winter aespa

Salah satu girlgroup yang bernaung di SM Entertainment dan saat ini naik daun adalah aespa. Group yang pernah mendapatkan gelar Rookie Grand Slam ini tentunya memiliki visual grup yang menarik perhatian penggemarnya. Wajah dari grup ini adalah Winter Aespa. Tak hanya menjadi wajah dari grup, wanita berzodiak Capricorn ini juga menjadi lead vocal.

Tak hanya Winter, member lainnya pun tak kalah cantik dan menarik. Maka dari itu, girlgroup yang satu ini juga sempat mendapat julukan “Flower Garden” yang menunjuk pada betapa memesonanya setiap member yang tergabung. aespa Winter tampil begitu menawan dan all out, sehingga berhasil menarik perhatian penonton dengan cepat, bahkan sejak ia pertama debut pada 27 Oktober 2020 lalu.

Ia juga unggul dalam dunia suara dan tari, selain memiliki penampilan yang menarik. Single debut dengan judul Black Mamba berhasil memecahkan rekor sebagai video musik yang paling banyak ditonton dalam sehari saja. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai visual grup ini, simak biodatanya di sini, ya!

BACA JUGA: Potret Rumah Lisa BLACKPINK di Korea dan Thailand, Luas & Sederhana

-->

1. Winter aespa biodata

Winter aespa biodata
koreaboo

Wanita yang lahir di Yangsan ini merupakan member pertama yang diperkenalkan agensinya, SM Entertainment, pada 27 Oktober 2020 lalu. Dengan adanya foto dari salah satu member AESPA ini yang menawan membuat dunia K-Pop gempar. Hal ini dikarenakan ia memiliki visual yang menawan serta banyak dipuja sebagai salah satu visual terbaik dari SM Entertainment. Uniknya, wanita ini ternyata lahir pada awal tahun, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2001.

Winter aespa hangulnya adalah (윈터) dan memiliki nama lengkap Kim Min Jeong (김민정). Ia tak hanya memiliki visual yang menawan namun juga memiliki suara yang bagus. Kemampuannya untuk menari juga patut diacungi jempol.

Ia bahkan pernah tampil solo di panggung MAMA 2020 sebagai satu-satunya member Aespa yang meng-cover lagu seniornya, BoA. Wanita berkebangsaan Korea Selatan ini berhasil mengejutkan banyak fans-nya karena memiliki kepribadian yang imut dan cerah dalam satu waktu.

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa setelah melihat perawakan dari Kim Min Jeong, nafsu makan yang dimiliki cenderung rendah. Faktanya, Min Jeong sangat suka makan dan ngemil di berbagai kesempatan. Wanita yang memiliki tinggi badan 165 cm ini hobi makan yang manis-manis. Ia bahkan juga mengatakan kepada media bahwa kebiasaanya setiap pagi hari adalah makan meskipun sebenarnya ia belum terlalu sadar sepenuhnya. 

Min Jeong juga sering memasak makan pagi untuk para member lainnya, saking dia hobi untuk makan. Member lainnya bernama Ningning dan Karina juga mengungkapkan bahwa Min Jeong sangat pintar dalam membuat masakan yang enak. Di kemudian hari, ia juga berjanji untuk bisa unjuk bakat keterampilan memasak di hadapan penggemarnya. Jadi, untuk Sedulur yang merupakan MY–sebutan untuk penggemar aespa–siap-siap untuk mencicipi masakan dari Min Jeong, ya!

Prestasi yang diraih

Meskipun terkenal dengan membernya yang penuh dengan visual, Winter aespa Next Level dan kawan-kawan berhasil membawa pulang berbagai penghargaan bergengsi meskipun baru satu tahun lebih debut. Berikut adalah beberapa prestasi yang diraih:

  • Best New Singer di Asian Pop Music Awards 2020
  • Rookie Female Idol di Brand of the Year Awards 2021
  • Rookie of the Year (Digital) di Gaon Chart Music Awards 2021
  • Rookie of the Year di Seoul Music Awards 2021
  • Stage of the Year (Daesang), AAA Hot Trend (Singer), dan Best New Artist (Singer) di Asia Artist Awards 2021.
  • Visionary Awards 2021
  • Best Korean Act di MTV Europe Music Awards 2021.
  • Record of the Year (Daesang), Top 10 Artist (Bonsang), Best Group (Female), dan New Artist of the Year (Female) di Melon Music Awards 2021.
  • Ter-next Level Award di Tokopedia WIB: Indonesia K-POP Awards 2021

Selain prestasi yang ditorehkan dalam grup, Min Jeong juga berhasil meraih prestasi pribadi. Berikut adalah beberapa prestasinya: 

  • Menduduki peringkat ke-8 dalam daftar Top 50 Most Search Female Idols di YouTube Jepang
  • Masuk dalam daftar Top 50 Most Search Female Idols di YouTube Korea, dan berhasil meraih posisi ke-4
  • Memiliki belasan fancam di berbagai program, seperti Inkigayo, yang telah ditonton ulang sebanyak jutaan kali

2. Alasan dalam memilih nama Winter sebagai stage name-nya

aespa winter
kpopstarz

Sebagai seorang pekerja seni di bawah naungan SM Entertainment, beberapa artis memilih untuk menggunakan stage name atau nama panggung ala western. Nama asli Winter eespa sebenarnya adalah Kim Min Jeong. Namun, pihak SM Entertainment memutuskan untuk mengganti namanya dengan nama panggung yang lebih catchy.

