cara memakai jas

Siapa nih, di antara Sedulur yang kerap menggunakan jas untuk keperluan kerja atau acara-acara tertentu lainnya? Ya, jas merupakan salah satu pakaian resmi asal Eropa. Jas didesain dengan lengan yang panjang dan dipakai untuk luaran kemeja. Biasanya, jas akan dibuat dalam satu setel sekaligus dengan celananya yang senada.

Walaupun sering menggunakan jas, namun ternyata masih ada beberapa kesalahan dalam pemakaiannya yang tidak semua orang ketahui, loh! Tentunya Sedulur tidak menginginkan hal semacam ini terjadi, ya. Nah, maka dari itu, di artikel ini akan kita ulas bersama-sama beberapa aturan sekaligus cara pakai jas yang benar. 

Yuk, coba lihat 8 aturan memakai jas yang harus pria ketahui di bawah ini agar tidak terlihat norak pada saat menghadiri acara!

BACA JUGA: 38 Model Baju Gamis 2022 Terbaru & Kekinian

-->

1. Jangan pernah lupa pakai kaus dalam

cara memakai jas
Depositphotos

Aturan yang pertama dalam memakai jas adalah untuk tidak pernah lupa memakai kaus dalam. Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, pakaian jas sendiri berasal dari Eropa. Maka tidak heran apabila bahan jas biasanya agak sedikit tebal. Bahan yang tebal tersebut juga berfungsi untuk memberikan kesan tegas di tubuh pemakainya.

Karena kita tinggal di Indonesia, oleh karena itu usahakan untuk selalu menggunakan kaus dalam. Kaus dalam berfungsi untuk menyerap keringat di tubuh, agar tidak langsung mengenai kemeja yang kita pakai. Bayangkan apabila kemeja kita basah kuyup karena memakai jas. Tentu sangat tidak enak di pandang, ya Sedulur.

2. Ukuran lengan jas Sedulur sebaiknya tidak terlalu panjang

cara memakai jas
Depositphotos

Aturan yang kedua dalam memakai jas adalah untuk memastikan ukuran lengan jas Sedulur tidak terlalu panjang. Untuk memastikan ukuran lengan jas Sedulur, bisa gunakan patokan ukuran lengan kemeja. Ukuran lengan kemeja haruslah lebih panjang ketimbang ukuran lengan jas.

Pakai kemeja terlebih dahulu, lalu baru gunakan jas. Ketika Sedulur sudah mengenakan jas, pastikan ujung lengan kemeja menyembul dari ujung lengan jas. Dari situlah tanda bahwa ukuran lengan jas Sedulur sudah tepat. 

Kesan formal, rapi, dan sopan akan jelas terpancar pada saat Sedulur menggunakan jas dengan aturan memakai jas dan kemeja yang sesuai. Aturan ini juga sudah sesuai bagi Sedulur yang mencari cara memakai jas almamater yang benar.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

3. Panjang celana Sedulur tidak sampai menutupi sepatu

Depositphotos

 

Aturan yang ketiga dalam memakai jas adalah untuk memastikan panjang celana Sedulur tidak sampai menutupi sepatu. Panjang celana yang pas ketika memakai jas adalah ketika ujung celana jatuh tepat di atas sepatu. Artinya, terdapat sedikit tekukan pada celana. 

Hindari tekukan celana yang terlalu dalam, alias celana yang kepanjangan. Celana yang terlalu panjang akan mengganggu proporsi kaki Sedulur pada saat menggunakan jas.

4. Panjang jas hanya sampai bawah pinggul

Depositphotos

Sesuai perkembangan zaman, jas dapat digunakan oleh pria maupun wanita, tentunya dengan aturan yang disesuaikan, seperti etika memakai jas wanita hijab. Aturan yang keempat dalam memakai jas adalah untuk memastikan panjang jas hanya sampai bawah pinggul. Sedulur tentunya tidak ingin seolah-olah “tenggelam” dalam setelan jas yang dipakai. 

Maka dari itu, pastikan panjang jas hanya sampai bawah pinggul hingga setidaknya menutupi bagian pantat. Kesan formal, rapi, dan sopan akan jelas terpancar pada saat Sedulur menggunakan jas dengan ukuran yang sesuai. 

