rekomendasi sepatu formal pria

Sepatu formal atau biasanya sepatu pantofel merupakan sepatu yang digunakan di setiap acara formal. Memiliki tampilan yang mengkilap dan stylish, sepatu ini cocok digunakan untuk menghadiri berbagai macam acara resmi. Biasanya rekomendasi sepatu formal pria ini kurang diminati karena model dan gayanya yang dianggap tidak mengikuti zaman.

Namun seiring perkembangan zaman, saat ini ada banyak rekomendasi sepatu formal pria yang bisa digunakan untuk bergaya dan digunakan untuk acara apapun. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas rekomendasi sepatu formal pria yang bisa Sedulur jadikan pilihan.

Lantas apa saja rekomendasi sepatu formal pria yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 35 Rekomendasi Brand Sepatu Pantofel Lokal, Wajib Dimiliki!

Tips dan Cara Memilih Sepatu Formal Pria

cara mengatasi sepatu kekecilan
Unsplash

Sebelum masuk ke rekomendasi sepatu formal pria, ada baiknya Sedulur harus mengetahui seperti apa tips dan cara memilih sepatu formal pria. Ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat akan membeli sepatu formal, berikut ini beberapa tipsnya:

1. Perhatikan desain sayap (lacing)

Berdasarkan desain sayapnya, sepatu pantofel pria terdiri dari dua jenis, yaitu open lacing dan closed lacing. Berikut karakteristiknya. Open lacing, merupakan sepatu dengan bagian sayap sepatu yang membuka ke luar dan tidak dijahit.

Desain ini cukup diminati karena membuat kaki penggunanya lebih bebas dan punggung kaki lebih santai. Closed lacing, merupakan sepatu dengan bagian sayap sepatu yang menempel ke dalam. Sepatu dengan desain closed lacing memberi kesan yang lebih formal dan bersih.

2. Pilih model sepatu yang sesuai dengan etika bisnis

Salah satu fungsi sepatu dalam urusan bisnis adalah untuk menimbulkan kesan dapat dipercaya oleh rekan bisnis. Sayangnya, ada beberapa hal kecil yang justru sering luput dari perhatian, misalnya desain sepatu dan bentuk ujung sepatu.

Karena itu, berikut ini akan perkenalkan jenis sepatu pantofel pria yang sesuai dengan etika bisnis pada umumnya. Pertama adalah plain toe, sepatu formal sederhana dan cocok untuk berbagai situasi bisnis. Plain toe adalah jenis pantofel yang memiliki model simple (tanpa hiasan di bagian ujungnya). Sepatu jenis ini dapat digunakan pada berbagai situasi bisnis.

Selanjutnya adalah model sepatu dengan closed lacing memberikan kesan formal yang kuat bagi pebisnis. Ada juga sepatu cap toe, sepatu formal ada garis horizontalnya dan pas untuk situasi formal

Cap toe adalah jenis sepatu pantofel yang dilengkapi satu garis horizontal di bagian ujung sepatu. Model yang paling terkenal adalah straight chip (ujung lurus). Model straight chip ditandai oleh satu jahitan horizontal tanpa ada lubang hiasan. Sepatu model straight chip merupakan model yang diperuntukkan untuk acara formal.

Sementara itu, jenis sepatu yang memiliki ornamen lubang di bagian ujungnya disebut toecap berlubang. Ornamen ini menjadikan sepatu terlihat lebih glamor. Sedulur juga dapat menggunakan sepatu kulit warna hitam bermodel closed lacing untuk digunakan ke acara formal.

3. Pertimbangkan jenis sepatu pantofel berdasarkan desainnya

Sepatu pantofel untuk pria memiliki berbagai jenis desain. Sebelumnya, kami telah membahas dua model yang paling cocok untuk digunakan menghadiri acara formal dan bisnis. Kali ini, kami akan membahas model-model lain berdasarkan desainnya.

Jenis monk strap memiliki tali gesper di bagian sisinya yang dapat digunakan saat memasang dan melepas sepatu. Karena lebih mudah dipakai dibandingkan jenis sepatu bertali, sepatu ini juga menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Namun, sepatu jenis ini kurang cocok untuk penggunaan formal. Hal ini dikarenakan sepatu jenis ini masih memiliki kesan kasual daripada sepatu bertali. Walaupun demikian, sepatu ini banyak digunakan oleh para siswa.

Wingtip, memiliki lubang hiasan yang menjadi ciri khasnya. Sepatu berjenis wingtip ditandai dengan perubahan bentuk di bagian ujung sepatu. Bagian tersebut memiliki jahitan berbentuk huruf W yang seperti sayap burung sehingga dinamai wingtip.

