potongan undercut 2023

Undercut menjadi salah satu gaya rambut yang banyak dipilih oleh pria saat ini. Model rambut yang satu ini, memisahkan antara bagian atas rambut dengan bagian samping dan bawah. Biasanya, bagian rambut atas dibuat lebih tebal atau panjang dibandingkan bagian belakang ataupun samping.

Akan tetapi, gaya rambut ini sering dikatakan cukup “boros” karena harus dicukur kembali setelah satu bulan agar bentuknya tetap terlihat rapi. Tentu saja hal itu sepadan karena gaya rambut ini akan membuat penampilan pria makin kece. Bagi Sedulur yang masih merasa ragu untuk mencoba gaya rambut satu ini, simak dulu beberapa inspirasi gaya rambut undercut pria yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 14 Model Rambut Buzz Cut yang Cocok Untuk Pria Maskulin

1. Layered undercut

undercut gaya rambut pria
The Gorbalsla

Di urutan pertama ada layered undercut. Sesuai dengan namanya, model rambut ini akan menampilkan potongan ber-layer sehingga rambut tampak lebih bervolume. Sedulur dapat meminta kepada hairstylist untuk menentukan seberapa besar lapisan yang ingin diaplikasikan.

Seperti yang kita tahu, rambut pria itu lebih mudah panjang. Jika rambut sudah tumbuh terlalu panjang, maka tampilannya akan berubah. Jadi, kamu harus memotongnya lagi setidaknya dalam kurun waktu empat minggu atau sebulan untuk merapikannya kembali. Selain itu, model layered undercut ini juga sangat cocok diberi warna-warna yang terkesan natural, sehingga tampilan jadi lebih keren.

2. Faded undercut

gaya rambut undercut skin
Pinterest

Berikutnya ada salah satu undercut gaya rambut pria yang unik dengan potongan di bagian samping serta belakang rambut. Salah satu varian rambut dari model faded yang banyak disukai oleh para pria adalah high fade.

Gaya rambut high faded ini mampu memberikan kesan yang ramping berkat adanya kontras di bagian atas dan juga samping. Keuntungan lain yang mampu diberikan oleh gaya rambut ini adalah tidak membutuhkan perawatan yang ekstra.

Tentu saja model faded ini sangat cocok bagi Sedulur yang malas sisiran dan styling. Meskipun begitu, dijamin tampilan tetap terlihat berkelas dan juga tampan.

3. Pompadour

gaya rambut undercut
Gatsby

Undercut hairstyle yang tidak boleh Sedulur lewatkan adalah pompadour. Pompadour sendiri merupakan gaya rambut dengan volume di bagian atas yang identik sebagai ciri khas Elvis Presley. Akan tetapi, pompadour versi Elvis masih membiarkan rambut tampak panjang.

Model rambut yang satu ini juga terbagi menjadi beberapa model, seperti rock pompadour yang ditambahkan dengan jenggot, serta faded pompadour yang membuat bagian atasnya sedikit bergelombang. Bagi Sedulur yang mempunyai bentuk wajah bulat, persegi, maupun oval, maka bisa menyesuaikan tampilan dengan gaya rambut pompadour ini.

4. Quiff

undercut hairstyle
Widiyanata

Salah satu model undercut pendek yang wajib untuk Sedulur coba adalah quiff.  Gaya rambut yang satu ini memang sudah populer sejak lama. Bahkan awal kemunculan tren gaya rambut yang satu ini sudah dimulai ketika tentara Amerika Serikat baru pulang dari medan peperangan.

Ketika tugas selesai, mereka sudah tidak memiliki kewajiban untuk potong rambut serta membiarkan rambutnya panjang, terutama untuk rambut bagian atas. Bisa dibilang jika gaya rambut ini cukup mirip seperti pompadour. Yang membedakannya hanya pada cara penataannya. Untuk membuat model pompadour, dibutuhkan rambut yang cukup panjang supaya nampak bervolume dengan jambul ke arah belakang. Sedangkan quiff lebih menampilkan kesan yang alami.

