drama china romantis

Butuh asupan drama Asia yang bergenre romance? Drama asal negeri tirai bambu bisa jadi pilihan. Tak kalah keren dari drama produksi Korea Selatan, drama China romantis juga banyak menawarkan cerita-cerita yang latarnya menawan. Mulai dari masa dinasti, revolusi komunis, sampai pasca pendudukan Jepang, dan tentunya masa kini, semua ada.

Bingung mau mulai dari mana? Berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi drama China romantis yang bisa jadi hiburanmu malam ini. Pusing kerja dari pagi sampai sore, ini saatnya memanjakan diri dengan tontonan berkualitas yang menghibur. Catat, ya, Sedulur. 

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Drama China yang Cocok Ditonton Saat Libur

Daftar drama China romantis terbaik

Berikut ada 20 rekomendasi drama China bergenre romantis yang bisa menjadi referensi hiburan untuk Sedulur di akhir pekan. Beberapa di antaranya adalah Love O2O, Ten Miles of Peach Blossoms, Put Your Head on My Shoulder, Once We Get Married, hingga Mr. BAD.

-->

1. Love O2O (2016)

drama china romantis
VIU

Love O2O (2016) adalah salah satu drama China komedi romantis terlaris yang tak hanya sukses di negara asalnya, tetapi juga ditonton jutaan orang di seluruh dunia sejak tayang di Netflix. Series ini berkisah tentang mahasiswi ilmu komputer bernama Weiwei yang aktif bermain di sebuah gim RPG. Di dalam gim, ia bekerjasama dengan gamer lain bernama Yixiao Naihe yang mengajaknya untuk menikah agar bisa bermain di lebih banyak game bersama. Tanpa disadari, ternyata sosok Naihe adalah kakak tingkat Weiwei di kampus. Penuh adegan lucu, romantis, dan seru, tak heran kalau series ini sukses berat secara global.

2. The Interpreter (2016)

drama china romantis
Viki

Dibintangi Yang Mi dan Huang Xuan, drama ini tayang di tahun 2016 dan masuk salah satu yang jumlah pemirsanya tinggi di negara asalnya. Sebenarnya premisnya tidak tergolong baru, dimulai dengan pertemuan tak sengaja antar dua protagonis utamanya, Fei dan Jiayang. Fei adalah mahasiswi bahasa Prancis yang hidup pas-pasan, sementara Jiayang adalah interpreter profesional dari keluarga berkecukupan. Keduanya jatuh cinta, tetapi terhalang oleh restu orang tua dan cinta masa lalu yang belum selesai. Penasaran nggak sama kisah mereka? Sedulur bisa menonton perjuangan mereka untuk bersatu di VIU.

3. A Love So Beautiful (2017)

drama china romantis
Soompi

Drama China romantis berlatar sekolah bisa Sedulur nikmati lewat judul A Love So Beautiful. Karakter utamanya adalah rekan sekelas bernama Xiaoxi dan Chen yang sudah kenal sejak TK. Xiaoxi sudah menyimpan rasa pada Chen sejak lama, tetapi ia selalu mengabaikannya. Sampai keduanya disatukan dalam satu kelompok belajar untuk persiapan ujian masuk universitas, benih-benih cinta mulai tumbuh di dada Chen. Ringan, mengingatkanmu pada kisah cinta masa sekolah yang innocent dan manis.

4. Ten Miles of Peach Blossoms (2017)

drama china romantis
Viki

Dikenal pula dengan judul Eternal Love, serial televisi ini tayang secara global di tahun 2018 lewat beberapa platform streaming terkemuka seperti Netflix dan Rakuten Viki. Genrenya magical realism dengan lakon sesosok hantu dan dewi. Dimulai dengan misi jahat sang hantu yang ingin menciptakan kehancuran di dunia, sang dewi pun dikirim ke bumi untuk menghentikannya. Sudah tertebak sih, keduanya bakal jatuh hati dan berada di persimpangan jalan. Meski begitu, series ini berhasil jadi salah satu drama berbahasa Mandarin terpopuler di tahun 2018.

