Rekomendasi brand dasi pria terbaik sudah menjadi item wajib dalam dunia fashion pria terutama yang menyukai gaya formal. Dasi pria hadir sebagai pelengkap jas dan kemeja, yang menjadikan seorang pria tampak lebih maskulin. Dasi pria terbaik juga hadir dalam berbagai macam bentuk, mulai dari kupu-kupu hingga standar.

Membeli produk dari merek ternama tentu akan memberikan jaminan kualitas barang yang bagus dan memuaskan. Berbicara mengenai merek dasi, bukan hanya merek luar negeri saja yang berkualitas. Banyak produk dasi dalam negeri yang model dan kualitasnya tidak kalah dari merek impor.

Peningkatan produksi dasi dalam negeri juga disebabkan oleh permintaan pasar yang semakin luas dan tinggi. Maklum, dasi kini mulai dilirik kaum pria untuk dijadikan aksesori demi menunjang penampilan.

BACA JUGA: 7 Tips dan Cara Mencuci Jas yang Benar dengan Mudah

Jenis Bahan Dasi Terbaik

rekomendasi brand dasi pria terbaik
Unsplash/Tim Mossholder

Selain varian bentuk atau model dari dasi, bahan pembuat dasi tersebut juga sangat mempengaruhi kecocokan nya dengan kemeja yang sedang digunakan. Berikut beberapa jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat dasi. Jadi Sedulur bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau selera.

  • Kain Sutra: Pada umumnya kain sutra akan memberikan tampilan yang lebih elegan dan klasik pada dasi yang berbahan dasar kain tersebut. Jika Sedulur ingin terlihat lebih elegan dan menawan, dasi dengan bahan ini adalah pilihan untuk kamu.
  • Kain Satin: Dasi dengan kain satin biasanya terlihat lebih mengkilap dan lembut. Kharakteristik dari dasi dengan bahan kain satin ini adalah terkesan shiny yang membuat dasi tersebut sangat pas digunakan untuk melengkapi penampilan kamu.
  • Kain Polyester: Memiliki tampilan yang hampir sama dengan kain sutra, dasi dengan kain polyester memiliki sifat yang tidak mudah menyerap air dan tidak tahan dengan suhu yang terlalu panas namun sangat mudah dibersihkan ketka terkena noda.
  • Kain Wool: Dasi yang terbuat dari kain wool adalah pilihan sangat tepat dan terbaik buat Sedulur dalam berbagai kesempatan terkhusus saat musim hujan. Kualitas dari dasi ini ditawarkan dalam beberapa varian. Varian tersebut tergantung pada bulu dompa seperti apa yang digunakan untuk membuat dasi tersebut.

BACA JUGA: 8 Aturan & Cara Memakai Jas yang Pria Harus Tahu!

Rekomendasi Dasi Terbaik

Tampil dengan mengenakan dasi ternyata dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih oke, terutama kaum pria. Di pasaran memang banyak sekali brand dasi yang bisa menjadi pilihan dan mungkin bisa membuat Sedulur bingung. Untuk itu, rekomendasi brand dasi pria terbaik adalah sebagai berikut. Simak sampai selesai!

1. Cardinal Dasi Pria F0053X11F

Unsplash/Alexander Naglestad

Sebagai seorang pria tentu harus memiliki dasi formal yang bisa menjadi andalan. Salah satu Rekomendasi brand dasi pria terbaik yaitu Cardinal. Motifnya yang tidak terlalu ramai tentu membuat produk dasi ini semakin menawan. Sehingga, cocok digunakan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan secara formal dengan baik. 

Selain itu, dasi dari brand Cardinal ini juga dapat menyempurnakan penampilan. Otomatis, Sedulur jadi lebih percaya diri untuk bertemu dengan rekan kerja. Warna dari dasi formal pria yang satu ini hadir dalam warna maroon. Tampilannya lebih estetik, elegan, dan berkelas. Kemudian, lebih mudah untuk dipasangkan pada bagian kerah kemeja kamu. 

Bahannya juga tidak mudah kusut dan mampu menjaga penampilan dengan baik dalam waktu yang lama. Pola-pola yang membentuk dasi ini adalah slim fit small. Material yang digunakan untuk membuat produk tersebut adalah polyester.

