merk skincare terbaik

Produk skincare terbaik semakin mudah dijumpai sekarang. Hal ini tak lepas dari semakin pentingnya kebutuhan perawatan diri untuk para perempuan dalam beberapa tahun kebelakang. Bahkan, skincare tak hanya dibutuhkan oleh perempuan saja, tapi para kaum Adam juga mulai menggunakannya. Tidak heran, jika berbagai produsen skincare mulai mengembangkan dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Salah satu inovasi yang cukup banyak dilakukan, khususnya para produsen kecantikan di Indonesia adalah dengan mengembangkan produk dengan kandungan halal dalam tiap bahan yang digunakan. Hal ini karena konsumen skincare muslim di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menarik bukan? Dengan demikian akan banyak referensi produk skincare yang bisa kalian pilih dan gunakan.

Nah, agar Sedulur bisa memilih skincare terbaik dan aman di tahun 2023? Berikut telah dirangkum beberapa daftar rekomendasi merek skincare terbaik dan aman yang sudah lolos Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA: 3 Basic Skincare Routine Buat Pria, Makin Ganteng & Glow Up!

1. SK-II Facial Treatment

merk skincare terbaik
Lifestyle Asia

SK-II Facial Treatment mempunyai salah satu produk andalannya, yaitu SK-II Pitera. Di kalangan konsumen, produk ini juga dikenal dengan nama “miracle water” atau “air ajaib” sejak tahun 1980.

Kisah di balik penemuan Pitera ini ternyata sangat menarik. Pitera berhasil ditemukan berawal dari keingintahuan para peneliti tentang rahasia di balik kulit yang lembut dan awet muda para pembuat sake di Jepang, meskipun mereka memiliki keriput wajah. Para peneliti pun menyelidiki dan menemukan bahwa kunci keajaiban kulit mereka adalah cairan fermentasi khusus yang diproduksi saat pembuatan sake.

Produk SK-II mengandung Natural Moisturizing Factors (NMF) yang seringkali ditemukan pada kulit yang sehat. NMF adalah campuran dari berbagai komponen seperti asam amino, peptida, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit.

2. SKINTIFIC 5X Ceramide Skin Barrier Repair Moisturize Gel

Sedulur, SKINTIFIC 5X Ceramide Skin Barrier Repair Moisturize Gel adalah salah satu produk pelembab terbaik yang sangat efektif untuk kulit. Kandungan ceramide dalam produk ini memiliki banyak manfaat seperti membantu melembapkan, mengatasi masalah kulit pecah, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini. Dengan begitu, kulit menjadi lebih kuat dan tahan terhadap paparan polusi serta sinar matahari.

Produk ini berasal dari produsen kecantikan dari Kanada dan dihasilkan melalui riset ilmiah dengan teknologi paten yang disebut Triangle Trilogy Effect (TTT), yang terbukti aman untuk kulit. Produk ini menggabungkan tiga bahan aktif sekaligus, yaitu ceramide, hyaluronic acid, dan centella asiatica agar memberikan hasil yang optimal.

3. Garnier Micellar Oil-Infused Cleasing Water

Meskipun awalnya fokus pada produk pewarna dan perawatan rambut, Garnier kini telah berkembang dan memperluas produknya ke perawatan wajah atau skincare . Salah satu produk  skincare terbaik dan sangat populer adalah Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water, terutama bagi Sedulur yang memilki kulit kering.

Dengan kaya akan kandungan micelles dan argan oil, Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water memiliki kemampuan untuk secara instan menghilangkan make up, kotoran, dan polusi yang menempel di wajah tanpa perlu dibilas. Selain itu, kandungan argan oil di dalamnya, produk ini mampu memberi nutrisi pada kulit wajah dan bibir.

4. Senca Perfect Whip Facial Wash

Bagi Sedulur yang sedang mencari facial wash untuk membuat kulit terlihat sehat dan cerah merona, Sedulur bisa memilih facial wash dari Senka Perfect Whip ini. Rekomendasi facial wash yang satu ini mengandung busa whip yang berfungsi untuk merawat kulit kering sedulur.