5. Slicked back

undercut pendek
Pinterest

Gaya rambut slicked back undercut ini sangat cocok bagi Sedulur yang ingin tampil rapi, klimis, namun terkesan maskulin. Hal ini karena di bagian rambut yang masih banyak akan disisir ke arah belakang. Kemudian tidak lupa diberi gel rambut supaya rambut tampak lebih sleek dan maskulin.

Dengan menggunakan model rambut pria, tampilan Sedulur bisa terlihat klasik dan juga cool. Untuk menyesuaikan dengan bentuk wajah, kamu juga dapat menyisir rambut bagian atas ke arah samping kiri ataupun arah kiri.

6. Disconnected undercut

undercut panjang
Mens Hairstyle Trends

Disconnected atau yang sering juga disebut dengan undercut gantung menjadi salah satu model rambut yang sangat khas. Dilihat dari namanya saja, disconnected berarti tak terhubung yang sesuai dengan tampilan yang diberikan.

Model rambut ini berupa rambut tipis yang berada di bagian kiri dan kanan kemudian diberikan sebuah garis di kulit kepala. Model rambut satu ini akan terlihat lebih bagus dan sesuai jika rambut bagian atasnya dibuat tampak melengkung. Namun, Sedulur harus pintar-pintar dalam menata bagian atasnya untuk hasil yang menarik. Jika tidak, bisa saja tampilan rambut malah tampak kacau.

7. Man bun

undercut pria
Mens Hairstyle Tips

Man bun alias undercut panjang bisa menjadi pilihan menarik bagi Sedulur yang memiliki rambut panjang. Berbeda dengan berbagai model yang lain, man bun justru membiarkan rambut di bagian atas tetap panjang.

Namun rambut panjang tersebut tidak dibiarkan begitu saja. Melainkan diikat dengan teknik cepol sehingga menimbulkan semacam gelungan rambut di bagian atas belakang. Biasanya, gaya rambut ini digabungkan dengan gaya disconnected agar bagian atasnya bisa terlihat lebih jelas.

BACA JUGA: 12+ Model Rambut French Crop Pria untuk Tampil Ganteng!

8. Side swept

undercut gantung
Haircut Inspiration

Side swept merupakan model rambut undercut yang penataan rambut bagian atasnya ke arah samping. Gaya rambut yang satu ini, cenderung lebih cocok bagi Sedulur yang mempunyai bentuk wajah bulat. Gaya ini akan membiarkan rambut yang ada di bagian atas sedikit lebih panjang. Jika disisir ke arah samping, maka biasanya rambut akan sedikit menutupi wajah.

Bagi yang telah terlanjur memotong rambut dengan gaya side swept namun malah merasa kurang nyaman, tidak perlu khawatir. Sedulur dapat menyiasatinya dengan menyisir rambut ke arah belakang atau menyamping dengan memanfaatkan pomade atau gel rambut khusus.

9. Faux hawk

Faux hawk
Mens Hairstyle Trend

Jika Sedulur ingin model rambut yang terkesan fresh and clean, kamu bisa mencoba gaya rambut faux hawk. Dengan menggunakan gaya rambut yang satu ini, kamu juga akan terlihat lebih tampan dan juga berwibawa.

Bisa dibilang jika model faux hawk merupakan salah satu haircut populer di kalangan para pria. Berbeda dengan mohawk, gaya rambut ini mengusung tema dengan karakter yang terasa lebih soft dan modern. Menariknya, gaya rambut ini terlihat cocok untuk semua bentuk muka serta hair texture.

Selain itu, Sedulur juga tidak perlu khawatir dengan perawatannya. Kamu tidak perlu terlalu sering memotong rambut, karena tampilan akan terlihat tetap keren walaupun rambut sudah agak panjang.

