drama china romantis

Butuh asupan drama Asia yang bergenre romance? Drama asal negeri tirai bambu bisa jadi pilihan. Tak kalah keren dari drama produksi Korea Selatan, mereka juga banyak menawarkan cerita-cerita yang latarnya menawan. Mulai dari masa dinasti, revolusi komunis, sampai pasca pendudukan Jepang, dan tentunya masa kini, semua ada. 

Bingung mau mulai dari mana? Berikut belasan rekomendasi drama China romantis yang bisa jadi hiburanmu malam ini. Pusing kerja dari pagi sampai sore, ini saatnya memanjakan diri dengan tontonan berkualitas yang menghibur. Catat, ya, Sedulur. 

BACA JUGA: 9 Scene Vincenzo yang Bikin Belum Bisa Move On, Drakor Terbaik

1. Love O2O (2016) 

drama china romantis
netflix

Love O2O adalah salah satu drama China komedi romantis terlaris yang tak hanya sukses di Tiongkok, tetapi juga ditonton jutaan orang di seluruh dunia sejak tayang di Netflix. Series ini berkisah tentang mahasiswi ilmu koomputer bernama Weiwei yang aktif bermain di sebuah gim RPG. Di dalam gim, ia bekerjasama dengan gamer lain bernama Yixiao Naihe yang mengajaknya untuk menikah agar bisa bermain di lebih banyak game bersama. Tanpa disadari, ternyata sosok Naihe adalah kakak tingkat Weiwei di kampus. Penuh adegan lucu, romantis, dan seru, tak heran kalau series ini sukses berat secara global.

2. The Interpreter (2016)

globaltimes

Dibintangu Yang Mi dan Huang Xuan, drama ini tayang di tahun 2016 dan masuk salah satu yang jumlah pemirsanya tinggi di negara asalnya. Sebenarnya premisnya tidak tergolong baru, dimulai dengan pertemuan tak sengaja antar dua protagonis utamanya, Fei dan Jiayang. Fei adalah mahasiswi bahasa Prancis yang hidup pas-pasan, sementara Jiayang adalah interpreter profesional dari keluarga berkecukupan. Keduanya jatuh cinta, tetapi terhalang oleh restu orang tua dan cinta masa lalu yang belum selesai. Penasaran nggak sama kisah mereka? Sedulur bisa menonton perjuangan mereka untuk bersatu di VIU. 

3. A Love So Beautiful (2017) 

Viki

Drama China romantis berlatar sekolah bisa Sedulur nikmati lewat judul A Love So Beautiful. Karakter utamanya adalah rekan sekelas bernama Xiaoxi dan Chen yang sudah kenal sejak TK. Xiaoxi sudah menyimpan rasa pada Chen sejak lama, tetapi ia selalu mengabaikannya. Sampai keduanya disatukan dalam satu kelompok belajar untuk persiapan ujian masuk universitas, benih-benih cinta mulai tumbuh di dada Chen. Ringan, mengingatkanmu pada kisah cinta masa sekolah yang innocent dan manis. 

BACA JUGA: 7 Hal yang Terungkap Lewat Squid Game Tentang Korea Selatan

4. Ten Miles of Peach Blossoms (2017) 

imdb

Dikenal pula dengan judul Eternal Love, serial televisi ini tayang secara global di tahun 2018 lewat beberapa platform streaming terkemuka seperti Netflix dan Rakuten Viki. Genrenya magical realism dengan lakon sesosok hantu dan dewi. Dimulai dengan misi jahat sang hantu yang ingin menciptakan kehancuran di dunia, sang dewi pun dikirim ke bumi untuk menghentikannya. Sudah tertebak sih, keduanya bakal jatuh hati dan berada di persimpangan jalan. Meski begitu, series ini berhasil jadi salah satu drama berbahasa Mandarin terpopuler di tahun 2018. 

5. Lost in 1949 (2018) 

mubi

Huang Liwen, sang lakon adalah akuntan yang bekerja diam-diam sebagai mata-mata untuk Partai Komunis. Saat itu Tiongkok masih berstatus negara Republik setelah kelompok Republikan berhasil merebut kekuasaan dari Dinasti Qing di tahun 1912. Misi tersebut membawa Liwen bertemu dengan saudara kembar Zhicai dan Lijie yang merupakan anggota Partai Republik. Selain sang lakon perempuan, Wan Qian, salah satu aktor kunci di serial ini adalah Chen Kun yang memerankan kedua saudara kembar tersebut. 

6. The Rise of Phoenixes (2018) 

drama china romantis
chinafilminsider

Chen Kun juga bermain apik di drama China kolosal bertajuk The Rise of Phoenixes yang diangkat dari sbeuah novel. Latarnya adalah sebuah kerajaan fiktif bernama Tiangsheng di mana seorang putra mahkota tinggal. Ia adalah Ning Yi yang dikenal sebagai sosok cerdas di balik kepribadiannya yang santai dan slengekan. Setelah sang kakak difitnah oleh beberapa pihak yang berkuasa, Ning Yi memilih untuk fokus pada bidang intelijen rahasia yang ia bangun di sebuah perguruan tinggi. Di sana ia bertemu dengan Feng Zhiwei, perempuan cerdas yang sebelumnya hendak dinikahkan, tetapi dibantu Yi untuk mengenyam pendidikan tinggi. Drama Mandarin ini bisa Sedulur tonton semua episodenya di Netflix. 

