lipstik untuk kulit sawo matang

Kulit sawo matang bisa memancarkan keindahannya tersendiri. Dengan warna lipstik untuk kulit sawo matang yang tepat, penampilanmu dijamin akan semakin memukau. Namun, pemilik warna kulit sawo matang mungkin sering kebingungan saat ingin membeli lipstik baru.

Jika salah pilih warna, ditakutkan tampilan wajah jadi pucat atau gelap. Berbagai brand lokal pun telah menyediakan opsi warna lipstik untuk kulit sawo matang yang bikin wajah terlihat fresh atau cerah. 

Tapi ada yang perlu kamu perhatikan adalah dalam memilih shade-nya yang tepat dan disesuaikan dengan tone wajah. Jadi, pemilik kulit sawo matang, sebaiknya memilih lipstik yang sesuai dengan warna kulitmu. Meskipun tak ada aturan pasti dalam menggunakan lipstik, memilih warna yang tepat akan memaksimalkan penampilan.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Lipstik Tahan Lama Terbaik dan Terbaru 2023

Rekomendasi Lipstik untuk Kulit Sawo Matang

lip tint terbaik lipstik untuk kulit sawo matang
Unsplash

Lantas, warna lipstik apa saja yang cocok bagi pemilik kulit sawo matang? Untuk itu, berikut ini beberapa warna lipstik untuk kulit sawo matang yang bisa kamu coba. Pasti bisa membuat tampilan kamu semakin memesona!

1. Warna Lipstik Berry

Pilihan yang pertama adalah tone warna berry, mulai dari plum, raspberry, hingga burgundy. Warna ini terlihat elegan di wajah dengan kulit berwarna sawo matang. Jika dipakai malam hari, maka kesan glam akan kentara jelas.

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah lipstik Lakme Absolute Wild Berry Sculpt Studio Hi-Definition yang warnanya stain dan memiliki matte finish. 

2. Warna Lipstik Nude

Harus diakui, apa pun warna kulit kita, menemukan lipstik warna nude yang tepat memang tidak mudah. Bila salah memilih, lipstik bisa terlihat terlalu pucat, terlalu pink, atau terlalu cakey seakan kamu menggunakan concealer di bibir.

Jika kamu tidak ingin menggunakan warna yang terlalu pink, nuansa nude kecokelatan dapat kita jadikan sebagai warna lipstik untuk kulit sawo matang.

3. Warna Lipstik Merah Terang

Senangnya memiliki warna kulit sawo matang, kita tidak perlu takut terlihat menor dengan lipstik warna terang. Warna merah terang bisa membuat tampilan kamu lebih seksi dan berani. Tak hanya itu, jenis warna lipstik untuk kulit sawo matang ini juga dapat membuat tampilan kamu menjadi semakin kuat dan menonjol.

4. Warna Lipstik Copper Brown

Selanjutnya, kamu bisa memilih warna copper brown untuk memberikan kesan yang menarik. Lipstik ini memiliki warna kecokelatan dengan sedikit hint tembaga.

Warna ini sangat cocok digunakan saat berpenampilan kasual atau seksi. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah produk NARS Audacious Lipstick in Deborah. 

5. Lipstik Warna Mauve

Sedang ingin tampil fierce dan tak terkalahkan? Maka pilih warna mauve. Warna ini merupakan gabungan dari ungu dan pink yang menghasilkan warna seksi. Warna ini cocok untuk memberikan kesan bold dan tak terbantahkan.

Pilih warna ini saat ingin memenangkan keadaan! Banyak juga brand kecantikan yang memiliki shades mauve, tinggal pilih mana yang jadi favorit kamu. 

6. Warna Lipstik Taupe

Taupe merupakan kombinasi antara warna abu-abu dan cokelat (kelabu). Warna lipstik yang cocok untuk kulit sawo matang dan bibir hitam ini bisa menonjolkan keindahan tampilan bibirmu.