10. Mohawk undercut

Mohawk undercut
Kamini

Jika sebelumnya ada faux hawk, kali ini ada mohawk. Model rambut mohawk undercut ini akan tampak sangat keren bagi Sedulur yang berjiwa bebas. Karakter mohawk sendiri dibentuk dari rambut yang dibiarkan panjang di bagian atasnya kemudian mencukur pendek bagian samping kanan kiri rambut. Dengan sedikit penataan menggunakan bantuan dari hairspray atau pomade yang kaku, maka gaya mohawk ini akan terlihat lebih keren namun tetap rapi dan stylish.

11. Military cut

Military cut
Haircut Inspiration

Bagi Sedulur yang sudah mulai bosan dengan potongan rambut botak, mungkin bisa mencoba model military cut untuk memberikan kesan stylish tapi tetap rapi. Gaya rambut undercut skin ini mempunyai volume yang lebih mendetail pada bagian atas.

Kemudian volume rambut tersebut akan terus menipis secara bertahap sampai ke bagian dasarnya. Gaya rambut ini juga sangat cocok untuk Sedulur yang malas menyisir atau menata rambut. Walaupun Sedulur membiarkan rambut tampak acak-acakan, tampilan tetap terlihat keren, kok.

Jika ingin memberikan kesan yang rapi dan berkarakter, Sedulur bisa memberikan sedikit wax atau pomade di bagian atasnya. Lalu sisir ke arah samping atau belakang sesuai dengan keinginan.

12. Dreadlocks undercut

Dreadlocks
Haircut Inspiration

Dreadlocks undercut menjadi salah satu gaya rambut yang sering dipilih oleh rapper barat. Sesuai dengan namanya, model rambut ini mengharuskan Sedulur untuk membuat rambut tampak gimbal atau ikal yang besar.

Jika biasanya rambut gimbal terlihat acak-acakan dan susah diatur, gaya potongan rambut ini bisa menjadi jalan keluar. Dengan gaya rambut ini, maka tampilan dengan rambut gimbal akan terlihat rapi. Hal ini terjadi berkat pengaplikasian akses potongan di bagian bawahnya. Untuk menambah kesan maskulin dan sangar, biasanya model rambut ini juga dibarengi dengan brewok tebal.

13. Two blocks

Two blocks
Pinterest

Rekomendasi model rambut undercut yang terakhir adalah two blocks. Two blocks sendiri merupakan gaya rambut ala korea yang sedang banyak digemari para pria belakangan ini. Jadi jika Sedulur ingin tampil keren dan kekinian, maka bisa mencoba gaya rambut yang satu ini.

Untuk membuat model two blocks, Sedulur harus membuat bagian samping serta belakang lebih pendek. Kemudian biarkan saja rambut bagian atasnya agar tetap memanjang dan membentuk layer. Model rambut ini juga memiliki banyak opsi dalam mendukung penampilan.

Jika ingin tampil layaknya bintang K-pop, kamu bisa menyisir rambut ke depan dan menampilkan poni tipis. Sedangkan untuk tampilan quiff, Sedulur bisa menyisir rambut bagian atas ke arah belakang.

14. Caesar

Gatsby Indonesia

Model rambut caesar undercut ini cocok digunakan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang menyukai model rambut street style. Selain itu, model rambut ini juga diberi nama Caesar karena memang terinspirasi dari Julius Caesar, Raja Romawi yang terkenal.

Adapun hal yang membuat gaya rambut ini menjadi populer yaitu karena bisa membuat tampilan Sedulur menjadi lebih lembut tapi tetap terlihat macho. Terlebih lagi bila rambut caesar ini dikombinasikan dengan potongan undercut, tentu gayanya akan terlihat semakin keren.

15. Fringe

Dailysia

Gaya rambut fringe undercut ini memiliki kesamaan dengan Caesar, perbedaannya terlihat bahwa Fringe cenderung lebih panjang dibandingkan dengan Caesar. Rambut Sedulur akan dibiarkan menutupi keseluruhan dahi. Sementara di bagian sampinya dan belakang dipotong tipis.

