emergency declaration

Siapa sih yang nggak tahu film Emergency Declaration (2021)? Sedulur yang merupakan penggemar film Korea bergenre action thriller wajib banget nih buat nonton! Film yang disutradarai oleh Han Jae Rim ini bercerita tentang sebuah ancaman virus yang dibawa oleh pesawat dari Incheon ke Hawaii.

Wah, bisa bayangin nggak tuh betapa ngerinya bahaya virus tersebut? Kalau sampai tersebar keluar pesawat seperti apa, ya? Yuk, cari tahu sekilas informasi mengenai film Emergency Declaration dalam ulasan berikut ini!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Serial Netflix Terbaik, Ratingnya Tinggi!

Sinopsis Emergency Declaration (2021), pesawat yang penuh teror!

emergency declaration
Suara

Secara garis besar, sinopsis film ini berkisah tentang teror yang terjadi di dalam pesawat. Pesawat komersial tersebut sedang dalam perjalanan Incheon, Korea Selatan menuju Hawaii, Amerika Serikat. Park Jae Hyuk (Lee Byung Hun) dan Soo Min (Kim Bo Min), anaknya, yang berada di dalam pesawat tersebut bepergian ke Hawaii untuk mencari pengobatan penyakit eksim yang diderita Soo Min.

-->

Beberapa waktu sebelum check-in ke pesawat, Soo Min berpisah dengan ayahnya karena hendak ke kamar mandi. Dalam kesempatan tersebut, Soo Min bertemu dengan Ryu Jin Seok (Im Si Wan), yang menurutnya menunjukkan sikap sedikit aneh. 

Didorong rasa penasaran, Soo Min pun berusaha mengikuti Ryu Jin Seok. Park Jae Hyuk yang menyadari Soo Min malah mengikuti orang lain lantas menghampiri putrinya dan menyuruh gadis tersebut agar ia tetap di dekatnya. Tak disangka, Ryu Jin Seok berada dalam penerbangan yang sama dengan mereka berdua.

Sementara itu, Gu In Ho (Song Kang Ho) yang merupakan seorang detektif menerima informasi lewat sebuah video bahwa terdapat ancaman teroris di sebuah pesawat yang akan berangkat dari Bandara Incheon. Awalnya, ia rekan-rekan timnya tidak terlalu menanggapi laporan tersebut. Bisa jadi laporan tersebut hanyalah prank belaka. Akan tetapi, mereka memutuskan untuk memeriksa lebih lanjut laporan ancaman tersebut. Mereka memutuskan untuk menyelidiki laporan tersebut karena Hye Yoon (Woo Min Hwa), istri Gu In Ho, diketahui berada di penerbangan yang sama menuju Hawaii.

Penyelidikan pun dimulai. Alih-alih menemukan ancaman teroris, Gu In Ho justru menemukan ancaman virus berbahaya yang bisa memusnahkan ras manusia. Peristiwa demi peristiwa menegangkan pun dimulai sejak itu dalam pesawat dari Incheon ke Hawaii.

BACA JUGA: Sinopsis Knives Out 2, Kasus Pembunuhan di Resort Mewah

Profil pemain Emergency Declaration (2021)

Berikut ini adalah profil dari beberapa pemain di film Emergency Declaration. Yuk, cek sama-sama!

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa

1. Song Kang Ho

emergency declaration
Zona Banten

Nama Song Kang Ho pastinya sudah sangat dikenal luas oleh pecinta film Korea, nih. Kebanyakan orang mungkin tahu nama Song Kang Ho dari akting briliannya sebagai Kim Ki Taek dalam film Parasite (2019). Wajar saja, dirinya memang mampu menampilkan akting yang luar biasa bagus dan memperoleh banyak sekali penghargaan internasional dari lakon di film tersebut. Akan tetapi, sejatinya Song Kang Ho telah sukses bertahun-tahun mondar-mandir di layar lebar Korea Selatan, lho Sedulur! 

Song Kang Ho sendiri  merupakan aktor kelahiran 17 Januari 1967 dan memulai debut di tahun 1996 dengan film bertajuk The Day a Pig Fell into the Well (1996). Dari film tersebut, dirinya kemudian mulai didapuk untuk berperan di banyak film kolosal dan populer lain, seperti Broker (2022), A Taxi Driver (2017), The Good, the Bad, the Weird (2008), dan masih banyak lagi.

Pada film Emergency Declaration ini, Song Kang Ho berperan sebagai seorang detektif yang bernama Gu In Ho. 

2. Lee Byung Hun

Dreamers

Lee Byung Hun juga hadir di film Emergency Declaration, berperan sebagai salah seorang penumpang pesawat yang bernama Park Jae Hyuk. Lee Byung Hun sendiri adalah aktor kenamaan Negeri Ginseng yang lahir pada 12 Juli 1970. Bagi pecinta drama sekaligus film Korea, sosoknya juga pasti sangat tidak asing, ya!

