warna mustard kulit sawo matang

Salah satu warna yang cukup populer belakangan ini adalah mustard. Sayangnya, masih banyak yang bingung apakah warna mustard kulit sawo matang itu cocok untuk digunakan di Indonesia? Agar Sedulur tidak bingung, kami akan menjelaskan rekomendasi warna baju yang pas untuk pemilik kulit sawo matang.

Kulit sawo matang sendiri merupakan warna kulit kebanyakan masyarakat di Indonesia. Warna ini cenderung berwarna agak kecokelatan tapi tidak terlalu gelap. Dimana biasanya perlu memadupadankan warna yang tepat agar bisa mendapatkan penampilan fashion yang tepat

Penasaran apa apakah warna mustard untuk kulit sawo matang bagus dan rekomendasi apa saja yang oke? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 15 Warna Lipstik untuk Kulit Sawo Matang, Wajah Lebih Cerah!

Warna Kulit Sawo Matang

Unsplash/Farhan Abas

Sebelum kita membahas apakah warna mustard cocok untuk kulit sawo matang dan warna apa yang bagus. Sedulur sebaiknya mengenali terlebih dahulu apa itu warna kulit sawo matang. Umumnya, warna kulit sawo matang dikenal dengan nama ‘tan’. Warna ini menunjukkan warna yang agak kecokelatan pekat menuju hitam mirip warna buah sawo.

Dalam perhitungan Skala Fitzpatrick, kulit sawo matang masuk ke dalam kategori jenis kulit tipe IV dengan nilai 21-27. Skala Fitzpatrick sendiri merupakan klasifikasi numerik untuk warna kulit manusia. Metode skala ini dikembangkan pada tahun 1975 oleh Thomas B. Fitzpatrick sebagai cara untuk memperkirakan respon dari berbagai jenis kulit terhadap sinar ultraviolet (UV).

Kulit sawo matang juga menjadi ciri khas dari ras Mongoloid Melayu yang tinggal di kawasan Asia Tenggara. Dimana menjadi letak geografis dari Indonesia. Jadi tidak heran jika banyak masyarakat yang memiliki tipe warna kulit sawo matang dari penjuru Sabang sampai Marauke.

BACA JUGA: Ide Warna Kutek untuk Kulit Sawo Matang, Bikin Kulit Cerah!

Rekomendasi Warna untuk Kulit Sawo Matang

Setelah mengetahui penjelasan tentang warna kulit sawo matang. Sedulur bisa mencoba mencari tahu perpaduan fashion yang tepat untuk warna tersebut. Dalam dunia fashion, orang-orang yang memiliki warna kulit sawo matang akan dianggap sebagai eksotik.

Salah satu warna yang cukup populer digunakan pemilik warna kulit tan dalam dunia fashion adalah warna warm atau hangat. Warna hangat diketahui bisa berpadu manis dengan kulit sawo matang karena cenderung tidak terlalu kontras. Misalnya adalah warna mustard kulit sawo matang akan terlihat begitu alami dan tidak mencolok.

Nah, selain warna itu berikut ini ada beberapa rekomendasi warna untuk kulit gelap yang bisa dicoba juga.

1. Mustard

warna mustard kulit sawo matang
Pexels/Andy Barbour

Warna mustard memang jadi kombinasi terbaik untuk para pemilik kulit sawo matang. Apalagi warna ini memang sedang tren dan siap membuat Sedulur tampil keren banget setiap saat.

Warna mustard yang merupakan salah satu bagian dari warna kuning ini akan memberikan efek hangat dan ceria pada kulitmu. Sehingga aura yang dimunculkan akan segar dan menarik.

Warna ini juga seperti sinar matahari yang menyinari wajahmu, sehingga selalu terlihat bersemangat setiap saat. Jadi, Sedulur kalau lagi ingin tampil cerah dan mempesona, pilih baju dengan warna kuning mustard aja ya!

2. Hijau zaitun

Nah, kalau pengin tampil alami dan segar, warna hijau zaitun cocok banget buat Sedulur dengan kulit sawo matang. Warna hijau zaitun memberikan kesan yang natural dan menyegarkan. Sedulur bakal terlihat seperti bidadari yang muncul dari alam dengan baju berwarna hijau zaitun ini.

Warna ini bisa bikin wajahmu terlihat lebih cerah dan bercahaya. Jadi, kalau lagi pengin tampilan yang effortless tapi tetap stylish, pilih baju dengan warna hijau zaitun.