Untuk perawatannya sendiri agar tahan lama dan awet, Sedulur bisa mencucinya menggunakan air dingin. Jika ingin menyetrikanya, sebaiknya gunakanlah suhu yang rendah. Lalu, keringkan secara manual dan jangan menggunakan mesin pengering.

2. Hugo Boss Tie

Memiliki kualitas yang tinggi, Hugo Boss Tie terbuat dari bahan sutera. Dasi ini cocok digunakan untuk menghadiri acara formal. Produk ini terdiri dalam berbagai ukuran mulai dari S hingga XL. Dasi yang menjadi favorit ini juga memiliki motif yang menarik dan warna yang bagus sehingga memberikan kesan mewah dan elegan saat digunakan. 

Memiliki nama yang sudah dikenal banyak orang, brand ini memberikan kit saat Sedulur membeli produknya. Biasanya dalam satu kotak dasi akan diisi dengan sapu tangan serta penjepit dasi tersebut. Untuk harganya, dasi ini memiliki harga yang sangat bisa dijangkau. Jadi bisa menjadi pertimbangan untuk mendukung penampilan kamu.

3. Houseofcuff Hoc Premium Hex Tie

Houseofcuff Hoc Premium Hex Tie adalah rekomendasi brand dasi pria terbaik yang terbuat dari bahan polyethersulfone. Produk ini didesain dengan sangat bagus dan elegan yang cocok untuk acara formal maupun nonformal. Dasi berwarna hitam adalah item wajib bagi setiap pria karena selain warnanya yang netral sehingga mudah dipadupadankan.

Warna hitam pada dasi juga menjadi pilihan kebanyakkan pria untuk menonjolkan kesan maskulin. Nah, dasi hitam pria produksi Houseofcuff Black Tie ini bisa Sedulur jadikan salah satu pilihan. Terbuat dari bahan Polyester premium yang mudah disetrika dan juga tidak mudah kusut. Selain itu, dasi ini juga mudah dibersihkan ketika terkena noda. 

Dasi polos hitam ini akan membuat penampilan Sedulur menjadi elegan dan mewah apalagi dasi ini juga sudah dilengkapi dengan box. Dasi pria ini tersedia dalam ukuran slim, yaitu sekitar dua inci. Meskipun memiliki kualitas dan ukuran yang beragam, harga dasi pria ini juga masih terjangkau untuk semua kalangan.  

4. Alisan Dasi Salur Biasa Silver

Memilih dasi untuk acara-acara formal memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebaiknya Sedulur memilih warna netral dengan motif standard seperti garis tipis atau kotak, agar tetap terlihat sopan dan tidak terlalu mencolok. Alisan menghadirkan dasi pria motif salur atau garis simple dengan dominasi warna silver atau abu-abu yang menegaskan kesan maskulin. 

Jahitan dari merk ini selalu rapi, sehingga awet dan mudah dipadupadankan dengan kemeja putih atau bahkan hitam. Selain digunakan untuk menghadiri acara formal, dasi pria motif ini juga bisa digunakan untuk acara non-formal karena desainnya yang elegan.

Dasi formal pria ini terbuat dari bahan Polycotton yang halus dan lembut sehingga nyaman digunakan. Menariknya lagi, dasi ini juga dilengkapi dengan box eksklusif, sehingga cocok sebagai hadiah.

5. BOSS Dasi Pria

Dasi BOSS pria ini terbuat dari bahan polyester yang lembut dan nyaman digunakan. Terutama Sedulur yang berjiwa muda, bisa menggunakannya untuk acara semi formal atau saat ke kantor, karena motifnya yang menarik. Tersedia juga berbagai pilihan warna dan motif yang dapat Sedulur sesuaikan dengan setelan kemeja dan celana yang akan Sedulur kenakan.

Selain itu, BOSS merupakan brand yang sudah dikenal banyak orang dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dasi pria branded ini cocok untuk Sedulur gunakan dengan tuxedo atau kemeja putih untuk memberikan kesan yang elegan dan mewah. Meskipun dasi ini berasal dari brand yang terkenal tetapi, harga dasi pria branded ini masih dapat dijangkau.

