anime detektif

Detektif merupakan pekerjaan yang sangat menegangkan, karena berkaitan dengan penyelidikan suatu kejahatan. Baik dektektif polisi maupun detektif swasta, pekerjaan ini erat kaitannya dengan kasus pembunuhan, perampokan, hingga penculikan. Jadi tidak heran jika pekerjaan ini sering diangkat menjadi film. Salah satu yang terbaik adalah anime detektif.

Sejak kemunculan Detektif Conan pada tahun 1990-an, anime detektif semakin banyak bermunculan dan berhasil menyuguhkan cerita penuh misteri yang epik. Bahkan, tak hanya sekadar membahas tentang kasus kejahatan saja, tapi ada juga yang mengungkap tentang misteri-misteri di dunia yang belum terpecahkan. Hal tersebut tentu tak hanya membuat jalan cerita anime semakin seru, tapi juga memancing adrenalin para penontonnya. Nah, jika Sedulur sedang mencari anime detektif paling seru, coba simak beberapa judulnya berikut ini!

BACA JUGA: Daftar Anime Terbaru 2023, Jangan Sampai Kelewatan!

1. Detektif Conan

anime detektif
VOI

Anime detektif yang pertama pasti tak asing ditelinga Sedulur. Anime ini pertama kali rilis pada tahun 1996 dan sampai saat ini masih sering mengeluarkan movie pertahunnya. Detektif Conan berkisah tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo. Shinichi yang baru saja berusia 17 tahun ini dikenal cerdas dan sering membantu polisi untuk membongkar kasus-kasus kriminal.

 Namun kemudian berhadapan dengan sindikat misterius bernama Organisasi Hitam dan hampir saja kehilangan nyawa, patut Sedulur saksikan kelanjutan kisahnya. Anime ini juga cocok bagi Sedulur yang menyukai cerita detektif penuh dengan misteri dan petunjuk-petunjuk dengan kasus yang menegangkan.

2. Psycho-Pass

Psycho-Pass mengambil latar pada abad ke-22. Saat itu Jepang diatur oleh Sistem Sibyl, sebuah jaringan komputer biomekatronik yang bisa mengukur biometrik otak dan mental warga Jepang melalui ‘pemindaian cymatic’. Penilaian yang dihasilkan dari pemindaian itu disebut dengan Psycho-Pass, untuk mengetahui potensi kriminalitas warga.

Anime detektif ini dirilis tahun 2012 dengan jumlah episode 22 dan sudah memiliki 3 season. Berkisah tetang Tsunemori Akane adalah seorang inspektur pemula dari Unit Satu, Departemen Investigasi Kriminal Biro Keamanan Publik Kementerian Kesejahteraan. Sementara Kogami Shinya merupakan seorang Inspektur veteran atasan Akane. Cocok bagi Sedulur yang juga menyukai genre sci-fi dan thriller.

3. Id:Invaded

Anime detektif ini dirilis pada tahun 2020 dengan genre misteri dan sci-fi, anime ini menyajikan kisah yang menarik dan seru untuk Sedulur saksikan. Id:Invaded mengikuti kisah seorang detektif terkenal bernama Narihisago Akihito.

Namun, detektif terkenal itu sekarang berada di penjara. Dia ditugaskan untuk melakukan penyelidikan ke dalam sumur ‘id’ untuk mencari berbagai pembunuhan berantai. Dua tahun sebelumnya, putri Narihisago, Muku, dibunuh secara brutal oleh seorang pembunuh berantai.

4. Tantei Gakuen Q

Anime detektif selanjutnya adalah Tantei Gakuen Q, yang mencampur dengan genre komedi yang membuatnya lebih seru untuk Sedulur tonton. Anime ini rilis pada tahun 2003 dengan jumlah 45 episode. Anime ini juga dikenal dengan judul Detective School Q atau Dan Detective School (DDS).