Sedulur bisa menggunakannya untuk berbagai acara. Warna taupe dinilai dapat membuat penampilan tampak elegan dan berkelas. Warna ini juga sangat cocok dikenakan saat matahari sedang bersinar cerah. Pilih outfit yang tepat dan penampilanmu pun terlihat jauh lebih segar. 

7. Warna Lipstik Mocha Brown

Masih dari warna cokelat, ada juga mocha brown yang warnanya lebih bold. Warna ini lebih gelap dari varian cokelat lainnya. Warna ini mungkin terlihat tidak cocok pada warna kulit terang, namun akan sangat cocok jika digunakan pada kulit sawo matang.

Untuk sentuhan glam, gunakan jenis glossy. Kamu bisa menemukan varian mocha brown dari MAC, Rare Beauty, dan Focallure. 

8. Warna Lipstik Mocha Licious

Warna mocha licious juga menjadi rekomendasi warna lipstik untuk kulit sawo matang selanjutnya. Warna ini cenderung pink keunguan termasuk warna yang aman digunakan oleh pemilik warna kulit gelap.

Sedulur harus bisa menambahkan lip gloss agar bibir terkesan seksi. Cocok juga dipakai untuk acara pesta untuk memberi kesan elegan.

9. Warna Lipstik Brown Based Orange

Jika ingin warna yang kontras, maka oranye jadi pilihan pertama. Namun jangan asal pilih, karena ada beberapa oranye terlalu mencolok sehingga tidak masuk di warna kulit sawo matang.

Pilih orange dengan hint cokelat sehingga bisa memberikan kesan fresh yang tidak berlebihan. Lipstik orange menjadi salah satu warna yang sering dihindari pemilik warna kulit sawo matang. Namun, jika bisa memilih yang tidak terlalu terang, kamu bisa terlihat seksi mengenakannya.

10. Lipstik Warna Peach

Lipstik warna peach tidak hanya cocok digunakan kulit terang, tetapi juga bisa untuk kulit sawo matang. Sebab, warna ini mempercantik setiap variasi gelap pada warna kulit.

Warna ini juga akan memberikan kesan fresh dan menarik sehingga cocok digunakan untuk sehari-hari. Agar tidak terlalu terang, kamu bisa kombinasikan dengan liptik berwarna nude.

11. Warna Merah Bata

lip tint terbaik
CNN

Warna lipstik untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah merah bata matte. Kamu mungkin menganggap penggunaan lipstik berwarna merah bata, bisa membuat bibir tampak menor dan terkesan berlebihan.

Padahal, menggunakan lipstik berwarna merah bata, dapat menggambarkan tentang kepribadian seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, pemberani, elegan, memiliki daya tarik yang tinggi, dan tangguh.

12. Warna Lipstik Maroon

Maroon adalah shade dari warna merah dengan nuansa yang lebih gelap dengan hint cokelat. Warna lipstik ini amat serbaguna dan cocok digunakan oleh kulit sawo matang. Kamu dapat memilih berbagai pilihan merah maroon, dari royal maroon hingga dark maroon. Semuanya dapat membuat wajah kamu menjadi tampak segar dan lebih tegas. Tampilan pun terlihat semakin percaya diri.

13. Warna Lipstik Rose Pink

Warna lipstik untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah rose pink. Berbeda dengan warna berry, rose pink lebih cerah dan tidak matte. Warna ini memberi kesan moody, dalam sisi positif.

Sedulur bisa mencampur, me-layer, atau meng-ombre lipstik untuk menyesuaikan gaya. Pasti tampilan kamu akan semakin memukau dan memikat.

14. Warna Lipstik Burgundy

Mirip dengan maroon, warna burgundy atau yang disebut juga dengan deep wine adalah warna merah tua dengan hint ungu kecokelatan. Warna yang deep dan berani ini juga sangat cocok digunakan oleh kulit sawo matang.

Beruntung bagi pemilik kulit sawo matang, karena warna ini akan kesan elegan dan hangat pada bibir, alih-alih gothic. Bukan itu, lipstik warna burgundy juga dapat menutupi warna bibir yang gelap.

