rekomendasi anime underrated

Anime menjadi tontonan favorit bagi banyak orang. Bahkan, film kartun ini tidak mengenal usia karena ditonton mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Terdapat banyak anime yang sangat populer seperti One Piece dan Naruto. Namun, siapa sangka ada beberapa anime underrated yang punya cerita epik tak kalah dengan anime-anime tersebut.

Bisa dibilang anime underrated ibarat jarum dalam tumpukan jerami, bak harta karun yang tersembunyi dan tidak diketahui oleh banyak orang. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan anime menjadi underrated, salah satunya adalah jadwal rilis dan jam penayangan yang berbarengan dengan judul anime lain yang lebih populer.

Padahal walaupun kalah populer, anime underrated tetap bisa menyajikan cerita dan karakter yang seru juga menarik untuk Sedulur tonton. Nah, berikut beberapa anime underrated yang bisa menjadi tontonan yang bisa Sedulur saksikan dan nikmati alur ceritanya.

BACA JUGA: 32 Anime Keren Sepanjang Masa, Wajib Kalian Tonton di 2023!

1. Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta

rekomendasi anime underrated
Bloom

Anime underrated yang bertama ini bertema romance comedy. Dengan judul Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta yang rilis pada tahun 2017 dengan jumlah 6 episode. Nah bagi Sedulur yang suka cerita ringan dengan bumbu romansa komedi anime satu ini sangat cocok untuk disaksikan.

Mengisahkan dua orang pelajaran SMA di tahun-tahun terkahir mereka bersekolah kemudian mencoba untuk menjalin hubungan lebih dengan satu sama lain. Miou dan Haruki, sama-sama memiliki perasaan yang sama, keduanya terlibat dalam romansa yang menggemaskan. Walaupun termasuk ke dalam anime underrated, anime ini tetap menyajikan cerita yang seru dan menarik untuk Sedulur saksikan.

2. Great Pretender

Daftar selanjutnya dari anime underrated adalah anime berjudul Great Pretender. Anime yang dirilis pada 2020 lalu ini, mempunyai desain karakter yang unik dan menarik. Anime ini bercerita tentang seorang karakter bernama Makoto Edamura. Karakter ini mempunyai masa muda yang kelam dan penuh kesialan. Makoto Edamura merupakan seorang mantan narapidana yang kesulitan melanjutkan hidup pasca bebas.

Makoto Edamura mau tak mau kemudian harus kembali menjadi seorang penipu. Sampai suatu ketika, Makoto salah dalam memilih target. Dia menipu seorang bernama Laurent Thierry, yang ternyata merupakan penipu yang lebih andal daripada dirinya. Namun pada akhirnya pertemuan dengan Laurent Thierry, justru menjadi titik awal dari Makoto Edamura untuk melanjutkan hidupnya.

3. Kimi to Boku

IMDb

Anime selanjutnya berkisah tentang hubungan persahabatan yang kuat. Walaupun tegolong anime underrated anime yang dirilis pada tahun 2011 ini sangat cocok untuk Sedulur saksikan. Banyak anime dengan tema yang serupa, tapi sayangnya Kimi to Boku tidak sepopuler anime yang lainnya. Menceritakan tentang empat orang pelajar yang menjalin hubungan yang kuat dan juga hangat.

Dengan kepribadian yang saling bertolak belakang namun bisa saling melengkapi satu sama lain. Yang menariknya lagi, keempat sahabat ini memiliki satu kesamaan, yaitu memiliki perasaan dan ingin menarik hari teman perempuan mereka yaitu Chizuru. Menarik untuk Sedulur saksikan bagaimana kelanjutan kisahnya.

4. Konbini Kareshi

Selanjutnya ada anime dengan plot cerita ringan dan santai. Konbini Kareshi bercerita tentang enam orang pelajar SMA yang tinggal di lingkungan yang berdekatan kemudian saling bertemu di sebuah mini market. Saking seringnya bertemu mereka mulai saling berbagi cerita masing-masing mulai dari permasalah umum sampai permasalahan pribadi.

Dengan seringnya berinteraksi membuat mereka saling jatuh hati satu sama lain. Menarik untuk Sedulur saksikan kelanjutan kisannya, walaupun termasuk anime yang kurang populer Konbini Kareshi tetap layak untuk Sedulur saksikan karena memiliki cerita yang ringan tetapi juga kental unsur slice of life.

5. Noragami

Jika Sedulur mencari anime underrated yang bergenre komedi, Norogami bisa jadi pilihan yang tepat. Anime ini mempunyai cerita yang unik dan lain daripada yang lain. Komedi yang dihadirkan cukup segar walaupun sedikit mengandung unsur dark.

Anime Noragami berkisah tentang seorang karakter utama bernama Yato. Karater Yato merupakan seorang dewa yang jauh dari kesan agung, lantaran dia kerap bertingkah ngawur dan konyol. Menariknya, Yato punya cita-cita mempunyai banyak pengikut.

