anime bola

Sedulur sedang mencari rekomendasi anime bola terbaik untuk ditonton? Wah, kebetulan sekali, nih! Di bawah ini terdapat 18 rekomendasi serial anime berfokus pada kisah-kisah para pemain sepak bola yang tentunya sangat menarik untuk diikuti. Apa saja 18 rekomendasi tersebut? Cek sendiri di bawah ini, ya Sedulur!

BACA JUGA: Sinopsis The Northman, Kisah Viking yang Haus Balas Dendam

1. Captain Tsubasa (1983)

The Movie Database

Rekomendasi anime sepak bola terbaik yang pertama datang dari salah satu serial legendaris, yaitu Captain Tsubasa. Rasa-rasanya, hampir setiap orang setidaknya pernah mendengar atau mengenal siapa sosok Captain Tsubasa, ya Sedulur. Pasalnya, semenjak pertama kali dirilis pada 1983 silam, anime Captain Tsubasa memang sangat terkenal di negara Jepang bahkan hampir seluruh dunia.

Captain Tsubasa menceritakan perjalanan seorang anak sekolahan yang bernama Tsubasa Oozora. Ia sangat menyukai permainan sepak bola, bahkan telah memainkannya sejak ia berusia 11 tahun. Yang awalnya hanya sekedar permainan biasa, namun lama kelamaan Tsubasa Oozora terobsesi dengan sepak bola.

Ia pun pindah ke kota Nankatsu guna mendaftar ke sebuah sekolah yang terkenal memiliki tim sepak bola terbaik. Walaupun Tsubasa Oozora tergolong jago dalam bermain sepak bola, tetapi kawan-kawan barunya di Nankatsu ternyata tidak kalah hebatnya. Dari situ, petualangan Tsubasa Oozora untuk menggapai cita-citanya sebagai pemain sepak bola profesional pun dimulai. 

2. Ganbare! Kickers (1986)

anime bola
Wiki Fandom

Sedulur sedang mencari anime sepak bola selain Tsubasa di era 80-an? Coba tonton Ganbare! Kickers, yuk! Anime ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1986 silam, dengan total episode berjumlah 23.

Secara garis besar, Ganbare! Kickers menceritakan tentang perjalanan sebuah tim sepak bola sekolah, Kickers, yang sering menerima kekalahan dalam beberapa turnamen sepak bola. Saking seringnya Kickers kalah, mereka sampai mendapat julukan “Tim yang Selalu Kalah” oleh tim-tim sepak bola lawannya. Namun, semua itu berubah ketika Gregor bergabung sebagai pemain baru di Kickers.

Kemahiran dan talenta Gregor dalam menggiring bola di lapangan membuat semua anggota Kickers menjadi bersemangat kembali. Motivasi tersebut juga mereka gunakan untuk merebut kemenangan dari musuh bebuyutan Kickers, tim Devils. Berhasilkah Kickers memenangkan pertandingan tersebut?

3. Moero! Top Striker (1991)

anime bola
Voice Film

Anime sepak bola tahun 90an juga tidak kalah serunya untuk ditonton, loh Sedulur! Seperti Moero! Top Striker yang menceritakan petualangan seorang anak laki-laki bernama Hikaru Kicker.

Hikaru Kicker merupakan seorang anak laki-laki 13 tahun yang sangat menyukai sepak bola. Masa kecilnya sangat dipenuhi dengan permainan tersebut, bahkan pada saat bayi ia sudah diberikan bola oleh kawan ayahnya.

Untuk mengejar passion dan impiannya, Hikaru memutuskan untuk berangkat ke Italia demi belajar dan bergabung ke salah satu tim terkuat di kota Genova. Tidak berselang lama, ia memutuskan untuk keluar dari tim terkuat tersebut, Hikaru malah berpindah ke salah satu tim paling lemah di kota Genova, yaitu tim Columbus.

Perjalanannya bersama tim baru tersebut ternyata perlahan-lahan mengubah nasib tim Columbus hingga akhirnya mereka dapat mengalahkan rival-rivalnya. Yuk, coba cari tahu akhir cerita perjalanan Hikaru Kicker dengan tim Columbus di anime Moero! Top Striker!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Ditonton

4. Aoki Densetsu Shoot! (1993)

Mister Sunsun

Anime bola yang juga berasal dari era 90-an adalah Aoki Densetsu Shoot!. Aoki Densetsu Shoot! pertama kali dirilis pada tahun 1993, dengan 58 episode yang tayang sampai akhir tahun 1994.

Anime bola ini menceritakan impian Toshihiko Tanaka untuk bermain di satu tim sepak bola sekolah yang sama dengan idolanya, Yoshiharu Kubo. Yoshiharu Kubo telah menginspirasinya dengan performa mengagumkan di salah satu pertandingan sepak bola, membuahkan kemenangan bagi SMA Kakegawa.

