sunscreen badan

Untuk melindungi tubuh dari sinar matahari yang berlebihan, tentu diperlukan sunscreen sebagai pelindung. Bukan hanya untuk wajah, ada juga sunscreen badan yang dapat melindungi seluruh badan Sedulur dari sinar matahari yang terik berlebih.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja rekomendasi sunscreen badan yang bisa jadi pilihan Sedulur. Untuk membuka pembahasan ini, Sedulur juga harus tahu apa saja manfaat dari sunscreen badan dalam penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat Terbaik

Manfaat Menggunakan Sunscreen Badan

rekomendasi physical sunscreen
Allure

Tentu manfaat utama dari sunscreen badan adalah untuk melindungi kulit tubuh dari sinar matahari yang berlebihan. Bukan hanya wajah saja yang harus dilindungi, namun juga kulit tubuh juga perlu dilindungi.

Sebelum masuk kepembahasan utama terkait rekomendasi sunscreen badan. Berikut ini kita akan bahas apa saja manfaat dari sunscreen badan yang bisa Sedulur dapatkan, yaitu:

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Sunblock atau sunscreen membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar UV terdiri dari sinar UVA dan UVB, yang dapat menyebabkan penuaan dini, kerutan, bintik-bintik hitam, dan bahkan kanker kulit.

2. Mencegah sunburn

Sunburn terjadi ketika kulit terbakar akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Sunblock atau sunscreen dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) tinggi dapat membantu mencegah sunburn dengan menahan sinar UVB yang dapat merusak kulit.

3. Mengurangi risiko kanker kulit

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, termasuk kanker melanoma yang ganas. Dengan menggunakan sunblock atau sunscreen secara teratur, Sedulur dapat mengurangi risiko tersebut.

4. Mencegah penuaan dini

Sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini, seperti kulit kering, keriput, garis-garis halus, dan kehilangan elastisitas kulit. Sunblock atau sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, sehingga membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap terlihat muda dan sehat.

5. Menjaga kesehatan kulit

Dengan melindungi kulit dari sinar UV, sunblock atau sunscreen juga membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulit yang terlindungi dari sinar UV cenderung lebih sehat, lembut, dan bebas dari masalah kulit seperti kemerahan, iritasi, atau bintik-bintik akibat sinar matahari.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Deodoran Pria Terbaik dan Terbaru 2023

Rekomendasi Sunscreen Badan

rekomendasi physical sunscreen
Allure

Setelah mengetahui manfaatnya di atas, tentu Sedulur kini merasa sangat perlu untuk mengetahui apa saja rekomendasi sunscreen badan yang Sedulur butuhkan. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dari sunscreen badan yang bisa jadi pilihan Sedulur. Yuk, mari kita simak!

1. Sunplay Ultra Protection Sunscreen Lotion

Diproduksi oleh salah satu perusahaan kimia terkemuka Rohto, Sunplay Ultra Protection Sunblock Lotion diformulasikan dengan SPF yang tinggi dibandingkan dengan sunblock lainnya. Sunblock badan dengan tekstur ringan dan lembut ini tidak akan terasa lengket.

Diformulasikan dengan high UV defense, sunblock ini diklaim efektif melindungi kulit dari UVA dan UVB yang berasal dari matahari. Sunplay Ultra Protection Sunblock Lotion hadir dalam dua pilihan dengan pembeda warna pada kemasannya. Warna merah memiliki kandungan SPF 99 PA++++.

Sedangkan warna biru memiliki kandungan SPF 101 PA++++ dengan tambahan cooling effect. Keduanya sangat cocok digunakan pada waktu beraktifitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Packagingnya yang kecil membuat sunblock wajah dan badan ini tidak memakan tempat sehingga travel friendly.

Ujung botolnya runcing sehingga walaupun teksturnya cair, namun tetap mudah untuk mengontrol keluarnya produk dari dalam botol. Sunblock ini aman digunakan untuk wajah maupun tubuh.