15. Warna Lipstik Bronze

Warna lipstik bronze bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Lipstik warna metalik ini bisa membuat penampilan lebih menarik dan elegan tanpa terlihat berlebihan.

Sedulur juga bisa menggunakan warna lipstik untuk kulit sawo matang ini di siang maupun malam hari. Jadi, tak perlu khawatir tidak akan cocok untuk warna kulitmu.

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Lip Tint Terbaik Tahun 2023, Ringan di Bibir!

Brand Lipstik yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Camila Coelho

Ada banyak sekali pilihan produk lipstik yang bisa untuk kulit sawo matang. Biar kamu gak bingung, berikut ini ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba. Simak ulasannya di bawah ini sampai selesai!

1. Implora Lip Velvet – Fearless

Lipstick Velvet dari Implora menawarkan harga terjangkau, hanya sekitar Rp23 ribu. Formulanya mengandung vitamin E serta omega 3, 6, dan 9 yang berperan penting dalam merawat kesehatan dan kecantikan bibir. Formula ini tidak hanya menjaga bibir tetap sehat dan terawat, tetapi juga memberikan hasil akhir dengan tampilan velvet.

Keunggulan lainnya adalah ketahanannya yang sepanjang hari. Implora Lip Velvet juga tersedia dalam berbagai shade menarik untuk menemani setiap hari. Salah satunya adalah Fearless, yang cocok untuk menambahkan sentuhan keindahan pada kulit sawo matang.

2. OMG Oh My Glam Matte Kiss Lip Cream – Dreamy

Lipcream seharga Rp19 ribu ini memiliki sejumlah keunggulan yang patut untuk dicoba. Teknologi color advance tech-nya diklaim memberikan warna yang intens. Sekali swipe saja diklaim mampu bertahan seharian.

Tak hanya itu, produk ini juga mampu menutupi seluruh warna asli bibir, bahkan bagi pemilik bibir gelap. Kandungan vitamin E dan jojoba oil dalam lip cream ini membantu melembabkan bibir tanpa rasa lengket. Melindungi bibir dari radikal bebas!

3. Emina Creamy Tint Brick Town

Emina Creamy Tint adalah pilihan sempurna bagi kamu para pecinta lip tint. Kualitas yang unggul dibanderol dengan harga terjangkau, hanya sekitar Rp40 ribu. Produk ini menghadirkan tekstur creamy yang lembut dan tidak lengket, sehingga memudahkan penggunaan dan memberikan hasil yang rapi.

Kelebihan lainnya adalah kelembaban ekstra yang membuat bibir terasa nyaman sepanjang hari. Tidak hanya itu, lip tint ini juga memiliki daya tahan hingga 8 jam. Sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari.

4. Purbasari Lipstick Color Matte 81

Purbasari Matte 81 memiliki harga yang terjangkau yaitu hanya sekitar Rp35 ribu. Lipstik ini pilihan sempurna bagi para pecinta tampilan matte yang elegan dengan kulit sawo matang.

Produk ini memberikan hasil akhir matte tanpa efek mengkilap, sehingga menciptakan tampilan bibir yang halus dan rapi. Lebih penting lagi, lipstik ini juga dapat merawat bibir dengan baik.

Meskipun hasil akhirnya matte, Purbasari Matte 81 tetap menjaga kelembaban bibir dan tidak membuatnya terasa kering. Teksturnya yang ringan dan nyaman digunakan.

5. Hanasui Mattedorable Lip Cream Boba Edition 02 Brown Sugar

Dengan harga yang terjangkau, lip cream ini menghadirkan pengalaman yang unik dengan aroma Boba yang menenangkan di bibir sepanjang hari. Lip cream ini diklaim memberikan rasa nikmat seperti menikmati brown sugar boba favorit. Lip cream ini memiliki kelembaban ganda, berkat kandungan olive oil dan vitamin E.

Produk HANASUI ini juga dapat digunakan dengan berbagai cara. Kamu tidak hanya dapat mengoleskannya pada bibir, tetapi juga bisa menggunakan lip cream ini sebagai blush on di pipi. Harganya hanya Rp37 ribuan.