3. Jingga

Kalau mau tampilan yang hangat dan mempesona, warna jingga burnt ini cocok banget buat Sedulur dengan kulit sawo matang. Warna jingga burnt memberikan efek yang super cerah dan bersemangat pada kulitmu.

Sedulur bakal terlihat seperti matahari terbit dengan baju berwarna jingga burnt ini. Warna ini juga bisa bikin kulitmu terlihat lebih cerah dan bercahaya. Jadi, siap-siap aja buat jadi pusat perhatian dengan warna jingga burnt yang bikin penampilanmu semakin berkilau!

4. Ungu

Coba bayangkan dirimu menggunakan baju warna ungu plum. Warna ini memberikan kesan misterius dan glamor pada kulit sawo matang. Bener-bener bikin penampilanmu terlihat beda dan menonjol!

Warna ungu plum cocok banget buat tampilan yang memikat dan elegan. Sedulur bakal terlihat kayak sosok yang misterius tapi tetap classy.

5. Abu-abu

Kalau Sedulur suka penampilan yang edgy dan modern, warna abu-abu gelap ini pas banget buat Sedulur. Warna ini cocok untuk kulit sawo matang, bahkan bisa memberikan kesan yang lebih keren dan kekinian. Sedulur bisa terlihat lebih bold tapi tetap stylish dengan warna yang satu ini.

Selain itu, Sedulu juga bisa mencoba beberapa jenis warna monokrom lainnya seperti warna putih dan hitam. Dengan mengenakan baju dengan warna monokrom, Sedulur yang memiliki kulit sawo matang akan tampil lebih percaya diri. Selain itu, warna ini juga tidak akan membuat warna kulit sawo matang terlihat lebih gelap maupun kusam.

BACA JUGA: 10+ Warna Softlens yang Bagus untuk Semua Tipe Warna Kulit!

6. Pink muda

Pexels/Fadime Erbass

Siapa bilang kulit sawo matang tak cocok dengan warna pink muda? Justru warna ini memberikan kesan feminin dan lembut banget pada kulit sawo matangmu.

Sedulur bisa terlihat lebih manis dan fresh dengan baju warna pink muda. Warna ini cocok banget buat tampilan yang girly dan anggun. Sedulur bisa menambahkan sentuhan feminin lainnya, seperti aksesori atau makeup yang cocokdengan warna pink muda ini.

7. Emerald

Kesan mewah dan elegan bisa Sedulur dapatkan saat memakai baju berikut ini. Warna hijau emerald sebenarnya cocok untuk semua jenis kulit. Namun, akan tampak lebih cocok jika digunakan oleh pemilik kulit sawo matang. 

Warna emerald juga akan memberikan kesan segar pada kulit Sedulur karena warnanya yang pop up. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba warna ini untuk dikombinasikan dengan warna kulitmu.

8. Fuschia

Warna fuschia yang bright dan energik mampu membuat perhatian orang akan tertuju padamu. Warna ini bisa merepresentasikan diri Sedulur yang energik dan fun. Selain itu, kulit sawo matang sangat cocok dengan fuschia ini karena membuat kulit lebih glowing dan bersinar. 

9. Maroon

Warna merah maroon atau burgundy memberikan kesan anggun dan glamor pada kulit sawo matang. Ini adalah pilihan sempurna untuk acara-acara istimewa. Sedulur bisa memadukan baju warna merah maroon dengan bawahan celana jeans atau celana kulot warna hitam. 

Tambahkan juga aksesoris seperti perhiasan berwarna emas dengan desain yang modern untuk mempercantik tampilan Sedulur.

10. Magenta

Memiliki nuansa warna yang tampak seperti fuschia, magenta pun cocok dikenakan oleh siapapun yang memiliki kulit sawo matang. Selain itu, pakaian magenta akan membuat Sedulur terlihat mempesona.

Warna magenta sendiri merupakan perpaduan dari warna merah yang sedikit keungu-ungua dan akan menciptakan penampilan yang berbeda bagi Sedulur dengan warna kulit sawo matang.

Ada banyak sekali ide outfit dengan pakaian warna magenta yang akan membuat penampilan Sedulur tampak stunning. Contohnya dengan memadukan atasan magenta yang memiliki aksen ruffle serta dipadukan dengan bawahan celana jeans dan sneaker maupun sepatu model loafers.