2. Parasol Moisturizing Sunscreen Lotion SPF 30 PA++

Parasol mengandung octyl methoxycinnamate, 4-methylbenzylidene camphor, butylmethoxy dibenzoyl methane, dan benzophenone-3 yang merupakan bahan aktif yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Parasol memiliki tekstur yang bermacam-macam seperti cream, gel, lotion, ataupun spray. Seperti pada Parasol Moisturizing Sunblock Lotion, sesuai dengan namanya, tekstur dari sunblock ini adalah lotion namun cenderung creamy.

Uniknya, pada sunscreen badan ini terdapat perpaduan antara aloe vera, vitamin E yang dapat mempertahankan kelembaban kulit dan memperlambat proses penuaan dini dengan whitening agent yang dapat mengembalikan warna kulit. Kulit Sedulur akan tetap sehat, cerah, dan terlihat lebih awet muda.

3. Somethinc Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

Somethinc Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++ merupakan sunscreen yang menggunakan teknologi Encapsulated UV Filter dan Film former. Teknologi tersebut akan membentuk layer lock untuk memberikan perlindungan dari sinar UVA & UVB yang lebih maksimal dan menyeluruh.

Saat digunakan, terasa ringan dan tidak lengket, sehingga Sedulur merasa nyaman menggunakannya. Produk ini juga bebas kandungan alkohol dan vegan friendly. Bisa digunakan sebagai makeup base ataupun sentuhan terakhir setelah Sedulur menggunakan makeup, karena tidak akan menggeser makeup.

Sebelum menggunakan, kocok botol kemasan beberapa saat. Tekan spray secara maksimal hingga bawah, agar mist yang keluar lebih halus. Semprotkan ke seluruh wajah & badan 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Pastikan mata dalam keadaan tertutup saat pemakaian.

4. Banana Boat Sport Sunscreen Lotion

Brand asal Amerika Serikat satu ini memang khusus menghadirkan sunblock untuk para penggemar kegiatan outdoor dan olahraga. Untuk produk yang satu ini, Banana Boat menghadirkan Sport Sunblock Lotion untuk Sedulur yang memiliki hobi olahraga di luar ruangan.  

Walaupun SPF-nya tinggi, namun sunblock untuk badan ini cukup mudah meresap dan tidak greasy, sehingga nyaman digunakan di kondisi panas terik sekalipun. Banana Boat Sport Sunblock juga mengandung octocrylene sebagai agen UV absorber dan UV filter.

Selain itu, sunscreen lotion ini juga dilengkapi dengan bahan-bahan yang bekerja sebagai anti-aging agent dan vitamin E untuk menutrisi kulitmu agar senantiasa sehat dan lebih awet muda.

5. Vaseline Healthy Sunblock Badan

Berawal di tahun 1860an dengan produk pertama bernama Vaseline Petroleum Jelly, kini Vaseline telah menjadi merk yang mudah ditemukan di drugstore bahkan minimarket. Salah satu produk Vaseline yang banyak dicari adalah Vaseline Healthy Sunblock.

Sunblock vaselin untuk badan ini bisa menjadi solusi mudah bagi Sedulur yang sering beraktivitas di luar ruangan ataupun saat pergi liburan. Tubuh akan memproduksi melanin ketika terpapar sinar UV yang membuat kulit menjadi lebih gelap dan warnanya tidak merata.

6. Nivea Sun Protect & Moisture Lotion SPF 50

Salah satu produk dari Nivea untuk melindungi kulit dari cahaya matahari yaitu Nivea Sun Protect & Moisture Lotion SPF 50. Dikemas dalam kemasan botol berwarna biru dengan tutup kuning orange yang sangat eyecatching, sunblock Nivea untuk badan ini memiliki tekstur yang mudah diserap oleh kulit.

Sehingga idak menimbulkan greasy. Tak hanya itu, tekstur juga water resistant yang membuatnya sangat pas untuk Sedulur yang ingin berlibur ke pantai atau berenang di kolam renang. Sunblock Nivea untuk badan ini mengandung vitamin E yang berperan penting sebagai anti radikal bebas akibat paparan sinar UVA dan UVB.

Dalam kandungannya pun terdapat hydramine yang dapat mengurangi resiko alergi kulit akibat sinar matahari dan kandungan ini juga dapat melembabkan kulit. Kedua kandungan ini juga dipadukan dengan kolagen yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit.