Senka Perfect Whip sendiri merupakan facial foam pertama dari Jepang yang mengandung busa whip yang melimpah dan cocok digunakan untuk segala jenis kulit, terutama kulit kering. Facial wash Senka ini mengandung double hyaluronic acid dan silk cocoon essence yang diklaim dapat menjaga kelembapan kulit walaupun setelah cuci muka.

5. Sukin Signature Original Hydrating Mist Toner

Jika Sedulur memiliki jenis kulit yang kering dan sensitif, maka Hydrating Mist Toner dari Sukin dapat menjadi pilihan terbaik untuk perawatan sehari-hari. Toner ini memiliki bahan-bahan utama alami, seperti ekstrak chamomile dan rose yang sangat baik untuk menenangkan kulit kemerahan.

Produk asal Australia ini juga menawarkan wangi yang menenangkan, sehingga cocok untuk Sedulur yang tidak menyukai toner dengan aroma kuat. Selain itu, salah satu produk skincare terbaik ini di klaim bebas dari alkohol, sehingga tidak perlu khawatir terasa panas atau terjadi iritasi pada kulit Sedulur.

6. Wardah Renew You Night Cream

Fimela

Untuk memenuhi kebutuhan wanita yang ingin tampil cantik dan awet muda, Wardah merilis Renew You Series dengan salah satu produknya, yaitu Wardah Renew You Night Cream. Produk ini diformulasikan dengan advanced recovery system yang bertujuan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan kulit seperti keriput, garis halus, bintik hitam, dan kulit kering.

Wardah Renew You Night Cream mengandung lima ekstrak bahan alami  yang membantu proses eksfoliasi kulit dan merangsang regenerasi sel kulit. Krim malam ini juga mengandung peptide yang berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen pada kulit wajah.

7. Lacoco Intensive Treatment Eye Serum

Kerutan pada bagian bawah mata sering terjadi lantaran bagian kulit tersebut cukup tipis, sensitif, dan kering. Salah satu perawaran intensif yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menggunakan skincare eye serum dari Lacoco.

Selain itu, serum ini dilengkapi dengan kandungan peptide sebagai bahan aktif yang efektif mengurangi kedalaman kerutan dan garis akibat kontraksi otot wajah, terutama di area mata. Kelebihan lainnya adalah serum ini bebas dari alkohol, paraben, sulfat, dan silicone.

8. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Salah satu produk skincare terbaik yang sangat digemari lainnya adalah COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser, karena fungsinya yang efektif dalam membersihkan segala kotoran, minyak, dan sel kulit mati di wajah. Dengan pH rendah, sabun dengan tekstur gel ini aman digunakan untuk segala jenis kulit.

Sabun muka ini mengandung tea tree oil yang membantu mengontrol produksi minyak berlebih tanpa menyebabkan kulit menjadi kering, serta merawat pori-pori dan melembabkan kulit. Produk ini juga cocok digunakan sebelum penggunaan chemical exfoliant seperti serum Vitamin C, AHA, atau BHA.

9. Npure Centella Asiatica Toner

Bagi sedulur yang memiliki kulit berminyak dan mengalami masalah dengan jerawat, toner centella asiatica dari Npure bisa menjadi pilihan terbaik untuk kulit berminyak. Toner ini diracik dengan kandungan centella asiatica, yang mampu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan pada jerawat.

Selain itu, Npure Centella Asiatica Toner juga mengandung ekstrak green tea yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Hal ini membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

10. Bioderma Sebium Mat Control

Skincare terbaik untuk wajah berminyak dari Bioderma hadir dengan tekstur gel yang ringan, mudah diaplikasikan, dan cepat diserap oleh kulit. Produk ini diklaim tidak akan menyebabkan wajah menjadi berkilau, malah memberikan efek matte sepanjang hari.