Bagi Sedulur yang memiliki bentuk wajah yang panjang seperti berbentuk oval atau diamond, sangat cocok menggunakan potongan rambut seperti ini. Kelebihan menggunakan potongan rambut ini yaitu wajah akan terlihat lebih muda dan cerah.

Banyak orang yang menilai bahwa gaya rambut dengan fringe akan semakin membuat para pria berkacamata terlihat lebih tampan. Untuk penataannya sendiri, Sedulur bisa menggunakan pomade ataupun wax untuk menambahkan tekstur.

16. Classic undercut

All Things Hair

Gaya rambut classic undercut ini menonjolkan ciri khas dari potongan undercut itu sendiri, yaitu penipisan pada bagian sisi kepala. Sementara untuk bagian atanya, dipotong pendeng, bergelombang atau lurus. Agar setiap halnya terlihat menarik.

Jika Sedulur tidak ingin terlihat tipis secara keseluruhan, Sedulur dapat pilih model fade yang terdapat gradasinya. Untuk menciptakan dengan gaya rambut fade, umumnya rambut yang dicukur secara vertikal supaya rambut akan benar-benar habis.

17. Comb over

Pinterest

Potongan rambut comb over terlihat seperti potongan rambut belah pinggir biasa. Untuk memotong rambut seperti ini, tidak membutuhkan kemampuan khusus. Secara sekilas, gaya rambut ini terlihat seperti potongan side-parted atau belah pinggir.

Namun perbedaannya, comb over terlihat lebih kasual sertai tidak begitu memperlihatkan perbedaan panjang rambut yang terlihat mencolok.

Jenis gaya rambut pria undercut ini sering dipadukan dengan undercut. Salah satunya yang membuat potongan ini kian populer yakni karena sering kali digunakan pemain bola. Kita dapat menata gaya rambutnya dengan menggunakan pomade atau wax.

18. Spike undercut

Harian Fashion

Gaya rambut selanjutnya yaitu spike undercut, model rambut jenis ini memiliki gaya rampbut bagian ata yang terlihat seperti lancip ke atas.

Gaya rambut ini terlihat biasa saja, namun bagi Sedulur yang memiliki bentuk wajah yang sedikit chubby, wajib menggunakan potongan rambut ini. Potongan rambut ini akan sangat cocok Sedulur gunakan dan tidak akan terlihat begitu chubby.

19. Hidden undercut

All Things Hair

Bagi Sedulur yang ingin terlihat berbeda atau sedikit terlihat unik, Sedulur bisa mencoba gaya rambut hidden haircut. Gaya rambut jenis ini yang biasanya menutupi bagian undercut di sisi belakang kepala dengan rambut yang lebih panjang.

Jadi, undercut baru tentunya akan terlihat apabila Sedulur mengikat rambut. Boleh dicoba untuk Sedulur yang ingin terlihat berbeda. Dan mencoba gaya atau potongan rambut baru.

20. Buzz undercut

Men Hairstylist

Buzz pada dasarnya merupakan potongan rambut cepak yang marak dan ramai digunakan oleh para rapper di Amerika Serikat. Dipadukan dengan gaya undercut, buzz dapat terlihat lebih gaya dan keren. Terutama bagi Sedulur yang biasa menggunakan gaya rambut cepak.

Sedulur yang terbiasa menggunakan gaya rambut cepak namun ingin sedikit terlihat berbeda, Sedulur bisa menggunakan gaya rambut buzz undercut. Gaya rambut ini tentu saja dapat membuat Sedulur tampil berbeda dan semakin keren.

21. French crop undercut

Styles at Life

Selanjutnya ada potongan rambut undercut dengan gaya french crop. French crop dengan gaya undercut, membuat rambut bagian sisi samping kepala akan dipotong dan dipangkas tipis dibandingkan dengan bagian atas rambut.

Selanjutnya, bagian atas akan disisir ke ara dahi dan ditambahkan denga poni. Tidak harus lurus, poni bisa dibuat tidak lurus agak berantakan atau dibikin bergelombang dan bertekstur. Tergantung preferensi Sedulur, potongan seperti apa nyamannya.

