anime donghua terbaik

Sedulur mungkin sudah tahu bahwa anime adalah tontonan yang menarik dan cukup banyak penikmatnya di Indonesia. Namun, anime merupakan penyebutan untuk film animasi dari Jepang. Sementara itu, China juga memiliki film animasi tersendiri yang cukup mirip dengan anime Jepang. Film-film ini cukup mencuri perhatian karena memiliki cerita yang unik dengan visual ciamik. Istilah anime China ini seing dikenal dengan nama donghua. Dan, siapa sangka ternyata ada banyak animasi donghua terbaik yang bisa Sedulur tonton lho.

Kali ini kita akan membahas bersama tentang deretan rekomendasi animas donghua terbaik yang bisa jadi tontonan di rumah. Tak hanya punya cerita yang seru, film animasi ini juga punya karakter unik yang kental dengan budaya China. Jadi kalau kamu penasaran, simak ulasannya berikut ini!

BACA JUGA: 16 Anime China Terbaik yang Nggak Kalah dengan Anime Jepang

Mengenal Donghua

anime donghua terbaik
Anime List

Dalam perkembangannya, kata donghua dan manhua disatukan untuk menghasilkan kata dongman. Istilah dongmanhua mulai sering digunakan pada tahun 1990-an, lalu secara bertahap disingkat menjadi dongman. Sehingga kita dapat menyimpulkan secara sederhana bahwa arti asli dongman adalah gabungan dari animasi (donghua) dan komik (manhua).

Pada era Showa (1926-1989), istilah manga mulai berkembang di Jepang. Pada saat yang sama, kata manhua memperluas artinya hingga mencakup bentuk-bentuk seni yang sebelumnya disebut karikatur dan komik di Tiongkok. Jadi, dengan beberapa referensi tersebut, donghua bisa dikatakan sebagai animasi asli Tiongkok China. Sementara manhua adalah bentuk komik dari cerita tersebut. Sama seperti anime adalah animasi asal Jepang dan manga adalah komik Jepang. Perbedaan manhua dan donghua dilihat dari bentuk seninya.

Jika berbentuk karya seni cetak yang komikal disebut manhua. Jika berbentuk animasi, maka dikategorikan donghua. Salah satu produk budaya yang menghibur dari China yang bisa jadi pilihan hiburan bagi Sedulur dan berikut ini rekomendasinya.

BACA JUGA: 25+ Film Animasi Terbaru & Terbaik Sepanjang Masa, Yuk Tonton!

1. Mo Dao Zu Shi

anime donghua terbaik
CBR

Donghua terbaik yang pertama berjudul Mo Dao Zu Shi, kisahnya diangkat dari kepercayaan masyarakat China ini menceritakan tentang sekte yang didirikan oleh Wei Wuxian. Setelah mati dan bereinkarnasi, Wei Wuxian justru berusaha membubarkan sekte yang pernah didirikannya tersebut. Alasannya, perkumpulan sekter tersebut seringkali membuat onar dan masalah. Banyak cerita menarik yang disuguhkan di donghua ini. Dijamin tidak akan membuat Sedulur bosan dan seperti tidak ada bedanya dengan menonton anime. Hanya saja sentuhan China lebih terasa kental.

2. Full Time Magister

Rekomendasi kedua untuk donghua terbaik yaitu Full Time Magister. Donghua  ini berlatar di sekolah sihir seperti Harry Potter. Nama tokohnya adalah Mo Fan yang terjebak di dunia paralel. Di sana Mo Fan belajar sihir untuk membalas para pembuli yang sering menindasnya. Karena terlalu , Mo Fan dinobatkan sebagai siswa terbaik di sekolahnya. Lika liku Mo Fan mendapatkan penghargaan sebagai siswa terbaik menjadi cerita yang seru dalam donghua ini. Sedulur wajib menontonnya, ya!

3. Lan Mo De Hua

Donghua bergenre romantis ini mengangkat tema friend zone. Ditambah sentuhan fantasi di mana Lan sang karakter utama menemukan jepit rambut ajaib. Dengan keajaiban jepit rambut tersebut, Lan mengubah penampilannya untuk memikat hati Lui dan lepas dari jerat friend zone. Bagi Sedulur yang tertarik dengan tema percintaan, donghua terbaik satu ini bisa jadi salah satu rekomendasi tontonan yang seru.

4. The King’s Avatar

Hati-hati, ini bukan kartun Avatar The Legend of Aang, ya! Alkisah, Ye Xiu yang merupakan gamer berotak cerdas dikeluarkan dari tim esports yang dibelanya. Namun, sang karakter jagoan di sini berusaha membuktikan dirinya adalah gamer terbaik. Ketangkasannya di scene olahraga elektronik, membuat Ye Xiu dikagumi kawan dan lawan. Avatar dalam hal ini merujuk pada istilah penggunaan pengganti diri di dunia digital.

5. Tian Guan Ci Fu

Seorang legenda beladiri bernama Xie Lian telah hidup damai di surga selama 8.000 tahun. Namun, ketenangan surgawi itu diganggu oleh kedatangan Cheng sang raja iblis yang menebar teror. Bisa jadi salah satu tontonan seru bagi Sedulur.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Tonton!

6. The Daily Life of the Immortal King

anime donghua terbaik
Netflix

Cerita donghua ini dipenuhi oleh aksi karakter utama bernama Wang Ling. Saban hari kerjaan Wang Ling adalah mengalahkan para iblis yang ditemuinya. Namun, dalam hati, Wang Ling mendambakan kehidupan yang normal. Banyak pergolakan batin yang dirasakan oleh Wang Ling dan hal tersebut disampaikan dengan cukup baik dalam donghua ini. Jalan cerita donghua ini dijamin tidak akan membuat bosan.