Dilansir dari wawancara Min Jeong pada MBC Radio Kim Shin Young pada 13 Desember 2020, ia menceritakan seputar bagaimana pemilihan nama panggungnya. Menurut perempuan cantik ini, ia sempat memilih nama panggung Woo Ah sebelum akhirnya berganti nama.

Nama ini juga diberikan pada Karina, Milli, Yeong Won, dan MoA yang ketiganya memiliki arti “selamanya”. Namun, ia memutuskan berganti nama karena lahir tepat pada 1 Januari 2001 yang pada saat itu adalah musim dingin.

BACA JUGA: Profil Kim Yong-Ji dan Drama Korea yang Dibintanginnya

3. Visual yang sudah cantik serta menarik sejak kecil

visual grup
koreaboo

Fakta Winter aespa selanjutnya adalah ia memiliki paras yang sudah cantik bahkan sejak masih belia. Hal ini terungkap karena ada banyak foto masa kecil Min Jeong yang tersebar luas melalui berbagai media sosial. Para netizen korea dan internasional pun ramai membicarakan parasnya yang cantik dan menarik sejak dini. Kebanyakan netizen berkata bahwa ia bukan hanya memiliki kecantikan ketika sudah beranjak dewasa, namun sejak kecil sudah terlihat aura visualnya.

Tak sedikit netizen yang juga berkomentar bahwa ia memiliki struktur wajah yang menjadi khas ala artis SM Entertainment. Wanita berusia 21 tahun ini disebut cocok untuk terjun di dunia akting dan bisa main drama sebagai pemeran wanita utama. Belakangan ini, ia dirumorkan turut mengikuti serial dari Netflix dengan judul Illumination.

4. Mirip dengan seniornya, Taeyeon SNSD 

taeyeon SNSD
starbiz

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa gadis berusia 21 tahun ini disebut memiliki wajah yang khas dari SM Entertainment. Hal ini berkaitan dengan parasnya yang mirip dengan seniornya di agensi yang sama, yaitu Taeyeon SNSD. Bahkan, sejak Min Jeong pertama dikenal, ia menjadi trending topik karena parasnya mengingatkan netizen kepada Taeyeon SNSD. 

Saking miripnya, berbagai foto tentang kemiripan keduanya sering dibagikan oleh netizen. Tak hanya parasnya, winter aespa aesthetic juga seperti leader dari SNSD ini. Netizen pun berharap ia memiliki jalan karir sukses, sama seperti seniornya. Tak hanya Min Jeong saja, salah satu member lain dari girl group ini juga dinilai oleh netizen mirip dengan Jennie Blackpink.

BACA JUGA: 12 Gaya Rambut Curtain Hair, Haircut ala Cowok Korea

5. Fakta menarik lainnya tentang Winter aespa

fakta menarik winter aespa
kpopdatabase

Selain beberapa fakta menarik yang sudah disajikan sebelumnya, berikut adalah fakta lainnya dari Winter aespa sebagai berikut:

  • Memiliki beberapa musisi internasional yang dijadikan role model. Di antaranya adalah Ed Sheeran, Tory Kelly, Sam Smith, dan Harry Styles
  • Mempunyai kebiasaan memukul orang yang dekat atau berada di sebelahnya saat tertawa
  • Telah mengikuti Graduation Equivalency Examination (GED) untuk mendapatkan gelar SMA bersamaan dengan Karina
  • Memiliki beberapa nama panggilan, seperti Jeongie, Baby Rabbit, Melonppang (roti melon), Gyeoul (musim dingin), Mindungie, dan Gyeoulie
  • Pernah mengungkapkan di suatu wawancara bahwa ia sangat menyukai lagu Aenergy dan I’ll Make You Cry dalam album Savage. Saat melakukan wawancara bersama Sohu Korea, ia merekomendasikan lagu Yeppi Yeppi
  • Memilih Fitri sebagai nama Indonesianya ketika sedang berkunjung ke Indonesia.
  • Ia paling suka dengan nama panggilan Gyeoul atau Gyeoulie karena terdengar lebih simpel
  • Sejak bayi, Gyeoulie paling suka menari dan menyanyi
  • Ketiga member Aespa menilai bahwa Min Jeong menjadi member yang paling imut dan mungil seperti bayi
  • Pernah belajar bela diri Kendo selama 6 bulan saat kelas 2 SD
  • Telah bersahabat sejak lama dengan Karina sejak masa trainee. Bahkan, keduanya mengaku bisa telepati satu sama lain saking akrabnya

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang Winter aespa sebagai lead vocal sekaligus visual grup. Girlgroup yang satu ini disebut juga sebagai salah satu grup yang berhasil berada di urutan pertama generasi keempat dalam dunia K-Pop. Gadis berusia 21 tahun ini memiliki aura yang ceria serta berbagai talenta yang memukau. Maka dari itu, tidak heran jika ia memiliki banyak penggemar baik di Korea dan internasional.