6. Elfs Shop Dasi Resleting Pria Polka Dot

rekomendasi brand dasi pria terbaik
Unsplash/Benjamin R

Salah satu hal yang membuat sebagian orang malas mengenakan dasi adalah karena cara pemakaiannya yang dinilai ribet. Nah, bagi Sedulur yang menginginkan dasi simple, Elfs Shop menghadirkan rekomendasi brand dasi pria terbaik dengan resleting sehingga cara pemakaian mudah.

Dasi pria dengan harga terjangkau dari Elfs ini merupakan dasi instan, karena cukup menggunakan resleting tanpa melalui proses simpul.  Keunggulan lain yang dimiliki dasi pria ini adalah pilihan warnanya netral dengan motif polkadot, sehingga mudah dipadupadankan dengan kemeja putih untuk kesan serius dan juga tajam. Selain itu, dasi pria resleting ini terbuat dari bahan satin premium yang halus dan sedikit mengkilap, sehingga membuatnya terlihat elegan dan mewah. 

Dasi ini cocok untuk Sedulur gunakan ke acara-acara formal seperti ke kantor, pernikahan maupun wisuda. Menariknya lagi, harga dasi pria ini juga sangatlah murah, sehingga Sedulur tidak perlu mengocek kantong terlalu dalam.

7. Code Male Dasi Pria

Dasi merupakan aksesoris yang wajib dimiliki oleh pria untuk menambah penampilan agar terkesan rapi dan berwibawa. Untuk itu Sedulur bisa memilih rekomendasi produk dasi pria warna hitam dari Code Male.

Dasi pria ini terbuat dari bahan polyester silk yang lembut dan mudah untuk dibentuk. Produk ini memiliki warna hitam polos yang akan membuat tampilanmu menjadi elegan dan mewah. Dasi ini cocok digunakan untuk ke kantor, acara pernikahan atau pesta. 

Jika Sedulur sedang mencari dasi yang memiliki membuatmu terlihat elegan maka, Code Male ini bisa menjadi pilihan. Pasalnya dasi ini memiliki banyak pilihan motif serta warna yang akan membuatmu terlihat elegan dan mewah. Code Male ini terbuat dari bahan Polyester silk yang berkualitas tinggi dan nyaman digunakan.

Dasi yang berukuran panjang 142cm ini dapat digunakan di berbagai acara seperti ke kantor, pernikahan atau pesta. Dengan menggunakan dasi ini penampilan Sedulur akan terlihat lebih stylish dan keren. Sedulur juga tidak perlu memusingkan masalah harga, karena harga dasi pria ini sangatlah terjangkau.

8. Platinum Class Slim Silver Batik

Kamu tidak perlu takut lagi terlihat kuno, meski memakai dasi dengan motif batik. Dasi pria dari Premium Class yang satu ini mendesain koleksinya dengan kombinasi batik modern dengan style kekinian, agar tidak terlihat tua bagi pria yang menggunakannya.

Tidak salah jika dasi ini dibuat dengan bahan premium, karena perpaduan bahan sutra pilihan terbaik, dan dominasi warna silvernya yang shiny menambah kesan mewah dan elegan.

Selain itu, dasi pria batik berwarna silver ini juga cocok dipadupadankan dengan berbagai warna kemeja. Perpaduan antara dasi dan kemeja ini akan menampilkan kesan chic sekaligus stylish. Dasi berukuran 145 x 6 cm ini juga sudah dilengkapi dengan box.

9. WinRos Slim Tie

WinRos Slim Tie adalah dasi yang didesain polos yang memiliki warna dengan nuansa hitam. Dasi ini dibuat dari bahan satin polyester. Dasi ini memiliki ukuran lebar 5 cm dan panjang 150 cm. Pemakaian dasi ini disarankan untuk acara formal dan semi formal.

Sudah tahu varian dan jenis-jenis dasi, Sedulur juga telah membaca ulasan beberapa rekomendasi dasi  formal yang bisa digunakan untuk acara formal. Namun, beberapa dasi telah didesain agar Sedulur dapat menggunakannya bukan hanya acara formal saja melainkan diacara semiformal bahkan non formal juga.

