kang the conqueror

Kang the Conqueror digadang-gadang akan menjadi tokoh villain baru di Marvel Cinematic Universe (MCU) fase empat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, MCU fase empat telah resmi dimulai dengan tayangnya serial WandaVision di platform streaming Disney+. 

MCU fase empat ini memang patut untuk diikuti. Pasalnya, fase ini akan mengangkat tema besar Multiverse, dimana nantinya akan banyak keseruan, alur cerita tak terduga, serta tokoh-tokoh baru yang muncul di setiap filmnya.

Hal tersebut sudah terbukti dengan tayangnya serial Loki dan juga film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Nah, sebelum serial dan film Marvel Cinematic Universe (MCU) fase empat yang lain bermunculan, ada baiknya Sedulur untuk berkenalan dulu dengan tokoh villain terbaru MCU fase empat, Kang the Conqueror.

Kang merupakan tokoh jahat utama yang sudah Sedulur saksikan di film Ant-man and The Wasp terbaru. Bagi Sedulur yang masih bingung tentang sosok penjahat ini. Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik yang perlu Sedulur ketahui!

BACA JUGA: Urutan Film Marvel Sesuai Kronologi Waktu MCU & Tahun Rilis

Kang the Conqueror, siapa?

kang the conqueror
Tom’s Guide

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, Kang the Conqueror merupakan salah satu tokoh villain baru yang diperkenalkan Marvel dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) fase empat. Ia pertama kali diperkenalkan dalam serial Loki di episode ke-enam, episode terakhir dari serial yang tayang pada platform streaming Disney+ itu. Tokoh villain tersebut diperankan oleh Jonathan Majors.

Dalam serial Loki, Kang dijuluki sebagai “He Who Remains” atau “The Time-Keepers”, salah satu varian dari Kang the Conqueror. Varian sendiri merupakan istilah dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) yang mengacu pada tokoh-tokoh yang menyimpang dari timeline utama, kemudian membuat timeline sendiri dengan peristiwa dan sejarah yang berbeda dari timeline utama.

Lebih lanjut lagi, Sylvie Laufeydottir, salah satu varian dari Loki Laufeyson, berhasil mengalahkan dan menjadi pembunuh Kang the Conqueror “He Who Remains” tersebut. Akan tetapi, kematian dari Kang “He Who Remains” kemungkinan besar akan menyebabkan varian-varian Kang the Conqueror lain untuk muncul ke Multiverse, membuat linimasa yang bercabang-cabang dan menciptakan kekacauan baru di luar dugaan kita semua.

BACA JUGA: Faktor Penyebab Diare Beserta Gejala & Cara Mengobatinya

1. Memiliki nama asli Nathaniel Richards

kang the conqueror
The Direct

Mengutip dari situs marvel.fandom.com, Kang the Conqueror memiliki nama asli Nathaniel Richards. Nathaniel Richards sendiri diketahui telah memiliki sejarah inkarnasi yang panjang, serta sederet identitas yang ia pakai dalam timeline-timeline tertentu.

Dalam kasus ini, kita hanya akan berfokus pada Nathaniel Richards dengan identitasnya sebagai Kang the Conqueror saja, sesuai dengan apa yang diceritakan dalam serial Loki dan berlanjut ke film Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Nathaniel Richards merupakan seorang pria yang lahir pada abad ke-30 di Earth-6331, sebuah dunia dengan realita dimana ras manusia tidak pernah masuk ke era Dark Ages atau masa Abad Kegelapan. Walaupun begitu, perang dan berbagai kejadian-kejadian buruk lain tetap terjadi di Earth-6331. 

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, seorang time-traveller atau penjelajah waktu dari realitas lain, Earth-616, sampai ke Earth-6331 untuk menghentikan peperangan tersebut. Tanpa disangka-sangka, penjelajah waktu dari Earth-616 itu merupakan Nathaniel Richards dari realitas lain. Nathaniel Richards dari Earth-616 berhasil membawa perdamaian ke Earth-6331. Alhasil, ia dijuluki dengan “The Legendary Benefactor”. 

2. Kang the Conqueror, Mr. Fantastic, dan Dr. Doom

kang the conqueror
YODU

Melanjutkan dari kisah time-traveller yang datang ke Earth-6331 tadi, dikatakan bahwa Nathaniel Richards yang lahir di Earth-6331 merupakan keturunan dari Nathaniel Richards dari Earth-616 sang penjelajah waktu. Keduanya memiliki kaitan melalui Richard Reeds, atau yang lebih dikenal luas dengan Mister Fantastic dalam Fantastic Four.