Sesuai dengan judulnya, anime ini bercerita tentang sekolah khusus detektif yang sangat terkenal. Sekolah ini didirikan oleh Morihiko Dan yang merupakan seorang detektif ternama di Jepang. Kisah anime ini berpusat pada seorang anak laki-laki bernama Kyu Renjo yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Karena bercita-cita menjadi detektif, Kyu lalu masuk ke DDS dan bertemu dengan beberapa teman baru, mulai dari Ryu, Megumi, Kintaro, dan Kazuma.

5. ACCA: 13-Territory Insprection Dept

Dirilis pada tahun 2017 dengan jumal 12 episode, anime detektif ini mengusung genre drama, fantasi dan juga miteri. Mengisahkan tentang sebuah badan nasional kerajaan Dowa yang menyediakan pelayanan publik bagi warga negaranya di mana lembaga ini dinamai  ACCA. Didirikan sebagai bagian dari penyelesaian damai antara raja Dowa dan 13 negara bagian di negara itu selama terjadi pemberontakan.

100 tahun kemudian, akhirnya Dowa berada dalam keadaan damai yang tak pernah terjadi sebelumnya. Sebagian karena adanya sistem dari ACCA. Namun, ada sebuah rumor yang tersebar mengenai kudeta. Anime ini akan menarik bagi Sedulur yang menyukai cerita penuh dengan konflik anime ini akan sangat cocok untuk ditonton.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Anime Tentang Keluarga, Wajib Kalian Tonton!

6. Paranoia Agent

IMDb

Anime detektif yang dirilis pada tahun 2004 ini menceritakan sebuah fenomena sosial di Musashino, Tokyo. Shounen Bat merupakan julukan bagi remaja yang meneror, menggunakan sepatu rodanya dan memukuli orang-orang dengan tongkat bisbol emas. Saat Shounen Bat melanjutkan aksinya tanpa henti, detektif Keiichi Ikari dan Mitsuhiro Maniwa, mulai menyelidiki identitas si penyerang. Menarik untuk Sedulur saksikan kelanjutkan kisahnya.

7. Gosick

Victorique de Blois merupakan gadis cerdas yang tahu bagaimana menyelesaikan misteri apa pun. Sementara Kazuya Kujo adalah pemuda yang meninggalkan Jepang untuk bersekolah di St Marguerite. Sepanjang anime ini, dua orang itu menguak misteri dan benih-benih cinta pun tumbuh di antara mereka. Dari misteri pembunuhan di atas kapal hingga menyelesaikan serangkaian pembunuhan berantai, Gosick punya segudang misteri bagi Sedulur yang menyukai anime detektif.

8. Bungo Stray Dogs

Bungo Stray Dog mungkin menjadi salah satu anime detektif yang paling bagus untuk Sedulur saksikan. Anime ini berpusat pada Atsushi Nakajima yang menemukan kalau dia punya kemampuan bernama Beast Beneath the Moonlight dan bisa berubah menjadi harimau. Anime ini juga berpusat pada karakter di Armed Detective Agency. Semua karakternya punya kemampuan dan nama berdasarkan tokoh sastra, yang juga masuk ke cerita dan misterinya.

9. Death Note

Mustahil bagi Sedulur yang gemar dengan anime tidak tahu keberadaan masterpiece ini. Meski banya pujian diberikan pada permainan pikiran di anime ini, bagian yang sering terlewatkan adalah kerja detektif Light dan teman-temannya. Sementara Kira punya kekuatan Death Note, L tidak punya apa-apa selain pikiran dan sumber daya pasaukan polisi Jepang untuk menangkap musuh bebuyutannya itu.

10. Boku Dake Ga Inai Machi

Anime detektif selanjutnya berkisah tentang kehidupan Satoru Fujinuma, 29 tahun. Di permukaan, dia adalah pengantar pizza, tapi tidak seorang pun tahu kalau dia punya kemampuan Revival atau kemampuan untuk kembali ke 5 menit di masa lalu. Kemampuan ini bisa diaktifkan ketika dia berada dalam bahaya dan dia tidak bisa mengontrolnya.

Di episode pertamanya, dia dituduh membunuh ibunya. Kemampuan Revival-nya terpicu, tapi, dia kembali ke 11 tahun silam. Kini, dia berada di tubuh seorang anak dan harus mencari cara menyelamatkan ibunya serta menemukan pembunuhnya.