10. Hamlin Dasi Pria Ocean Neckwear

Rekomendasi dasi formal pria yang berikutnya adalah merk Hamlin. Dalam setiap pembelian produk dasi ini, Sedulur akan mendapatkan box yang kesannya eksklusif. Tentunya, kemewahan yang diberikan oleh dasi tersebut begitu istimewa dan terpampang secara nyata. Harga jualnya juga masih terjangkau dan tidak terlalu mahal. 

Tenang, untuk kualitasnya sangat oke dan tidak mudah rusak. Selain itu, bagian jahitannya juga tidak mudah lepas begitu saja. Motifnya polos namun sukses memberikan kesan penampilan yang elegan. Dasi formal pria dari Hamlin ini dibuat dari bahan berkualitas premium yaitu polyester. 

Pastinya, meskipun sering digunakan produk tersebut tidak mudah mengkerut dan terlihat kotor. Hal ini tentu membuat Sedulur jadi lebih nyaman menggunakannya karena dapat membangun rasa percaya diri yang tinggi. Terutama, jika Sedulur sering bertemu kolega kantor atau rekan bisnis.

Motif yang diberikan pada produk ini berupa line yang berjajar secara rapi. Dasi ini lebih mudah untuk dibentuk dan nyaman digunakan. Sedulur bisa menggunakan pakaian yang warnanya senada dengan dasi ini agar tampak lebih serasi. Dengan begitu, tampilan Sedulur akan makin bergaya.

11. Platinum Class Bowtie Navy Batik

rekomendasi brand dasi pria terbaik
Unsplash/Benjamin R

Platinum Class Bowtie Navy Batik adalah dasi formal yang memiliki desain batik. Dasi ini memiliki warna navy yang tampak berkilau sehingga memberikan kesan yang sangat mewah bagi penggunanya.

Platinum Class Bowtie Navy Batik ini terbuat dari bahan polyester sehingga nyaman dikaitkan dengan bahan pakaian lainnya. Untuk tampil modern dan menawan, dasi ini adalah salah satu rekomendasi untuk acara formal kamu.

12. Tie Basik Pierre Cardin

Memiliki model detail motif polos, dasi ini sangat nyaman untuk digunakan. Dasi ini dikeluarkan oleh merek terkenal yaitu Pieree Cardin. Siapa pun pasti tahu merek ini bukan? Memiliki harga yang relative murah tidak akan membuat penggunanya bimbang karena dasi ini didesain dengan baik yang sudah dipercaya kualitasnya.

Dasi ini terbuat dari bahan poliester dengan warna biru. Dasi ini memiliki motif yang polos sehingga mudah untuk dipadukan dengan kemeja apapun. Dasi keluaran brand Pierre Cardin ini sangat cocok untuk acara formal.

13. VM (Van Marvell) Slim Tie Maroon

VM Slim Tie bisa menjadi pilihan rekomendasi brand dasi pria terbaik untuk kegiatan kantor milikmu. Dasi dengan warna merah maroon ini sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit kerja, mulai dari kemeja polos, corak, dengan vest ataupun cardigan.

Pola garis miring dengan slim size sekitar 2 inci, Sedulur akan semakin chic mengenakan dasi ini. Selain tampil chic, menggunakan dasi pria ini akan membuat penampilan Sedulur terlihat lebih modern dan elegan.

Dasi kerja pria ini cocok dikenakan untuk acara outdoor seperti pernikahan karena akan tampak senada dengan pepohonan yang ada. Warna yang cerah juga dapat membuat Sedulur tampil lebih ceria. Harga dasi kantor pria ini juga masih murah dan terjangkau.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sepatu Formal Pria Terbaik yang Awet

Berbagai Model Dasi yang Perlu Sedulur Tahu

rekomendasi brand dasi pria terbaik
Pexels/Andrea Piacquadio

Dasi adalah pelengkap pakaian pria yang dibuat dari sutra dan sebagainya yang dipasangkan (dikalungkan) pada leher kemeja dan disimpul di depan. Walau sering dikaitkan dengan pekerja kantoran, setiap pria pasti memiliki koleksi dasi. Bukan hanya ke kantor, dasi biasanya digunakan saat ada acara-acara khusus seperti acara formal. 

