anime romantis

Anime romantis merupakan salah satu genre yang banyak disukai oleh para wibu seluruh dunia. Termasuk wibu yang ada di Indonesia. Namun, anime dan manga bukan hanya untuk para wibu saja. Bagi Sedulur yang sedang bosan dan memiliki waktu luang banyak, dan ingin menghabiskan waktu dengan menonton hiburan, anime bisa jadi pilihan.

Nuansa yang manis, dan terkadang sedih menjadi salah satu tayangan utama dari anime romantis. Selain itu, setiap orang pasti pernah jatuh cinta, pengalaman tersebut membuat setiap orang pasti akan relate menonton anime genre romantis. Lantas apa saja daftar animenya? Berikut daftarnya!

BACA JUGA: Profil & Biodata Baji Keisuke di Anime Tokyo Revengers, Lengkap!

1. Koi wa Ameagari no You ni (After the Rain)

anime romantis
japanesesensation

Bagi Sedulur yang belum terbiasa menonton anime romantis, Sedulur bisa memulainya dengan menonton Koi wa Ameagari no You ni. Karena dalam anime ini, adegan romantisnya tidak terlalu banyak dan tentu saja tidak bikin baper. Karena bagi yang tidak biasa menyaksikan tayangan romantis, adegan-adegan drama kadang membuat kita geli.

-->

Namun, jika telah terbiasa hal tersebut akan membuat kita ketagihan, lho. Anime ini menceritakan tentang Siswa SMA bernama Akira Tachibana mengambil pekerjaan paruh waktu di sebuah restoran. Tanpa disangka dia malah jatuh cinta dengan managernya yang sudah berusia 45 tahun. Kisah cinta aneh pun berlangsung satu arah, tapi tetap menggemaskan sekaligus buat Sedulur sedikit baper.

2. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April)

kaorinusantara

Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan rekomendasi anime romantis lainnya. Anime ini juga memiliki nama dalam bahasa Inggris yaitu Your Lie in April. Menceritakan tentang seorang pria bernama Kosei Arima yang harus kehilangan gairah bermain musik karena kehilangan ibunya.

Bahkan Arima pun tidak ingin menyentuh piano kesayangannya. Suatu hari, Arima bertemu dengan seorang perempuan bernama Kaori Miyazono yang juga pandai bermain musik. Hasrat Arima mun kembali muncul dan menggebu-gebu. Seperti apa perjalanan kisahnya? Sedulur bisa langsung tonton anime ini!

3. Kimi ni Todoke (From Me to You)

anime romantis
aminoapps

Kimi ni Todoke merupakan rekomendasi film anime romantis selanjutnya. Ceritanya cukup mudah untuk diikuti dan juga layak sebagai anime romance pertama untuk Sedulur tonton. Anime Kimi ni Todoke menceritakan seorang siswi SMA bernama Sawako Kuronuma yang sulit mendapatkan teman, tapi ada seorang yang pria mau mendekat dengannya.

Anime romance yang satu ini punya dua season yang seharusnya bisa diselesaikan dengan cepat. Sedulur akan penasaran dengan kisah cinta Sawako Kuronuma karena bikin gemas dan bisa baper.

4. Ao Haru Ride (Blue Sping Ride)

imdb

Sedulur cari rekomendasi anime romantis school? Ao Haru Ride bisa jadi rekomendasi. Anime ini punya cerita tentang Yoshioka Futaba yang dikucilkan oleh teman-teman wanitanya di sekolah lantaran sangat cantik dan disukai oleh banyak pria. Karena itu, dia mengubah kepribadiannya supaya dijauhi oleh pria. Namun, tetap ada pria yang jatuh hati dengannya dan pria tersebut merupakan teman kala SMP.

Film ini akan bawa Sedulur ke kisah komedi romantis yang bikin ketawa sekaligus baper dalam satu waktu. Bisa dibilang film ini merupakan salah satu rekomendasi anime romance terbaik yang wajib ditonton.

5. Kaichou wa Maid-sama!

anime romantis
wallpaperaccess

Kaichou wa Maid-sama merupakan anime movie romantis yang bisa Sedulur tonton. Anime ini memiliki jalan cerita yang unik, menceritakan tentang sebuah sekola khusus pria yang kemudian menerima siswi perempuan. Misaki Ayuzawa merupakan siswi perempuan pertama di sekolah ini.