BACA JUGA: 17+ Rekomendasi Lip Balm Berwarna, Tetap Lembab & Merona

Tips Memilih Warna Lipstik yang Tepat

rekomendasi lip balm berwarna lipstik untuk kulit sawo matang
Pixabay

Walau saat ini banyak warna lipstik yang bisa dipakai oleh semua warna kulit, tapi tidak semua warna bisa membuat tampilan wajah menjadi lebih segar dan cerah. Apalagi, bagi para pemilik warna kulit cenderung gelap seperti kulit sawo matang. Salah memilih warna justru bisa membuat kulit wajah terlihat pucat atau malah kusam dan menggelap. 

Dalam memilih lipstik untuk kulit sawo matang, ada beberapa hal khusus yang harus kamu perhatikan. Untuk itu, berikut ini tips memilih lipstik untuk kulit sawo matang.

1. Sesuaikan warna lipstik dengan tipe undertone kulit sawo matang

Apa tipe undertone kulit sawo matang kamu? Apakah cool, warm, atau neutral? Satu warna lipstik bisa terlihat berbeda pada setiap bibir, bahkan pada warna kulit yang sama. Hal ini dipengaruhi oleh undertone. Undertone adalah warna yang terlihat di bawah permukaan kulit. Umumnya terdapat tiga macam undertone, yaitu cool, warm, dan neutral. Berikut ini penjelasannya!

  • Cool undertone

Jika urat nadi kamu berwarna kebiruan atau keunguan, artinya kamu memiliki cool undertone. Kulit dengan undertone ini akan mengalami kemerahan setiap kali terpapar sinar matahari. Pemilik kulit cool undertone dapat memilih lipstik berwarna merah yang lebih terang agar terlihat fresh.

Warna blue-based, seperti dusty rose, pink, berry, purple, mauve, dan bluish red juga cocok di bibir kamu. Ingin menggunakan warna nude? Bisa! Carilah warna nude dengan tone cokelat atau karamel.

  • Warm undertone

Tipe ini ditandai dengan warna nadi atau pembuluh darah yang kehijauan. Saat terpapar sinar matahari, kulit dengan undertone ini langsung menggelap tanpa kemerahan.

Pemilik kulit sawo matang dengan warm undertone disarankan menggunakan lipstik berwarna hangat, seperti oranye dan merah jingga. Warna lipstik deep red, berry, rose, dan mauve juga tidak kalah cantik, lho.

  • Neutral undertone

Pemilik neutral undertone memiliki warna nadi yang berwarna hijau dan biru. Bisa dikatakan undertone ini merupakan gabungan dari warm undertone dan cool undertone.

Jadi, tan skin dengan neutral undertone bisa menggunakan berbagai macam warna lipstik mulai dari orange based hingga blue based. Sebagai pilihan, kami merekomendasikan warna oranye, nude, merah, dan merah muda.

2. Untuk bibir hitam atau cenderung gelap, gunakan lipstik warna bold

Warna bibir setiap orang berbeda-beda. Lalu, apa pengaruhnya dengan pemilihan warna lipstik? Langsung saja simak pemaparannya di bawah ini

Warna bibir hitam atau gelap: Bagi pemilik warna bibir hitam atau gelap, lipstik berwarna bold atau tegas cocok untuk dipilih. Warna lipstik bold juga disarankan untuk bibir tebal. Kamu bisa mencoba warna burgundy ataupun merah tua. Selain itu, carilah lipstik berpigmentasi tinggi untuk menutupi warna bibir gelap. Biasanya lipstik berbentuk cair memiliki pigmentasi lebih tinggi.    

Warna bibir pucat: Pemilik warna bibir pucat sebaiknya hindari memakai warna lipstik yang terlalu soft. Sebab, warna lipstik tersebut akan membuat bibir kamu terlihat lebih pucat. Sebaiknya, gunakan warna yang shocking ataupun segar untuk bibir pucat, seperti shocking pink, oranye, dan peach.