BACA JUGA: 10 Ide Warna Rambut yang Bagus untuk Kulit Kuning Langsat

11. Biru navy

warna mustard kulit sawo matang
Pexels/Jopwell

Warna biru navy ini memberikan kesan yang chic dan elegan buat Sedulur yang punya kulit sawo matang. Warna ini bisa membuat penampilanmu terlihat lebih berkelas dan trendy.

Selain itu, warna biru navy juga bisa bikin kulitmu terlihat lebih cerah dan terawat. Maka dari itu, kalau mau tampilan yang fashionable dan mewah, jangan lupa pilih baju dengan warna biru navy.

12. Cokelat tua

Warna cokelat tua memberikan kesan hangat dan natural banget pada kulit sawo matangmu. Kalau Sedulur pakai baju warna cokelat tua, penampilanmu bakal terlihat lebih earthy dan stylish.

Warna ini juga bisa bikin Sedulur terlihat lebih trendy, apalagi kalau dikombinasikan dengan aksesori yang pas. Jadi, baju cokelat tua ini memang bisa bikin Sedulur tampil kece dengan gaya yang natural dan keren.

Apalagi jika Sedulur gunakan warna coklat tua sebagai outer, dengan dalaman kaos polos hitam atau putih, penampilan Sedulur dijamin makin stylish.

13. Beige

Salah satu warna terbaik yang bisa Sedulur coba untuk membuat warna kulit sawo matang terlihat apik adalah beige. Warna ini identik dengan kesan netral, ramah, dan elegan sederhana.

Belum lagi kesan earth tone lembut memberi kesan hangat dan menenangkan saat dipandang mata. Maka tak heran bila banyak orang menyukai warna beige ini untuk busana atau aksesorisnya.

Selain mudah dipadukan, beige juga melambangkan kepribadian yang tenang dan bersahabat. Nah, untuk Sedulur yang memiliki kulit sawo matang nan eksotis, warna beige ini sangat cocok banget karena bisa memancarkan pesona kecantikan alami Sedulur.

14. Baby blue

Selanjutnya ada warna baby blue yang melambangkan kedamaian, kepolosan, dan ketenangan. Kesan lembut dan menyejukkan hati bisa Sedulur dapatkan dari warna sebiru langit cerah ini.

Baby blue juga memberikan kesan muda dan fresh. Jadi pilihan warna ini sangat dianjurkan untuk Sedulur yang ingin tampil awet muda dan tetap stylish mengikuti tren masa kini.

Apalagi bila dipadukan dengan busana casual simple sehari-hari. Pasti kesan cute, ramah dan bersahabat langsung terpancar dari penampilan Sedulur. Membuat siapa saja yang melihat ikut tersenyum ceria.

15. Putih

warna mustard kulit sawo matang
Pexels/Monstera Production

Warna putih memang terdengar terlalu simpel, tapi percaya deh warna ini cocok banget dengan kulit sawo matang. Warna baju putih akan terlihat kontras dengan kulit sawo matang dan justru inilah yang membuatnya cocok. 

Warna putih bersih cocok untuk kulit kuning langsat sampai sawo matang yang nggak terlalu gelap. Sedangkan warna putih gading cocok untuk kulit sawo matang yang lebih gelap. Sedulur bisa pakai T-shirt putih dengan jeans untuk acara casual. Sedangkan untuk acara semi formal dan formal bisa pilih dress atau kemeja putih.

16. Lavender

Lavender alias warna ungu muda juga sangat direkomendasikan sebagai warna outfit untuk bisa membuat kulit sawo matang Sedulur terlihat semakin cantik. Warna yang terkesan elegan dan manis ini bakal membuat Sedulur jadi pusat perhatian. Warna outfit Lavender sangat cocok dipadukan dengan riasan yang juga sederhana dan ringan.

17. Lemon

Terakhir ada warna kuning lemon, warna cerah yang cocok untuk kulit cokelat alias sawo matang. Salah satu warna pastel ini memberikan kesan yang classy. Sedulur juga bisa menyeimbangkan kecerahan warna ini dengan fashion item lain yang berwarna hitam atau abu-abu.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi warna baju yang bagus untuk digunakan para pemilik warna kulit sawo matang. Artikel kali ini juga sekaligus menjawab warna mustard untuk kulit sawo matang cocok atau tidak. Dimana jawabannya sangat cocok ya Sedulur. Jadi selamat mencoba kombinasi warna-warna di atas ya!