Di tengah waktu luangnya, Ayuzawa pun bekerja paruh waktu untuk menjadi pelayan di café untuk membantu keuangan keluarganya. Salah satu siswa pria di sekolahnya pun akhirnya menjadi pelanggan tetap di café tersebut untuk bisa dekat dengannya. Penasaran? Sedulur bisa langsung menyaksikan anime satu ini.

6. Kimi no Suizou wo Tabetai (I Want to Eat Your Pancreas)

kompasiana

I Want to Eat Your Pancreas merupakan anime romantis bikin baper yang menjadi anime terbaik sepanjang masa. Saat menonton anime ini, emosi Sedulur sebagai penonton akan dipermainkan. Menceritakan tentang sosok Haruki Shinga yang tidak sengaja mengetahui rahasia dari Sakura Yamauchi terkait penyakitnya.

Alih-alih menjauh dan membenci Shinga, Sakura malah ingin menghabiskan sisa hidupna dengan pria yang entah siapa tersebut. Jangan kaget jika Sedulur kemudian banyak mengeluarkan air mata saat menonton anime ini. Mending sedari awal Sedulur segera siapkan tisu sebelum menontonnya.

7. Kotonoha no Niwa (The Garden of Words)

anime romantis
osakajeju

Kotonoha no Niwa merupakan anime romantis sedih selanjutnya. Film ini tidak memiliki durasi yang lama, namun hal tersebut bukan berarti Sedulur tidak akan mengeluarkan air mata. Kendati pun durasinya yang terbilang pendek, anime ini akan sukses menguras air mata Sedulur. Penasaran? Buktikan sendiri saja jika perlu!

8. Kimi No na Wa (Your Name)

detik

Salah satu filmanime romance rating tinggi yaitu Your Name atau Kimi ni No na Wa, garapan kreator legendaris di Jepang, Makoto Shinkai. Mungkin Sedulur juga telah menonton film ini, dan sepakat tentang kualitas cerita di film ini. Anime ini bercerita tentang Mitsuha Miyamizu yang tinggal di sebuah desa dan Taki Tachibana yang tinggal di desa.

Mereka berdua saling berhubungan dan ada kalanya berpindah tubuh. Sedulur akan dibawa kepada petualangan yang pastinya bikin penasaran dan membuat Sedulur bertanya bagaimana konflik dalam film ini akan berakhir. Dijamin tidak akan bikin kecewa dengan menonton anime satu ini!

9. Koe no Katachi (A Silent Voice)

anime romantis
kompasiana

A Silinet Voice merupakan anime drama romantis selanjutnya, berceritan tentang kisah wanita tunanetra bernama Shouku Nishimiya yang di-bully oleh teman-temannya di sekolah sejak kecil. Pria nakal bernama Shouya Ishida menjadi salah satu orang yang sering membullynya sejak kecil.

Mereka pun bertemu lagi saat dewasa. Ishida pun mencoba untuk membayar semua kesalahannya yang pernah dilakukan sejak dulu. Hati-hati, banyak adegan sedih di anime ini. Dan tentu saja banyak juga pesan moral yang terdapat dalam anime ini, terutama terkait persoalan bullying yang memang menjadi masalah dalam kehidupan sekolah di setiap negara, tidak terkecuali di Indonesia.

BACA JUGA: 10 Anggota Klan Otsutsuki Terkuat & Terseram di Anime Naruto

10. Byosuko Go Senchimeetoru (5 Centimeters Per Second)

drivenime

Rekomendasi anime romantis selanjutnya adalah Byosuko go Senchimeetoru atau 5 Centimeters per Second. Anime ini dibuat oleh Makoto Shinkai, yang juga membuat anime Your Name dan Kotonoha no Niwa. Tidak perlu dipertanyakan lagi bagaimana kualitas anime ini. Makoto Shinkai terkenal dengan kemampuannya yang dapat menyentuh perasaan penontonnya.

Sehingga ketika menonton setiap karyanya, emosi kita akan dikuras dan diaduk-aduk. Film ini berkisat tentang Takaki Toono dan Akari Shinohara yang berteman sejak kecil. Suatu saat, mereka harus berpisah karena keluarga Akari harus pindah karena urusan pekerjaan. Keduanya pun tidak pernah bertemu lagi hingga akhirnya ketika dewasa mereka kembali bertemu.