7. Illuminare Brihgtening Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50+

Illunimare Brihgtening Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50+ memberi perlindungan dari bahaya paparan sinar UVA/UVB. Dengan formulasi menggunakan Alpha-Arbutin, Ascorbyl Glucoside, SodiumAscorbyl Phosphate dan ekstrak citrus buah junos akan membuat kulit lebih cerah dan lembap.

Saat digunakan, tidak akan membuat kulit terasa berminyak. Selain Sedulur gunakan sebagai sunblock badan, Sedulur bisa juga memanfaatkan untuk wajah. 

8. Azarine Aqua Essence Sun Shield Serum SPF 50 PA+++

Tabir surya atau sunblock untuk badan dari brand lokal Azarine, merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa Sedulur pilih untuk perlindungan kulit. Tabir surya ini tahan air, sehingga bisa Sedulur gunakan saat berada di luar ruangan, outdoor maupun indoor.

Tekstur dari sunblock ini sangat ringan dan tidak meninggalkan whitecast setelah pemakaian. Saat digunakan, akan terasa sejuk di kulit. Terbuat dari bahan-bahan alami yang kaya antioksidan, seperti air kepala, buah delima maupun semangka, sehinga mampu melindungi dari paparan sinar UV, sekaligus menutrisi kulit.

9. Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 50

Neutrogena merupakan brand hasil dari penjelajahan Manny Stoloroff sekitar tahun 1930-an. Produk pertama dari Neutrogena yaitu sabun non alkali yang menjadi solusi bagi para wanita yang tidak menyukai sabun tradisional di masa itu yang keras dan dapat menimbulkan iritasi.

Teknologi tersebut menjadikan sunblock dari Neutrogena memiliki spektrum yang lebih luas untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tak hanya itu, terdapat pula teknologi dry touch yang menjaga kulitmu dari kilau minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit.

Tidak terdapat minyak dalam kandungannya, namun sunblock untuk tangan dan kaki ini dapat menahan air dan keringat juga.

10. Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+ (50ml)

Kemasan sunscreen badan ini berbentuk tube serta memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, juga lebih aman dibawa selama bepergian. Selain sudah teruji secara dermatologis, sunblock ini juga bersifat non-comedogenic alias tidak akan menyumbat pori-pori. 

Produk ini memiliki tekstur yang ringan, cepat meresap dan tidak bikin lengket di kulit. Menariknya lagi, Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+ ini juga tidak memiliki aroma yang menyengat sehingga cocok untuk Sedulur yang sensitif terhadap bau.

Penggunaan sunscreen ini secara teratur dapat menjaga kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari, penuaan dini dan felk hitam pada wajah.

BACA JUGA: Rekomendasi Merk Skincare Paling Aman Untuk Ibu Hamil

11. Whitelab Brightening Body Serum

rekomendasi physical sunscreen
Reader Digest

Bagi para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan produk Whitelab. Brand ini sering menjadi incaran sebagai produk yang dapat melindungi sekaligus  mencerahkan kulit. Salah satu produk yang bisa Sedulur coba adalah Whitelab Brightening Body Serum.

Dengan kandungan utama niacinamide 5%, lotion ini dapat mencerahkan kulit, melembabkan kulit, serta menyamarkan noda hitam. Tak hanya itu, collagen yang terdapat pada lotion ini juga berperan penting untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda penuaan kulit Sedulur.

12. Bambi Baby Sunscreen Lotion

Bambi Baby Sunscreen Lotion memiliki formulasi kandungan Natural Organic tanpa tambahan pewarna, pengawet dan parfum. Cocok untuk perlindungan kulit bayi terhadap paparan sinar matahari untuk usia di atas 6 bulan.

Produk ini juga cocok untuk kulit bayi yang cenderung sensitif. Dengan formula Anti-Irritant Complex yang terdiri dari Licorice, Chamomile Oil dan Pro Vitamin B5, akan membuat kulit bayi terlindung dari iritasi ringan.