Dalam cerita lain, ada juga catatan yang menyebutkan bahwa Nathaniel Richards merupakan keturunan dari Raja Latveria, Dr. Victor von Doom, Ph.D dari Earth-616. Victor sendiri lebih dikenal dengan nama aliasnya, yaitu Doctor Doom. Ia merupakan musuh bebuyutan dari Mister Fantastic dan juga grup Fantastic Four secara keseluruhan.

3. Kang berasal dari masa depan

Kang The Conqueror yang merupakan musuh utama di Marvel Phase 4 ini berasal dari masa depan. Lebih tepatnya, Kang berasal dari abad ke-30 di era dengan teknologi yang sudah sangat canggih dengan pemahaman sains yang jauh melebihi saat ini.

Kemunculan Kang sebagai musuh utama saat ini berkaitan dengan tema besar dari Marvel saat ini, yaitu Multiverse dengan permainan penjelajahan waktu yang menjadi kata kunci penting. Hal tersebut juga yang membuat penjelajahan waktu menjadi kunci penting mengalahkan Thanos dan mengembalikan semua kekacauan yang disebabkan oleh Thanos.

Dengan situasi dan kondisi seperti itu, sangat menarik bagaimana alur cerita para Avangers menyusun strategi untuk mengalahkan Thanos.

4. Bergabung dengan Young Avengers menjadi Iron Lad

kang the conqueror
QuirkyByte

Ketika Nathaniel Richards di Earth-6331 mendapatkan kunjungan dari Nathaniel Richards versi Earth-616, ia sadar bahwa masa depannya akan menakdirkan Nathaniel Richards dari Earth-6331 untuk menjadi penjahat. Walaupun masih berusia 16 tahun, Nathaniel berusaha melakukan apapun untuk menghindari takdirnya tersebut.

Salah satu upaya Nathaniel untuk mencegah dirinya di masa depan berubah menjadi Kang the Conqueror adalah dengan bergabung ke Young Avengers sebagai Iron Lad. Nathaniel dari Earth-6331 sadar bahwa Nathaniel dari Earth-616 akan terus mencari dan menghantui dirinya apabila Nathaniel versi Earth-616 tahu niatnya untuk mencegah takdir menjadi Kang the Conqueror. Solusi utama pada waktu itu adalah dengan bergabung ke Young Avengers menjadi Iron Lad untuk melindungi dirinya sendiri dari Nathaniel versi Earth-616.

Nathaniel dari Earth-6331 sebagai Iron Lad pun mulai mempelajari tentang perjalanan waktu atau Timestream. Ia mulai mencari tahu bagaimana caranya menjelajahi waktu tanpa mengacaukan sejarah. Lebih daripada itu, Iron Lad juga mencari solusi untuk mencegah berbagai perbuatan dirinya di masa depan sebagai Kang the Conqueror terjadi.

5. Nathaniel Richards terseret ke dunia kegelapan yang jahat

YODU

Berbagai upaya yang dilakukan oleh Iron Lad untuk mencegah takdirnya berubah menjadi Kang the Conqueror di masa depan ternyata tidaklah cukup. Berbagai peristiwa menuntun Iron Lad, atau Nathaniel dari Earth-6331, ke sisi kegelapan. Dari identitasnya sebagai Iron Lad, Nathaniel kemudian berubah menjadi Kid Immortus, salah satu musuh Fantastic Four.

Kid Immortus kemudian membangun aliansi dengan Ravonna Renslayer. Ia pun jatuh cinta dengan Ravonna sepanjang perjalanannya sebagai seorang villain. Setelah menginjak usia dewasa, Nathaniel Richards dari Earth-6331 sempat mengganti identitasnya sebagai Pharaoh Rama-Tut, Scarlet Centurion, dan kemudian barulah menjadi Kang the Conqueror seperti yang kita kenal sekarang.

6. Tidak memiliki kekuatan super, bagaimana bisa?

The Hollywood Reporter

Kang the Conqueror digadang-gadang akan menjadi salah satu tokoh villain terkuat di Marvel Cinematic Universe (MCU) fase empat, mengikuti jejak Thanos sebelumnya. Kemunculannya dalam MCU sangat diantisipasi oleh para penggemar, terlebih lagi ia dikabarkan akan menjadi tokoh kunci dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

Tetapi, tahukah Sedulur bahwa Kang sejatinya tidak memiliki kekuatan super? Ya, hal tersebut benar adanya. Kang atau Nathaniel Richards hanyalah seorang manusia biasa. Namun, kekuatan Kang the Conqueror yang membedakan dirinya dari manusia lain adalah kecerdasan dan akses terhadap berbagai macam teknologi yang ia miliki.