Warna bibir cerah: Pemilik warna bibir merah akan lebih mudah dalam mengeksekusi berbagai warna lipstik, baik warna soft maupun bold. Untuk hasil yang cantik, kami merekomendasikan warna oranye, nude, dan merah. Kamu juga bisa mengeksplorasi warna-warna gelap.

3. Pertimbangkan lip cream, lip tint, dan lipstik padat yang tahan lama

Ada beberapa tipe lipstik yang dijual di pasaran, seperti lip cream, lip tint, dan lipstik padat. Kamu dapat memilih tipe lipstik sesuai kesukaan dan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

  • Lip cream

Seperti namanya, lip cream memiliki tekstur cair, tetapi sedikit creamy. Karena itu, tipe ini sering disebut sebagai lipstik cair. Biasanya lip cream memiliki aplikator bawaan berupa kuas yang memudahkan kamu menjangkau sudut bibir.

Lip cream dengan matte finish akan cocok digunakan oleh kamu yang memiliki kulit sawo matang dengan bibir gelap.

  • Lip tint

Ingin tampil menawan dengan look makeup Korea? Pilih saja lip tint. Lip tint memiliki tekstur cair seperti air dengan pigmentasi yang lebih sheer. Karena itu, lip tint lebih cocok untuk kamu yang ingin tampil natural.

Pengaplikasian lip tint juga mudah karena sudah dilengkapi aplikator kuas. Beberapa lip tint dapat memberikan efek ombre ataupun glossy sehingga bibir tampak lebih plump.

  • Lipstik padat

Bentuk padat adalah bentuk lipstik klasik yang mudah untuk dibawa ke mana saja. Penggunaannya pun praktis, kamu hanya perlu memutar ujung lipstiknya.

Selain itu, lipstik padat tidak lengket saat digunakan di bibir. Namun, kamu harus berhati-hati saat menggunakan lipstik padat karena ujung lipstik rawan patah. 

4. Pastikan lipstik mengandung pelembab agar bibir tidak kering

Sebelum bepergian, kamu sebaiknya memoleskan lipstik agar bibir tidak tampak pucat. Jika kamu adalah seorang karyawan, kamu perlu menggunakan lipstik setidaknya 8 jam sehari. Tambahan lagi, aktivitas sepulang kerja juga terkadang membuat bibir kamu tertutup lipstik lebih lama.

Karena itu, kandungan pelembab di dalam lipstik menjadi sangat penting agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Kamu dapat memilih lipstik yang mengandung shea butter, madu, atau jojoba oil. Dengan demikian, bibir akan tetap terlindungi dan ternutrisi, termasuk saat kamu menggunakan lipstik selama 24 jam.

Namun, kamu juga dapat menggunakan lip balm terlebih dahulu jika lipstik yang ditaksir ternyata tidak memiliki kandungan pelembab. Jangan lupa untuk melakukan scrubbing agar sel-sel kulit mati terangkat dan bibir menjadi lebih mulus.

Itulah tadi berbagai pilihan warna lipstik untuk kulit sawo matang. Tentu pilihannya sangat banyak dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Warna kulit wanita Indonesia umumnya sawo matang yang cantik dan eksotis.

Salah satu kunci keberhasilan dari makeup adalah memilih warna lipstik.Itu sebabnya, memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang yang tepat sangat penting, agar tampilan tampak segar dan tidak kusam. Memilih lipstik untuk sawo matang memang tergolong tricky, apalagi jika kamu ingin membeli lipstik nude. Alih-alih membuat My Lips But Better, lipstik tersebut justru akan membuat wajah kamu terlihat pucat. 

Jadi, sebelum memilih lipstik yang bagus untuk kulit sawo matang, kamu bisa menyesuaikan dengan undertone terlebih dahulu. Selain itu, carilah warna-warna yang cenderung kecoklatan atau orange, sehingga hasinya tetap natural untuk sehari-hari. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih warna lipstik ya!