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

5. Pakai kaus kaki panjang

cara memakai jas
Depositphotos

Aturan yang kelima dalam memakai jas adalah untuk memakai kaos kaki panjang. Tidak hanya berfungsi sebagai aksesoris, kaus kaki panjang dapat memberi kesan sopan dan formal terhadap para pemakainya. 

Selain itu, ia juga akan menutupi kulit kaki ketika celana agak sedikit terangkat pada saat sedang duduk. Gunakan kaus kaki warna senada yang gelap, seperti coklat tua, hitam, abu-abu agar penampilan jas Sedulur lebih lengkap.

6. Cara memakai jas dengan memperhatikan bagian kancing pada jas

Depositphotos

Aturan yang keenam dalam memakai jas adalah untuk memperhatikan bagian kancing pada jas. Apakah Sedulur tahu bahwa tiap-tiap model jas memiliki aturan kancingnya masing-masing? 

Ya, cara memakai kancing jas yang benar terbagi menjadi dua, yaitu jas single breasted (kancing sebaris) dan jas double breasted (kancing dua baris). Keduanya memiliki cara pemakaian dan pelepasan kancing yang berbeda satu sama lain. 

Jas dengan kancing sebaris satu kancing biasanya akan dibuka kancingnya ketika duduk dan ketika berdiri. Untuk aturan memakai jas kancing 2, jas dengan kancing sebaris dua kancing biasanya hanya akan dipasang kancing atasnya saja pada saat berdiri maupun duduk. Sedangkan untuk jas dengan kancing sebaris tiga kancing, wajib dipasang semua kancingnya pada saat berdiri sedangkan dibuka pada saat duduk.

Sementara itu untuk jas berkancing dua baris, baik itu yang berjumlah enam maupun empat kancing, hanya kancing atasnya saja yang dipasang dan bawah dilepas pada saat duduk.

BACA JUGA: 10 Potongan Rambut Mandarin, Dijamin Disukai Para Wanita

7. Cara memakai jas dengan memilih model dan ukuran jas yang sesuai

Depositphotos

Aturan yang ketujuh dalam memakai jas adalah untuk memilih model jas yang ukuran dan modelnya sesuai. Sedari tadi telah kita singgung ukuran jas yang harus sesuai dengan tubuh pemakainya, baik itu dalam cara memakai jas tanpa dasi ataupun berdasi. Nah, hal perihal model dan ukuran ini menjadi penting agar postur tubuh tampak tegas dan memberikan kesan formal yang sempurna.

Selain itu, model jas juga harus disesuaikan, begitu juga warnanya. Jas berwarna hitam biasanya akan digunakan pada saat pergi ke kantor, menghadiri rapat, atau dipakai untuk menunjukkan rasa bela sungkawa pada saat pemakaman. Untuk pergi ke pesta atau acara non-formal lainnya, Sedulur dapat menggunakan warna selain warna hitam, misalnya biru tua, coklat, cream, dan lain-lain agar memberikan kesan casual namun tetap resmi.

8. Cara memakai jas dengan menggunakan sepatu yang tepat

Depositphotos

Aturan yang kedelapan dalam memakai jas adalah untuk menggunakan sepatu yang tepat. Aspek terakhir yang perlu Sedulur perhatikan pada saat menggunakan jas adalah sepatu. 

Walaupun memang pakaian jas sudah mengikuti tren busana akhir-akhir ini dan dapat dipadu padankan dengan bermacam-macam jenis sepatu, tetapi pastikan sepatu tersebut sesuai dengan acara yang Sedulur kunjungi. Jangan sampai salah kostum, mengenakan jas untuk mengunjungi acara resmi namun memakai sepatu sneakers, ya.

Itulah informasi singkat mengenai cara memakai jas yang benar dengan beberapa aturan yang perlu Sedulur ketahui. Aturan-aturan tersebut meliputi memakai kaus dalam, ukuran lengan yang tidak terlalu panjang, panjang celana yang tidak menutupi sepatu, panjang jas sepinggul, memakai kaos kaki panjang, memperhatikan bagian kancing, memilih model serta ukuran yang sesuai, dan juga menggunakan sepatu yang tepat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.