Kepercayaan diri bergantung dari banyak hal. Salah satunya adalah aroma tubuh. Jika tubuh wangi, kita akan lebih percaya diri saat bertemu banyak orang. Namun, bau tak hanya datang dari badan saja tapi juga kaki. Jadi tak heran jika rekomendasi parfum sepatu terbaik juga harus jadi pertimbangan Sedulur saat menjaga penampilan.

Bau kaki sendiri disebabkan banyak hal. Namun, umumnya hal tersebut bisa disebabkan karakteristik tubuh yang mudah berkeringat sehingga membuat sepatu menjadi bau. 

Hal ini jelas dapat membuat seseorang menjadi kurang nyaman dan jadi tidak percaya diri. Nah, agar hal tersebut bisa diatasi, Sedulur sebaiknya menyimak deretan rekomendasi parfum sepatu terbaik yang aromanya wangi tahan lama berikut ini!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Parfum Wanita dan Pria yang Tahan Lama

Penyebab Bau Kaki

Unsplash/Malvestida

Bau kaki bikin orang di sekitar kita juga menjadi kurang nyaman. tentunya hal ini perlu segera diatasi. Agar tidak berlarut-larut, Sedulur wajib tahu penyebabnya dahulu. Bau kaki biasanya muncul karena ada bakteri dan keringat yang menumpuk pada kaki.

Produksi keringat yang berlebih bikin kuman di kaki lebih cepat berkembang biak. Hal inilah yang kemudian menimbulkan bau kaki. Stres juga bisa menyebabkan produksi berkeringat berlebihan pada telapak tangan dan kaki.

Aroma tidak sedap pada kaki bisa timbul karena kita sering memakai sepatu dan kaos kaki tertutup sepanjang hari. Apalagi, jika kita jarang mengganti sepatu dan kaos kaki yang kita gunakan. Hal tersebut akan memperparah keadaan dan bikin kaki semakin bau.

Penyebab bau kaki lainnya adalah karena kebersihan kaki kurang terjaga. Bisa jadi ada jamur, kurap, atau kutu air. Atau bisa juga karena tidak sering cuci kaki, potong kuku, dan melakukan perawatan pada kaki.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Parfum Lokal Terbaik 2023, Harga Terjangkau!

Rekomendasi Parfum Sepatu

Unsplash/Camila Damasio

Tapi tenang, kali ini adalah beberapa rekomendasi parfum sepatu terbaik yang bisa kamu coba. Cara ini tentu akan sangat membantu dalam mengurangi bau kaki. Sedulur pun menjadi lebih nyaman beraktivitas. Yuk, simak daftarnya apa saja!

1. Goop Deodorant Shoes Perfume Sepatu Shoe Cleaner

Bagi pengusaha bisnis laundry sepatu, pertimbangkanlah Deodorant Shoes dari Goop. Rekomendasi parfum sepatu terbaik dari Yogyakarta ini telah dikenal luas di kalangan pelaku usaha laundry sepatu Indonesia. Kandungan antiseptiknya mampu membunuh bakteri dan menetralkan bau tidak sedap. 

Pemakaiannya pun hanya membutuhkan 1–3 semprotan! Produk dengan ukuran satu liter ini tentu akan lebih ekonomis untuk digunakan berulang kali. Namun, jika kamu baru ingin mencobanya, kamu dapat membeli ukuran 100 ml atau 500 ml terlebih dahulu. Tapi ada juga ukuran 1 liter.

Goop Deodorant Shoes mempersembahkan Perfume Sepatu Pelengkap Shoe Cleaner. Bersifat sebagai antiseptik, produk ini bisa membunuh bakteri dan menetralkan bau tak sedap. Produk yang dikemas dalam botol 100 ml ini juga bisa digunakan pada helm dan topi. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp25.000.

2. Parfum Sepatu Qaqiqu Plus Anti Bakteri

Sejumlah profesi mengharuskan pekerjanya untuk mengenakan sepatu dan kaos kaki dalam waktu lama. Namun, kondisi tersebut tidak jarang menyebabkan kaki lembab sehingga menimbulkan bau. Hal ini menginspirasi Arie Susanto untuk menciptakan produk parfum sepatu bermerek QaQiQu.

Produk ini menawarkan pilihan wewangian yang sangat bervariasi, mulai dari aroma kopi hingga buah-buahan. Inilah parfum sepatu yang cocok bila kamu mudah bosan dengan aroma yang itu-itu saja. Parfum Sepatu Qaqiqu Plus Anti Bakteri ini bisa banget menjadi pilihan kamu. 