7. Huyao Xiao Hongniang

Donghua ini mengangkat kisah hidup seorang biksu bernama Bai Yuechu yang berkoloni dengan Tushan Susu sang roh rubah. Kolaborasi tersebut bertujuan untuk mempertemukan kembali manusia dan iblis yang terpisahnya. Tidak heran jika Sedulur menemukan banyak cerita terkait biksu dari donghua, hal tersebut karena tradisi biksu yang sangat kental dan mewarnai kebudayaan China yang menjadi landasan berbagai cerita dari donghua.

8. Wu Geng Ji

Dengan latar zaman Dinasti Shang, Wu Geng Ji menyuguhkan cerita penuh konflik antara manusia dan para dewa. Donghua ini disajikan dalam visual unik dengan adegan yang epik. Di China sendiri kepercayaan tentang dewa-dewa sangat kental. Tidak heran hal tersebut diangkat menjadi dasar cerita dari donghua terbaik satu ini.

9. Da Yu Hai Tang

Chun adalah seorang pengendali lautan bak Aquaman. Makhluk ajaib ini bisa berubah jadi perempuan cantik dan membuat pria yang ditemuinya pun jatuh hati. Sekilas sinopsisnya mirip sinetron Putri Duyung kan? Tidak heran banyak legenda yang dijadikan landasan cerita. Legenda-legenda yang dijadikan landasan cerita pun banyak mirip dengan cerita lainnya. Tidak heran hal tersebut ditemukan dalam donghua satu ini.

10. Kitsune no Koe

Hu Liu punya skill bernyanyi yang luar biasa, tetapi kariernya mandek lantaran luka di wajahnya. Dengan memanfaatkan bakat tarik suaranya, Hu Liu mengumpulkan pundi-pundi uang untuk biaya berobat ibunya yang sakit-sakitan.

BACA JUGA: 22 Anime Isekai Terbaik dan Terbaru, Petualang di Dunia Fantasi

11. Jie Mo Ren

donghua
iWacthIt

Jie Mo Ren yang berarti The Devil Ring atau cincin iblis ini mengisahkan kehidupan seorang mahasiswa muda yang mendadak dililit masalah. Semua itu gara-gara iblis yang keluar dari cincin. Dari daftar di atas tidak heran jika menemukan banyak cerita tentang iblis. Hal tersebut bisa dilihat dari cerita di dalam donghua satu ini. Donghua sedikit banyak terpengaruh dari anime, tidak heran jika banyak cerita donghua yang mengikut tren anime yang mengangkat cerita tentang dunia iblis.

12. Wo De Tian Jie Nuyou

Donghua ini mengangkat kisah romansa dari dua tokoh utamanya. Ceritanya berlatarkan dunia yang rumit di mana para penghuninya dibayang-bayangi rasa khawatir. Bagi yang tidak nyaman dengan cerita yang kelam dan gelap, Sedulur perlu berfikir dua kali untuk nonton donghua ini.

13. Sheng Shi Zhuang Niang

Donghua ini mengulas kehidupan seorang beauty blogger dengan kemampuan tata rias yang menakjubkan. Bahkan dia bisa merias kucing dengan beragam produk make up. Jalan cerita tersebut yang membuat donghua ini merupakan salah satu donghua terbaik. Dari kualitas cerita, donghua ini mengambil ide cerita dari kehidupan saat ini yang serba digital. Bahkan pekerjaan beauty blogger yang baru trend beberapa tahun ini, dijadikan sebagai pekerjaan karakter utama donghua ini.

14. Wangpai Yushi

anime donghua terbaik
The Outcast

Di semesta Wangpai Yushi, manusia dan monster hidup berdampingan. Namun, beberapa monster masih sering kalap dan bikin masalah. Dari situlah penjaga dunia beraksi untuk menjinakkan para monster yang kelepasan.

15. The Manual of Hundred Demons

Donghua ini mengangkat kisah Tao Yao yang berprofesi sebagai dokter. Namun, bukan sembarang dokter, karena yang menjadi pasiennya adalah iblis dan makhluk gaib. Bisa dibilang Tao Yao ini saingannya Doctor Strange karena punya tugas mendamaikan konflik antara manusia dan makhluk astral.

16. Battle through the Heavens

Donghua terbaik selanjutnya adalah Battle Through the Heavens. Anime ini diadaptasi dari novel China yang ditulis oleh pengarangnya, Tian Can Tu Dou, dan kemudian diadaptasi menjadi manhua atau dikenal juga sebagai komik China. Cerita berkisar karakter bernama Xiao Yan, seorang pemuda dengan bakat khusus, dan dia mencoba menyempurnakan kemampuannya dengan mengendalikan api. Terlepas dari kemampuannya, Xiao Yan dipandang sebagai beban oleh keluarga dan rekan-rekannya.

17. Bukit Kabut Lima Elemen

Bukit Kabut Lima Elemen adalah rekomendasi donghua terbaik terakhir. Donghuan ini sangat populer berdasarkan dunia fantastik di mana lima elemen seperti logam, kayu, air, api, dan bumi dikendalikan oleh prajurit yang memiliki kemampuan supernatural. Plot berputar di sekitar seorang prajurit muda bernama Yi saat dia memulai misi untuk memulihkan keseimbangan dunia dengan mengumpulkan lima jimat elemen. Selama perjalanannya, dia harus berhadapan dengan musuh yang kuat, mengatasi rintangan pribadi, dan belajar mengendalikan kekuatan unsurnya sendiri.

Demikian tadi beberapa rekomendasi donghua terbaik yang bisa jadi tontonan Sedulur. Semoga dari daftar di atas, ada beberapa donghua yang bisa membuat Sedulur tertarik untuk menontonnya. Atau dari daftar donghua di atas, ada yang sudah Sedulur tonton?