Dalam kemasan tube berukuran 30 ml, pelembab oil-free ini sangat praktis untuk dibawa saat berpergian atau traveling, dan memiliki aroma yang segar.Tidak hanya berfungsi sebagai pelembap, moisturizer terbaik untuk kulit berminyak ini juga dapat digunakan sebagai base make up untuk meningkatkan daya tahan make up.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Skincare Remaja Paling Aman, Bikin Kulit Bersih dan Sehat!

11. Naficic Fresh Herb Origin Serum

merk skincare terbaik
Chealsea Sayo

Fresh Herbs Serum menggunakan bahan-bahan alami yang kaya akan khasiat. Di antaranya sepicalm, yaitu kombinasi air bunga lily dan asam amino. Serum ini juga mengandung serai, jeruk limau, dan applemint yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mengembalikan ukuran pori-pori.

Selain itu, serum ini mengandung aloe vera yang berfungsi sebagai anti-inflamasi pada kulit, sehingga meskipun mengandung asam amino dan mungkin menimbulkan sensasi cekit-cekit, tetapi tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

12. The Body Shop Tea Tree Oil

Bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat bisa mencoba menggunakan skincare terbaik dari The Body Shup yaitu Tea tree oil. Produk ini memiliki kandungan bahan alami dari perkebunan sendiri yang bersifat organik. Daun-daun teh pilihan diolah selama 12 jam untuk menghasilkan minyak berkualitas tinggi yang tidak menyebabkan iritasi berkelanjutan pada kulit.

Minyak ini memiliki kandungan Community Fair dengan 15% tea tree oil, yang efektif menyamarkan tampilan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru, sehingga kulit wajah tampak lebih bersih dan segar.

13. Acnes Oil Control Mask

Acnes merupakan merek skincare drugstore yang mudah ditemukan hampir di mana-mana dan khusus dikhususkan untuk kulit berjerawat. Dengan formulanya yang ringan dan harga yang terjangkau, Acnes menjadi pilihan favorit bagi para remaja yang sedang mengalami pubertas.

Acnes Oil Control Mask adalah sheet mask yang dirancang untuk merawat kulit yang rentan berjerawat. Sheet mask ini juga membantu menghaluskan dan merawat kulit wajah yang sering terpapar sinar UV. Masker ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian atas dan bawah, sehingga dapat menutupi seluruh wajah dengan sempurna.

14. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Himalaya Purifying Neem Face Wash merupakan facial foam yang sangat efektif membersihkan kulit dan dapat dijadikan cleanser bagi pemilik kulit berminyak dan kombinasi tanpa membuat kulit terasa kencang setelah dibilas.

Produk ini mengandung ekstrak daun neem dan kunyit sebagai anti-bacterial alami yang membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat. Cleanser ini juga bebas dari SLS, alkohol, atau sabun lainnya yang dapat menyebabkan kulit terasa kering dan tertarik. Selain itu, facial cleanser ini diperkaya dengan citric acid dan vitamin E yang berfungsi sebagai anti-aging pada kulit.

15. COSRX One Step Original Clear Pads

Jika Sedulur sedang mencari skincare Korea untuk kulit kombinasi, sebaiknya mencoba produk COSRX One Step Original Clear Pads. Produk ini merupakan exfoliating toner dengan kemasan dan konsep yang unik.

Dalam produk ini, terdapat kapas ajaib yang sudah dibasahi dengan toner, sehingga Sedulur hanya perlu mengambil satu kapas untuk digunakan di wajah atau area lain yang memerlukan eksfoliasi. Tidak hanya cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, skincare terbaik dari COSRX ini juga memberikan hasil yang baik pada kulit kombinasi.

16. Safi White Expert Skin Refiner

merk skincare terbaik
Hanifa Thoughts

Skin Refiner adalah salah satu jenis skincare jenis toner, produk yang bisa Sedulur gunakan sebagai langkah pertama sebelum menggunakan skincare terbaik lainnya. Produk ini berasal dari Malaysia dan telah diklaim sebagai produk yang sudah teruji halal dan aman untuk kulit. Selain itu, toner ini juga mengandung sedikit bahan, sehingga mengurangi risiko alergi atau iritasi pada kulit.