Dikemas dalam botol ukuran 100 ml, produk ini mudah dibawa kemana saja. Saat ini ada 8 varian wangi yang bisa kamu pilih. Produk ini mengandung metanol sehingga kurang direkomendasikan untuk kulit kaki yang sensitif. Untuk harganya kamu bisa didapatkan di toko online dengan harga Rp50.000. 

3. Mitra Globalindo Utama Ufrezz Antimicrobial Spray 

Selain sepatu, ada sejumlah barang yang cukup sulit dicuci sehingga sering menimbulkan bau kurang sedap. Nah, produk ini dilengkapi Silver Advance Technology untuk mencegah perkembangbiakan dan pertumbuhan bakteri. Jadi, bau yang tidak sedap bisa dinetralkan dengan aroma segar. 

Kamu dapat menggunakan spray ini di sepatu, tas, topi, atau helm. Pas sekali untuk kamu yang menginginkan produk multifungsi. Kandungan dalam produk ini diklaim ramah untuk pernapasan, serta lembut di kulit yang sensitif.

Namun, produk ini hanya tersedia dalam satu varian sehingga kamu tidak dapat memilih aroma. Untuk harganya mulai dari Rp110.000,00.

4. Talas Indonesia Refreshener Pump Spray

Produk multifungsi ini dapat digunakan pada sepatu, helm, tas, topi, dan interior mobil. Varian aroma yang ditawarkan beragam dan dapat dipilih sesuai mood kamu. Jadi, Refreshener Pump Spray dari Talas Indonesia memungkinkan kamu memilih varian parfum sepatu sesuai suasana hati.

Apabila kamu ingin membangkitkan mood, pertimbangkan varian Coffee. Sementara itu, varian Green Tea akan merelaksasikan pikiran kamu. Tidak hanya itu, ada juga varian Lemon untuk menyegarkan hari-hari hingga aroma Baby Powder untuk mengenang masa-masa kecil.

Selain aromanya yang mood lifting, parfum ini juga dapat membunuh bakteri penyebab bau sepatu. Tapi perlu dicatat juga bahwa produk ini mengandung ethyl alcohol sehingga kurang direkomendasikan bagi kamu yang alergi dengan jenis alkohol ini. Untuk harganya mulai mulai dari Rp29.000,00.

5. Dayliee Shoe Perfume

Di tengah menjamurnya outlet laundry sepatu, tiap pengusaha tentu perlu melakukan inovasi untuk memanjakan pelanggan. Jika kamu sedang mencari terobosan baru bagi bisnis laundry sepatu, cobalah produk ini.

Dayliee Shoe Perfume tersedia dalam ukuran 1 liter sehingga cocok untuk usaha laundry dan menawarkan varian yang lebih banyak.  Dayliee menawarkan parfum sepatu berukuran literan dengan pilihan aroma yang lebih bervariasi. Jadi, pelanggan bisa lebih leluasa memilih aroma favoritnya.

Di sisi lain, produk ini juga mampu membasmi jamur dan bakteri penyebab bau kaki. Talas Refreshener Pump Sprayer Coffee ini merupakan produk yang sayang jika kamu lewatkan. 

Pewangi yang satu ini ampuh untuk memberikan keharuman segar pada sepatu, tempat tidur, hingga jaket. Dengan aroma kopi, produk ini bisa memberi suntikan energi dan juga menghilangkan stres. Dilihat dari neto, harganya relatif terjangkau. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai Rp35.000.

6. Young Americana Supply Scented Shoe Cleaner Natural

Young Americana Supply Scented Shoe Cleaner Natural Single Pembersih Sepatu adalah produk yang wajib kamu miliki. Hadir dalam botol 60 ml, pewangi ini cocok untuk membersihkan aneka bahan mesh, simlir, kulit, maupun kanvas.

Mudah digunakan dengan cukup ditekan beberapa kali dari permukaan yang akan dibersihkan jarak sekitar 5 cm, sehingga kamu tidak kerepotan memakainya.

Produk yang satu ini berbahan utama ekstrak tanaman kelapa, surfaktan asam amino, surfaktan, dan air sehingga aman untuk digunakan. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai Rp230.000.

7. AVERO Foot & Shoes Deodorant

AVERO Foot & Shoes Deodorant bisa kamu pilih sebagai pilihan selanjutnya. Produk ini hadir dengan aroma kopi yang lembut. Bisa menghilangkan bau pada sepatu dan kaki secara cepat, produk ini mudah dipakai dan tinggal disemprotkan saja. Aromanya sangat awet dan tahan lama hingga 12 jam.