BACA JUGA: 32 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Nggak Bikin Nyesel!

5. Lost in 1949 (2018)

drama china romantis
Pinterest

Huang Liwen, sang lakon adalah akuntan yang bekerja diam-diam sebagai mata-mata untuk Partai Komunis. Saat itu Tiongkok masih berstatus negara Republik setelah kelompok Republikan berhasil merebut kekuasaan dari Dinasti Qing di tahun 1912. Misi tersebut membawa Li Wen bertemu dengan saudara kembar Zhicai dan Lijie yang merupakan anggota Partai Republik. Selain sang lakon perempuan, Wan Qian, salah satu aktor kunci di serial ini adalah Chen Kun yang memerankan kedua saudara kembar tersebut.

6. The Rise of Phoenixes (2018)

drama china romantis
Netflix

Chen Kun juga bermain apik di drama China kolosal bertajuk The Rise of Phoenixes yang diangkat dari sebuah novel. Latarnya adalah sebuah kerajaan fiktif bernama Tiangsheng di mana seorang putra mahkota tinggal. Ia adalah Ning Yi yang dikenal sebagai sosok cerdas di balik kepribadiannya yang santai dan slengekan. Setelah sang kakak difitnah oleh beberapa pihak yang berkuasa, Ning Yi memilih untuk fokus pada bidang intelijen rahasia yang ia bangun di sebuah perguruan tinggi. Di sana ia bertemu dengan Feng Zhiwei, perempuan cerdas yang sebelumnya hendak dinikahkan, tetapi dibantu Yi untuk mengenyam pendidikan tinggi. Drama Mandarin ini bisa Sedulur tonton semua episodenya di Netflix.

7. Love the Whole World (2018)

Kompas.com

Love the Whole World  atau My Story For You adalah drama China romantis antara CEO sebuah perusahaan teknologi terkemuka dan istrinya. Sang CEO harus mengecap kegagalan saat perusahaannya bangkrut karena krisis ekonomi yang mengguncang Asia di akhir tahun 90an. Ia akhirnya memutuskan untuk mencoba peruntungan menjadi penulis. Semua ia lakukan dengan semangat dari pujaan hati dan rekan-rekan terdekatnya. Manis dan bikin Sedulur ingat masa-masa lalu yang indah, drama ini wajib ditonton.

8. About is Love (2018)

Viki

About is Love merupakan drama romantis dengan karakter yang mengalami Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) akibat trauma di masa lalu. Diceritakan, Wei Qing (diperankan Yan Xi) adalah seorang pria yang terlihat sempurna dengan berbagai hal yang dimiliki. Ia bekerja di sebuah perusahaan bergengsi, memiliki banyak uang, dan dihormati. Namun tak banyak yang tahu bahwa ia mengalami kondisi OCD yang kerap membuatnya mengalami masalah saat berinteraksi dengan orang lain.

Suatu ketika, Wei Qing bertemu dengan Zhou Shi (Xu Xiao Nuo), seorang mahasiswi seni yang tanpa ia duga, tidak membuat kondisi OCD-nya kambuh. Ia lantas mengajak Zhou Shi untuk membuat kesepakatan sehingga mereka bisa saling membantu. Perjanjian tersebut ternyata membawa mereka pada perubahan besar yang tak pernah diduga sebelumnya.

BACA JUGA: 16 Anime China Terbaik yang Nggak Kalah dengan Anime Jepang

9. Accidentally in Love (2018)

Netflix

Accidentally in Love merupakan rekomendasi drama romantis komedi yang bisa menjadi pilihan tontonan Sedulur di akhir pekan. Drama ini mengisahkan tentang Chen Qing Qing (Sun Yining Amy), seorang pewaris dari keluarga kaya yang memilih hidup sebagai orang biasa. Hal ini lantaran dirinya enggan mengikuti perjodohan dan ingin mencari cinta sejatinya sendiri.