Padahal, Yato tak mempunyai kuil satupun sehingga otomatis tak ada yang menyembah dirinya sebagai dewa. Sampai suatu ketika, Yato bertemu dengan seorang perempuan bernama Hiyori. Sebuah kecelakaan menimpa Hyori. Kemudian, Hyori meminta Yato yang seorang dewa untuk membantunya kembali pulih seperti sedia kala.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Anime Romance Comedy Bikin Baper dan Lucu

6. Domestic na Kanojo

Anime Locale

Hadir dengan unsur drama dewasa yang sangat kuat, anime underrated satu ini menyajikan kisah romansa yang anti manstream. Domestic no Kanojo dirilis pada tahun 2019 dengan jumlah 12 episode. Anime ini menceritakan tentang hubungan cinta terlarang antara Natsuo, sebagai tokoh dengan dua saudara perempuan tirinya, yang bernama Hina dan Riu.

Yang menjadi menarik adalah ketidaktahuan dan kebingunan yang muncul dalam diri Nastuo setelah mengetahui bahwa dua gadis yang disukai olehnya secara mendadak harus menjadi keluarga yang otomatis mereka bertiga bersaudara.

7. Magnitude 8.0

Anime yang mengusung genre survival ini cukup menarik, walaupun termasuk ke dalam anime underrated. Hal ini karena, genre survivalnya cukup berbeda dengan anime yang lain. Umumnya, anime survival adalah bertahan hidup dari musuh atau perang. Namun berbeda, Tokyo Magnitude 8.0 bercerita tentang perjuangan tokoh utama untuk bertahan hidup dari bencana gamba bumi yang melanda kota Tokyo.

Anime ini berhasil menggambarkan kota Tokyo yang hancur dan mencekam akibat gempa bumi. Anime ini berfokus pada kisah seorang anak remaja bernama Mirai yang punya hubungan kurang harmonis dengan sang adik yang bernama Yuuki. Pada saat Mirai mengunjungi sebuah pameran robot, sebuah gempa bumi terjadi di Tokyo. Mirai kemudian berusaha untuk menemukan sang adik yang terjebak di puing-puing.

8. World Trigger

rekomendasi anime underrated
One Tech

Anime underrated selanjutnya adalah World Trigger. Menggambarkan sebuah kota bernama Mikado yang secara tiba-tiba muncul monster yang menyerang kehidupan manusia di kota tersebut. Monster tersebut kemudian disebut dengan neighbors. Untuk mengatasi serangan para neighbor, kemudian dibentuklah Border Defense Agency.

World Trigger menyuguhkan aksi pertempuran yang seru dan menegangkan Border Defense Agency dan neighbors. Salah satu tokoh dalam anime ini tentu saja, seorang dari pihak Border Defense Agency yaitu Osamu Mikumo yang merupakan seorang trainee. Dengan kemampuan yang dimiliki, Osamu lantas melindungi orang-orang di sekitarnya. Tak saja bercerita tentang pertempuran, World Trigger juga menyelipkan kisah yang sarat akan persahabatan.

9. God Eater

Anime satu ini juga bisa jadi satu pilihan anime underrated yang seru untuk Sedulur saksikan. Anime ini merupakan bentuk adaptasi dari sebuah video game. Dengan konsep futuristik, God Eater mengambil setting pada tahun 2071 sebagai latar belakang cerita. Pada masa itu, manusia digambarkan berada di ambang kepunahan akibat munculnya monster yang disebut Aragami.

Di tengah serangan monster itu, muncul sekelompok pahlawan yang menenteng senjata bernama God Arc. Para pahlawan inilah yang disebut God Eater. God Eater menyajikan cerita yang seru tentang pertempuran antara manusia dengan para monster. Setiap ketegangan yang dimunculkan dijamin tidak bakal bikin Sedulur bosan dan malah akan larut ke dalam cerita.

10. Ao no Exorcist

Ao no Exorcist juga punya cerita seru dan menarik untuk diikuti. Walaupu tergolong anime underrated tapi anime ini mampu menyajikan setiap episodenya dengan penuh keseruan dan ketegangan. Sayangnya. Ao no Exorcist berkisah tentang dua orang anak kembar bernama Rin dan Yukio. Keduanya merupakan anak keturunan iblis yang dibesarkan oleh orangtua angkat seorang pendeta.

Sebagai anak iblis, Yukio ternyata ahli dalam mengusir dan bertarung melawan para setan. Tapi sebaliknya, Rin digambarkan sebagai karakter yang lemah dan tak cukup kuat untuk melawan para setan. Namun, plot yang mebuatnya menarik adalah kegigihan Rin yang pantang menyerah, dia terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya. Kerjasama antara Yukio dan Rin yang menyatukan kekuatan menjadikan mereka semakin kuat.

BACA JUGA: 18 Anime Tentang Sepak Bola Terbaik, Sangat Menginspirasi!