11. Fruits Basket

anime romantis
thegeekiary

Fruits Basket merupakan rekomendasi anime romantis lainnya.  Anime ini merupakan salah satu yang terbaik dan paling banyak dicintai sepanjang masa. Anime ini tayang pada tahun 2019 yang lalu, dan telah dinantikan oleh penggemarnya selama 20 tahun. Anime ini diadaptasi dari manga karya Natsuki Takaya, yang rilis 20 tahun sebelumnya.

Anime ini menceritakan kehidupan seorang siswa SMA bernama Tohru Honda. Honda tinggal bersama keluarga Sohma yang misterius. Ternyata Sohma menyembunyikan rahasia besar: Mereka dikutuk dengan roh Zodiak, dengan setiap anggota berubah menjadi hewan masing-masing ketika dipeluk oleh anggota lawan jenis.

Secara alami, ini mengarah pada beberapa situasi lucu, dan pertunjukan ini tidak kekurangan komedi dan drama. Faktanya, hampir setiap karakter dalam pertunjukan memiliki semacam dilema romantis.

12. Toradora!

imdb

Toradora merupakan anime romantis yang menyentuh hati. Menceritakan tentang seorang bernama Ryuuji Takasu yang memiliki wajah menakutkan namun sebenarnya memiliki jiwa yang lembut. Sementara Taiga Aisaka adalah gadis kecil tapi berapi-api yang selalu siap untuk berkelahi.

Karena kecanggungan Taiga yang berlebihan, keduanya akhirnya berbicara dan menemukan bahwa mereka naksir sahabat satu sama lain. Mereka, tentu saja, memutuskan untuk menjadi wingman satu sama lain. Selain tentang cerita romantis, anime ini juga mengisahkan tentang nilai-nilai persahabatan.

13. Kare Kano (His and Her Circumstances)

anime romantis
animefillerguide

Kare Kani atau His and Her Circumstance merupakan anime romantis yang berkisah tentang hubungan percintaan dua siswa. Hubungan mereka sangat sempurna, namun dibalik itu mereka merupakan pribadi yang konyol. Yukino Miyazawa tumbuh subur karena kekaguman dan secara pribadi menyebut dirinya ratu kesombongan.

Dia bertemu siswa teladan Soichiro Arima, yang mulai mengalihkan perhatian darinya, dan segera bertekad untuk menjatuhkannya. Arima mengetahui rahasianya dan memerasnya, mengungkapkan sisi lain dari dirinya. Mereka membentuk persahabatan dan akhirnya romansa. Bersama-sama mereka belajar untuk lebih nyaman dengan diri mereka yang sebenarnya dan menerima siapa mereka sebenarnya, setidaknya satu sama lain.

Romansa di anime ini juga terasa realistis dan otentik. Sebagai peringatan, anime ini berakhir dengan tiba-tiba, dan Sedulur harus beralih ke Manga untuk melanjutkan ceritanya.

14. Clannad

thebobaculture

Anime romantis ini menceritakan tentang sosok bernama Tomoyaki Okazai yang beruasha menyelesaikan permasalahan temannya yaitu Naigisa Furukawa. Mereka berdua kemudian membentk klub drama. Okazai merupakan pria yang siswa yang ungal-ungalan dan sering bolos sekolah.

Okazai tinggal bersama kedua orang tuanya di rumah yang sederhana dan memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan ayahnya. Ayahnya sendiri merupakan seorang pemakbuk. Anime ini dijamin bikin Sedulur baper, banyak adegan romantis dan membuat kita haru biru.

BACA JUGA: 15 Anime Ecchi Terbaik Dijamin Bikin Kamu Ketagihan, Cek Disini

15. Ore Monogatari!!

anime romantis
dafunda

Anime romantis plus komeni ini memadukan suasana sedih dan kocak sekaligus. Bercerita tentang sosok Takeo Gouda, sosok lelaki dengan badan kekar, berwajah seram, dan terlihat menakutkan. Namun di balik penampilannya itu, ia punya hati yang lembut. Takeo memang punya badan yang kekar, tetapi kurang beruntung soal percintaan.