Lee Byung Hun memang sudah sejak lama terkenal akan kemampuan aktingnya. Saking populernya, ia bahkan menerima banyak penghargaan sampai tidak terhitung. Mulai dari Best New Actor dari KBS Drama Awards tahun 1992, Best Actor dari 21st Blue Dragon Film Awards tahun 2000, Best Actor in Asia dari Tokyo Drama Awards tahun 2010, hingga Best Actor dari 14th Asian Film Awards tahun 2020 yang lalu.

Film dan drama populer yang pernah ia perankan adalah Mr. Sunshine (2018), The Good, the Bad, the Weird (2008), G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009), The Magnificent Seven (2016), dan The Man Standing Next (2020).

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Horor Korea yang Seru dan Menegangkan

3. Jeon Do Yeon

Wow Keren

Jeon Do Yeon merupakan aktris kelahiran 11 Februari 1973 yang memulai debut akting sejak 1992 dalam drama Korea bertajuk Our Paradise (1992). Dirinya juga merupakan aktris yang cukup aktif membintangi sejumlah drama Korea dan film Korea, nih! Beberapa film dan drama Korea yang pernah ia perankan adalah My Mother, the Mermaid (2004), Way Back Home (2013), Memories of the Sword (2015), Birthday (2019), dan Beasts Clawing at Straws (2020).

4. Kim Nam Gil

Trixy

Dalam film ini, Kim Nam Gil berperan sebagai pilot pesawat yang bernama Choi Hyun Soo. Kim Nam Gil sendiri bukan lagi nama yang asing di dunia layar lebar Korea Selatan merupakan aktor yang populer setelah ia memerankan film Memoir of a Murderer (2017) dan drama Korea Through the Darkness (2022).

Ia merupakan aktor kelahiran 13 Maret 1980 dan memulai debut pada tahun 1999 silam. Dari awal kariernya di dunia hiburan, ia sudah sering menerima berbagai penghargaan. Beberapa film dan drama Korea yang ia perankan adalah Live Up To Your Name, Through the Darkness (2022), Memoir of a Murderer (2017), The Odd Family: Zombie On Sale (2019).

5. Im Si Wan

Radio Web Indo

Im Si Wan merupakan aktor yang populer setelah ia berperan di serial televisi Misaeng: Incomplete Life (2014) pada tahun 2014 silam. Kepopuleran yang diraih oleh Im Si Wan tidak terbatas dari profesinya sebagai aktor, namun juga anggota boyband ZE:A yang kini sedang berada di masa hiatus.

Sama seperti rekan-rekan aktornya dalam film ini, dirinya juga kerap membintangi drama Korea populer seperti Hell Is Other People (Strangers From Hell) (2019), Run On (2020), Tracer (2022), Misaeng: Incomplete Life (2014), dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 12 Fakta Kang The Conqueror, Villain Jahat di Ant-Man

Informasi seputar film Emergency Declaration (2021)

Kata Data
  • Judul: Emergency Declaration (비상선언, Bisang Seoneon)
  • Sutradara: Han Jae Rim
  • Penulis: Han Jae Rim
  • Genre: Action, drama, thriller
  • Pemeran: Song Kang Ho, Lee Byung Hun, Jeon Do Yeon, Kim Nam Gil, Im Si Wan, Kim So Jin, Park Hae Joon
  • Durasi: 147 menit
  • Tanggal rilis: 16 Juli 2021 (Cannes Film Festival), 3 Agustus 2022
  • Rating: 13+
  • Streaming platform: iQIYI, Vidio, Apple TV
  • Review: IMDb – 6.9/10

Nah Sedulur, itu dia informasi singkat mengenai sinopsis film Emergency Declaration (2021). Ulasan di atas sudah meliputi sedikit sinopsis jalan cerita film, profil para pemain, serta informasi seputar penayangan film tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Pasti jadi makin tertarik buat ngikutin perjalanan kisah teror misterius pada pesawat di film ini, kan? Tenang, Sedulur bisa tahu kelanjutan cerita dari sinopsisnya dengan menyaksikan di streaming platform iQIYI, Vidio, serta Apple TV.

Biar nonton makin seru, pastikan juga sudah ada camilan yang siap menemani Sedulur, ya! Sedulur bisa memilih popcorn, roti, keripik kentang, dan snack lainnya. Kalau belum kepikiran mau beli camilan apa, coba deh cek Aplikasi Super sekarang! Di Aplikasi Super selain Sedulur bisa belanja sembako, Sedulur juga bisa beli camilan kesayangan buat teman nonton. Mulai dari keripik, biskuit, dan merek makanan ringan lainnya.

Yuk, segera unduh Aplikasi Super melalui Google Play Store dan nikmati kemudahan belanja apa saja dari rumah! Aplikasi Super, bikin belanja makin mudah, bikin belanja makin murah!