Awalnya jenis sepatu ini dibuat untuk para pekerja. Sepatu ini dilengkapi lubang-lubang kecil untuk mengeluarkan air dari dalam sepatu ketika berjalan di hutan atau lahan basah.

U-tip shoes memiliki desain bagian atas sepatu yang berbentuk seperti huruf U. Sepatu jenis ini dapat digunakan untuk berbagai acara. Namun, saat ini banyak orang yang memakainya untuk acara bisnis. Namun, jika mengingat fungsi aslinya, sepatu jenis ini tidak cocok untuk acara seremonial karena terkesan kurang formal.

Slip-on, mudah untuk dikenakan dan dilepaskan merupakan jenis sepatu berdasarkan desainnya. Sepatu ini memang bukan termasuk sepatu formal. Walaupun demikian, jenis ini populer karena tidak perlu mengikat tali atau melepas gesper sehingga lebih mudah digunakan.

4. Perhatikan bahan dan proses pembuatannya

Selain memperhatikan desain, Sedulur juga harus mengetahui jenis kulit yang digunakan dan proses pembuatannya. Kedua hal tersebut bisa mempengaruhi penampilan sepatu. Jadi, meskipun tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sepatu, Sedulur tetap dapat memilih sepatu yang berkualitas.

Pertama, sepatu berbahan kulit asli. Sebagian besar bagian luar sepatu terbuat dari kulit asli binatang, seperti sapi, kuda, kambing, rusa, dan lainnya. Hal ini dicirikan dengan tekstur yang kaya sehingga terlihat sempurna untuk menonjolkan gaya seorang pebisnis. Namun, sepatu yang terbuat dari kulit asli memerlukan perawatan yang rutin.

Selanjutnya sepatu yang terbuat dari kulit sintetis. Kualitas tekstur kulit sintetis mungkin tidak sebaik sepatu berbahan kulit asli. Meskipun begitu, sepatu berbahan kulit sintetis lebih mudah dirawat. Saat ini, produk dari bahan kulit sintetis dengan kualitas tekstur kulit yang bagus pun mulai bermunculan.

Perhatikan juga proses pembuatannya, karena proses menentukan kenyamanan sepatu. Proses pembuatan sepatu akan mempengaruhi tingkat kenyamanannya. Proses pembuatan yang kurang baik akan berdampak negatif pada fungsi sepatu dan menghilangkan kesan visual yang ditimbulkan. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu:

  • Ketepatan jahitan serta bagian kiri dan kanan sepatu yang simetris.
  • Bagian dalam sepatu dan tekstur sol dalam (insole), serta bentuk dan tekstur sol luar (outsole).

5. Pertimbangkan fungsionalitasnya

Mariominardi

Fungsionalitas sepatu pantofel sangat maju belakangan ini. Ada sepatu pantofel yang anti air dan anti lembab karena menggunakan bahan yang biasa dipakai untuk membuat produk outdoor. Berikut ini akan diuraikan beberapa poin fungsionalitas sepatu pantofel yang perlu diperhatikan.

Anti selip, minimalkan risiko terjatuh ketika berjalan. Sedulur akan sering mendapati tempat-tempat yang dapat membuat kaki mudah terpeleset, seperti permukaan yang basah atau berpasir.

Sepatu yang licin kurang stabil digunakan saat berjalan sehingga bisa menyebabkan cedera jika terjatuh. Namun, saat ini bahan sol luar sepatu sudah mengalami banyak perkembangan dan sepatu pantofel anti slip pun mulai bermunculan.

Selain itu ada juga fungsi anti lembab. Anti lembab dan anti air, dapat dipakai sepanjang tahun. Indonesia memiliki cuaca yang panas. Jika Sedulur memakai sepatu pantofel sepanjang hari, kaki akan terasa lembab.

Namun, belakangan ini banyak brand sepatu pantofel pria yang merancang produknya supaya anti lembab. Umumnya, fitur anti lembab terdapat pada bahan sol atas dan sol dalamnya. Jadi, periksa dengan teliti bahan sol yang digunakan saat memilih sepatu pantofel pria.

6. Pastikan desain dan ukurannya tidak membuat kaki lelah

Beberapa orang beranggapan bahwa sepatu kulit membuat kaki mudah lelah karena adanya kesan kaku ketika dipakai. Namun, pembuatan sepatu kulit telah berkembang pesat. Kini ada banyak jenis sepatu yang tidak membuat kaki lelah.