Apalagi setiap ia menyukai seorang perempuan, pasti perempuan tersebut akan tertarik dengan temannya yang bernama Makono Sunakawa karena lebih tampan. Kisah berawal dari Gouda yang jatuh cinta kepada Rinko Yamato saat menyelamatkannya dari pelecehan seksual di kereta. Kira-kira gimana ya kelanjutan cerita cinta Gouda dan Yamato? Wajib untuk dinonton kelanjutannya.

16. Tsuki ga Kirei

kaorinusantara

Anime romantis ini menceritakan tentang Kotarou Azumi dan Akane Mizuno, dua remaja yang hidup di satu sekolah yang sama namun baru saling mengenal di tahun terakhir. Kotarou adalah seorang ketua klub sastra yang suka membaca dan memiliki karakter pendiam. Sementara Akane adalah anggota klub lari yang punya banyak teman dan selalu ceria.

Mereka sering bertemu karena terlibat di suatu urusan sehingga saling menyukai satu sama lain. Suatu hari Kotarou menyatakan perasaannya pada Akane dan gadis itu menerimanya. Namun kisah cinta mereka mengalami banyak hambatan. Kira-kira mereka tetap bersama untuk mempertahankan hubungan mereka nggak ya?

17. Nisekoi

anime romantis
kaorinusantara

Nisekoi merupakan merupakan anime romantis. Nisekoi menceritakan tentang seorang pemuda SMA bernama Raku Ichijo yang menjadi pewaris grup Yakuza. Demi keamanan kota, ia dipaksa berpacaran dengan Chitoge Kirisaki, seorang putri kepala gangster yang termasuk blasteran.

Padahal Raku sebenarnya sedang menyukai seorang gadis bernama Kosaki Onodera yang merupakan anak seorang komisaris polisi. Setelah itu, kehidupan Raku semakin kompleks dan masalah selalu berdatangan. Bahkan muncul juga gadis lain yang menyukai Raku seperti Marika Tachibana dan Seishirou Tsugumi

Baca Juga: 22 Anime Isekai Terbaik dan Terbaru, Petualang di Dunia Fantasi

18. Hotarubi no Mori e

tribunnews

Hotarubi no Mori e merupakan anime romantis selanjutnya. Bercerita tentang tokoh bernama Takegawa Hotaru sewaktu kecil dan tersesat di hutan, yang terletak di desa tempat tinggal pamannya. Hotaru kebingungan dan tidak tahu jalan pulang. Banyak cerita horor tetang desa tersebut dan beredar mitos barang siapa yang masuk ke hutan tersebut dia tidak akan pernah kembali.

Hotaru sangat ketakutan dan menangis. Kemudian seorang roh datang mendekatinya. Kira-kira nasih Hotaru gimana ya? Tenang saja, Girls. Di anime romantis terbaik yang satu ini nggak hanya bercerita seputar petualangan Hotaru, tapi juga kisah percintaan yang bikin baper.

19. Kuzu no Honkai

anime romantis
aniplay

Kuzu no Honkai merupakan anime romantis yang bisa Sedulur tonton. Anime ini menceritakan tentang 2 anak sekolah yang menyukai satu orang yang sama. Bagi Sedulur yang tidak terlalu menyukai tontonan menyedihkan dengan tema cinta bertepuk sebelah tangan, sangat tidak disarankan nonton anime ini. Karena banyak adegan yang membuat kita gemas dan emosi saat menontonnya.

20. Angel Beats

animenextseason

Angel Beats merupakan anime romantis yang terakhir yang bisa Sedulur tonton. Cerita dari Angel Beats bermula dari terdamparnya Otonashi di dunia isekai. Ketika membuka mata, ia melihat seorang wanita bersenjata yang bernama Yuri. Otonashi tidak mengiingat tentang identitas dirinya atau amenisa, dan ia juga tidak percaya jika ternyata dia yang telah mati.

Semoga penjelasan daftar anime romantis di atas bisa menambah rekomendasi tontonan bagi Sedulur, terutama bagi Sedulur yang seorang wibu yang memiliki hasrat menonton anime sangat tinggi. Bisa tinggal melumat habis daftar anime di atas. Jangan lupa siapkan persediaan camilan, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.