Selain melindungi dari sinar matahari, juga dapat membantu menjaga kulit bayi tetap lembap dengan kandungan Shea Butter, Beeswax dan Aloe Vera. Produk ini waterproof dan mampu memberi perlindungan terhadap kulit hingga 80 menit saat berada dalam air.

13. Breylee Whitening UV Sunscreen Cream

Breylee Whitening UV Sunscreen Cream dapat digunakan untuk wajah, sekaligus tubuh. Sunblock dengan formula antioksidan ini bisa membantu mencegah kulit terbakar, melepuh, antipenuaan ataupun flek akibat paparan matahari. Tabir surya ini juga akan memberi perlindungan UVA atau UVB.

Saat Sedulur memakainya, tidak akan terasa lengket, karena teksturnya yang cair dan ringan. Selain itu, manfaat lain suncreen ini yaitu dapat membantu menjaga dan mencerahkan warna kulit sekaligus mengendalikan minyak pada wajah.

14. Skin Aqua UV Moisture Gel – Normal to Oily Skin

Brand Skin Aqua berada dalam naungan Rohto yang merupakan perusahaan asal negeri Sakura, Jepang. Skin Aqua sendiri telah terkenal di berbagai negara sebagai salah satu penyedia sunblock bagi berbagai jenis kulit.

Tak hanya diperuntukkan untuk berbagai macam jenis kulit, Skin Aqua juga menyediakan sunblock dengan berbagai SPF mulai dari SPF 20 hingga SPF 50 sehingga Sedulur tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhanmu.

Kemasannya yang kecil pun sangat pas untuk dibawa saat travelling ataupun hanya untuk kegiatan sehari-hari. Sesuai dengan namanya, body sunscreen ini memiliki tekstur gel yang sangat cepat meresap ke dalam kulit.

15. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50

Biore merupakan brand yang berada dalam naungan KAO Corporation, perusahaan asal Jepang yang telah hadir sejak tahun 1887 sebagai perusahaan manufaktur produk sabun mandi.

Hingga kini, Biore telah mengembangkan berbagai macam produk perawatan (skincare), mulai dari sabun mandi hingga sunscreen. Salah satu produk yang cukup terkenal yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50.

Kelebihan lain dari produk ini adalah formulasi watery capsule (aqua micro capsule) yang membuat sunblock ini tidak mudah luntur, meski terkena keringat atau air. Tekstur cream nya begitu ringan, sehingga cepat meresap ke dalam kulit dan tidak menimbulkan kesan greasy atau lengket saat diaplikasikan. 

16. Marina UV White Sunblock

Sunblock badan dari Marina berikut ini mengklaim memberikan perlindungan dengan formula tahan air sehingga dapat Sedulur pakai untuk olahraga dan aktivitas di luar ruangan.

Marina UV White Sunblock memadukan kandungan lidah buaya serta vitamin B3 dan E yang dapat mencerahkan kulit sekaligus menjaga kulit agar selalu lembap di bawah sinar matahari.

17. Grace and Glow Black Opium Brightening Sun Lotion Body Serum

Grace and Glow Black Opium Brightening Sun Lotion Body Serum merupakan tabir surya yang juga berfungsi sebagai serum untuk melindungi sekaligus menutrisi kulit Sedulur. Produk ini memiliki kandungan utama berupa alpha arbutin dan ekstrak bearberry untuk mencerahkan warna kulit.

Sesuai namanya, produk ini juga mengklaim memiliki aroma yang elegan seperti salah satu produk parfum YSL varian Black Opium.

18. Guardian Daily Sun Protection Body Lotion

Satu lagi rekomendasi sunblock badan yang patut Sedulur coba, yaitu dari Guardin Daily Sun Protection Body Lotion. Guardian Daily Sun Protection Body Lotion memiliki kandungan SPF 50 yang waterproof dan oil-free yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari tanpa memberi kesan lengket dan berminyak.

Meski produk ini juga dapat memberi kelembapan pada kulit, Guardian Daily Sun Protection Body Lotion mengklaim cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat.

19. Dew It On The Go – Sunscreen Mist

Apakah Sedulur sedang mencari sunscreen terbaik untuk kulit kusam? Produk ini bisa jadi rekomendasi Sedulur. Karena dilengkapi dengan waterproof sunscreen tipe spray merek Dew It yang efektif menghilangkan wajah kusam.