11. Tokyo Ravens

rekomendasi anime underrated
IMDb

Tokyo Ravens termasuk anime underrated yang sayang jika Sedulur lewatkan. Bercerita tentang sebuah sihir kuat bernama onmyoudou. Sihir tersebut bisa dibilang legendaris karena menjadi teknik yang membantu Jepang pada saat perang dunia kedua. Selanjutnya, Onmyou Agency pun dibangun untuk menjaga manusia dan mengusir roh jahat. Seiring berjalannya waktu, sihir ini disederhanakan dan bisa digunakan oleh banyak orang.

Namun, tak semua orang dijamin bisa menggunakan. Ada tokoh bernama Harutora, anggota dari keluarga Tsuchimikado yang tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan onmyoudo. Dia pun memutuskan untuk berubah dan bertarung disamping Natsume, teman masa kecilnya. Meski tidak terkenal, anime ini sangat menarik untuk ditonton.Khususnya bagi Sedulur yang suka alur cerita dengan bumbu romansa.

12. Kakuriyo no Yadomeshi

Anime ini mengusung tema fantasi yang dirilis pada tahun 2018. Kakuriyo no Yadomeshi tergolong anime underrated karena kalah populer dari anime-anime lain yang rilis pada tahun 2018. Padahal anime ini memiliki alur cerita yang sangat menarik untuk disaksikan. Kakuriyo no Yadomeshi mengisahkan tentang Aoi yang terdeportasi ke dunia youkai setelah sang kakek menjadikannya sebagai jaminan hutang.

Mau tidak mau Aoi harus menikahi seorang pemilik penginapan youkai, Oodana. Tak terima begitu saja, Aoi memutuskan untuk bekerja sebagai juru masak di penginapan tersebut guna melunasi hutang-hutang kakeknya.

13. Kyoto Teramachi Sanjou no Holmes

Kyoto Teramachi

Anime ini bertema detektif yang menyajikan cerita penuh teka-teki dan misteri. Namun sayang, anime ini kalah populer dari anime detektif lain dan termasuk kedalam anime underrated. Kyoto Teramachi Sanjou no Holmes berkisah tentang sebuah toko barang antik di jantung kota Kyoto yang dijaga oleh seorang pemuda dengan kemampuan memecahkan misteri yang handal, Kiyotaka.

Tak heran jika kemudian ia dijuluki Holmesnya Kyoto. Berbagai misteri pun kemudian coba dipecahkan olehnya. Bagi Sedulur yang menyukai cerita detektif, sayang sekali jika melewatkan anime yang satu ini.

14. Kaze no Stigma

Anime yang merupakan adaptasi dari sebuah light novel ini berkisah tentang karakter bernama Kazuma Yagami. Dia merupakan seorang Fuujutsu, pengendali angin, yang di usir dari keluarganya. Dia kalah saat duel dengan sepupunya Ayano Kannagi pengendali angin. Suatu hari, keluarga Kannagi banyak yang terbunuh oleh seorang Fuujutsu.

Otomatis, kecurigaan atas Kazuma pun bermunculan. Sebagai usaha untuk membersihkan namanya, Kazuma pun bekerjasama dengan keluarga Kannagi yang dia benci demi menemukan pelaku yang sebenarnya. Nah, relasi dan pertengkaran dalam anime ini menjadi cerita yang menarik untuk diikuti. Walaupun termasuk tergolong anime underrated, namun cerita yang disajikan sangat menarik untuk Sedulur Saksikan.

15. Ousama Ranking

Anime underrated selanjutnya yang tak boleh Sedulur lewatkan adalah Ousama Ranking. Secara umum, anime ini berkisah tentang seorang putra mahkota bernama Bojji yang terlahir dengan kekurangan, yakni tidak bisa mendengar dan berbicara (tuna rungu wicara).

Dia pun jadi diremehkan oleh seluruh kerajaan. Kemudian Bojji pun berteman dengan Kage, seseorang dari klan bayangan. Meski memiliki kelemahan dan diremehkan, Bojji tak menyerah. Dia pun berusaha untuk berani menjadi seorang raja. Sedulur akan menemukan cerita yang menyentuh hati saat menontonnya.

16. Soredemo Ayumu wa Yosetekuru

rekomendasi anime underrated
Lost in Anime

Termasuk salah satu anime yang bagus namun sayang tertutupi oleh anime-anime lain dengan genre yang sama. Soredemo Ayumu wa Yosetekuru atau When Will Ayumu Make His Move adalah anime romansa komedi yang lucu dan sayang jika Sedulur lewatkan.

Bercerita tentang Ayumu Tanaka, seorang juara kendo di SMP, anehnya dia tidak bergabung dengan klub kendo di SMA. Dia lebih memilih untuk bergabung dengan klub shogi demi mengenal lebih dekat dengan perempuan idamannya yaitu Urushi Yaotome. Menarik untuk Sedulur saksikan kelanjutan ceritanya.

Itulah beberapa rekomendasi anime underrated yang sayang jika Sedulur lewatkan. Jadi, jangan sampai Sedulur melewatkan anime-anime tersebut karena kalah populer dengan anime lain.