Tak berhenti sampai di situ, Chen Qing Qing juga mengubah penampilannya dan mengikuti kuliah sebagai mahasiswi biasa. Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan Si Tu Feng (Guo Jun Chen), penyanyi populer yang terpaksa kembali ke sekolah. Meski diwarnai dengan banyak konflik, seiring berjalannya waktu hubungan keduanya berubah menjadi dekat. Apalagi mereka akhirnya saling mengetahui rahasia masing-masing.

10. Put Your Head on My Shoulder (2019)

Netflix

Ini tentang dua anak kuliahan dari jurusan berbeda yang bertemu tanpa sengaja dan saling tertarik. Series dimulai dengan perkenalan penonton pada sosok mahasiswi akuntansi bernama Si Tu Mo yang sudah mendekati tanggal kelulusannya, tetapi masih bingung dengan tangga karir yang ingin ia jalani. Ia memiliki sobat sejak kecil bernama Fu Pei yang sebenarnya ia taksir, tetapi sama-sama tak punya rencana masa depan yang jelas. Sampai Tu Mo bertemu dengan Wei Yi, sosok mahasiswa jurusan fisika yang diperkenalkan oleh sang ibu. Kehadiran Wei Yi, membuat hidup Tu Mo tak sama lagi.

11. A Little Thing Called First Love (2019)

Viki

Mengadopsi film fenomenal Thailand, drama dari Tiongkok ini berkutat pada kehidupan seorang mahasiswi yang menaruh hati pada sosok mahasiswa populer di kampusnya. Ia pun berusaha mengubah penampilan dan menorehkan prestasi demi menarik perhatian sang pujaan hati. Namun, cintanya bertepuk sebelah tangan. Setidaknya itu yang ia yakini di awal. Buat yang sudah nonton versi Thailand-nya, pasti sudah tahu betapa manis dan imutnya kisah cinta mereka. Silakan tonton di Netflix kalau penasaran sama versi serialnya.

12. Unrequited Love (2019)

Netflix

Mirip dengan drama romantis sebelumnya, Unrequited Love merupakan cerita romansa antara seorang gadis yang menaruh rasa pada seorang pria. Perasaan itu ia simpan bertahun-tahun sampai keduanya akhirnya berani mengungkapkannya. Latar waktunya sepanjang 15 tahun, sejak mereka kecil, remaja, dan akhirnya dewasa. Series ini dibuat ulang di tahun 2021 dengan judul sama, tetapi mendapuk aktor yang berbeda. Sudah nonton belum? Ada 24 episode yang siap kamu maraton.

BACA JUGA: Sinopsis My Girlfriend is Alien, Kisah Cinta Seorang Alien

13. My Girlfriend is an Alien (2019)

Viki

Berikutnya ada My Girlfriend is an Alien, drama bergenre romantis dengan bumbu komedi yang dirilis pada 2019. Melihat dari judulnya, tentu Sedulur sudah bisa menebak bahwa drama ini akan menceritakan soal kisah cinta seorang manusia dengan alien.

Kisah drama ini dimulai dari Chai Xiaoqi (diperankan oleh Wang Peng), alien dari Cape Town Planet yang memiliki misi ke Bumi. Saat sedang menjalankan misi, Chai Xiaoqi kehilangan sinyal sehingga ia harus menetap untuk sementara waktu.

Tanpa sengaja, Chai Xiaoqi bertemu dengan Fang Leng (Bie Thassapak Hsu), seorang CEO yang mengidap penyakit amnesia heteroseksual. Trauma akibat kejadian di masa lalu itu membuat Fang Leng akan melupakan wanita dalam kehidupannya ketika hujan turun. Akibat hal tersebut, ia juga dilabeli sebagai playboy.

Pertemuan pertama Chai Xiaoqi dengan Fang Leng tidak terjadi secara baik. Sebab, Annunciator milik Chai Xiaoqi yang juga berperan penting untuk kepulangannya ke Cape Town malah melekat pada Fang Leng. Akhirnya, Chai Xiaoqi mau tak mau harus mencari alat tersebut yang sekaligus membuatnya menjadi dekat dengan Fang Leng.