Wanginya segar dan lembut sehingga tidak terkesan menyengat dan tidak bikin pusing. Dikemas dalam botol isi 100 ml, produk bisa dibawa ke mana saja untuk memudahkan pemakaian. Kamu bisa membelinya di toko online dengan harga mulai Rp69.000.

8. Salable Shoe Cleaner

Salable Cleaner ini merupakan paket lengkap untuk rekomendasi parfum sepatu terbaik untukmu. Dalam satu paket ada cleaner, deodorant, brush serta microfiber. Pembersih sepatu ini tidak akan merusak bahan sepatu karena produk ini ramah lingkungan.

Komposisi deodorannya berguna untuk menjadikan sepatu, topi, dan tas terus harum serta nyaman digunakan. Produk ini bisa dibeli dengan harga Rp114.000.

9. Vlakto Shoe Refresher

Parfum sepatu isangat membantu untuk menghilangkan bau tidak sedap. Namun, bagaimana jadinya jika penggunaan parfum justru menimbulkan bercak noda pada sepatu? Alih-alih percaya diri, hal itu tentu akan mengganggu penampilan kamu.

Untuk menghindari masalah tersebut, pilihlah Vlakto Shoe Refresher. Parfum sepatu ini mampu membunuh bakteri penyebab bau tanpa meninggalkan bercak noda. Selain itu, produk ini juga dapat menghasilkan aroma yang tahan lama.

Namun, produk ini mengandung alkohol 96% sehingga kurang direkomendasikan untuk kulit kaki yang sensitif. Vlakto Shoe Refresher bisa menjadi pilihan yang tepat. Parfum sepatu yang satu ini hadir dengan formula yang harum sehingga bisa memberi wangi segar pada sepatu.

Produk multifungsi, dapat digunakan pada sepatu, tas, topi, helm, baby stroller, sofa, dan disinfektan. Untuk harganya mulai dari Rp17.000.

10. Seninkita Premium Shoe Parfume

Apabila kamu mencari parfum sepatu premium, Seninkita Premium Shoe Parfume adalah jawabannya. Produk ini efektif dalam membasmi bakteri dan jamur penyebab bau. Dengan begitu, sepatu kamu akan terhindar dari aroma tidak sedap.

Produk multifungsi, dapat digunakan pada helm, topi, dan jaket. Aromanya juga tahan lama. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi! Produk premium ini menggunakan kandungan yang aman untuk kulit.

Penggunaannya pun tak perlu banyak-banyak! Cukup 1–2 semprot, sepatu kamu pun langsung terbebas dari bau. Untuk harganya mulai dari Rp62.000,00.

11. Footstep Footwear Shoe Perfume

Parfum sepatu ini kami rekomendasikan untuk kamu yang termasuk pencinta lingkungan. Footstep Footwear menyatakan bahwa Shoe Perfume 100% biogradable serta eco-friendly. Kandungannya juga diklaim aman untuk semua jenis sepatu ataupun sandal. 

Meski begitu, tiap semprotannya dinilai efektif membunuh kuman dan jamur penyebab bau. Agar wanginya lebih optimal dan berkelanjutan, semprotkan kembali produk ini 4–8 jam sekali. Dilihat dari neto, harganya relatif terjangkau yakni mulai dari Rp40.000.

12. Spotless Spotless Shoe Perfume

Untuk kamu yang aktif dan bermobilitas tinggi, disarankan kamu memilih produk ini. Pakaikan parfum ini sebelum beraktivitas, maka aroma sepatu akan tetap wangi sepanjang hari. Sistem deodorizer akan langsung aktif bekerja sebagai penetralisir bau tidak sedap pada sepatu. 

Spotless Shoe Perfume juga dapat mencegah perkembangan bakteri di sepatu, bagian dalam tas, atau helm. Produk ini tersedia dengan dua pilihan aroma, yaitu Lemon Mint yang menyegarkan dan Vanilla yang lembut. Kedua aroma tersebut mampu bertahan hingga 24 jam. Harganya mulai dari Rp65.500,00.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sepatu Formal Pria Terbaik yang Awet

Tips Agar Sepatu Tidak Bau

rekomendasi parfum sepatu terbaik
Unsplash/Pesce Huang

Bau kaki bisa bikin kamu jadi salah tingkah. Apalagi jika hendak melepas sepatu atau kaos kaki. Kamu tentu tidak ingin bau kaki menyebar ke seluruh ruangan dan mengganggu orang-orang di sekitarmu. Untuk memaksimalkan penggunaan parfum, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi sepatu tidak bau.