7. Love the Whole World (2018)

chinesedrama.info

Love the Whole World  atau My Story For You adalah drama China romantis antara CEO sebuah perusahaan teknologi terkemuka dan istrinya. Sang CEO harus mengecap kegagalan saat perusahaannya bangkrut karena krisis ekonomi yang mengguncang Asia di akhir tahun 90an. Ia akhirnya memutuskan untuk mencoba peruntungan menjadi penulis. Semua ia lakukan dengan semangat dari pujaan hati dan rekan-rekan terdekatnya. Manis dan bikin Sedulur ingat masa-masa lalu yang indah, drama ini wajib ditonton. 

BACA JUGA: 15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi!

8. Put Your Head on My Shoulder (2019)

drama china romantis
netflix

Ini tentang dua anak kuliahan dari jurusan berbeda yang bertemu tanpa sengaja dan saling tertarik. Series dimulai dengan perkenalan penonton pada sosok mahasiswi akuntansi bernama Si Tu Mo yang sudah mendekati tanggal kelulusannya, tetapi masih bingung dengan tangga karir yang ingin ia jalani. Ia memiliki sobat sejak kecil bernama Fu Pei yang sebenarnya ia taksir, tetapi sama-sama tak punya rencana masa depan yang jelas. Sampai Tu Mo bertemu dengan Wei Yi, sesosok mahasiswa jurusan fisika yang diperkenalkan oleh sang ibu. Kehadiran Wei Yi, membuat hidup Tu Mo tak sama lagi. 

9. A Little Thing Called First Love (2019) 

netflix

Mengadopsi film fenomenal Thailand, drama dari Tiongkok ini berkutat pada kehidupan seorang mahasiswi yang menaruh hati pada sosok mahasiswa populer di kampusnya. Ia pun berusaha mengubah penampilan dan menorehkan prestasi demi menarik perhatian sang pujaan hati. Namun, cintanya bertepuk sebelah tangan. Setidaknya itu yang ia yakini di awal. Buat yang sudah nonton versi Thailand-nya, pasti sudah tahu betapa manis dan imutnya kisah cinta mereka. Silakan tonton di Netflix kalau penasaran sama versi serialnya. 

10. Unrequited Love (2019) 

drama china romantis
odetodramas

Mirip dengan drama romantis sebelumnya, Unrequited Love merupakan cerita romansa antara seorang gadis yang menaruh rasa pada seorang pria. Perasaan itu ia simpan bertahun-tahun sampai keduanya akhirnya berani mengungkapkannya. Latar waktunya sepanjang 15 tahun, sejak mereka kecil, remaja, dan akhirnya dewasa. Series ini dibuat ulang di tahun 2021 dengan judul sama, tetapi mendapuk aktor yang berbeda. Sudah nonton belum? Ada 24 episode yang siap kamu maraton. 

BACA JUGA: Profil Lengkap Wi Ha Joon “Squid Game” yang Belum Banyak Tahu

11. Go Ahead (2020)

netflix

Dirilis pertengahan tahun 2020 lalu, Go Ahead tersedia di layanan streaming Netflix dan Vidio. Ada tiga lakon di sini yang diperankan aktor-aktor top Tiongkok macam Song Weilong, Zhang Xincheng, dan Tan Songyun. Ketiganya dikisahkan sebagai anak-anak dari keluarga broken home yang membentuk ikatan bak saudara kandung. Mereka saling mendukung dan membantu satu sama lain di kala rumah mereka tak lagi jadi tempat yang kondusif. Sempat terpisah karena beberapa hal, ketiganya akhirnya bertemu kembali bertahun-tahun kemudian dan kembali mengenang pahit manisnya masa kecil dan remaja mereka yang penuh lika-liku. 

12. Unforgettable Love (2021) 

imdb

Unforgettable Love adalah drama China romantis yang mempertemukan konglomerat dengan seorang psikiater. Semua berawal dari He We Fei, putra CEO kaya raya yang punya kepribadian unik. Sang ayah pun meminta bantuan seorang psikiater anak untuk membantunya membesarkan si putra kecil. Sudah bisa ditebak, keduanya pastinya diharapkan akan berjodoh seiring plot cerita berjalan. Tentunya dengan argumen kocak di sana sini yang akhirnya berakhir dengan kesadaran kalau mereka sebenarnya saling peduli dan cinta. Sedulur bisa menonton semua episodenya di layanan streaming iQIYI.

13. The Bond (2021) 

drama china romantis
ninenovel.net

Drama China romantis ini berkisah tentang suami istri dengan 5 anak. Namun, semua kebahagiaan itu lenyap saat sang istri memilih untuk meninggalkan Zu Wang, sang suami membesarkan kelima anaknya sendiri. Tak kuat dengan tekanan itu, Zu Wang pun makin sering mengabaikan anak-anaknya. Sang anak tertua akhirnya menjadi pengganti sosok orangtua untuk adik-adiknya. Mereka berlima pun bekerjasama bertahan hidup sendiri hingga usia dewasa dan uniknya hingga besar mereka masih punya ikatan persaudaraan yang kuat. Heartwarming, cocok buat Sedulur yang suka dengan cerita bertema keluarga yang penuh makna. 

Deretan drama China komedi romantis terbaru bisa jadi bekal akhir pekanmu nanti. Pas buat penggemar kisah cinta dan romansa masa muda. Mau yang ringan atau yang bermuatan politik dan sejarah, semuanya dijamin bisa bikin kamu tersenyum bahagia melihat kemesraan para karakter utamanya. 

Sambil menemani kamu nonton serial romantis, jangan lupa siapin camilan di dekatmu. Beli jajanan murahnya cuma di Aplikasi Super, Sedulur. Murahnya asli, kualitas barang pun dijamin. Sekalian sembakonya kalau perlu. Tunggu apalagi. Yuk, pasang sekarang dan nikmati fitur-fitur ciamiknya. Gratis.