14. Go Ahead (2020)

drama china romantis
Viki

Dirilis pertengahan tahun 2020 lalu, Go Ahead tersedia di layanan streaming Netflix dan Vidio. Ada tiga lakon di sini yang diperankan aktor-aktor top Tiongkok macam Song Weilong, Zhang Xincheng, dan Tan Songyun. Ketiganya dikisahkan sebagai anak-anak dari keluarga broken home yang membentuk ikatan bak saudara kandung. Mereka saling mendukung dan membantu satu sama lain di kala rumah mereka tak lagi jadi tempat yang kondusif. Sempat terpisah karena beberapa hal, ketiganya akhirnya bertemu kembali bertahun-tahun kemudian dan kembali mengenang pahit manisnya masa kecil dan remaja mereka yang penuh lika-liku.

15. Count Your Lucky Stars (2020)

Viu

Sedulur yang menggemari serial lawas Meteor Garden wajib menonton drama satu ini. Sebab, Count Your Lucky Stars dibintangi oleh dua pemeran utama drama tersebut, yaitu Jerry Yan dan Shen Yue, di mana keduanya didapuk untuk bermain sebagai pemeran utama dalam drama Meteor Garden, namun berbeda generasi. Jerry Yan diketahui berperan sebagai Dao Ming Si pada Meteor Garden 2001, sedangkan Shen Yue memerankan karakter Dong Shancai untuk versi remake yang dirilis pada 2018.

Adapun Count Your Lucky Stars menceritakan tentang Lu Xing Cheng (Jerry Yan) dan Tong Xiao You (Shen Yue). Lu Xing Cheng merupakan seorang pemimpin redaksi majalah mode ternama. Meski dikenal dengan karakter angkuh, ia seolah tak pernah mengenal kata gagal dalam hidupnya. Dengan kata lain, ia selalu mengalami keberuntungan yang tentu menjadi keinginan banyak orang.

Di sisi lain, Tong Xiao You memiliki takdir yang berbeda 180 derajat dengan Lu Xing Cheng. Ia merupakan seorang perancang busana yang selalu mengalami kegagalan. Tak ayal, impiannya menjadi desainer seolah tak pernah mendekat sekeras apapun ia berusaha. Hingga suatu ketika, Tong Xiao You dan Lu Xing Cheng terlibat kecelakaan yang membuat keduanya bertukar nasib.

16. Unforgettable Love (2021) 

iQIYI>

Unforgettable Love adalah drama China romantis yang mempertemukan konglomerat dengan seorang psikiater. Semua berawal dari He We Fei, putra CEO kaya raya yang punya kepribadian unik. Sang ayah pun meminta bantuan seorang psikiater anak untuk membantunya membesarkan si putra kecil. Sudah bisa ditebak, keduanya pastinya diharapkan akan berjodoh seiring plot cerita berjalan. Tentunya dengan argumen kocak di sana sini yang akhirnya berakhir dengan kesadaran kalau mereka sebenarnya saling peduli dan cinta. Sedulur bisa menonton semua episodenya di layanan streaming iQIYI.

BACA JUGA: Sinopsis Falling into Your Smile, Cinta Segitiga Atlet E-Sport

17. The Bond (2021) 

Viki

Drama China romantis ini berkisah tentang suami istri dengan 5 anak. Namun, semua kebahagiaan itu lenyap saat sang istri memilih untuk meninggalkan Zu Wang, sang suami membesarkan kelima anaknya sendiri. Tak kuat dengan tekanan itu, Zu Wang pun makin sering mengabaikan anak-anaknya. Sang anak tertua akhirnya menjadi pengganti sosok orangtua untuk adik-adiknya. Mereka berlima pun bekerjasama bertahan hidup sendiri hingga usia dewasa dan uniknya hingga besar mereka masih punya ikatan persaudaraan yang kuat. Heartwarming, cocok buat Sedulur yang suka dengan cerita bertema keluarga yang penuh makna.