Safi Skin Refiner mengandung tiga bahan unggulan yang berfungsi untuk menyegarkan, melembapkan, dan membersihkan pori-pori, yaitu Habbatussauda dan ekstrak jamur. Selain itu, toner ini juga mengandung Allantoin, Castor Oil, Butylene Glycol, dan Betaine yang berfungsi untuk melindungi, menenangkan, dan melembapkan kulit.

17. Sebamed Moisturizing Cream

Sebamed Moisturizing Cream merupakan pelembab yang dirancang khusus untuk melembabkan kulit wajah yang kombinasi hingga sensitif. Pelembab ini telah terbukti efektif dalam memberikan hidrasi pada kulit wajah tanpa menyebabkan timbulnya break-out atau jerawat.

Dengan kandungan kadar lemak sebesar 26%, krim pelembab ini mampu membuat kulit menjadi lembut dan halus. Namun, Sedulur untuk pemilik kulit wajah berminyak, penggunaan pelembab ini mungkin akan memberikan sensasi berminyak sehingga tidak disarankan bagi Sedulur yang memiliki kulit berminyak untuk mencobanya.

18. The Ordinary Granactive Retinoiud 2% in Squalane

The Ordinary menawarkan produk skincare terbaik dan efektif tanpa perlu hal-hal yang rumit, sehingga cocok bagi mereka yang memahami kebutuhan khusus kulitnya. Bagi pemilik kulit kombinasi, penting untuk memilih produk yang dapat meningkatkan regenerasi kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat. Retinoid bisa menjadi solusi yang efektif.

Emulsion ini memiliki bahan utama Squalane, dengan konsentrasi Retinoid 2% yang dikombinasikan dengan Jojoba Oil, Rosemary, Tomat, dan Bisabolol. Selain memperbaiki tekstur dan mempercepat regenerasi kulit, emulsion atau serum ini juga berfungsi untuk mencerahkan, menenangkan, dan meningkatkan kelembapan kulit. 

19. Emina Sun Battle SPF 30

Sunscreen dari Emina memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kulit, antara lain mencegah kulit menjadi kusam dan mencegah tanda-tanda penuaan. Harga terjangkau dan diperkaya dengan Aloe Vera Extract, produk ini tidak hanya membantu melembapkan kulit, tetapi juga memberikan kesegaran ekstra.

Sunscreen untuk remaja ini memiliki tekstur creamy seperti lotion, sehingga mudah dibaurkan ketika diaplikasikan ke wajah, dan memiliki wangi yang tidak menyengat. Keunggulan lainnya adalah Emina Sun Battle SPF 30 cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif.

20. Cetapil Gentle Daily Cleanser

Cetaphil Cleanser adalah pembersih wajah yang cocok untuk kulit sensitif, bahkan aman digunakan untuk kulit bayi tanpa menimbulkan reaksi kering atau perih. Teksturnya berupa gel berwarna putih dan tidak berbusa, sehingga dapat digunakan dengan atau tanpa air, membuatnya praktis dan fleksibel.

Namun, sayangnya, Cetaphil Gently Cleanser ini masih mengandung SLS meskipun diharapkan bebas dari bahan tersebut. Selain itu, kemasan Cetaphil terbilang besar, sehingga kurang ramah untuk dibawa saat bepergian dan perlu dipindahkan ke wadah lain terlebih dahulu.

BACA JUGA: Penting! Ini Manfaat Centella Asiatica yang ada Pada Skincare!

21. Benton Aloe BHA Skin Toner

merk skincare terbaik
Aloe BHA

Benton Aloe BHA Skin Toner adalah acid toner yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mencoba penggunaan acid atau exfoliating toner. Toner exfoliating ini memiliki kadar BHA rendah, yaitu 0,50%, yang biasanya dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Namun, toner ini justru memiliki sifat melembapkan kulit dan memiliki tekstur seperti gel.