Namun, setelah Toshihiko Tanaka masuk ke sekolah SMA Kakegawa, satu per satu impiannya runtuh. Yoshiharu Kubo terpaksa harus berhenti bermain sepak bola karena alasan kesehatan. Pihak SMA Kakegawa tidak mengizinkan murid baru untuk langsung bergabung dengan tim sepak bola inti. Teman-teman dari SMP-nya dulu juga tiba-tiba saja tidak mau lanjut bermain sepak bola karena alasan pribadi. Akankah Toshihiko Tanaka kehilangan semangat dan harapannya terhadap sepak bola?

5. Soccer Fever (1994)

Prime Video

Rekomendasi anime bola selanjutnya berjudul Soccer Fever. Dalam anime ini, penonton akan diajak untuk menyelami kehidupan Brian Thompson yang menceritakan perjalanannya di seleksi Piala Dunia pertama kali pada tahun 1930 di Uruguay hingga 1994 di Amerika Serikat.

6. Offside (2001)

anime bola
Kincir

Masuk ke era tahun 2000-an, Sedulur akan disuguhi berbagai anime bola yang seru-seru. Salah satu judulnya adalah Offside. Anime Offside menceritakan tentang perjuangan Goro Kumagaya untuk meraih impian serta menemukan bakat aslinya dalam permainan sepak bola.

Goro Kumagaya adalah seorang pemuda tampan, tinggi, yang sering menjadi kiper andalan di tim sepak bola SMP-nya dulu. Ia pun berkeinginan untuk melanjutkan ke SMA Yokonan yang dikenal memiliki tim sepak bola andalan. Tetapi impiannya tersebut kandas begitu saja ketika Goro Kumagaya mengalami kecelakaan. Ia pun tidak dapat diterima di SMA Yokonan, dan masuk ke SMA Kawasaki.

SMA Kawasaki notabene memiliki tim sepak bola yang biasa-biasa saja. Namun, ketika Goro Kumagaya bertemu dengan anggota tim sepak bola SMA Kawasaki yang lain, seperti Shingo, Hideki, dan Kazuhito, nasib tim tersebut lama-lama mulai berubah membaik. Perjalanan meraih kemenangan-kemenangan lain dari Goro Kumagaya bersama tim sepak bola sekolahnya tersebut dimulai.

BACA JUGA: 7 Fakta Cyber Hell, Film yang Ungkap Kejahatan Asusila Korea

7. Forza! Hidemaru (2002)

Pinterest

Sudah bosan dengan jalan cerita anime bola yang begitu-begitu saja? Coba tonton Forza! Hidemaru ini, deh Sedulur! Forza! Hidemaru merupakan sebuah anime sepak bola dengan tokoh berbagai macam hewan dalam pakaian olahraga yang lucu. 

Latar belakang waktu anime ini berada di era Piala Dunia Jepang dan Korea Selatan. Tokoh utama dari anime ini adalah Hidemaru, seekor rubah yang penuh semangat. Ia bersama teman-temannya, termasuk kelinci, anjing, kuda, dan beberapa gadis berwujud kuda nil, berpetualang bersama dengan riangnya.

8. Hungry Heart: Wild Striker (2002)

Image Abyss

Anime bola dengan judul Hungry Heart: Wild Striker ini dirilis pada tahun 2002 silam. Ia menceritakan seorang pemuda, Kyosuke Kano, yang selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya yang merupakan seorang pemain sepak bola profesional.

Kyosuke Kano pun jenuh dengan cibiran-cibiran tersebut hingga pada suatu saat ia memutuskan untuk tidak lagi bermain sepak bola. Ketika masuk ke sekolah baru, salah satu teman Kyosuke Kano mengajaknya untuk masuk ke dalam tim sepak bola sekolah. 

Bakat dan talenta Kyosuke Kano dalam bermain sepak bola pun akhirnya diketahui banyak orang. Perlahan-lahan, Kyosuke Kano menunjukkan kepada semua orang bahwa ia sama jagonya dengan sang kakak.

9. Whistle! (2002)

Akiba Nation

Masih dari tahun 2002, ada rekomendasi anime bola yang berjudul Whistle!. Whistle! bercerita tentang cita-cita Kazamatsuri Shou untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Tetapi, skill bermain sepak bola Kazamatsuri Shou tidak jago-jago amat.

Kazamatsuri Shou awalnya sempat masuk ke SMP Musashi no Mori, salah satu sekolah dengan tim sepak bola terhebat. Tetapi sayangnya, ia tidak pernah lolos seleksi untuk bermain di tim inti. Ia pun berpindah sekolah ke SMP Sakura Jousui, dimana ternyata lingkungan dan kawan-kawan sekitarnya sangat mendukung proses perkembangan Kazamatsuri Shou untuk belajar sepak bola.