7. Mengandalkan kecerdasan dan teknologi lintas waktu

IMDb

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semasa muda, Nathaniel Richards sempat mempelajari bagaimana caranya menjelajah waktu melalui Timestream. Pun dirinya dari masa depan atau realitas lain, Nathaniel Richards versi Earth-616, sempat berkunjung dengan memanfaatkan kemampuan time-travelling. Lebih lanjut lagi, dalam serial Loki, Nathaniel Richards juga dijuluki sebagai “The Time-Keepers”, sang penjaga lintas waktu.

Kecerdasan Nathaniel mampu membawanya untuk melintasi waktu dan menempuh berbagai realitas. Kemampuan tersebut juga akhirnya membuka jalan bagi Nathaniel untuk meniru, menciptakan, dan membawa kembali berbagai teknologi mutakhir dari masa depan. Teknologi-teknologi tersebut mayoritas berupa senjata yang ia gunakan untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.

8. Seorang Firaun yang bernama Rama-tut

Duniaku

Karena kemampuannya untuk menjelajahi waktu, maka Kang pada dasarnya bisa berangkat ke waktu dan periode mana pun. Salah satu yang menjadi tujuannya yaitu berangkat mundur ke ribuan tahun yang lalu, yaitu ke peradaban kuno Mesir.

Hal tersebut yang membuat Kang menjad salah satu Firaun dengan nama dan gelar Rama-tut. Firaun sendiri sebenarnya merupakan sebuah istilah raja atau pimpinan tertinggi, bukan nama raja Mesir itu sendiri.

Mundur ke peradaban kuno Mesir merupakan salah satu penjelajahan Kang, karena kemampuan Kang yang menguasai berbagai peradaban. Di Mesir Kuno, sebagai Firaun, Kang menjadi penguasa karena kemampuan dan teknologi canggihnya yang dibawa dari masa depan. Nama Rama-tut digunakan oleh Kang sebagai identitasnya sebagai Firaun.

9. Memiliki hubungan dengan mutan, terutama Apocalypse

Duniaku

Di Film X-Men The Apocalypse, vilian utama di film tersebut adalah Apocalypse yang merupakan mutan pertama di muka bumi. Apocalypse sendiri merupakan penduduk yang berasal dari masa peradaban Mesir Kuno.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Kang menjadi seorang Firaun dengan nama Rama-tut. Diduga, Kang terlibat dan masih berkaitan dengan Apocalypse. Karena di masa depan, salah satu musuh yang sulit dihadapi oleh Kang adalah mutan. Ini juga yang menjadi motivasi utama Kang mundur ke masa peradaban Mesir kuno.

Dengan tujuan untuk menemui Apocalypse atau yang bernama asli En Sabah Nur. Tujuannya yaitu untuk mempelajari mutan dan menguasai Apocalypse sebagai mutan pertama dan terkuat. Tujuannya agar Kang dapat menguasai mutan dan mengalahkan mereka.

10. Memiliki pasukan Anachronauts

Kincir

Bukan hanya membangun peradaban dan dinastinya sendiri, Kang juga membangun pasukan sendiri yang diberi nama Anachronauts. Anachronauts sendiri terdiri dari Deathhunt 9000, Apocryphus, Raa, Sir Raston, Ssith, Tyndar, dan Wildrun.

Mereka semua merupakan prajurit terkuat yang tidak terkalahkan hingga akhirnya mereka bertemu dan bertarung melawan Kang. Anachronauts kemudian menjadi pelindung Chronopolis (kota dan peradaban yang dibangun oleh Kang) dari setiap penyerbu atau penantang yang akan menghadapi Kang.

11. Menghancurkan Washington DC untuk membuktikan kekuatannya

Yahoo

Kang bersama dengan Anachonauts menunjukan kekuatannya dengan menghancurkan Washington DC. Selain sebagai ajang menunjukan kekuatan, hancurnya kota Washington DC juga merupakan tujuan utama Kang untuk menggulingkan pemerintahan dunia dan memegang kendali.

Ada beberapa alur cerita yang cukup unik saat penghancuran total Washington DC dan seluruh penduduknya sebagai pembuktian dari kekuatan Kang. Untungnya, Avengers dapat menghentikan Kang dan memulihkan keadaan. Apakah bagian ini akan tayang di film-film Marvel ke depannya? Tentu patut kita tunggu pembuktiannya.