Selain itu, kandungan vitamin C dan E-nya akan merawat kulit kusam Sedulur dan menjadikannya lebih cerah bercahaya. Aplikasan saja sunscreen dengan sensasi menyejukkan ini secara rutin untuk dapatkan kulit yang lebih glowing terlindungi dan bebas belang.

20. ERHA Perfect Shield Sunscreen Spray

Rekomendasi terakhir sunscreen badan yaitu ERHA Perfect Shiled Sunscreen Spray. Produk ini dijamin tidak lengket dan praktis. ERHA Perfect Shield Sunscreen Spray memiliki kandungan SPF 50/ PA++++ yang lengkap dengan antioksidan dan triple moisture complex.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk melawan efek buruk sinar UV dan menjaga hidrasi kulit. Produk ini memiliki formula yang mudah menyerap, tidak lengket, dan nyaman Sedulur pakai sehari-hari.

Cara pakai produk satu ini cukup mudah. Sedulur bisa memulai dengan kocok produk terlebih dahulu, lalu semprotkan dengan jarak 15 cm dari kulit. Mudah dan praktis untuk Sedulur pakai kembali saat beraktivitas.

BACA JUGA: 25 Merk Skincare Terbaik dan Aman untuk Kulit di Tahun 2023!

Tips Memilih Suncreen

MSKCC

Terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur pahami saat memilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat memilih sunscreen, yaitu:

1. Perhatikan jenis kulit

Sebelum Sedulur memilih jenis tabir surya, ada baiknya Sedulur cek terlebih dahulu atau memperhatikan jenis kulitmu. Untuk Sedulur yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, ada baiknya memilih sunblock atau sunscreen dengan basis gel atau air (water), sehingga terasa lebih ringan di kulit.

Sifat non-comedogenic, juga cukup dianjurkan, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori kulit, yang nantinya penyebab timbul jerawat. Sedangkan untuk Sedulur yang memiliki kulit kering, Sedulur bisa memilih jenis sunblock apa saja, mulai dari cream, lotion hingga stick.

Terakhir, untuk Sedulur yang memiliki kulit sensitif, pemilihan sunblock terbilang sedikit lebih susah, karena produk yang tidak tepat justru akan meningkatkan faktor alergi.

2. Cek jenis sunscreen badan yang akan digunakan

Seperti yang sudah Sedulur ketahui, bahwa secara umum, ada dua jenis tabir surya, yaitu sunblock (tabir surya fisik) dan sunscreen (tabir surya kimiawi). Sunscreen lebih bertindak sebagai penyaring sinar matahari, sementara sunblock berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari.

Tekstur sunblock umumnya berwarna putih susu dengan kandungan bahan seperti zinc oxide atau titanium oxide, serta dapat meninggalkan lapisan putih di atas permukaan kulit ketika digunakan.

Sedangkan suncreen lebih banyak mengandung senyawa organik, seperti oxybenzone, avobenzone, octisalate, octocrylene, homosalate and octinoxate dan penggunaannya harus sering diulang, karena cepat menyerap, namun lebih cenderung mengiritasi kulit.

3. Pilih kadar SPF sunblock badan sesuai kebutuhan

Hal ini cukup penting, ketika Sedulur ingin memilih sunblock badan yang bagus. Karena semakin tinggai SPF (Sun Protection Factor), maka semakin terlindungi kulitmu dari sinar ultraviolet. Kadar minimal SPF yang direkomendasikan oleh para ahli di seluruh dunia adalah SPF 30.

Karena dapat menghalangi 97% sinar UVB. Sunblock atau sunscreen dengan SPF lebih tinggi dari 30, seperti SPF 50 hingga SPF 100 akan memberikan perlindungan jangka panjang, seperti mencegah timbulnya kanker kulit.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang rekomendasi sunscreen badan beserta dengan manfaatnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama untuk mendapatkan produk sunscreen terbaik yang bisa melindungi kulit tubuh dari bahaya sinar matahari berlebihan.