deepwater horizon

Deepwater Horizon merupakan film bergenre disaster atau bencana produksi Amerika Serikat yang dirilis pada 2016 silam. Film arahan sutradara Peter Berg ini merupakan bentuk adaptasi dari kejadian nyata, yakni insiden ledakan anjungan pengeboran minyak lepas pantai di Teluk Meksiko.

Adapun film ini menampilkan jajaran aktor kenamaan. Di antaranya adalah Mark Wahlberg, Gina Rodriguez, Kurt Russell, Dylan O’Brien, John Malkovich, dan Kate Hudson. Dirangkum dari berbagai sumber, Deepwater Horizon mendapat ulasan positif dari para kritikus film.

Tak hanya itu, film ini juga mendapatkan dua nominasi dalam ajang bergengsi Oscar ke 89 untuk kategori Best Sound Editing dan Best Visual Effects. Tertarik untuk menontonnya? Sebelum menonton filmnya, ada baiknya Sedulur menyimak sinopsis Deepwater Horizon hingga fakta menarik tentang film yang sudah dirangkum berikut ini.

BACA JUGA: Sinopsis & Fakta Girl from Nowhere, Kisah Misteri Sekolah

-->

Sinopsis film

sinopsis deep water
Lionsgate

Kisah film ini berpusat pada insiden meledaknya anjungan pengeboran minyak di Teluk Meksiko. Anjungan bernama Deepwater Horizon itu disebut sebagai pengeboran minyak yang paling dalam sekaligus terbesar di dunia pada waktu itu. Adapun anjungan minyak lepas pantai tersebut dioperasikan oleh perusahaan British Petroleum (BP).

Terlepas dari kemegahannya, kilang minyak tersebut rupanya mengalami sejumlah kendala teknis seperti kerusakan mesin yang menyebabkan tidak bisa digunakan dalam pengeboran. Masalah tersebut sebenarnya telah disadari oleh Mike Williams (diperankan oleh Mark Wahlberg) selaku kepala bagian kelistrikan.

Mike lantas mengingatkan pihak perusahaan tentang kendala tersebut termasuk masalah risiko khususnya terhadap keselamatan para pekerja. Namun pihak BP seolah tidak mengindahkan hal itu. Apalagi sebelumnya proyek pengeboran sempat ditunda, sehingga mereka mendorong agar proyek dapat terus dilanjutkan.

Hingga akhirnya pada 20 April 2010, apa yang dikhawatirkan oleh Mike dan para pekerja lainnya menjadi kenyataan. Sebuah ledakan hebat terjadi di anjungan minyak lepas pantai tersebut.

BACA JUGA: Sinopsis Beyond Evil, Pengungkapan Pembunuhan Berantai

Profil film

profil film
Lionsgate
  • Judul film: Deepwater Horizon
  • Genre: bencana (disaster), drama
  • Sutradara: Peter Berg
  • Penulis naskah: Matthew Michael Carnahan, Matthew Sand
  • Produser: Lorenzo di Bonaventura, Mark Vahradian, Mark Wahlberg, Stephen Levinson, David Womark
  • Tanggal rilis: 30 September 2016
  • Durasi film: 107 menit
  • Negara asal: Amerika Serikat
  • Diadaptasi dari: artikel Deepwater Horizon’s Final Hours karya David Barstow, David Rohde, dan Stephanie Saul

BACA JUGA: Sinopsis Insidious, Kisah Keluarga yang Diganggu Roh Jahat

Daftar pemain

pemeran deepwater horizon
IMDb

Berikut adalah daftar pemeran Deepwater Horizon

  • Mark Wahlberg sebagai Mike Williams
  • Gina Rodriguez sebagai Andrea Fleytas
  • Kurt Russell sebagai Jimmy Harrell
  • Dylan O’Brien sebagai Caleb Holloway
  • John Malkovich sebagai Donald Vidrine
  • Kate Hudson sebagai Felicia Williams

BACA JUGA: Sinopsis The Batman, Era Bruce Wayne Robert Pattinson

Fakta film Deepwater Horizon

fakta menarik
IMDb

Berikut adalah deretan fakta menarik tentang film Deepwater Horizon.

1. Kebakaran Deepwater Horizon

Deepwater Horizon kisah nyata insiden meledaknya anjungan pengeboran minyak lepas pantai di Teluk Meksiko. Dirangkum dari berbagai sumber, peristiwa yang terjadi pada 20 April 2010 petang waktu setempat itu disebut sebagai kebocoran minyak bumi terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Dilaporkan, setidaknya 134 hingga 206 juta galon minyak tumpah di Teluk Meksiko. Selain mengakibatkan tercemarnya air laut, ledakan kilang minyak tersebut menyebabkan 11 orang pekerja tewas. Tak hanya itu, ribuan satwa liar juga disebut turut menjadi korban atas peristiwa yang terjadi di 66 kilometer dari lepas pantai Louisiana, Amerika Serikat tersebut.

2. Tayang perdana di Toronto International Film Festival

Film ini ditayangkan perdana di Toronto International Film Festival atau Festival Film Internasional Toronto pada 13 September 2016. Selanjutnya film tersebut baru dirilis di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada 30 September 2016.

3. Review Deepwater Horizon

Secara umum, film ini mendapatkan review atau penilaian positif dari para kritikus. Pada situs IMDb, film ini mendapatkan rating 7.1/10. Sementara menurut situs Rotten Tomatoes film ini mendapatkan rating 7/10 dari 260 ulasan.

4. Dua nominasi Oscar

Fakta menarik lainnya adalah film ini dianugerahi dua nominasi dalam ajang penghargaan bergengsi, Piala Oscar atau Academy Awards ke 89. Kedua nominasi tersebut ialah Best Sound Editing dan Best Visual Effects. Selain itu, Deepwater Horizon juga memperoleh nominasi untuk Best Sound dalam British Academy Film Awards ke 70.

Demikian tadi sinopsis dan ulasan mengenai film Deepwater Horizon. Apakah Sedulur tertarik untuk menontonnya?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.