebut memiliki sosok ibu yang selalu ceria dan memiliki sosok sahabat karib bernama Jenny.  

Ibunya selalu mengajarkan tentang bagaimana cara menjalani hidup yang baik. Ibunya juga memberikannya kebebasan untuk memilih takdirnya, hingga akhirnya ia bergabung dengan militer untuk dinas di Vietnam. Disana, Forrest menemukan teman baru bernama Bubba dan Dan, hingga karirnya di militer semakin naik. 

Selepas pulang dari Vietnam, ia juga mulai berbisnis armada penangkapan udang. Hingga pada suatu saat, Forrest melakukan banyak kegiatan yang unik hingga menginspirasi banyak orang. Mulai dari bermain ping-pong, jogging, menyumbang kepada orang-orang, menulis stiker dan lagu di bumper, hingga bertemu presiden beberapa kali. 

Sayangnya, semua yang ia lakukan tidak terasa cocok. Sebab, ia hanya bisa memikirkan sahabat masa kecilnya, Jenny Curran. Pada akhirnya, Forrest mulai mencari Jenny hingga bisa menjalani kehidupan yang sangat inspiratif.  

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik Paling Bikin Baper

7. Hacksaw Ridge (2016)

film motivasi barat
BerbagInspirasi

Hacksaw Ridge menjadi salah satu film motivasi barat terbaik yang harus Sedulur tonton. Film tentang perang dunia yang disutradarai oleh Mel Gibson ini bahkan sudah berhasil meraih hingga dua Piala Oscar di tahun 2017. Uniknya, film Hacksaw Ridge ini diadaptasi dari kisah nyata seorang petugas medis Angkatan Darat yang bertugas saat Perang Dunia II bernama Desmond Doss.

Desmond Doss merupakan petugas medis PD II yang ditempatkan di bawah komando Sersan Howell. Meskipun secara fisik unggul, namun ia menjadi orang yang dibuang oleh rekan-rekan prajuritnya yang lain. Hal ini karena Desmond menolak memegang senapan dan berlatih pada hari Sabtu. 

Seiring berjalannya waktu, unit Doss mendapatkan tugas dalam Divisi Infanteri ke-77 untuk membebaskan Divisi Infanteri ke-96 selama Pertempuran Okinawa. Divisi ke-96 merupakan  prajurit yang ditugaskan untuk naik dan mengamankan Tebing Maeda (Hacksaw Ridge). 

Tak disangka, pada keesokan harinya, Jepang meluncurkan serangan balik yang sangat besar untuk mengusir Amerika dari tebing tersebut. Doss yang mendengar suara rintihan tentara lainnya mulai menyelamatkan mereka. Ia membawa orang-orang tersebut satu persatu dengan tali dan akhirnya berhasil menyelamatkan sebanyak 75 peserta. Doss bahkan dianugerahi Medal of Honor oleh Presiden Harry S. Truman.

8. Rocky Balboa (2006)

AMC Theatres

Rocky merupakan sebuah film motivasi barat yang menceritakan tentang kehidupan seorang petinju bernama Rocky Balboa. Ia diberikan sebuah kesempatan khusus untuk melakukan tantangan, yakni menantang seorang juara tinju kelas berat.

Sebelum hari itu tiba, Rocky mulai berusaha dengan sangat keras untuk menunjukkan bahwa ia mampu melawannya. Dengan pengalaman yang ia miliki, ia tumbuh menjadi sosok yang terus menerus menempa dirinya. 

Bila Sedulur menyukai olahraga tinju, maka inilah film yang tepat. Selain itu, Sedulur juga akan semakin paham bahwa seseorang yang seringkali dipermalukan dan lemah, ia bisa bangkit menjadi sebuah kesuksesan. 

9. One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975)

film motivasi barat
One Flew Over the Cuckoo’s Nest

One Flew Over the Cuckoo’s Nest juga bisa menjadi salah satu film motivasi terbaik yang layak Sedulur tonton. Film dengan latar waktu pada tahun 1963 ini menceritakan tentang kisah seorang veteran perang Korea yang sekaligus adalah seorang kriminal bernama Randall Patrick McMurphy. 

McMurphy mengaku menjadi gila agar dikirim ke bangsal untuk orang yang tidak stabil mentalnya. Hal ini ia lakukan untuk menghindari tugas kerja di penjara. Setelah sampai di bangsal tersebut, ia malah menemukan kasus pelecehan dan degradasi perawat yang kejam. 