12. Kang the Conqueror, kloning yang mengacaukan waktu dan Multiverse

Comicon

Dalam cerita, Kang the Conqueror tidak hanya berjumlah satu orang dalam satu realitas saja. Tetapi, terdapat Kang-Kang lain yang sama-sama berperan sebagai tokoh jahat yang mengacaukan kedamaian.

Salah satu momen dalam perjalanan Kang the Conqueror sebagai villain adalah ketika Kang memusnahkan seluruh varian Kang dari dunia dan realitas lain. Kang the Conqueror yang asli (versi Earth-6331) bersama dengan dua versi lain dari Kang memutuskan untuk membunuh semua versi Kang yang lain. Kang terakhir yang mereka bunuh adalah varian yang berasal dari Earth-627.

Setelah berhasil mengeliminasi semua varian Kang, Kang the Conqueror yang asli ternyata diam-diam membuat robot-robot duplikat Kang sebagai ganti hilangnya varian Kang yang lain. Ia pun juga diam-diam merencanakan cara untuk membunuh kedua varian Kang yang masih tersisa.

Rencana awal untuk mengeliminasi Kang versi pertama adalah dengan menjebaknya dalam lokasi perlindungan rahasia milik Kang the Conqueror yang asli. Kang versi asli berpura-pura memberitahu suatu rahasia penting, dan menunjukkan fakta bahwa Ravonna Renslayer masih hidup dalam versi lain. Ravonna sendiri diketahui telah terbunuh pada saat melindungi Kang dalam suatu peperangan sebelumnya.

Mendengar kabar tersebut, Kang versi pertama sangat terkejut. Kesempatan itu digunakan Kang versi asli untuk menembak mati Kang versi pertama. Tubuh Kang versi pertama yang tak berdaya digunakan oleh Kang versi asli untuk mengelabui Captain Marvel (Monica Rambeau) dan Sub-Mariner (Namor McKenzie) yang saat itu sedang memburu Kang.

BACA JUGA: 100 Film Terlaris Sepanjang Masa, Wajib Masuk List Tontonmu!

Ketika Captain Marvel dan Sub-Mariner menemukan tubuh Kang yang tergeletak, Kang versi kedua tiba-tiba datang dan memergoki peristiwa tersebut. Kang versi kedua menuduh Captain Marvel dan Sub-Mariner telah membunuh Kang versi pertama. Pertempuran sengit pun akhirnya tak dapat dihindari.

Kang versi kedua pun sadar bahwa ada sesuatu yang janggal dalam tewasnya Kang versi pertama. Di tengah pertempuran dengan Captain Marvel dan Sub-Mariner tersebut, Kang the Conqueror yang asli muncul dan memenjarakan mereka semua. 

Saat di penjara, Kang versi asli mengungkapkan niatnya di balik upaya mengeliminasi semua varian Kang dari berbagai dunia dan realitas. Kang versi asli takut tersaingi oleh varian-varian lainnya. Ia ingin menjadi satu-satunya Kang the Conqueror yang paling berkuasa di Multiverse. 

Setelah ia mengeliminasi Kang versi kedua, ia berniat untuk membuat Council of Kangs (Dewan Kang-Kang). Council of Kangs hanya akan berisi Kang the Conqueror yang asli sebagai penguasa utama, serta robot-robot ciptaannya yang menggantikan varian-varian lain yang telah tiada. Ia akan terus berniat untuk membawa berbagai masalah dan kekacauan terhadap Multiverse.

Di atas merupakan beberapa fakta Kang the Conqueror, salah satu tokoh villain terkuat dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) fase empat. Semoga artikel ini dapat mengenalkan Sedulur lebih dekat dengan tokoh ini yang muncul di film Ant-man and The Wasp: Quantumania.

Bagi Sedulur yang masih bingung tentang alur cerita film-film Marvel, Sedulur bisa marathon menonton setiap film Marvel yang telah keluar. Jangan lupa juga siapkan camilan dan minuman segar untuk menemani Sedulur menonton setiap film Marvel.

Agar Sedulur tidak repot dan fokus mengikuti cerita Marvel, Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan camilan dan minuman segar dengan belanja di Aplikasi Super.  Hanya melalui aplikasi, Sedulur bisa memenuhi setiap kebutuhan nyemil untuk nonton film.

Yuk, belanja sekarang di Aplikasi Super. Jangan lupa rajin-rajin juga cek aplikasinya, jangan sampai ketinggalan promo dan voucher menarik yang ada. Bagi Sedulur yang belum punya aplikasinya, bisa segera download di Playstore, ya!