Hal penting pantofel tidak membuat kaki lelah adalah ukuran dan bentuknya harus sesuai dengan kaki Sedulur. Sepatu yang tidak pas membuat Sedulur tidak nyaman ketika memakainya.

7. Tentukan juga varian warnanya

Sepatu pantofel pria tersedia dalam berbagai warna. Sedulur dapat memilih warna sesuai dengan selera. Namun, jika Sedulur tidak memiliki clue mengenai warna yang harus dipilih, kami sarankan memilih warna netral.

Ada beberapa warna netral yang bisa dipertimbangkan, seperti hitam, cokelat, biru tua, dan abu-abu. Warna-warna netral tersebut serbaguna dan dapat dipadukan dengan berbagai warna pakaian. Apabila Sedulur berencana membelikan sepatu pantofel untuk siswa, pilihlah warna hitam.

BACA JUGA: 9 Perbedaan Sepatu Kets dan Sneaker yang Wajib Kamu Tahu!

Rekomendasi Sepatu Formal Pria

rekomendasi sepatu formal pria
Unsplash

Nah setelah mengetahui tips di atas, saatnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu terkait rekomendasi sepatu formal pria. Terdapat beberapa rekomendasi sepatu formal terbaik pria yang bisa jadi pilihan Sedulur. Berikut ini daftarnya, yuk mari langsung kita cek:

1. Yongki Komaladi – PANTOPEL OL-EUS-1502-HITAM

Rekomendasi sepatu formal pria yaitu Yongki Komaladi. Sepatu formal ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp599.000. Sepatu yang dapat membuat Sedulur lebih nyaman karena dibuat sesuai bentuk anatomi kaki manusia.

Proses pembuatannya yang menyesuaikan bentuk anatomi kaki manusia ini dapat kenyamanan ekstra saat Sedulur menggunakannya. Bentuknya yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip ortopedi dapat mengurangi resiko cedera dan luka saat Sedulur mengenakan sepatu ini.

Produk ini cocok untuk Sedulur yang sering mengeluh karena kaki cepat pegal saat mengenakan sepatu pantofel.

2. Pro ATT – AB 520 Hitam

Sepatu Pro ATT merupakan merk yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sepatu ini sangat terjangkau dengan harga mulai dengan Rp270.400 saja. Berbeda dengan sepatu formal lainnya, sepatu formal ini menggunakan bahan karet yang ringan dan tahan air.

Jika Sedulur tiap hari pergi bekerja mengendarai motor, sepatu ini akan pas untuk Sedulur pilih. Karena ringan dan anti air, Sedulur bisa mengenakannya di saat musim penghujan tiba. Semua bagian sepatu ini dibuat dari bahan karet (PCU).

Selain tahan air, bahan tersebut juga membuat bobot sepatu kian ringan. Sedulur pun tetap dapat menampilkan kesan formal saat mengenakan sepatu ini.

3. Lvnatica – Victory Series Sepatu Loafers Slip-On Pria

Selanjutnya adalah sepatu formal bagi pria dengan harga mulai dari Rp438 ribu. Sepatu ini dapat meningkatkan aktivitas Sedulur karena sepatu ini dapat meningkatkan gaya dengan sepatu kulit ini yang terbuat dari berbahan premium faux leather.

Bahan ini memberikan kesan mengkilap pada sepatu Sedulur. Desain dan bahannya ini membuat tampilan Sedulur lebih gaya dan elegan. Pertimbangkan produk ini jika Sedulur membutuhkan sepatu pantofel untuk agenda formal Sedulur.

4. Pro ATT – AB 668 Hitam

Kembali lagi dengan sepatu dari Pro ATT. Sepatu ini bisa jadi referensi bagi Sedulur yang ingin sepatu pantofel dengan bahan karet bukan dari bahan kulit.  Sepatu ini terbuat dari bahan full karet, sepatu lebih lentur dan fleksibel.

Sepatu pantofel yang satu ini dibuat menggunakan bahan karet sehingga sepatu terasa lebih lentur dan fleksibel. Bahannya ini juga membuat sepatu lebih tahan lama, serta tahan air. Sepatu ini cocok untuk Sedulur yang banyak bekerja di luar ruangan. Sedulur akan tetap nyaman bekerja dan menampilkan performa maksimal dengan sepatu ini.

5. GRANDABLE – JOJI Sepatu Pria Loafers

rekomendasi sepatu formal pria
Pinterest

Sepatu Grandable – JOJI Sepatu Pria Loafers ini dibanderol dengan harga yang super murah dan sangat terjangkau, yaitu dengan harga mulai dari Rp250 ribu. Salah satu rekomendasi sepatu formal yang nyaman digunakan untuk acara formal dan atau semiformal.