Setelah bertahan beberapa waktu, ia akhirnya membuat rencana untuk menghancurkan para perawat yang mendapatkan keunggulan dan kekuatan dari kelemahan narapidana lainnya. McMurphy dan narapidana lainnya pun bersatu dan mulai membuat sikap atau aksi memberontak para perawat yang kejam.

BACA JUGA: 32 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Nggak Bikin Nyesel!

10. Good Will Hunting (1997)

Shat Podcast

Rekomendasi film motivasi barat terbaik berikutnya adalah Good Will Hunting. Film ini berfokus pada kehidupan seorang petugas kebersihan yang ada di MIT bernama Will Hunting. Will bukan hanya seorang petugas kebersihan, namun juga memiliki bakat pada bidang matematika dan kimia.

Sayangnya, Will tidak menyadari adanya potensi tersebut dalam dirinya. Padahal, ada seorang profesor matematika dengan otak brilian yang ingin merekrutnya. Hingga akhirnya, ada seorang psikiater yang diminta untuk meyakinkan Will pada sesi pertemuan. 

Film ini juga akan menceritakan Will yang berhasil bertemu dengan seorang mahasiswa pra-kedokteran yang berbakat. Mahasiswa tersebut bahkan juga menunjukkan kepada Will bahwa ia layak dicintai.

11. Sang Pencerah (2010)

film motivasi barat
Kalbar Terkini

Tak hanya film motivasi barat yang bisa Sedulur tonton, rupanya ada banyak film motivasi dari dalam negeri yang menarik. Salah satunya adalah film Sang Pencerah yang menceritakan kisah kepahlawanan dari seorang K.H. Ahmad Dahlan.

Film ini mengangkat banyak sisi lain K.H. Ahmad Dahlan yang tidak dikenal oleh publik. Tak hanya menjadi sosok pendiri Islam Muhammadiyah, beliau ternyata juga merupakan sosok yang teguh pendirian. Beliau merupakan tokoh pembaharuan Islam di Indonesia, yakni sosok yang menciptakan Islam yang lebih modern, terbuka, dan rasional.

Film inspiratif dengan tema keagamaan ini memiliki banyak nilai kebangsaan yang dapat dipetik. Selain itu, film ini juga akan membuat siapapun yang menontonnya termotivasi dengan perjuangan sosok K.H. Ahmad Dahlan, yakni tentang bagaimana memiliki tujuan yang baik dan rasional, serta dedikasi kepada agama dan negara.

12. Cek Toko Sebelah (2016)

Vidio

Film inspiratif terakhir yang juga berasal dari dalam negeri adalah Cek Toko Sebelah. Film motivasi karya Ernest Prakasa ini sangat kaya akan nilai kekeluargaan yang kental. Penonton akan dibuat terbawa suasana dengan cerita yang relate dengan kisah hidup banyak anak di banyak keluarga Indonesia.  

Secara garis besar, film ini menceritakan kisah seorang kakak beradik yang memiliki keahlian di bidang yang berbeda. Mereka harus kembali membantu sang ayah menjaga toko sembako yang dimiliki keluarganya. Nilai inspiratif yang bisa diambil adalah setiap orang sebenarnya memiliki potensi untuk melakukan tugas yang diberikan kepadanya asalkan memiliki kemauan yang tinggi dan pantang menyerah.  

Itu dia 12 film motivasi terbaik yang memberikan inspirasi untuk tetap semangat menjalani kehidupan. Film tersebut sangat cocok ditonton bila Sedulur sedang merasa jenuh dengan hidup yang begitu-begitu saja, karena kisah inspiratif di dalamnya akan membuat Sedulur lebih menyukuri hidup. 

Agar menonton film di rumah menjadi lebih seru, Sedulur bisa menonton sambil menyantap camilan dan minuman ringan, lho. Untuk itu, jangan lupa stok berbagai camilan, dari pedas hingga manis, dan aneka minuman ringan melalui Aplikasi Super, ya!

Sedulur tidak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena semua barang yang dijual di Aplikasi Super sudah dijamin kualitasnya. Selain itu, Sedulur juga akan mendapatkan harga terbaik dengan berbagai diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi. Yuk, download aplikasinya di Google PlayStore sekarang juga!