BACA JUGA: 23 Rekomendasi Anime Masak Paling Seru dan Bikin Lapar!

11. Black Butler

anime detektif
Anime Ministry

Black Butler bukanlah anime yang segera muncul di benak Sedulur  ketika ada yang mengatakan serial detektif. Ini karena serial ini dilabeli sebagai serial misteri, sejarah dan shounen. Di permukaan, serial ini adalah tentang Ciel, yang berjanji memberikan jiwanya kepada iblis (Sebastian) sebagai balasan untuk menemukan dan menghukum orang di balik pembunuhan keluarganya.

Menguak lebih dalam, orang akan melihat duo anak manusia—kepala pelayan iblis ini menyelesaikan misteri demi misteris. Nyatanya, sekuel misteri pembunuhan Book of Atlantic pada 2018 punya salah satu plot twist yang paling tidak terduga di seluruh serial anime detektif ini.

12. Shinrei Tantei Yakumo

Anime dektektif kali ini termasuk old school, jadi bagi Sedulur yang menyukai anime old school akan cocok dengan anime ini. Berkisah tentang Yakumo adalah pemuda yang punya mata merah kutukan. Mata ini membuatnya bisa berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal dunia. Ini menjadi pekerjaannya untuk membantu mereka menyeberang ke sisi lain.

13. Teror in Resonance

Anime detektif ini berkisah tentang dua pemuda, Twelve dan Nine, melakukan aktivitas teroris demi mendapatkan perhatian public dan juga pihak berwenang. Yang mengejutkan, mereka adalah karakter utama serial ini. Porsi besar serial ini adalah permainan kucing dan tikus antara mereka dan detektif polisi bernama Shibazaki.

14. Hyouka

Anime ini menampilkan 4 siswa SMA yang tergabung ke dalam Classic Clubs. Mereka menyelesaikan satu per satu misteri, dimulai dengan asal usul klub sekolah berusia 45 tahun itu. Cukup menyegarkan melihat karakter-karakter ini memecahkan misteri mereka. Tiap orang membawa misteri untuk diselesaikan dan semuanya punya peran penting di setiap episode. Cocok untuk Sedulur yang menyukai anime detektif bergenre miteri.

15. B: The Beginning 5

Anime detektif kali ini punya 2 cerita yang berjalan beriringan. Yang pertama adalah mengenai seorang detektif yang dipanggil kembali untuk bertugas demi menemukan seorang pembunuh yang berbahaya. Dan cerita kedua adalah tentang kekuatan gaib dan manusia super. Anime ini punya banyak twist dan mengubah plot untuk menjaga agar Sedulur tetap fokus.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Anime Underrated yang Sayang Dilewatkan!

16. Detective Kindaichi

anime detektif
IMDb

Anime Detective Kindaichi garapan sutradara Daisuke Nishio, mengisahkan tentang Hajime Kindaichi yaitu seorang remaja SMA sekaligus cucu dari detektif ternama Kosuke Kindaichi. Pemuda cerdas yang sering dihadapkan dengan berbagai kasus untuk diselesaikan.

17. Spy x Family

Anime detektif terakhir yang bisa menjadi rekomendasi bagi Sedulur adalah Spy x Family garapan Kazuhiro Furuhashi mengangkat kisah seputar keluarga mata-mata yang sekaligus menjadi pembunuh bayaran. Seorang mata-mata terampil yakni Twilight harus menjalankan misi penting terkait perdamaian antarnegara. Tapi kali ini ia harus memiliki keluarga palsu untuk penyamaran.

Nah, itu tadi daftar anime bertema detektif paling menarik dan seru untuk ditongon. Sedulur tak hanya disajikan teka-teki pada kasus, tapi juga diajak untuk memahami motif para pelaku dalam kejahatannya. Semua film anime di atas tak hanya membuat Sedulur penasaran, tapi juga mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi. Jadi jangan sampai terlewat menonton deretan film di atas!