Penasaran apa saja tantangan yang akan dilalui Kazamatsuri Shou untuk menggapai impiannya menjadi pemain sepak bola profesional? Yuk, segera tonton anime Whistle!, Sedulur!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

10. Inazuma Eleven (2008)

Amino Apps

Siapa nih, Sedulur yang masih mengingat tentang salah satu anime legendaris Inazuma Eleven? Ya, anime bola rilisan tahun 2008 tersebut memang banyak ditonton oleh orang-orang. Tayang selama tiga tahun, terdapat setidaknya 127 episode dari Inazuma Eleven.

Inazuma Eleven menceritakan kisah sebuah tim sepak bola sekolah, Inazuma Eleven, yang berada di ambang pembubaran. Ketika semua tim sepak bola sekolah di Jepang berusaha untuk menjadi yang nomor satu, Inazuma Eleven masih terus saja berkutat dengan berbagai masalah internal.

Mamoru Endou, salah satu anggota tim yang kebetulan juga cucu dari generasi pertama penjaga gawang dan kapten Inazuma Eleven, berusaha sekuat tenaga untuk menjaga timnya tetap utuh. Ia pun berusaha merekrut Shuuya Gouenji, pemain sepak bola yang telah menyerah terhadap mimpinya, untuk bermain bersama Mamoru Endou dalam tim tersebut. Akankah upayanya tersebut berhasil?

11. Giant Killing (2010)

anime bola
KASKUS

Giant Killing menjadi salah satu judul anime bola berikutnya yang akan kita bahas. Anime tersebut menceritakan East Tokyo United (ETU), salah satu tim sepak bola profesional yang berada di ujung tanduk kehancuran.

ETU telah kalah lima kali berturut-turut dalam suatu turnamen. Para penggemar mulai meninggalkan tim tersebut. Semakin mempersulit keadaan, beberapa sponsor ETU pun berencana untuk menghentikan dukungannya.

Manajer ETU akhirnya meminta Takeshi Tatsumi untuk menjadi pelatih baru di tim itu. Takeshi Tatsumi sendiri merupakan seorang mantan pemain ETU yang pernah memutuskan untuk berhenti bermain bersama timnya, kemudian mengejar mimpi untuk menjadi pelatih tim sepak bola di Inggris.

Ketika Takeshi Tatsumi kembali ke ETU, ia dihadapi dengan segudang hambatan. Kondisi tim yang berantakan, para penggemar yang menyebutnya pengkhianat, dan juga upaya melatih anggota ETU untuk melawan tim-tim kuat lain. Saksikan perjalanan Takeshi Tatsumi dan timnya dalam anime Giant Killing, ya!

12. Area no Kishi (2012)

Pinterest

Anime bola berjudul Area no Kishi ini rasanya cocok untuk ditonton Sedulur untuk mengisi waktu senggang. Area no Kishi bercerita tentang sepasang kakak beradik, Kakeru dan Suguru, yang sangat menyukai permainan sepak bola. Suatu ketika, Suguru berhasil meraih impiannya untuk menjadi salah satu pemain muda berprestasi di dunia sepak bola Jepang. Kakeru pun berusaha mengalihkan passion-nya dalam sepak bola dengan berfokus pada aspek manajerial tim karena merasa dirinya payah saat bermain di lapangan.

Tetapi, impian Kakeru untuk menjadi pemain sepak bola profesional tidak berhenti begitu saja. Diam-diam, ia tetap berlatih keras agar bisa menggapai cita-citanya tersebut. Ditemani Nana, salah seorang kawan masa lalu Kakeru yang telah berhasil masuk ke tim sepak bola wanita nasional Jepang, Kakeru pun terus termotivasi untuk mencapai tujuannya.

BACA JUGA: Sinopsis One Piece Red Beserta Jadwal Tayangnya di Indonesia

13. Ginga e Kickoff!! (2012)

Wallpaper Cave

Anime Ginga e Kickoff!! bercerita tentang seorang pemain sepak bola yang terpaksa berhenti mengejar impiannya karena tim sepak bola miliknya dibubarkan. Namun, ketika ia bertemu dengan seorang gadis yang kebetulan tergabung ke dalam tim sepak bola wanita profesional, semangatnya pun kembali berkobar.

14. Days (2016)

anime bola
Nekonoto

Anime bola keluaran tahun 2016 ini mungkin bisa menjadi pilihan Sedulur untuk ditonton, nih! Dengan judul Days, anime tersebut berfokus pada perjalanan dua orang pemuda, Tsukushi dan Jin, dalam menekuni dunia sepak bola.