18. Love Scenery (2021)

WeTV

Love Scenery merupakan drama China romantis yang menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Lu Jing. Ia memiliki bakat dalam bermain gim secara daring. Selain itu, Lu Jing juga diceritakan merupakan penggemar dari penyanyi perempuan bernama Liang Chen.

Lantaran sedang mengalami kebuntuan ide untuk menulis lagu, Liang Chen mencoba untuk bermain gim. Di sana ia berkenalan dengan seorang laki-laki yang ternyata adalah Lu Jing. Akan tetapi, Lu Jing tidak menyadari jika teman yang ditemuinya secara daring itu adalah penyanyi idolanya sendiri.

19. Once We Get Married (2021)

WeTV

Sedulur yang menyukai drama romantis dengan latar pernikahan kontrak wajib memasukkan Once We Get Married dalam daftar tontonan. Drama yang dibintangi oleh Wang Yu Wen dan Wang Zi Qi ini menceritakan hubungan kontrak antara seorang CEO dengan perancang busana.

Kisah keduanya bermula ketika Gu Xi Xi (Wang Yu Wen) yang merupakan perancang busana pemula memiliki impian untuk membangun labelnya sendiri. Di sisi lain, ia juga membuka toko daring yang menyediakan layanan belanja untuk klien.

Suatu ketika, ia mendapat pesanan gaun pengantin dari desainer kenamaan. Untuk mendapatkan gaun tersebut, ia perlu menemui sang desainer yang kebetulan akan mendatangi suatu acara privat. Tanpa diduga, ia malah terlibat insiden dengan Yin Si Chen (Wang Zi Qi) yang merupakan CEO dari sebuah perusahaan besar di bidang retail. Yin Si Chen juga memiliki misi tersendiri untuk mendekati desainer tersebut.

Pertemuan tak terduga itu ternyata membawa Gu Xi Xi pada takdir yang tidak pernah ia sangka sebelumnya. Sebab, ia akhirnya harus terlibat dalam hubungan kontrak dengan Yin Si Chen demi mewujudkan mimpinya.

20. Mr. BAD (2022)

iQIYI

Mr. BAD adalah drama China yang dirilis pada 2022 lalu. Drama yang dibintangi oleh Shen Yue dan Chen Zhe Yuan ini mengusung genre romantis komedi dengan bumbu fantasi. 

Diceritakan, Nan Xing (diperankan oleh Shen Yue) adalah seorang penulis cerita fiksi idola atau fan fiction. Ia semua merupakan seorang atlet namun memutuskan pensiun demi mengejar impiannya untuk bekerja di perusahaan milik sang idola.

Suatu ketika, kejadian aneh menimpa Nan Xing di mana karakter fiksi yang dibuatnya, yakni Xiao Wudi (Chen Zheyuan) tiba-tiba muncul di kehidupan nyata. Xiao Wudi yang datang dengan penampilan layaknya karakter dalam film kerajaan itu muncul setelah Nan Xing membuat sebuah permohonan. Meski diwarnai konflik, mereka akhirnya harus bekerja sama untuk menyembunyikan identitas Xiao Wudi serta membawanya kembali ke dunianya.

Itu dia 20 rekomendasi drama China romantis terbaik yang bisa Sedulur pilih sebagai referensi hiburan di akhir pekan. Menariknya, drama-drama di atas telah tersedia di berbagai layanan streaming atau OTT sehingga Sedulur bisa dengan mudah menontonnya di rumah.

Nah, agar nonton drama makin seru, jangan lupa sediakan kudapan sebagai teman nonton. Sedulur bisa membeli aneka camilan dan juga minuman ringan di Aplikasi Super. Apalagi Aplikasi Super punya banyak pilihan jajanan lezat seperti Udalado, camilan enak dengan citarasa khas Nusantara.

Tertarik untuk mencoba? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan borong Udalado serta aneka jajanan favoritmu!