BACA JUGA: 10 Model Rambut Mandarin yang Keren, Dijamin Disukai Wanita!

22. Undercut rambut kriting

Pinhome

Rekomendasi potongan rambut terakhir untuk undercut yaitu undercut rambut kriting. Bagi Sedulur yang memiliki rambut kriting biasanya akan sangat sulit memilih model potongan rambut. Terutama model potongan rambut kekinian.

Bahkan potongan undercut untuk rambut kriting jadi sangat populer, karena terlihat lebih keren dan tidak perlu dirapikan. Konsep rambut yang diusung adalah rambut yang berantakan di bagian atas dan bagian luar.

Rambut kriting memiliki volume rambut yang cukup besar dibanding dengan rambut lainnya. Juga memberikan efek rambut mengembang. Tidak teratur dan kusut lebih baik ketimbang rapi. Hal tersebut juga yang membuat model rambut ini menjadi keren.

23. Undercut potongan 2 jari

pria asia dengan potongan rambut undercut

Rekomendasi selanjutnya yaitu undercut sederhana yang disebut dengan istilah potongan 2 jari. Disebut potongan 2 jari karena gaya rambut undercut yang satu ini dipangkas pendek sehingga tebalnya hanya 2 jari saja.

Karena itulah, ada yang namanya potongan 3 2 1—3 cm di atas, 2 cm di belakang, dan 1 cm di samping. Sebelum dikenal istilah potongan undercut, banyak yang menggunakan istilah potongan dua jari untuk mendapatkan hasil rambut ini.

24. Undercut side-parted

All Things Hair

Rekomendasi model rambut undercut selanjutnya yang bisa Sedulur gunakan yaitu undercut side-parted. Potongan rambut ini juga dikenal dengan istilah undercut samping. Hampir memiliki kemiripan dengan comb over. 

Potongan rambut pria undercut pendek belah samping ini lebih memperlihatkan belahan rambut, serta menonjolkan perbedaan panjang antara kiri dan kanan. Belahan rambut ini bisa bikin gaya rambut undercut kamu makin keren.

25. Crew cut kombinasi undercut

All Things Hair

Crew cut punya ciri khas bagian atas rambut yang panjangnya seragam alias rata, dengan bagian samping yang pendek. Umumnya, bagian depan atau poninya ditata ke atas. Untuk menata undercut pria ini, kamu perlu gel rambut yang cukup kuat.

Potongan kombinasi ini bisa jadi pilihan Sedulur yang ingin menggunakan dua gaya potongan rambut sekaligus. Dijamin membuat Sedulur tampil gaya.

26. Undercut skin

All Things Hair

Satu lagi variasi potongan rambut pria undercut pendek: gaya rambut undercut skin! Fokus gaya rambut cepak ini adalah undercut skin keren di samping atau bagian potongan rambut pria dari belakang. Bisa jadi rekomendasi Sedulur untuk tampil gaya!

27. Undercut cepmek

All Things Hair

Rekomendasi gaya rambut terkahir yaitu ndercut cepmek. Tentu gaya rambut ini sudah tidak asing lagi Sedulur dengar. Karena gaya rambut ini sangat viral oleh sosok menghebohkan Dilan Cepmek. Bagi Sedulur yang ingin mengikuti tren, gaya rambut ini bisa jadi rekomendasi.

Model rambut cepmek alias cepak mekar ini memang menggunakan teknik cukuran undercut di bagian samping. Sehingga bagian atas yang dibiarkan panjang terlihat mekar seperti bunga karena bagian sampingnya telah dipotong.

Itulah beberapa rekomendasi model rambut undercut yang bisa Sedulur coba. Silahkan pilih salah satu gaya rambut sesuai dengan keinginan dan juga bentuk wajah. Selain itu, arah penyisiran rambut juga perlu dilakukan sesuai dengan tampilan, lho. Oh iya, jangan lupa untuk menyiapkan pomade atau gel rambut terlebih dahulu jika ingin tampilan yang rapi.