Tsukushi memang memiliki passion dalam sepak bola, tetapi ia merasa kemampuannya tidak cukup untuk digunakan saat bermain di lapangan. Tsukushi pun tidak sengaja bertemu dengan Jin, salah satu pemain andal dalam sebuah tim sepak bola. Keduanya pun menjadi tidak terpisahkan, saling berusaha menggapai impiannya masing-masing untuk menjadi pemain sepak bola jago.

15. Keppeki Danshi! Aoyama-kun (2017)

KAORI Nusantara

Keppeki Danshi! Aoyama-kun menjadi salah satu rekomendasi anime bola yang akan kita bahas bersama-sama selanjutnya. Aoyama menjadi idola oleh orang-orang sekitarnya. Ia merupakan sosok yang tampan, bersahaja, keren, bertubuh atletis, dengan kemampuan masak yang luar biasa.

Aoyama ternyata memiliki mysophobia (fobia terhadap bakteri), tetapi sangat gemar bermain sepak bola. Kisah Keppeki Danshi! Aoyama-kun menjadi semakin menarik ketika Aoyama tetap menggeluti kegemarannya tersebut sembari sebisa mungkin tidak terkena bola yang kotor, lumpur lapangan yang basah, dan hal-hal lain yang menurutnya memiliki banyak bakteri.

Wah, sepertinya seru, ya Sedulur? Yuk, langsung aja bagaimana kisah perjalanan Aoyama dalam serial anime Keppeki Danshi! Aoyama-kun!

16. Captain Tsubasa (2018)

anime bola
Pinterest

Sebelumnya telah kita bahas anime bola Captain Tsubasa. Anime tersebut memang dapat diacungi dua jempol karena alur cerita dan konflik yang menarik. Pertama kali dirilis pada tahun 1983, Captain Tsubasa ternyata kembali dirilis pada tahun 2018 lalu, loh Sedulur!

Kisahnya ternyata masih melanjutkan perjalanan Tsubasa Oozora untuk meraih impiannya bermain dalam tim sepak bola nasional Jepang pada Captain Tsubasa versi 1983. Kisahnya semakin menarik ketika di tengah perjalanan ia bertemu dengan gadis cantik pujaannya, Sanae Nakazawa, dan juga penjaga gawang bertalenta, Genzo Wakabayashi.

Berbagai rintangan serta tantangan dihadapi mereka dalam perjalanan menuju Piala Dunia FIFA. Akankan Tsubasa Oozora berhasil membawa Jepang sebagai juara dunia sepak bola di ajang bergengsi tersebut? Yuk, lanjutkan kisah dan kenangan masa kecil Sedulur dengan kembali menyaksikan aksi Tsubasa Oozora pada serial anime Captain Tsubasa terbaru ini! 

17. Ao Ashi (2022)

anime bola
Klik Aktual

Anime bola 2022 yang sempat jadi perbincangan banyak orang beberapa waktu lalu adalah Ao Ashi. Dirilis pada musim semi 2022, Ao Ashi bercerita tentang sebuah tim sepak bola SMP lokal yang hanya mengandalkan kemampuan satu pemainnya saja, Ashito Aoi.

Ashito Aoi memang berhasil membawa timnya ke podium kemenangan dalam berbagai turnamen sepak bola. Tetapi, suatu ketika Ashito Aoi harus berhenti bermain di lapangan karena melanggar aturan permainan yang fatal.

Ditinggalkan Ashito Aoi, timnya mulai kebingungan bagaimana cara mempertahankan gelar kejuaraan yang telah mereka raih selama ini. Ashito Aoi pun bertemu dengan salah satu pelatih tim sepak bola, Tatsuya Fukuda, yang melihat potensi dalam diri Ashito Aoi. Ia pun menyuruh Ashito Aoi untuk ikut sebuah seleksi tim sepak bola kenamaan di kota Tokyo.

Bagaimana kelanjutan perjalanan Ashito Aoi sebagai pemain sepak bola? Coba tonton serial Ao Ashi untuk menemukan jawabannya, ya Sedulur!

18. Futsal Boys!!! (2022)

anime bola
Wibumesta

Anime bola baru yang selanjutnya datang dari anime yang berjudul Futsal Boys!!!. Haru Yamato sejatinya tidak pernah tertarik dengan dunia futsal. Tetapi, ketika ia tidak sengaja menonton Tokinari Tennoji, salah seorang pemain futsal andalan, bermain di Piala Dunia U-18, Haru Yamato menjadi tertarik dengan dunia tersebut.

Ketika masuk ke SMA Koyo Gakuen, Haru Yamato memutuskan untuk bergabung ke dalam klub futsal. Di sana, ia mulai bertemu dengan rekan-rekannya dan semakin bersemangat untuk bermain futsal.

Itulah informasi mengenai 18 rekomendasi anime bola terbaik untuk ditonton Sedulur sembari bersantai-santai. Selamat menonton, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.