Walau hanya sebagai aksesoris pelengkap, namun dasi dapat menunjang kualitas penampilan seseorang. Menggunakan dasi dapat menciptakan suasana yang rapi dan elegan. Untuk itu penting mengetahui beberapa model dasi agar Sedulur tidak salah pilih.

1. Four in Hand Necktie

Jenis dasi ini adalah dasi yang paling familiar bagi para pekerja kantoran. Bukan hanya itu, model ini adalah model pertama yang mudah diterapkan. Jenis dasi ini memiliki kelebihan yaitu bisa dipakai di semua acara baik acara formal maupun semi formal. 

Dasi dengan jenis Four in Hand Necktie ini dianggap menjadi standar untuk semua jenis kemeja. Jadi, untuk Sedulur yang akan menghadiri sebuah acara dan bingung harus menggunakan sebuah dasi seperti apa, Sedulur dapat memilih dasi jenis seperti Four in Hand Necktie.

2. Skinny Tie

Dasi jenis skinny tie adalah jenis dasi tradisional yang memiliki lebar lebih pendek dari dasi biasanya. Walau dianggap tradisional, dasi jenis ini masih banyak digunakan saat sedang bekerja. Skinny Tie dapat digunakan dengan jas bahkan celana jeans. Untuk mendapat penampilan yang lebih baik, dasi jenis ini lebih disarankan bagi pria yang bertubuh langsing.

3. Seven Fold Tie

Dasi jenis Seven Fold Tie adalah dasi yang mirip dengan four in hand necktie. Dasi ini berbentuk persegi yang pada penggunaannya dilipat tujuh kali. Untuk penggunaannya cukup buat simpul yang sesuai. Jenis dasi ini cocok digunakan untuk bekerja di kantor atau menghadiri acara formal.

4. Bow Tie

Disebut bow tie, ini adalah nama lain yang dibuat untuk dasi kupu-kupu. Pada umumnya dasi ini digunakan untuk acara semi formal atau bahkan termasuk menjadi salah satu seragam untuk murid dan juga para waiters di beberapa fancy restaurant.

5. Bolo Tie

Bolo tie adalah jenis dasi yang sangat berbeda dengan yang lainnya. Bolo tie adalah  tali yang terbuat dari bahan apa saja, dengan sepotong logam yang dilekatkan agar tali melewatinya. Dasi jenis ini popular pada tahun 70-an. Jadi sangat wajar bagi Sedulur yang tidak familiar dengan jenis yang satu ini. Jenis dasi ini dibuat menjadi dasi resmi di berbagai belahan dunia seperti Arizona, New Mexico dan Texas.

6. Cravat Tie

Cavat tie adalah jenis dasi asli dimana semua berevolusi menjadi banyak varian. Caravat adalah jenis dasi yang memiliki ciri khas lebih longgar yang akan terlihat seperti gabungan dari syal dan dasi. Jenis dasi ini digunakan pada kemeja untuk acara yang sangat formal.

7. Ascot Tie

Ascot adalah salah satu dari jenis caravat tie. Perbedaan yang yang terletak pada kedua jenis dasi tersebut adalah peletakannya. Untuk dasi jenis cravat ditempatkan diatas kerah sementara dasi jenis ascot diletakkan di bawah kerah. Kebayang kan gimana cara menggunakan jenis dasi ini.

Jadi, rekomendasi brand dasi pria terbaik adalah brand-brand yang sudah disebutkan di atas. Tapi tentu saja masih banyak lain merek lain yang bisa menjadi pilihan. Tapi setidaknya beberapa daftar di atas bisa menunjang penampilanmu agar makin bergaya. Sedulur cukup mencocokkan dengan kemeja atau jas yang akan Sedulur pakai.

Selain itu, harga yang ditawarkan untuk dasi ini juga berbeda-beda. Beberapa brand yang sudah dikenal oleh dunia memiliki harga yang relatif mahal, berbeda dengan harga dari yang dikeluarkan oleh brand lokal.

Walau harga yang relatif mahal, Sedulur juga akan mendapat kepercayaan diri yang lebih dan tampilan yang lebih elegan saat menggunakannya. Paling penting saat memilih dasi utamakan kenyamanan dan kecocokan ya.