1. Gunakan sepatu yang tepat secara bergantian 

Mereka yang bekerja memakai sepatu setiap hari tentu memiliki permasalahan tersendiri. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, sepatu akan jadi cepat basah kala kehujanan dan akibatnya kaki jadi terasa lembab. Kalau sudah begini, kaki terasa gatal dan pastinya kaki serta sepatu jadi sangat bau.

Solusi dari masalah ini adalah kamu harus memakai sepatu yang tepat secara bergantian. Sediakan lebih dari satu sepatu supaya sepatu dan kaki terhindar dari lembab penyebab bau. Gantilah sepatu setiap sehari atau dua hari sekali.

Ini supaya sepatu yang lembab bisa kering sebelum bisa dipakai bergantian dengan sepasang sepatu lainnya. Saat udara dalam sepatu sudah berganti dengan yang bersih, maka sepatu tidak akan bau.

2. Jaga kebersihan kaki dan sepatu

Bau sepatu bisa juga berasal dari bau kaki kamu. Biasanya ini disebabkan karena kaki kamu mengeluarkan keringat berlebihan. Saat kaki lembab karena keringat, maka bakteri berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau. Usahakan agar kaki selalu bersih dan kering. Kala kaki terasa basah, segera anginkan atau lap sampai kering.

Selain menjaga kebersihan kaki, jaga juga kebersihan sepatu. Semisal sepatu basah terkena hujan, maka sebaiknya jangan digunakan dulu. Ganti dengan sepatu lain dan jemur sepatu basah hingga kering dan udaranya berganti. Jangan lupa untuk rajin mencuci sepatu 2 atau 3 minggu sekali supaya sepatu bebas bakteri.

3. Gunakan kaos kaki dan parfum sepatu

Jangan remehkan pemakaian kaos kaki sebelum memakai sepatu. Kaos kaki bisa cepat menyerap keringat pada kaki. Ini bisa mengurangi aroma kaki yang tidak sedap. Cara lain yang ampuh untuk mengurangi bau sepatu dan bau kaki adalah memakai parfum khusus sepatu.

Sedulur bisa semprotkan rekomendasi parfum sepatu terbaik pada sepatu dan juga kaki. Cara ini bisa cepat mengendalikan bau kaki yang menyebalkan. 

4. Cuci sepatu secara rutin

Pastikan kaki kamu selalu dalam keadaan bersih dan kering. Bila perlu, gunakan bedak untuk mengatasi kaki yang lembab dan foot spray untuk mengatasi bau kaki secara instan. Tapi selain itu, kamu juga perlu mencuci sepatu secara rutin  dan gunakan lagi ketika benar-benar kering. 

Lalu, usahakan tidak memakai sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut agar bagian sepatu bisa bernapas. Jaga kelembaban kaki dan bagian dalam sepatu menggunakan kaos kaki yang tepat. Misalnya, kaos kaki yang memiliki bahan antibakteri serta anti keringat. 

5. Perhatikan tempat menyimpan sepatu

Simpanlah sepatu di tempat kering yang tidak terpapar matahari. Bila tempat penyimpanannya terbatas, simpanlah secara bertumpuk menggunakan kotak sepatu yang diberi silica gel. Sebagai ganti silica gel, kamu bisa memanfaatkan bahan alami seperti soda kue atau arang untuk menyerap aroma sepatu.

Itulah tadi rekomendasi parfum sepatu terbaik. Sepatu lembab biasanya dikarenakan terkena basah air hujan atau genangan air di jalan. Hal ini sering membuat sepatu yang kita pakai menjadi lembab. Sehingga parfum sepatu sangat bagus digunakan untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri.

Parfum sepatu ini tidak hanya dapat digunakan pada sepatu, tapi juga dapat digunakan pada helm dan tas kesayangan Sedulur. Pilihlah parfum sepatu yang memiliki kualitas parfum yang baik sehingga memiliki daya tahan wangi yang lama serta mampu melawan bau tidak sedap. 

Biasanya parfum ini memiliki beragam aroma mulai dari kopi, cokelat, vanila, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Pilihan wangi-wangian bisa untuk melawan bau yang disebabkan oleh kotoran dan bakteri dengan daya tahan wangi yang sangat baik.