cara mencuci jas

Jas merupakan pakaian yang membutuhkan perawatan khusus, seperti contohnya cara menyimpannya yang harus digantung dan tidak boleh dilipat. Bukan hanya cara menyimpannya, cara mencuci jas pun berbeda dengan mencuci pakaian lain.

Hal tersebut disebabkan karena jas memiliki struktur dan bahan yang berbeda dengan pakaian lainnya. Jika dicuci secara biasa, tentu jas akan mudah rusak. Bahan jas pun mudah kusut dan besar kemungkinan warnanya akan rusak. Maka dari itu, cara mencuci jas harus khusus dan berbeda. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana tips dan cara mencuci jas dengan benar. Yuk, langsung simak tipsnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Mencuci Helm Sendiri di Rumah, Lebih Hemat!

1. Cek terlebih dahulu petunjuk pencucian

cara mencuci jas
Hijup

Di label jas, biasanya dilengkapi dengan petunjuk pencucian yang berisi tentan informasi terkait jas yang bisa dicuci atau tidak. Maka, Sedulur Sedulur mencuci jas, Sedulur bisa cek terlebih dahulu labelnya. Apakah jas boleh dicuci atau tidak.

-->

Terdapat beberapa jenis jas yang tidak boleh dicuci dan hanya bisa dry cleaning saja. Jika label jas yang Sedulur miliki berbunyi DRY CLEANING ONLY, itu artinya jas tidak bisa dicuci. Satu-satunya cara adalah dengan membawa jas ke jasa pencucian kering.

Jika label jas memperbolehkan untuk dicuci, maka Sedulur bisa langsung mencuci jas sendiri di rumah. Namun sekali lagi, harus diingat bahwa cara mencucinya berbeda dengan mencuci pakaian pada umumnya.

2. Cuci bagian yang terkena noda

cara mencuci jas
iStock

Cara mencuci jas sebenarnya sederhana, Sedulur hanya perlu mencuci atau membersihkan jas yang terkena noda saja. Jika jas Sedulur hanya memiliki sedikit noda, maka tidak perlu keseluruhan jas dicuci, hanya yang terkena noda saja.

Sedulur bisa mencuci bagian yang ternoda saja dengan menggunakan sabun detergen yang biasa digunakan untuk mencuci. Selanjutnya, gosok dengan berbulu halus. Sedulur juga bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai.

Cara ini lebih praktis dan aman sehingga tidak akan merusak bentuk jas. Mencuci sedikit saja bagian yang kotor juga akan mempercepat proses pengeringan.

3. Cuci menggunakan tangan

cara mencuci jas
iStock

Sedulur juga bisa mencuci menggunakan tangan secara manual, jangan mencuci menggunakan mesin cuci. Karena dengan mencuci menggunakan tangan, proses mencuci bisa lebih hati-hati, berbeda dengan menggunakan mesin cuci yang cenderung akan merusak pakaian.

Usahakan untuk tidak mengucek jas agar tidak menjadi kusut. Untuk menghilangkan noda, gunakan sikat berbulu halus. Jika sudah selesai mencuci jas, jangan diperas tetapi langsung digantung. Hal ini dilakukan supaya bentuk jas tidak rusak akibat diperas.

4. Syarat mencuci dengan mesin

iStock

Dalam penjelasan sebelumnya, dijelaskan bahwa tidak boleh mencuci jas menggunakan mesin cuci. Namun jika tidak ingin repot mencuci, Sedulur bisa mencuci menggunakan mesin cuci dengan beberapa syarat. Pertama pastikan terlebih dahulu di label jas ada tulisan tidak masalah mencuci dengan mesin.

Kedua Sedulur juga harus memperhatikan cara mencuci dengan mesin cuci yang baik. Saat mencuci jas dengan mesin cuci, ada baiknya mencuci secara terpisah. Hal ini supaya jas tidak tercampur dengan pakaian lain. Jika dicampur, jas akan menjadi kusut dan ada risiko terkena luntur pakaian lain.

5. Perhatikan saat menggunakan mesin cuci

iStock

Ketika mencuci jas di mesin cuci, masukkan jas ke dalam wadah khusus bernama laundry bag. Wadah ini tersebut bertujuan untuk melindungi bentuk jas agar tidak rusak ketika dicuci dengan mesin cuci. Sebelum dimasukkan, balik jas terlebih dahulu sehingga bagian luar ada di dalam. Masukkan ke dalam laundry bag, lalu masukkan ke dalam mesin cuci.

Pengaturan mesin cuci juga harus disesuaikan dengan kebutuhan mencuci jas. Umumnya, mesin cuci yang dipakai untuk mencuci jas disertai dengan fitur delicate. Artinya, proses pencucian akan berjalan lebih perlahan ketimbang mode normal. Keunggulan fitur ini adalah menjaga bahan jas agar tidak rusak bentuknya.

6. Keringkan di tempat teduh

iStock

Cara mencuci jas yang penting untuk diperhatikan yaitu dengan mengeringkan di tempat yang teduh. Setelah jas dicuci hingga bersih, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Mengeringkan jas tidak boleh dilakukan sembarangan.

Cara mengeringkan jas yang benar adalah dengan menjemurnya di tempat yang memiliki sirkulasi udara bagus. Namun, tidak disarankan menjemur jas di bawah terik matahari langsung. Hal ini karena sinar matahari yang terlalu terik dapat merusak warna pada jas.

Nah, idealnya jas dijemur dengan diangin-angin saja di tempat yang teduh, terang, dan sirkulasi udaranya bagus. Pastikan agar tidak terkena langsung dengan matahari, ya!

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

7. Setrika dengan menggunakan pelapis

Bukan hanya cara mencuci jas yang harus diperhatikan, cara setrika jas juga penting untuk diperhatikan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pelapis. Jika tidak menggunakan pelapis, hanya akan merusak bahan jas dan warna dari jas itu sendiri.

Pada saat menyetrika, kamu juga bisa menyemprotkan pelembut sekaligus pewangi pakaian. Gunakan produk yang memiliki kandungan antibakteri agar jas bebas kuman dan jamur saat disimpan nanti.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang cara mencuci jas yang perlu Sedulur perhatikan. Selain agar jas tetap terawat dan dapat digunakan dalam waktu lama, Sedulur juga tidak perlu repot membawa jas ke jasa mencuci khusus yang biasanya harganya mahal. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur saat mencuci jas di rumah, ya!