Dengan kandungan aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan utamanya, toner ini menjaga kulit tetap lembap ketika menggunakan exfoliating toner. Selain itu, toner ini juga mengandung lendir siput atau Snail secretion filtrate yang berfungsi sebagai anti-aging dan mempercepat regenerasi kulit.

22. Innisfree The Green Tea Seed Serum

Innisfree telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai merek skincare dari Negeri Ginseng yang menyediakan rangkaian lengkap untuk berbagai jenis kulit, terutama bagi pemilik kulit kombinasi yang cenderung berminyak.

Salah satu produk andalan dari rangkaian Green Tea Seed mereka adalah Innisfree Green Tea Seed Serum, yang layak dicoba untuk mengontrol produksi sebum pada kulit dan tetap memberikan nutrisi yang baik.

Packaging serum ini terlihat sangat higienis dengan kapasitas besar dan dilengkapi dengan pump corong kecil agar serum tidak terambil dalam jumlah berlebihan. Selain itu, kemasannya juga diprint menggunakan tinta dari kacang kedelai. Botolnya cukup besar dengan warna hijau tua yang khas. Pemilihan warna hijau gelap pada kemasan ini memberikan perlindungan pada serum dari paparan sinar matahari langsung dan menjaga agar produk tidak rusak.

23. Nature Republic Sooting & Moisture Aloe Vera 92% Sooting Gel

Beberapa tahun yang lalu, Nature Republic menjadi tren karena produk aloe vera gel yang populer. Dengan kemasan berukuran besar dan berbentuk gel, produk ini memiliki berbagai fungsi. Selain digunakan sebagai gel untuk menenangkan kulit setelah terbakar sinar matahari, ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa dicoba, seperti sebagai face mask, hair mask, dan pelembap wajah.

Perlu diingat bahwa Nature Republic Aloe Vera Gel ini masih mengandung ethanol atau alkohol, sehingga bagi mereka yang ingin menghindari produk skincare beralkohol, sebaiknya menghindarinya atau melakukan uji coba terlebih dahulu untuk menghindari risiko iritasi atau alergi pada kulit.

24. Skin Aqua UV Moisturizing Milk SPF 50 PA+++ 40gr

Skin Aqua adalah salah satu merek skincare terbaik yang diproduksi oleh perusahaan Rohto di Jepang. Produk-produk dari Skin Aqua terkenal karena praktis dan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Salah satu produk sun protection dari Skin Aqua yang populer adalah Skin Aqua UV Moisturizing Milk SPF 50+ PA+++.

Sunscreen terbaik dari Skin Aqua ini dirancang khusus untuk pemilik kulit wajah yang cenderung normal hingga kering. Mengandung Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen, produk ini dapat melembutkan, menutrisi, dan menghaluskan kulit. Selain itu, sunscreen ini memiliki SPF50+ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Kandungan PA plusnya berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan mencegah kulit menjadi gelap.

25. Erha Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30/PA

Erha21 Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30 merupakan salah satu produk sunscreen dari klinik estetika yang telah terpercaya. Sunscreen ini juga diformulasikan secara khusus untuk melindungi kulit yang cenderung berminyak dari sinar matahari.

Selain itu, Erha21 Perfect Shield for Normal & Dry Skin SPF 30 juga mengandung Vitamin E, Aloe Vera Extract yang berfungsi sebagai antioksidan, serta Soothing Agent yang dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Itulah beberapa merk skincare terbaik yang bisa Sedulur pilih untuk digunakan dalam mengatasi masalah kulit pada wajah khususnya. Sebelum Sedulur membeli produk skincare terbaik sesuai pilihan, jangan lupa perhatikan ketiga hal berikut: kenali masalah dan karakter kulitmu, cek keaslian dan kandungan produk.

Selain itu, tentu sesuaikan juga dengan kemampuan finansial Sedulur. Dengan begitu, Sedulur bisa memilih merk skincare terbaik sesuai kebutuhan. Semoga perawatan kulitmu jadi lebih optimal dan memuaskan!