Sepatu pantofel ini solusi untuk Sedulur yang ingin tampil trendy di berbagai kesempatan. Desainnya pun mengikuti model terbaru dan kekinian. Produk ini juga dirancang untuk dapat dipakai dalam berbagai acara, baik kasual maupun semiformal.

Bagian belakangnya dibuat terbuka agar kaki Sedulur tak akan merasa gerah meski memakainya dalam waktu lama. Sudah nyaman, trendi pula.

6. Hipzo – M038

Sepatu formal dari Hipzo ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp180.000,00. Salah satu Sepatu lokal dengan kualitas premium yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Sepatu pantofel dari Hipzo ini adalah produk lokal buatan anak negeri dengan kualitas premium.

Modelnya kasual dan cocok untuk melengkapi gaya anak muda. Tersedia dalam beberapa pilihan warna, Sedulur dapat memilih yang paling matching dengan outfit Sedulur. Sepatu ini kami rekomendasikan untuk Sedulur yang ingin selalu tampil gaya sambil mendukung produk buatan Indonesia.

7. Zeintin – Sepatu Pantofel Pria Zeintin Hitam Bahan Kulit RB

Rekomendasi selanjutnya yaitu sepatu formal dari Zeintin dengan harga mulai dari Rp265.000. Sepatu formal dengan pilihan model dan detailnya banyak, sesuaikan dengan selera Sedulur. Sepatu pantofel dari Zeintin ini tersedia dalam berbagai pilihan bentuk dan model.

Sedulur dapat memilihnya sesuai selera dan kebutuhan Sedulur. Sepatu ini juga terbuat dari bahan kulit sehingga tampilan luarnya terlihat mengkilap. Pilihan tepat untuk Sedulur yang mencari sepatu pantofel dengan model yang beragam sesuai selera Sedulur.

8. GATS – TO 2205

Sepatu Gats juga merupakan sepatu formal yang bisa jadi pilihan Sedulur. Sepatu ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp445 ribu aja. Salah satu rekomendasi sepatu formal yang santai dan banyak digunakan oleh remaja dan anak muda untuk tampil formal dan elegan.

Sepatu pantofel tak hanya cocok dipakai oleh orang dewasa saja, lho. Saat ini, ada sepatu pantofel dengan model yang cocok dipakai anak remaja. Jika tak percaya, tengok saja sepatu pantofel produksi GATS ini.

Bernuansa kasual dengan warna-warna earthy membuat sepatu ini mudah di-mix and match dengan gaya remaja kekinian. Untuk remaja yang ingin tampil dengan style smart-casual, bisa menggunakan sepatu ini.

9. GRANDABLE SANPLAT Sepatu Formal Pria

Rekomendasi lainnya dari Grandabel, yaitu Grandable Senplat yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp280.000. Dengan sepatu ini, Sedulur dapat melangkah lebih nyaman dengan sepatu yang empuk. Sepatu dari GRANDABLE ini dibuat menggunakan bahan dasar kulit asli.

Sementara itu, bagian outsole-nya terbuat dari karet dan diklaim tidak licin. Keistimewaan sepatu ini ada pada bagian insole-nya yang empuk karena terbuat dari spons. Bagian inilah yang menjamin kenyamanan kaki Sedulur saat melangkah bersama sepatu ini. Pilih sepatu ini jika pekerjaan Sedulur mengharuskan Sedulur untuk banyak berjalan kaki.

10. Davalo – Sepatu Pantofel Pria Kulit Sapi Asli Noordia

rekomendasi sepatu formal pria
Opumo

Rekomendasi terakhir yaitu sepatu dari Davalo dengan harga mulai dari mulai dari Rp299 ribuan. Sepatu dengan motif serat kayunya menghadirkan kesan elegan dan profesional.

Sepatu pantofel tak bisa dipisahkan dari kehidupan para pekerja kantoran. Jika Sedulur termasuk yang harus memakai sepatu pantofel setiap datang ke kantor, pertimbangkanlah sepatu ini.

Desain dan tampilannya yang glossy akan membuat gaya Sedulur tampak lebih profesional. Selain itu, terdapat detail berupa motif serat kayu di bagian depan yang membawa kesan elegan. Sepatu ini juga tidak licin meskipun dipakai berjalan di lantai keramik.

Nah itulah beberapa rekomendasi sepatu formal pria beserta dengan tips dan cara memilih sepatu formal pria terbaik. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur, terutama dalam memilih sepatu formal yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Sedulur.